cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JURNAL INOVASI EDUKASI
ISSN : 26543931     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI" : 8 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DALAM ASPEK PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Ilmi, Fahrul
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran, bagaimana analisis penerapan pembelajaran dan bagaimana dampak penerapan pembelajaran matematika pada aspek pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara terhadap guru matematika. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan situasi sosial yaitu penelitian dilakukan di kelas 8 dengan jumlah siswa 17 siswa dan 1 guru matematika. Hasil penelitian yang dperoleh berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan yaitu penerapan pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran tidak sepenuhnya diterapkan guru matematika karena indikator penerapan pendekatan pembelajaran, sintaks atau tahapan model pembelajaran, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran tidak diterapkan seluruhnya sehingga dampak terhadap proses pembelajaran menjadi tidak kondusif , dan hasil pembelajaran terlihat tidak baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil ulangan siswa sebesar 28,2 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 0. 
PENGANTAR REDAKSI REDAKSI, PENGANTAR
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGANTAR REDAKSI
Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Berbantuan Animasi Jepang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah putra, lisa virdinarti
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.281

Abstract

Penelitian tentang penerapan tugas terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang di kelas III SDN Lanjan 02 belum sepenuhnya dipelajari, karena melibatkan penelitian yang melakukan penelitian di tingkat SMP dan SMA. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang tugas terstruktur yang diberikan kepada siswa sekolah dasar yang diberikan kemandirian siswa dan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan dapat digunakan dalam penguasaan konsep siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan penugasan terstruktur berbantuan animasi Jepang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, data penelitian dapat menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diberikan. Ini dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel, yaitu sama dengan 7,81> 6,03. Dengan demikian, penggunaan bantuan terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang memberikan kemampuan positif untuk menyelesaikan masalah siswa
Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konteks Balap Sepeda Putra, Eko Septiansyah
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memiliki efektivitas. Valid- perangkat soal yang dikembangkan sesuai dengan rasional teoritik yang kuat, yaitu memenuhi kreteria framework dan tingkatan level pada PISA, praktis- mudah dipakai dan dapat diinterprestasikan dengan baik oleh siswa, dan efektivitas- memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah  development study. Hasil penelitian berupa dua soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memlilki efek potensial. Soal dinyatakan valid oleh validator. Perangkat soal juga telah diujicobakan pada small group untuk melihat kepraktisan soal dan memiliki efek potensial berdasarkan analisis hasil jawaban siswa pada field test. Efek potensial yang muncul diantaranya proses merumuskan situasi secara matematika, proses menerapkan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika
3M dalam Pembelajaran Keaksaraan Suryani, Ela
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.280

Abstract

Pembelajaran keaksaraan melalui 3M berdasarkan konsep bahwa dengan mendengar maka peserta didik hanya sekedar tahu, apabila melihat maka akan ingat, dan apabila melakukan maka akan mengerti. Hasil yang dicapai dari 3M dalam pembelajaran keaksaraan  yaitu 1) peningkatan aktivitas peserta didik, 2) peningkatan kreativitas, 3) peserta didik mampu memanfaatkan IT dengan tepat, dan 4) peningkatan penghasilan peserta didik. Faktor yang mendukung 3M dalam pembelajaran keaksaraan  yaitu (1) peserta didik sangat antusias apabila menggunakan media, (2) tutor memiliki kompetensi dan kualifikasi yang memadai, (3) terdapat hubungan yang baik antara tutor, peserta didik, dan pengelola. Dengan adanya penelitian ini, proses pembelajaran keaksaraan bukan hanya sekedar teori dalam memahamkan calistung namun dapat membuat produk yang bernilai jual untuk menambah penghasilan.
PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Ilmi, Fahrul
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %.
Some Benefits of Using Readers Theatre in EFL Classroom Angraini, Desti
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reading plays an important part in developing learners’ knowledge. By reading, learners will get many benefits, such as adding their knowledge, knowing information and having pleasure. There are many ways of making them engaged in learning English especially reading skill. One kind of activities is using Readers’ theatre.  RT was introduced in EFL classroom to enhance the learning of communication skills. Readers’ theater offers learners’ an opportunity for interpretive oral reading as they use voices, facial expressions, and hand gestures to interpret characters in stories. Readers’ theater also builds readers’ confidence, brings stories to life through performance, animates content areas, and improves reading ability, comprehension, and oral reading skills.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AYAT AYAT AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SMAN 3 KOTA JAMBI Qonidin, Qonidin
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Menggambarkan Bentuk Pembelajaran, pendidikan agama Islam dalam pembelajaran membaca ayat-ayat al-qur’an di SMA Negeri 3 Kota Jambi menampilkan faktor-faktor ketidak sesuaian Antara cara pembacaan atau hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran membaca ayat-ayat al-quran yang ada di sekolah SMA Negeri 3 Peneliti peduli melihat bagaimana peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah Mixed methods research yaitu pendekatan kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif dalam suatu penelitian untuk mendapatkan hasil analisis yang sempurna terdapat permasalahan yang terjadi pokok kajian dalam penelitian tersebut Disamping itu juga dalam prosedur kegiatan pembelajaran digunakan pendekatan action research (penelitian tindakan) penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: (1) pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membaca ayat-ayat al-Qur’an di SMA Negeri 3 Kota Jambi cenderung tekstual terhadap kurikulum yang ada guru bidang studi belum melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. (2) faktor-faktor ketidak sesuaian antara perolehan hasil belajar dengan standar mutu adalah rendahnya tingkat penguasaan kepasihan/kemahiran, membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an baik di dalam ilmu tajwid dan mahorijul hurufnya, oleh peserta didik. (3) bentuk peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan reflektif yang implementasinya melalui kegiatan atau tindakan pembelajaran dalam tiga siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mutu pelajaran pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan action research dalam lembaga pendidikan. penelitian ini merekomendasikan kepada Kepala SMA Negeri 3 Kota Jambi dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Agama Provinsi Jambi agar berperan aktif memberikan berbagai pelatihan kepada seluruh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8