cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JURNAL INOVASI EDUKASI
ISSN : 26543931     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DALAM ASPEK PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Ilmi, Fahrul
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran, bagaimana analisis penerapan pembelajaran dan bagaimana dampak penerapan pembelajaran matematika pada aspek pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara terhadap guru matematika. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan situasi sosial yaitu penelitian dilakukan di kelas 8 dengan jumlah siswa 17 siswa dan 1 guru matematika. Hasil penelitian yang dperoleh berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan yaitu penerapan pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran tidak sepenuhnya diterapkan guru matematika karena indikator penerapan pendekatan pembelajaran, sintaks atau tahapan model pembelajaran, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran tidak diterapkan seluruhnya sehingga dampak terhadap proses pembelajaran menjadi tidak kondusif , dan hasil pembelajaran terlihat tidak baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil ulangan siswa sebesar 28,2 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 0. 
PENGANTAR REDAKSI REDAKSI, PENGANTAR
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGANTAR REDAKSI
Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Berbantuan Animasi Jepang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah putra, lisa virdinarti
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.281

Abstract

Penelitian tentang penerapan tugas terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang di kelas III SDN Lanjan 02 belum sepenuhnya dipelajari, karena melibatkan penelitian yang melakukan penelitian di tingkat SMP dan SMA. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang tugas terstruktur yang diberikan kepada siswa sekolah dasar yang diberikan kemandirian siswa dan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan dapat digunakan dalam penguasaan konsep siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan penugasan terstruktur berbantuan animasi Jepang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, data penelitian dapat menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diberikan. Ini dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel, yaitu sama dengan 7,81> 6,03. Dengan demikian, penggunaan bantuan terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang memberikan kemampuan positif untuk menyelesaikan masalah siswa
Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konteks Balap Sepeda Putra, Eko Septiansyah
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memiliki efektivitas. Valid- perangkat soal yang dikembangkan sesuai dengan rasional teoritik yang kuat, yaitu memenuhi kreteria framework dan tingkatan level pada PISA, praktis- mudah dipakai dan dapat diinterprestasikan dengan baik oleh siswa, dan efektivitas- memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah  development study. Hasil penelitian berupa dua soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memlilki efek potensial. Soal dinyatakan valid oleh validator. Perangkat soal juga telah diujicobakan pada small group untuk melihat kepraktisan soal dan memiliki efek potensial berdasarkan analisis hasil jawaban siswa pada field test. Efek potensial yang muncul diantaranya proses merumuskan situasi secara matematika, proses menerapkan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika
3M dalam Pembelajaran Keaksaraan Suryani, Ela
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i2.280

Abstract

Pembelajaran keaksaraan melalui 3M berdasarkan konsep bahwa dengan mendengar maka peserta didik hanya sekedar tahu, apabila melihat maka akan ingat, dan apabila melakukan maka akan mengerti. Hasil yang dicapai dari 3M dalam pembelajaran keaksaraan  yaitu 1) peningkatan aktivitas peserta didik, 2) peningkatan kreativitas, 3) peserta didik mampu memanfaatkan IT dengan tepat, dan 4) peningkatan penghasilan peserta didik. Faktor yang mendukung 3M dalam pembelajaran keaksaraan  yaitu (1) peserta didik sangat antusias apabila menggunakan media, (2) tutor memiliki kompetensi dan kualifikasi yang memadai, (3) terdapat hubungan yang baik antara tutor, peserta didik, dan pengelola. Dengan adanya penelitian ini, proses pembelajaran keaksaraan bukan hanya sekedar teori dalam memahamkan calistung namun dapat membuat produk yang bernilai jual untuk menambah penghasilan.
Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika Fitra, Dian
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i1.27

Abstract

Matematika adalah kunci kearah peluang-peluang. Bagi seorang siswa keberhasilanmempelajarinya akan membuka pintu karir yang cemerlang. Untuk itu, penanaman konsepmatematika di sekolah sangatlah penting untuk diperhatikan. Artikel ini mencoba memberikansolusi bagi penanaman konsep matematika di sekolah yang selama ini kebanyakan tujuanpembelajarannya hanya fokus pada mengingat fakta, konsep dan komputasi (menggunakanrumus). Padahal pemerintah melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republikIndonesia mengharapkan dari segi dimensi pengetahuannya, siswa mampu mengaitkanpengetahuaannya dalam konteks masyarakat dan lingkungan sekitar. Untuk itu, PMRIdiharapkan mampu menuntaskan kesenjangan yang terjadi antara apa yang diharapkan olehpemerintah dengan apa yang terjadi di lapangan. PMRI ini memiliki ciri khas dalam prosespembelajarannya yaitu penggunaan konteks, penggunaan model untuk matematisasiprogresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. .
SOAL SERUPA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS CABANG OLAHRAGA LARI Fitra, Dian; Putri, Ratu Ilma Indra; Susanti, ely
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i1.28

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika serupa PISAmenggunakan konteks Lari yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Metode yangdigunakan adalah development research. Proses pengembangan dilakukan dalam duatahapan, yaitu Preliminary dan prototyping. Pada tahapan prototyping (formative evaluation)dibagi menjadi fase self evaluation, expert review & one-to-one, small group, dan field test.Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, walkthrough, dokumentasidan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Kesimpulan daripenelitian adalah sebagai berikut: (1)Peneliti menemukan beberapa strategi berbeda yangdilakukan oleh siswa untuk menyelesaikan soal yang diberikan; (2) Beberapa siswa memilikikemampuan dasar matematika yang baik dalam menyelesaikan soal yang diberikan, sepertikemampuan komunikasi, penalaran dan argumen, merumuskan strategi untuk menyelesaikanmasalah, dan melakukan operasi; (3) peneliti menemukan beberapa siswa yang melakukankesalahan pada penjumlahan bilangan desimal dan kesalahan dalam menkonversikan satuanwaktu, seperti menkonversikan detik ke jam.
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMPN 6 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Setting Group Investigation (GI) Sukmaningthias, Novika
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i1.29

Abstract

Minat belajar merupakan aspek afektif yang penting dalam pembelajaran matematika. Aspekini menjadi salah satu dasar keberhasilan siswa dalam pencapaian pemahaman materimaupun prestasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untukMeningkatkan minat dalam pembelajaran matematika menggunakan model guideddiscovery setting group investigation pada kelas VIII E SMP 6 Yogyakarta. Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan minatbelajar matematika siswa kelas VIII E SMP N 6 Yogyakarta semester 1 tahun pelajaran2016/2017. Penelitian dirancang menggunakan model siklis. Desain penelitian tindakan inidirancang dalam beberapa 4 tahapan untuk setiap siklus yang mengacu pada modelKemmis dan McTaggart (Koshy, 2010: 5), yaitu: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan,(3)pengamatan, dan (4)refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dalam kompetensi dasarmenentukan gradien, persamaan, dan grafik garis lurus dan Sistem persamaan linear duavariabel. Untuk siklus pertama pada materi persamaan garis lurus dan siklus dua padamateri Penelitian dirancang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkansetelah diterapkan model guided discovery tipe Group Investigation (GI) minat belajarmatematika siswa meningkat hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator dalam mengukurminat siswa tersebut. kondisi minat siswa sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar81,68% atau sedang, kemudian setelah diberikan perlakuan kondisi minat siswa berubahuntuk siklus 1 adalah sebesar 101,94% dan untuk siklus 2 adalah 103,39%. Berdasarkanapa yang telah dikemukakan diatas maka pembelajaran dengan menggunakan modelGuided discovery setting Group Investigation (GI) dapat meningkatkan minat belajarmatematika siswa .
STUDI PENDAHULUAN TENTANG PROFIL BERPIKIR GEOMETRI SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) dan FIELD DEPENDENT (FD) Husna, Ulfa; Nuraziza, Nuraziza; Angelina, Cinthy Mutia
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i1.30

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh adanya dugaan perbedaan kemampuan berpikir geometri siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dan siswa yang memilikigaya kognitif Field Dependent (FD). Berdasarkan dugaan tersebut maka tujuan dari penelitian iniadalah mendeskripsikan kemampuan berpikir geometri siswa yang menjadi subjek penelitianberdasarkan perbedaan gaya kognitif siswa pada materi segi empat. Penelitian yangberpendekatan kualitatif naturalistik, mengambil 3 siswa yang memiliki gaya kognitif FieldIndependent (FI) dan 3 siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) sebagaisubjek penelitian. Dalam metode ini, untuk menjaring informasi tentang profil berpikir geometri subjek penelitian, masing-masing subjek penelitian diberi lembar kegiatan denganenam kegiatan yang meliputi: (1) Menggambar bangun-bangun segiempat, (2)Menemutunjukkan dan mendefinisikan segiempat, (3) Menseleksi bangun-bangun segiempat,(4) Menebak bangun misteri, (5) Keekuivalenan dua definisi jajargenjang, dan (6) Penerapanbangun segiempat. Agar data dari hasil kegiatan siswa valid maka dilakukan triangulasi denganmenggunakan teknik dan waktu yang berbeda. Subjek diwawancarai dalam enam kegiatan yangsama seperti tersebut di atas. Kemudian data informasi berpikir geometri siswa dari hasilwawancara dan hasil lembar kegiatan dikroscek, setelah valid kemudian dianalisis.  
STUDI PENDAHULUAN TENTANG PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR (INISIASI, KONSTRUKSI-REKONSTRUKSI, APLIKASI, REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Husna, Ulfa; Syaiful, Syaiful; Yantoro, Yantoro
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/jie.v1i1.31

Abstract

Sudah diterima secara luas bahwa pemecahan masalah matematika adalah jantung daripembelajaran matematika. Namun pada tataran implementasi didapatkan kenyataan bahwapelaksanaan pembelajaran berdasarkan pemecahan masalah matematika tidaklah mudah.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pengembangan Model PembelajaranIKRAR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika (2) Untukmengetahui hasil pengembangan Model Pembelajaran IKRAR untuk kemampuanpemecahan masalah matematika dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap modelpembelajaran IKRAR dalam pemecahan masalah matematika. Materi yang dikembangkandalam penelitian ini adalah luas bangun datar siswa kelas VII semester 1 SMPN 7 KotaJambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sebuah model pembelajarankonstruktivist-IKRAR (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, Refleksi) sebagai salahsatu inovasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitianini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg& Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulaninformasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji coba terbatas (5) Revisiproduk awal (5) Uji coba lapangan, dan (6) Revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakandengan mengacu pada prosedur pengembangan Plomp, meliputi: (1) penelitian awal, (2)fase prototipe,dan (3) fase penilaian (evaluasi semi-sumatif). Data kualitas perangkatpembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket responsguru dan siswa, serta tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini telahberhasil mengembangakan model pembelajaran IKRAR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Page 1 of 2 | Total Record : 16