cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
ISSN : 26229315     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) jurnal ini merupakan jurnal yang dikelola fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA), jurnal ini mengkaji ilmu dibidang Teknologi Jaringan, Teknik Arsitektur, Robotika, Sistem Informasi dan Teknik Informatika, sebagai wadah dalam menuangkan hasil penelitian yang dilakukan dosen/peneliti secara teknis maupun konseptual. Journal V-Tech (Vision Technology) ini terbit 2 kali dalam setahun pada bulan mei dan desember, terbitan pertama pada mei 2018.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)" : 15 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM PENILAIAN KINERJA LAYANAN KEMAHASISWAAN Sika, Xaverius
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.403

Abstract

 STIKOM Dinamika Bangsa is one of the accredited Colleges in Computer Science in Jambi. But now the competition is increasingly competitive with the emergence of new IT campuses. Therefore, STIKOM Dinamika Bangsa must be able to improve its quality, which is required to be more sensitive to the interests of its stakeholders. The most important internal stakeholders are students who are customers who must be maintained and given the maximum service possible. In its implementation, STIKOM Dinamika Bangsa provides a box of complaints and suggestions for students who want to provide criticism or complaints about existing services. However, this is not enough to be an evaluation of the services that have been provided. To improve student services, a clear assessment of service performance includes all existing student services. This study aims to build a student service performance appraisal system.
ANALISIS TATA LETAK BANGUNAN DI PERUMNAS KOTA BARU KOTA JAMBI Lainang, Lainang; Febrianti, Harlia
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.453

Abstract

Perkembangan kota yang semakin pesat telah mengakibatkan perubahan fungsi lahan/kawasan. Perkembangan pembangunan yang begitu cepat di wilayah penelitian Perumnas Kotabaru tidak dibarengi dengan penataan bangunan yang baik, seperti tidak terlaksananya koefesien dasar bangunan (KDB), garis sempadan bangunan (GSB) dan koefesien dasar hijau (KDH) sehingga membuat bangunan-bangunan di kawasan Perumnas Kotabaru tidak sejalan dengan arahan RTBL Kota Jambi tahun 2010-2022. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi tata bangunan di Perumnas Kotabaru dan kemudian membandingkannnya dengan arahan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kota Jambi sehingga dapat diketahui seberapa besar ketidaksesuaian tata bangunan di Perumnas Kotabaru. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Perkembangan kota yang semakin pesat telah mengakibatkan perubahan fungsi lahan/kawasan. Perkembangan pembangunan yang begitu cepat di wilayah penelitian Perumnas Kotabaru tidak dibarengi dengan penataan bangunan yang baik, seperti tidak terlaksananya koefesien dasar bangunan (KDB), garis sempadan bangunan (GSB) dan koefesien dasar hijau (KDH) sehingga membuat bangunan-bangunan di kawasan Perumnas Kotabaru tidak sejalan dengan arahan RTBL Kota Jambi tahun 2010-2022. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi tata bangunan di Perumnas Kotabaru dan kemudian membandingkannnya dengan arahan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kota Jambi sehingga dapat diketahui seberapa besar ketidaksesuaian tata bangunan di Perumnas Kotabaru. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Cultural Representation of Vernacular Housing in Melayu Jambi Traditions Putra, Budi Arlius
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.454

Abstract

The study examine the relationship of architecture, conservation and tourism in representing a cultural character. The study in particular assesses a building code which is the product of a collaborative government strategy between tourism planning and cultural conservations. The research directive study focus on approach in tourism planning and regulation in maintaining cultural representation. Study using a casestudy of Jambi, evaluates of legally binding guidelines in maintaining traditional architecture and investigates how local values are resilient to the vernacular identity. The findings indicate that in Jambi there is an emerging transformation towards the commercialization of local cultural products as potential tourism attractions and modernity effects. The study also provide a significant example of how to reach a desirable strategy of conservation, where a pragmatic approach can be complementary to the cognitive framework of local cultures and beliefs.  
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Nongkrong dengan Metode Analytical Hierarchy Process Martyani, Eka; Santoso, santoso
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.455

Abstract

Pada zaman sekarang ini tempat Nongkrong dapat dijumpai dimana-mana. Tanpa memandang usia atau kalangan apapun dan di manapun.  Tak bisa dipungkiri bahwa  seiring  berjalannya waktu tempat Nongkrong akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. Dilihat dari manfaatnya tempat Nongkrong ini sebenarnya hanyalah tempat untuk berkomunikasi baik mengobrol ataupun bersenda gurau kesesama teman, dan keluarga. Dengan berbagai macam tempat nongkrong yang ada di era ini membuat para usaha bisnis bisa menarik perhatian orang banyak terutama kaum milenial. Banyaknya tempat nongkrong saat ini,  membuat penelitian  ini  mengambil  sample  empat jenis tempat nongkrong yang diminati para kaum milenial  saat ini dan berdasarkan data market share di Indonesia, keputusan terlihat bahwa bobot prioritas tertinggi yaitu The Clave dengan nilai 0,335 atau 33%, maka dapat disimpulkan bahwa responden condong memilih The Clave sebagai Tempat Nongkrong Kaum Millenial terbaik dari segi menu, harga, fasilitas dan Fotogenik. Disusul dengan D&C dengan nilai 0,286 atau 29%, lalu Warung Upnormal dengan nilai 0.241 atau 24% dan terakhir adalah Es Bidadari dengan nilai 0.138 atau 14%.Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan metode AHP diharapkan dapat membantu pemilihan tempat nongkrong yang banyak diminati oleh kaum milenial dan layak serta harga yang terjangkau.
PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PENYEWAAN KAMAR PADA HOMESTAY POERWO Cahyaningtyas, Wahyu Dwi; Mulyadi, Mulyadi; Irawan, Beni
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.456

Abstract

Poerwo Homestay merupakan sebuah instansi yang bergerak dalam bidang jasa penginapan.Saat ini Poerwo Homestay masih menggunakan cara yang konvensional dalam pengolahan data yakni pencatatan data transaksi tamu masih disimpan dalam media penyimpanan buku dan nota pemesanan kamar ditulis pada kwitansi sehingga keamanan data belum terjamin karena terkadang hilang serta proses pencarian data kamar yang masih kosong pun harus menunggu lama karena harus mencari satu persatu data dalam pembukuan. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, pustaka, analisis data dan sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program dan implementasi program. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam proses pengolahan data hotel seperti data kamar, tamu, pemesanan, checkin, pemakaian fasilitas, checkout dan untuk mempermudah dalam proses pencarian data selain itu memiliki media penyimpanan yang lebih efektif dan lebih besar.
Membangun Internet Sehat dengan Aplikasi Squid santoso, santoso; Martyani, Eka
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.464

Abstract

Internet merupakan sarana yang cepat berkembang dan sangat dibutuhkansaat ini, khususnya pada dunia pendidikan internet sudah menjadi bagian penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan. Namun pemanfaatan internet sering pemanfaatan yang tidak selayaknya. Di dunia pendidikan hendaknya perlu dibatasi penggunaan dan tidak diizinkan untuk membuka sosial media dan situs negatif. Untuk itu perlu teknik dalam mengatasi hal tersebut perlu adanya akses filter bagi pengguna internet hotspot agar terciptanya internet sehat. Dengan menggunakan router dengan aplikasi squid dapat mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall.
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN HASIL KINERJA KARYAWAN PADA TB HARMONI BANGUNAN Amri, Imti Tsalil
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.465

Abstract

TB Harmoni Bangunan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semen dari PT. Semen Padang dan eksplorasi pertambangan batu bara yang dalam menilai kinerja karyawan hanya berdasarkan pengamatan langsung yang belum memiliki sebuah standar penilaian dalam membandingkan hasil kinerja satu karyawan dengan karyawan yang lain sehingga membuat pimpinan kesulitan dalam memberikan sebuah penghargaan bagi karyawan yang memiliki hasil kinerja terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan solusi untuk permasalahan yag terjadi dengan menawarkan sistem pendukung keputusan dalam menilai hasil kinerja karyawan terbaik dengan menggunakan beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh pimpinan TB Harmoni Bangunan. Dalam membangun sistem pendukung keputusan ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting), WP (Weighted Product) dan TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). Kerangka kerja penelitian ini terdiri dari perumusan masalah, studi literatur, pengumpulan data, pengembangan sistem, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh pimpinan dan manager dalam menilai hasil kinerja karyawan dimilikinya.
PENGANTAR REDAKSI REDAKSI, PENGANTAR
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGANTAR REDAKSI
ANALISA SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA BERBASIS WEB (Studi Kasus :SMPN 4 KOTA JAMBI) Yamalia, Ikke; Siagian, Saut
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan TIK, khususnya internet memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Salah satunya dapat dikembangkan nya Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai yang bersifat online. Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai berbasis online digunakan untuk mendukung mempermudah penyebaran informasi kepda siswa, guru, maupun wali murid. Di harapkan dengan akses informasi yang di berikan kepada siswa dan wali murid dapat membantu wali murid dalam memantau siswa/anak nya. Penelitian ini mengusulkan sebuah analisis dan perancangan prototype sebuah sistem informasi pengolahan data nilai untuk SMPN 4 Kota Jambi Untuk merealisasikan penelitian Sistem Informasi Akademik ini perlu di rancang sebuah prototype.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PENAMBAHAN BTS (BASE TRANSCEIVER STATION) SMARTFREN AREA KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) (Studi Kasus :Kantor Smartfren Jambi) Hartini, Dwi; Rico, Rico; Oktarino, Ade
JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY) Vol 2 No 1 (2019): JOURNAL V-TECH (VISION TECHNOLOGY)
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jvt.v2i1.480

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin meningkat, salah satunya adalah teknologi telekomunikasi. Hampir semua orang memiliki suatu perangkat jaringan telekomunikasi. Hal ini mendorong teknologi telekomunikasi untuk semakin berkembang pesat dalam memberikan kemudahan pada manusia untuk berkomunikasi dimanapun berada. Smartfren adalah operator selular provider 4G LTE Advanced untuk internet, handphone dan smartphone Android-IOS yang lebih cepat terjangkau dan dapat diandalkan. Smartfren berusaha untuk mempertahankan pasar agar tidak kalah bersaing dengan media telekomunikasi lainnya, salah satunya yaitu dengan memperbanyak BTS didaerah yang belum mendapatkan sinyal Smartfren. Area yang menjadi targetnya mulai dari kota besar hingga daerah yang mulai berkembang. Jambi termasuk daerah yang menjadi target penambahan BTS Smartfren. Kurangnya jumlah BTS mengakibatkan lemahnya jaringan Smartfren yang ada di Jambi. Dari latar belakang tersebut, sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive  Weighting (SAW) cocok untuk dikembangkan dalam sistem  ini.  Sistem  ini  akan  mempermudah  dalam menentukan lokasi penambahan  BTS  yang  tepat  dan  akan  mempercepat perhitungan nilai untuk menentukan lokasi mana  yang  lebih  berpotensi  agar  semua  wilayah dapat terjangkau sinyalnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15