cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm.unaja@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
SCIENTIA JOURNAL
ISSN : 23029862     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
SCIENTIA JOURNAL is a scientific journal in the field of health published twice a year by LPPM Adiwangsa Jambi University, especially in the public health, nursing and midwifery field.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL" : 16 Documents clear
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TERHADAP PEMAKAIAN KONTRASEPSI KB SUNTIK 3 BULAN DI PUSKESMAS KONI KOTA JAMBI TAHUN 2015 Harahap, Irmayanti
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KB Suntik merupakan salah satu cara KB yang efektif, terpilih dan banyak juga didapatkanakseptor KB yang mengalami efek samping. Untuk menghindari kejadian atau berhentimenggunakan kontrasepsi, maka diharapkan akseptor KB suntik dapat melakukanpenanganan dari efek samping alat kontrasepsi suntikan. Masalah kesehatan yang dialamioleh akseptor KB disebabkan efek samping dari kontrasepsi tersebut dan komunikasitentang efek samping, dan mereka tidak tahu penanganannya. Seorang akseptor akanmengalami kejadian drop out atau berhenti menggunakan kontrasepsi.Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain penelitian crosssectional bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabeldependen dan pengukuran variabel dilakukan pada waktu yang bersamaan. Adapunvariabel yang diteliti antara lain tingkat pengetahuan dan motivasi terhadap pemakaiankontrasepsi KB suntik 3 bulan. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 29 Juli s/d 1Agustus tahun 2015. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Koni Kota Jambi. AdapunPopulasi sebanyak 601 responden jadi sampel yang diambil sebanyak 60 orang secaraAccidental sampling. Analisis secara Univariat dan Bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 29 responden (48,3%) mempunyaipengetahuan cukup, sebanyak 35 responden (58,3%) mempunyai motivasi rendah,sebanyak 36 responden (60,0%) tidak memakai kontrasepsi KB suntik 3 bulan, adahubungan antara pengetahuan Pasangan Usia Subur (PUS) dengan pemakaian kontrasepsiKB suntik 3 bulan dengan nilai p value 0,003 dan ada hubungan antara motivasi PUSdengan pemakaian kontrasepsi KB suntik 3 bulan dengan nilai p value 0,003.Diharapkan petugas kesehatan melakukan penyuluhan kesehatan mengenai kontrasepsi KBsuntik 3 bulan, pemasangan baliho atau poster serta pembinaan kepada keluarga dansecara rutin menginformasikan tentang kontrasepsi KB suntik 3 bulan.
PERAN KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT DBD DI KELURAHAN MAYANG MENGURAI KECAMATAN KOTA BARU JAMBI Nurfitriani, Nurfitriani
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Demam Berdarah Dengue ( DBD ) masih tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat, dimanapenyakit ini merupakan penyakit endemis disebagian wilayah di Indonesia. Berbagai upayapenanggulangan telah dilakukan terutama dengan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)melalui gerakan 3M (menguras-menutup-mengubur). Tujuan penelitian ini untuk mengetahuibagaimana peran keluarga dalam upaya pencegahan penyakit DBD di Kelurahan Mayang MenguraiKecamatan Kotabaru Jambi tahun 2012.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui peran keluargadalam upaya pencegahan penyakit DBD di Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah keluarga yangtinggal di Kelurahan Mayang Mengurai sebanyak 281 KK. Sampel dalam penelitian diambil secaraSimple Random Sampling pada keluarga yang tinggal di RT 01 dan RT 03 Kel. Mayang MenguraiKec. Kotabaru Jambi sebanyak 94 responden yang diambil pada Bulan Nopember s/d Desember 2012dan dianalisa secara univariat dan bivariat.Dari 94 responden yang diteliti diperoleh hasil perilaku pencegahan DBD oleh keluarga masih rendahyaitu 50 responden (53,3%) , pengetahuan rendah sebanyak 19 responden (20,2%) danpengetahuan tinggi sebanyak 75 responden (79,8%). Sikap responden cukup baik sebanyak (53,2 %)dan sikap buruk sebanyak 44 responden (46,8%). Dari hasil uji statistic ada hubungan yang signifikanantara pengetahuan dengan pencegahan DBD dengan nilai p-value = 0,000, dan ada hubungan yangsignifikan antara sikap dengan peran keluarga dalam upaya pencegahan DBD dengan nilai P-value =0,012 (p<0,05).Diharapkan bagi petugas kesehatan dan pihak kelurahan bekerjasama memberikan informasi kepadamasyarakat dalam upaya pencegahan DBD dan keluraga dapat meningkatkan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat dengan bergotong royong secara rutin diwilayah masing-masing.
PENGARUH RUTINITAS SENAM REMATIK TERHADAP PENURUNAN TINGKAT NYERI PADA LANSIA YANG MENDERITA REMATIK DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR JAMBI TAHUN 2015 Siregar, Erris
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan data tahun 2007 keatas di Amerika diperkirakan akan terjadi ledakan gerontologi lansiayang berusia 65 tahun keatas dari berbagai etnik dan ras. Data dari Departemen Pendidikan danKesejahteraan Amerika melaporkan bahwa pada tahun 2006 terdapat sekitar 35 juta pasien rematik.Sedangkan pada tahun 2006 Mendapatkan data berdasarkan penelitian bahwa prevalensi nyerirematik di Indonesia mencapai 23,6-31,3%. Sedangkan jumlah lansia di PSTW Budi Luhur Jambisebanyak 72 lansia, yang menderita rematik sebanyak 40 lansia dan pengambilan sampelberdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 20 lansia.Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan pendekatan atau desain “one group pretest dan post test”, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner yangdilakukan pada 03 – 21 Agustus 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yangmenderita rematik di PSTW Budi Luhur Jambi yaitu sebanyak 38 lansia dan Sampel dalam penelitianini adalah lansia yang mengalami nyeri rematik yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu sebanyak 20responden.Hasil penelitian ini didapatkan sebelum dilakukan latihan rutinitas senam rematik (pre test) yaitu nyeriringan 4 lansia (20%), nyeri sedang 13 lansia (65%), dan nyeri berat terkontrol 3 lansia (15%).Sedangkan sesudah dilakukan latihan rutinitas senam rematik (post test) yaitu tidak ada nyeri 1 lansia(5%), nyeri ringan 10 lansia (50%) dan nyeri sedang 9 lansia (45%).Berdasarkan hasil penelitian di atas didapatkan nilai rata-rata sebelum dilakukan senam 5 dansetelah dilakukan senam 3,5 dengan p-value 0,00 artinya ada pengaruh yang signifikan antarasebelum dan sesudah latihan. Dan diharapkan latihan rutinitas senam rematik dapat diterapkansecara teratur sebagai terapi penurunan tingkat nyeri rematik pada lansia.
KARAKTERISTIK IBU BERSALIN YANG DI RUJUK DENGAN KASUS KETUBAN PECAH DINI DI RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI TAHUN 2013 Arifarahmi, Arifarahmi
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketuban pecah dini (KPD) merupakan masalah penting dalam obstetri berkaitan dengan penyulitdalam kelahiran yang meningkatkan morbiditas dan mortalitas perinatal.ada beberapa faktor yangbisa menyebabkan KPD termasuk paritas ibu, umur ibu dan usia kehamilan. Rumusan masalah padapenelitian ini bagaimana gambaran karakteristik ibu bersalin yang di rujuk dengan kasus ketubanpecah dini di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi tahun 2013.Penelitian ini bersifat deskriptif dilakukan untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu bersalin yangdi rujuk dengan kasus ketuban pecah dini di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi tahun 2013. Sampelberjumlah 123 yang diambil dari buku registrasi, data yang dikumpulkan merupakan data sekunder.Variabel yang diteliti yaitu umur, paritas dan usia kehamilan.Hasil penelitian menunjukan bahwa 42,3% resonden dengan umur 20-35 tahun, 55,3% respondendengan multipara dan 52,8% dengan usia kehamilan <37 minggu.Meningkatkan pemberian informasi mengenai risiko ibu KPD baik pada saat kunjungan prenatal,meliputi informasi agar ibu meminimal risiko untuk terjadinya KPD, hal-hal yang perlu dilakukansepanjang masa pertumbuhan janin dan pengaruhnya terhadap janin dan ibu.
PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI 2016 Pratiwi, Margareta
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya mutu pelayanan di RSUD Raden Mattaher Jambi berdampak pada jumlah kunjunganpasien ke rumah sakit atau bed occupancy rate yang masih sebesar 50,02 %, sedangkan BOR yangideal antara 75-85 %. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanankesehatan terhadap loyalitas pasien RSUD Raden Mattaher Jambi.Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalahpasien rawat inap sejumlah 45 orang. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi sebanyak 45orang (total sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Datadianalisis menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara tangibles (p=0,000),responsiveness (p=0,000), assurance (p=0,002), dan empathy (p=0,014) terhadap loyalitas,sedangkan reliability (p=0,970) yang tidak ber pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasienrawat inap di RSUD Raden Mattaher Jambi.Disarankan kepada pimpinan RSUD Raden Mattaher Jambi supaya memperbaiki mutu pelayananuntuk meningkatkan loyalitas pasien RSUD Raden Mattaher Jambi.
GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN, PEKERJAAN DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENIMBANGAN ANAK USIA 0-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAAL X KOTA JAMBI TAHUN 2015 Gustina, Gustina
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penimbangan balita dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. Penimbanganbalita di lakukan setiap bulan mulai dari umur 1 tahun sampai 5 tahun di posyandu. Tujuan penelitianini adalah diketahuinya gambaran tingkat pendidikan, pekerjaan dan pengetahuan ibu terhadappenimbangan anak usia 0-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Paal X Kota Jambi Tahun 2015.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan padatanggal 22 Mei-21 Juni tahun 2015 di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Paal X Kota Jambi.Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh anak usia 0-59 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas PaalX Kota Jambi yang berjumlah 1.238 anak. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknikproporsional random sampling yang berjumlah 43 orang. Analisis data dianalisis secara univariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pendidikanSMA/sederajat sebanyak 25 responden (58,1%), sebagian besar responden tidak bekerja yaitusebanyak 41 responden (95,3%), dan sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik yaitusebanyak 25 responden (58,1%).Saran bagi tenaga kesehatan agar dapat terus meningkatkan penyuluhan mengenai penimbangananak agar pencapaian penimbangan anak di setiap posyandu dapat lebih meningkat lagi.
ANALISIS PENDEKATAN MODEL COPA DAN FAKTOR DETERMINAN PADA PERAWAT PELAKSANA DENGAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ABDUL MANAP KOTA JAMBI Rahmadhani, Dwi Yunita
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keselamatan pasien rumah sakit adalah sistem rumah sakit untuk membuat asuhan pasien lebihaman. Aman dari kemungkinan terjadinya resiko Insiden Keselamatan Pasien (IKP). Salah satu yangdapat mengatasi terjadinya keselamatan pasien adalah Model COPA meminta lebih kompeten,praktek yang aman, diverifikasi oleh pemeriksaan kinerja. Tujuannya untuk memperoleh analisispendekatan COPA Model dan faktor determinan perawat pelaksana dengan keselamatan pasien.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional.Populasinya adalah seluruh perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Abdul Manap KotaJambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 perawat dengan menggunakan teknik totalsampling.Pada analisis bivariat, didapatkan variabel keterampilan assessment dan intervensi, berkomunikasi,berfikir kritis, human caring dan relasi social, manajemen, kepemimpinan, pengajaran dan integrasiilmu pengetahuan, jenis kelamin, jenis pendidikan, lama kerja, status menikah, status kepegawaian,akreditasi kampus, IPK, terdapat hubungan yang bermakna dengan keselamatan pasien dengan pvalue< 0,005. Sedangkan untuk menguji masing-masing variabel dependen dengan variabelindependen digunakan uji chi square. Analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik.Untuk itu bagi rumah sakit dalam penerimaan pegawai diperlukan pertimbangan dalam segi faktorketerampilan, bagi ketenagaan perawat untuk mengikuti pelatihan keselamatan pasien dan rumahsakit melengkapi SPO dan peralatan yang kurang.
GAMBARAN KEJADIAN KECACINGAN PADA MURID SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TANJUNG JOHOR KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI 2015 Ariyadi, Bambang
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budayaperorangan, keluarga, dan masyarakat yang berorientasi sehat, bertujuan untuk meningkatkan,memelihara, dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial. Salah satupenyakit yang insidennya masih tinggi dikarenakan ketidakaksesan Hygiene dan Sanitasi yangkurang baik adalah kecacingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadiankecacingan pada murid Sekolah Dasar di Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan KotaJambi 2015.Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Observasional untuk memberi suatugambaran fenomena yang terjadi di dalam suatu populasi tertentu pada kejadian kecacingan muridSDN 44/ IV di Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan Kota Jambi Tahun 2015. Jumlahsampel dalam penelitian ini sebanyak 62 murid.Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai kebiasaan bermain tanah sebanyak 67,7%, kebiasaan memakaialas kaki sebanyak 63,0%, kebiasaan mencuci tangan sebanyak 59,7% serta kejadian kecacingansebanyak 58,0%.Kesimpulan dari penelitian ini Hygiene perorangan kebiasaan bermain tanah kurang baik, kebiasaanmemakai alas kaki kurang baik, kebiasaan mencuci tangan cukup baik, serta kejadian kecacinganyang masih tinggi. Diharapkan murid dapat menjaga Hygiene Perorangan seperti tidak lagi bermaintanah sembarangan, membiasakan memakai alas kaki serta selalu mencuci tangan sebelum dansesudah melakukan aktivitas.
HUBUNGAN PERAWATAN PAYUDARA DAN NUTRISI DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUAMANG KUNING X TAHUN 2015 Ginting, Marinawati
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produksi ASI dapat meningkat atau menurun tergantung pada stimulasi pada kelenjar payudara. ProduksiASI normal dan asupan bayi bervariasi untuk setiap waktu menyusui dengan jumlah berkisar antara 450 -1200 ml dengan rata-rata antara 750-850 ml per hari. Banyaknya ASI yang berasal dari ibu yangmempunyai status gizi buruk dapat menurun sampai jumlahnya hanya 100-200 ml per hari. Selama prosesmenyusui sebaiknya ibu menyusui melakukan perawatan payudara agar tetap bersih dan terawat.Perawatan yang tepat akan membantu merangsang payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak.Dengan perawatan payudara, hipofisis dipengaruhi untuk mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitosin,adapun sebagai tujuan peneltiannya hubungan perawatan payudara dan nutrisi dengan produksi ASI padaibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Kuamang Kuning X Tahun 2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain cross sectional yang bertujuan mengetahuihubungan perawatan payudara dan nutrisi dengan produksi ASI pada ibu menyusui di Wilayah KerjaPuskesmas Kuamang Kuning X Tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yangmenyusui di wilayah kerja Kuamang Kuning X dengan jumlah sampel sebanyak 77 ibu menyusui.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, data dianalisis dengan univariat danbivariat.Hasil penelitian ada hubungan perawatan payudara dengan produksi ASI pada ibu menyusui di WilayahKerja Puskesmas Kuamang Kuning X Tahun 2015 dengan nilai p-value =0,011 (p-value < 0,05). Adahubungan nutrisi dengan produksi ASI pada ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Kuamang KuningX Tahun 2015 dengan nilai p-value =0,021 (p-value < 0,05).Saran agar meningkatkan peran petugas kesehatan khususunya Bidan yang bertugas untuk pelayanandan pemberian informasi tentang perawatan payudara, manfaat melakukan perawatan payudara, caramencegah agar payudara tidak membengkak dan akibat lanjut apabila tidak melakukan perawatanpayudara. Pemberian informasi dapat menggunakan leaflet, brosur dan poster.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DI PUSKESMAS PAAL X KOTA JAMBI TAHUN 2013 Haryanti, Dwi
SCIENTIA JOURNAL Vol 5 No 1 (2016): SCIENTIA JOURNAL
Publisher : SCIENTIA JOURNAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program KB yang berjalan sejak tahun 1970 belum memperlihatkan dampak bermakna terhadappenurunan pertumbuhan penduduk. Hal ini disebabkan karena sebagian ibu-ibu mengeluh tidak maumengikuti program KB karena mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Adapun carapenanggulangannya yang sudah dilakukan yaitu dengan cara memberikan pelayanan kontrasepsigratis kepada masyarakat miskin melalui puskesmas maupun klinik, hal tersebut dilakukan gunamengurangi kepadatan penduduk di Indonesia. Penggunaan Kontrasepsi cenderung meningkatsejalan dengan meningkatnya umur, mencapai puncak pada kelompok umur (20-34) dan kembaliturun setelahnya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total Sampel dengan teknik accidentalsampling, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan denganpemakaian alat kontrasepsi suntik di puskesmas Paal X Kota Jambi.Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalampenelitian adalah seluruh akseptor KB suntik di puskesmas Paal X Kota Jambi berjumlah 65 Orang.Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampel dengan teknik accidental sampling. Analisadata yang di gunakan adalah analisa univariat dan bivariat.Hasil analisis univariat dari 65 responden di dapatkan (64,6%) responden memiliki umur beresikotinggi, (73,8%) responden paritasnya tinggi, (78,5%) responden berpendidikan tinggi, (61,5%)responden memiliki pengetahuan baik. Sedangkan hasil analisis bivariat menunjukan bahwa adahubungan antara umur dengan pemakaian kontrasepsi suntik dengan P value 0,006 < 0,05, Paritasdengan pemakaian kontrasepsi suntik dengan P value 0,004 < 0,05, Pendidikan dengan pemakaiankontrasepsi suntik P value 0,002 < 0,05, Pengetahuan dengan pemakain kontrasepsi suntik P value0,019 < 0,05.Disimpulkan bahwa ada hubungan antara umur paritas, pendidikan dan pengetahuan denganpemakaian alat kontrasepsi suntik di puskesmas Paal X Kota Jambi tahun 2013.

Page 1 of 2 | Total Record : 16