JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani)
ISSN : 25988050     EISSN : 25988096
JUMANJI merupakan singkatan Jurnal Masyarakat Informatika Unjani dengan ISSN cetak 2598-8050 dan ISSN elektronik 2598-8096. Jurnal ini juga telah terindeks Google Scholar dan PKP Index. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini berisi 8 (delapan) tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya Informatika. Tulisan yang masuk ke redaksi diseleksi dengan sistem blind peer-review untuk menjaga obyektivitas sekaligus membuka kesempatan bagi setiap orang, terlepas dari latar belakang pendidikan untuk dapat berkontribusi. Jumanji telah menggunakan software Turnitin sebagai Plagiarism Tool.
Articles
24
Articles
Penerapan Mobile Government Pada Monitoring Aktigitas Aparatur Sipil Negara Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung Barat

Hadiana, Asep Id, Renaldi, Faiza

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The development of mobile and mobile technology has given the Government the opportunity to utilize Mobile Information and Communication Technology (M-ICT) to help facilitate daily administration and to provide better services to citizens, businesses and government institutions through the use of mobile technology. The number of cellular telephone users in Indonesia continues to grow and now it has reached 50.6 million customers. Therefore, the application of m-Government in Indonesia is an interesting material to be studied. There are many forms of services that can be provided by m-Government, one of which is service in government offices for stakeholders of the state civil apparatus. This research takes place in the Office of Communication and Information (Diskominfo), which is one part of the Regional Work Unit (SKPD) in West Bandung Regency, and focuses on the existence of monitoring activities of the State Civil Apparatus (ASN) in the SKPD. ASN always plays an important role in the daily activities of the government bureaucracy, therefore it is necessary to manage employee data in order to achieve quality assurance on employee performance. Diskominfo West Bandung Regency has a number of employees of approximately 150 employees spread in 3 fields. The use of M-Government technology is believed to be able to provide a necessity to resolve the challenges that must be overcome, one of which is the external office / city monitoring of the ASN Diskominfo. This research will build a m-Government application in Diskominfo, West Bandung Regency to monitor the activities of the state civil apparatus (ASN), which uses smart cellphones based on Android as its media.

Innovation Computer Vision Technology With Internet Of Things (Iot) For Support Entrepreneurs In Fishery Sector

Muttaqin, Helmy Faisal, Wahyu, Ari Purno

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sektor perikanan memerankan peran utama ke dua setelah migas, indonesia merupakan negara dengan wilayah laut yang luas di Asia Tenggara dan menjadi penghasil ikan nomor satu wilayah tesebut, produk -produk perikanan indonesia telah mampu bersaing dipasar domestik dan pasar internasional, sektor perikanan saat ini mencoba membuat sebuah sistem quality control atau kendali produk yang dihasilkan dari mulai level hulu dan hilir, besarnya jumlah produk ikan di Indonesia menjadi andalan penghasilan devisa negara, sumber perikanan indonesia berumber pada perikanan air tawar dan sumber perikanan air laut. Agar mampu bersaing dipasar domestik diperlukan sebuah langkah dengan menjaga standar tempat pemeliharaan dan qualitas ikan, faktor qualitas ikan dipengaruhi dengan memperhatikan jenis pakan dan  kualitas  air, yang sangat berpengaruh pada habitat ikan tersebut, proses tersebut akan sulit jika dilakukan pada area yang luas serta menggunakan teknologi yang masih sederhana misalkan  peternak ikan  akan memberikan pakan ikan secara berkala dan manual mengecek keadaaan serta  ukuran ikan  yang masih menggunakan visual langsung, misalnya  dengan mengukur bobot, kelengkapan tubuh ikan dan  warna ukuran itu sendiri merupakan faktor yang sangat penting sebagai pengambilan keputusan bahwa ikan tersebut  masuk kedalam kategori export atau tidak. Untuk memudahkan monitoring kualitas ikan tersebut saat ini bisa menggunakan sebuah bantuan metode  Computer vision dengan teknik image processing dengan implementasi teknologi IOT (Internet Of Thing), pada  metode tersebut qualitas suhu air kolom dan ukuran kondisi ikan bisa monitoring bahkan menghitung kondisi jumlah ikan yang hidup dikolam, metode bisa mempersingkat waktu dan mengkover area habitat ikan dalam zona yang lebih luas dan menghemat tenaga  serta biaya sehingga hasilnya dari produk ikan lebih optimal dan berkualitas

Penggunaan Teknologi Wireless Sensor Network (WSN) dan GSM Pada Konsep Smart City

Chaniago, Muhammad Benny

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Smart city adalah sebuah konsep dimana semua sistem dan element baik itu alat atau moda tranfortasi bisa bekerja seseuai dengan konsep mobiltasnya, hardware dan software pendukung harus saling terintgrasi dan bisa berjalan pada semua platform pendukung, data pada platform bisa tersimpan dalam virtual server dalam hal ini disebut sebagai cloud computing, cloud sendiri akan menyimpan berbagai macam data penting seperti kode kependudukan, data transportasi, penjualan,dan akses kemanan, data inputan tadi berasal dari semua aplikasi yang terpisah – pisah dan tersebar dibeberapa penjuru kota, bagus tidaknya data yang tersimpan tergantung dari koneksi dan akses internet yang digunakan, sebagai contoh pada sistem retail penjualan barang, pada sistem yang lain  jumlah pengguna tranfortasi bisa dikirm melalui data cloud tetapi masih terbatas dan tergantung pada area wilayah yang sangat luas, demikan juga penggunaan kamera CCTV yang terpasang dijalan raya atau tempat pembelajaan masih tersebar sulit  dalam  proses penyetingan dan membutuhkan proses  penarikan kabel terdekat sebagai sumber arus listrik agar terkoneksi  server, masalah tersebut bisa diatas dengan pemasangan perangkat yang di integrasikan dengan teknologi Wireless Sensor Network pada alat – alat pendukung Smart City misalkan untuk menghitung jumlah pengunjung mall atau bandara, penggunaan CCTV dengan WSN memungkinkan peralatan tersebut bisa ditempatkan secara fleksible memanfaatkan data GSM yang bisa disimpan pada switch dengan penambahan konfigurasi VLAN (virtula local Area ) ,penambahan metode ini bisa mengamankan data transaksi dengan mengamkan jaringan komputer LAN yang dimaksimalkan, penambahan WSN pada cctv mampu disimpan ditempat yang susah dijangkau dan terkoneksi dengan aplikasi multiface detection yang berguna sebagai tambahan fitur keamanan

Perancangan Service Landscape Untuk Sistem Informasi Terpadu Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan Service Oriented Architecture

Santikarama, Irma, Renaldi, Faiza

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dapat memudahkan proses bisnis dalam Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Tantangan kemudian muncul pada saat proses adopsi teknologi yang beragam yang seringkali membuat perubahan pada proses bisnis PTS. Terlebih lagi, pola investasi TI yang bertahap di PTS pun kemudian berbanding lurus dengan pengembangan sistem informasi yang dilakukan secara bertahap dengan memanfaatkan platform yang berbeda-beda, yang menyebabkan PTS kesulitan dalam mengimplementasikan sebuah solusi yang terintegrasi, yang termasuk di dalamnya adalah faktor skalabilitasnya, dimana TI pada PTS harus memperhatikan fleksibilitas TI terhadap perubahan di masa mendatang [1]. Tantangan tersebut di atas, yang bermuara pada integrasi dan fleksibilitas TI pada PTS dapat dijawab dengan menggunakan teknologi berbasis Service Oriented Architecture (SOA). Dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan Service Landscape untuk Sistem Informasi Terpadu PTS pada domain akademik dengan menggunakan pendekatan SOA. Service Landscape merupakan gambaran hirarkis service atau layanan yang dikelompokan berdasarkan proses bisnis. Tujuan dari pembuatan service landscape adalah untuk melihat secara utuh kapabilitas layanan yang dibuat untuk sebuah sektor PTS, sehingga dapat mempermudah analisis SOA pada sektor PTS, dalam penelitian ini diperuntukan untuk sektor PTS. Metodologi penelitian yang digunakan adalah DSRM Process Model. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Service Landscape untuk Sistem Informasi Terpadu PTS yang dapat digunakan untuk mempermudah analisis SOA pada PTS dan membantu PTS untuk menentukan service atau layanan apa yang akan dibangun; dan pengembangan perangkat lunak mesin pengolah kuesioner untuk mendukung perancangan service landscape.

Tantangan dan Isu-Isu E-Government Indonesia Dilihat dari Layanan untuk Masyarakat

Amalia, Endang

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Setiap kementerian dan pemerintah daerah di Indonesia memiliki layanan terpisah untuk melayani warga. Tapi dengan kementerian e-government dan pemerintah daerah harus bisa lebih meningkatkan pelayanan publik bagi warga negara dan terpusat. Dalam penelitian ini akan dianalisis mengenai tantangan dan permasalahan yang terjadi di Indonesia dari perspektif pelayanan bagi warga negara untuk menghindari ketidaknyamanan dan perihal yang tidak perlu dalam hal pindah, tinggal, belajar, bekerja, berbelanja atau sekadar bepergian ke luar negeri. Kelompok layanan untuk warga yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Travel, Work and Retirement, Vehicles, Residence formalities, Education and Youth, Health, Family konsumen yang dihasilkan dari penelitian ini dapat mengarahkan pemerintah untuk fokus pada peningkatan layanan publik bagi warga negara.

Aplikasi Pemetaan Gedung Berbasis Web dengan Framework Laravel (Studi Kasus : PT. Bank BRI Syariah)

Buananta, Septian Eka Ady

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Bank BRI Syariah menyadari betapa pentingnya mengikuti perkembangan teknologi dalam hal mengoptimalkan penyimpanan, pengolahan dan presentasi data dalam bentuk digital. Salah satu contohnya adalah proses pemetaan denah gedung yang dimiliki oleh PT. Bank BRI Syariah. Dengan adanya pemetaan denah dalam bentuk digital dapat memberikan fleksibilitas dari segi pengaksesan dan penyajian informasi yang sangat efektif. Dalam menjawab hal tersebut, maka dibangunlah aplikasi pemetaan gedung yang merupakan web based application. Aplikasi pemetaan gedung ini dibangun dengan menggunakan PHP dengan framework Laravel. Database yang digunakan adalah MySQL. Software penghubung antara aplikasi dan  database adalah webserver Xampp. Dalam proses pemodelan perancangan sistem informasi ini, menggunakan model prototype yang digambarkan dengan Unified Modelling Language (UML).

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SANGGA BUANA BANDUNG

Solihin, Hanhan Hanafiah

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Universitas Sangga Buana telah memberlakukan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa dengan menyediakan berupa kertas kuesioner yang disebar dan diisi oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan pada setiap akhir semester, yang memungkinkan data kuesioner diharapkan semua terkumpul dan dapat diolah oleh Biro Penjaminan Mutu. Kegiatan menyebarkan kuesioner ini pada prosesnya sangat banyak menggunakan kertas serta ada kemungkinan mahasiswa tidak mengisi kuesioner, dikarenakan malas atau banyak hal, pada proses pengumpulan kuesioner yang telah diisi oleh mahasiswa, lembar kuesioner dapat tercecer atau hilang dan tidak terarsip dengan baik. Pada proses penghitungan sangat memungkinkan terjadi kesalahan input data dan perhitungan oleh petugas. Kesalahan tersebut berpengaruh pada penilaian seorang dosen dinyatakan berkinerja baik atau buruk. Untuk tahapan pemodelan sistem tools yang digunakan memanfaatkan UML, selanjutnya pada penelitian ini merancang juga pemodelan user interface pada program aplikasi yang diusulkan.

RANCANG BANGUN APLIKASI PENDATAAN SENSUS EKONOMI BERBASIS MOBILE

Prianto, Cahyo, Lutfiasih, Nurul

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan sebuah institusi pemerintah yang mempunyai hak untuk melakukan kegiatan statistik yaitu berupa sensus dan survei. BPS melakukan pengolahan data dari beberapa sensus, cotohnya yaitu tentang sosial dan kependudukan, ekonomi dan perdagangan, serta pertanian dan pertambangan. Setiap data dan keputusan yang diambil harus berdasarkan informasi yang valid dan akurat. Namun semakin meningkatnya permintaan data dan informasi maka akan berpengaruh pula pada meningkatnya kegiatan survei yang tidak sebanding dengan terbatasnya jumlah SDM. Meski BPS mempunyai sistem dan infrastruktur teknik informasi yang memadai, namun masih ada sistem yang belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik. Sistem yang akan dibuat adalah sistem pada aplikasi yang digunakan BPS dalam pengolahan data sensus ekonomi untuk Usaha Mikro dan Kecil. Sistem tersebut dianalisis dengan cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sistem yang akan dianalisis tersebut diharapkan dapat dibuat aplikasi dengan menggunakan model Waterfall.Dengan menggunakan model Waterfall maka kualitas pengembangan yang dihasilkan akan lebih baik karena dilakukan secara bertahap sehingga sistem yang akan dikembangkan dapat membantu petugas dalam mengolah data.

Analisis Pembangunan Korpus Berpasangan Untuk Pembangkitan Parafrasa Pada Makalah Ilmiah

Ilyas, Ridwan, Widyantoro, Dwi Hendratmo, Khodra, Masayu Leylia

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembangunan mesin yang dapat membangkitkan kalimat baru dengan tingkat semantik yang tinggi namun secara penulisan berbeda (parafrasa) membutuhkan sumberdaya bahasa berupa korpus parallel. Proses pembangunan korpus memerlukan analisis awal sesuai dengan domain dari mesin yang akan dibuat. Pada penelitian ini dilakukan analis dalam pembangunan korpus berpasangan pada makalah ilmiah. Kalimat-kalimat pada makalah ilmiah memiliki karakteristik yang berbeda dengan domain lain seperti berita atau media sosial. Dari hasil proses ekstraksi awal didapatkan 590.402 kalimat isi  dan 23.584 kalimat abstrak. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi kandidat korpus yang dilakukan dengan proses terkomputerisasi.

Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada PT. Sapta Satria Jaya

Sidik, Tri Wijaya Permana, Witanti, Wina, Umbara, Fajri Rakhmat

JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Sapta Satria Jaya merupakan perusahaan di bidang jasa keamanan outsourcing dengan sistem kontrak. Pengolahan keluhan terhadap client yang akan dijadikan laporan masih tidak efektif karena laporan dari setiap Danru masih ditulis di kertas sehingga kantor pusat harus membuat format laporan ulang untuk diberikan kepada client setiap 1 bulan sekali. Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM) merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan client dan mengurangi kemungkinan para client pindah ke perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang berbasis website dan mobile web pada PT. Sapta Satria Jaya agar dapat menjalin hubungan dan meningkatkan pelayanannya kepada client. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model waterfall. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis website dan mobile web yang kemudian akan diuji dengan menggunakan metode pengujian Black-Box ,yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program, dengan pembangunan Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM) ini diharapakan PT. Sapta Satria Jaya dan menjalin hubungan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan layanannya kepada client apabila selesai diimplementasikan diharapkan menurunkan presentasi keterlambatan Danru menjadi 10%.