cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 89 Documents
PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA SD KELAS 4 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Puspitasari, Nurisa; Hardjono, Nyoto
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Kutowinangun 01 melalui Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart terdiri dari 2 siklus, siklus 1 dan 2. Peningkatan proses dibagi menjadi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian: (1) Kondisi prasiklus sebelum menggunakan PBL dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru sebesar 2,27 dan 2,23 untuk skor rata-rata aktivitas siswa atau 39% pada prasiklus, jika dilihat dari ketuntasan belajar menunjukkan prasiklus sebesar 39% atau 12 siswa yang tuntas. (2) Dengan PBL dapat meningkatkan skor rata-rata proses belajar, dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 3,10 atau 77,5% dan 3,71 atau 92,8% pada siklus II. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,73 atau 68,3% dan 3,6 atau 90% pada siklus II. (3) Peningkatan proses berdampak pada peningkatan hasil belajar, dilihat dari ketuntasan belajar prasiklus sebesar 39% atau 12 siswa, siklus I sebesar 61,3% atau 19 siswa dan siklus II meningkat menjadi 83,87% atau 26 siswa.
UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS DI KELAS X MS-7 SMA NEGERI 1 KABANJAHE Darnianna, Darnianna
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok trigonometri di kelas X MS-7 semester Genap SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajara n2017/2018 setelah menerapkan model pembelajarantipe NHT.   Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran model kooperatiftipe NHT (Number Head Together) dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa dan penguasaan konsep matematika siswa. Dua siklus penelitian dibagi dalam empat pertemuan pembelajaran (KBM). Penelitian ini direncanakan diiaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe pada semester Genap kelas X MS-7 bulanFebruari – April Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak I (satu) kelas yaitu siswa kelas X MS-7sebanyak 32 orang.         Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar maka dilakukan tes hasil belajar atau disebut Pretes. Analisis data menunjukan hasil pretes siswa rata-rata adalah 24,23, hal ini menunjukan bahwa rata-rata siswa belum ada persiapan sebelum belajar di sekolah. Data aklivitas siswa menurut kedua pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (37%), bekerja (31%), bertanya sesama teman (16%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%). Dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada SiklusII antara lain: menulis/membaca (24%), bekerja (36%), bertanya sesame teman (21&), bertanya kepada guru (16%), dan yang tidakrelevandengan KBM (2%). Dengan meningkatnya aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, maka berdampak pada hasil belajar siswa dalam belajar matematika juga meningkat. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatiftipe NHT pada Formatif I dan Formatif II menunjukkan 21 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 24 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siktus I dan siklus Il adalah 74,62 dan 81,54 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,77% pada siklus I dan 92,31% pada Siklus II. 
STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Dazrullisa, Dazrullisa; Waruwu, Sumiati
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi Learning Start With A Question dan strategi pembelajaran Question Student Have pada materi logika matematika di kelas X SMAN 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuala tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dari tiga kelas yaitu X MIA1, X MIA2 dan X IIS1. Pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dan didapat sampel yaitu kelas X MIA1 Sebagai kelas eksperimen Imenggunakan strategiLearning Start With A Question dan kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan strategiQuestion Student Have. Instrumen tes yang di gunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk essay. Hasil perhitungan uji hipotesis yang didapat adalah Thitung 39.197 ≥Ttabel  1.685, maka Ha yang berbunyi Terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question dan Question Student Have pada materi logika matematika kelas X SMAN 1 Kuala, dinyatakan diterima, H0 ditolak. Kata kunci:Learning Start With A Question dan Question Student Have, Hasil Belajar Siswa, Logika Matematika.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 KUALAKABUPATEN NAGAN RAYA Nababan, Siti Aminah; Iskandar, Iskandar
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menuntut kompetensi profesional guru dalam berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Sejauh ini, dari segi isi dan kualitas perangkat pembelajaran yang diterapkan guru masih belum tergolong baik karena fakta bahwa perangkat yang dikembangkan oleh guru belum pernah diuji validitas, kepraktisan maupun keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya.Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1). Mengahasislkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar; 2) Mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pemebelajaran yang di kembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4-D, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Realistik Mathematics Education (RME). Prinsip dalam model RME adalah mendorong siswa untuk menggali berbagai gagasan matematika dan mengkontruksi pengetahuan sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan matematik siswa. Dalam hal ini siswa  harus aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan diberi kebebasan untuk mengekspresikan jalan pikirannya.Kata-kata kunci : Pemebelajaran Matematika Realistik; kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 3 SEUNAGAN Abdullateh, Abdullateh
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Penelitian ini dilakukan di Kelas XI/IPS1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus semester ganjil 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Silabus, Rencana Pelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Tes formatif. peneilitian ini menunjukkan bahwa metode kontekstual berbasis masalah pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru untuk menghadapi ujian kenaikan kelas (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing  65,71%, 71,14%, dan 88,57%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kata-kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, PTK, PBL
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW (TIM AHLI) DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII IIS MATERI JURNAL KHUSUS PADA SMA NEGERI 1 BUBON ACEH BARAT Salmah, Salmah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (Tim Ahli), pada materi jurnal khusus di SMAN 1 Bubon Aceh Barat pada kelas XII IISyang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keaktifan siswa siswa pada materi jurnal khusus. Untuk mengetahui keaktifan siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (16,00%), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 21 siswa (84,00%), Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 18 siswa (72,00%), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 7 siswa (28,00%), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 22 siswa (88,00%) dan sebanyak 3 siswa (12,00%) belum mencapai ketuntasan belajar.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw (Tim Ahli) di SMAN 1 Bubon Aceh Barat pada kelas XII IISdapat meningkatkan keaktifan siswa siswa pada materi jurnal khusus.Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, keaktifan.
PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI LINGKARAN rahman, Abu
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit, sedangkan sampel adalah kelas XI MIA.1 sebanyak 35 orang siswa, yang diambil secara acak. Adapun instrument penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data dianalisis sesuai dengan tingkat capaian tujuan efektivitas model pembelajaran Take and Give menggunakan statistik inferensial, aspek pemahaman siswa menggunakan statistik deskriptif dan aspek sikap menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take  and  Give  mencapai kelulusan 89,75% dan  minat belajar siswa dengan  model  pembelajaran Take  and  Give  mencapai  83,02%. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit pada topik lingkaran adalah efektif. Kata Kunci: pembelajaran matematika, model pembelajaran take and give 
PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI PELUANG MELALUI PENDEKATAN TEACHING MATHEMATICS FOR SOCIAL JUSTICE (TMSJ) Asyiyah, Dewi
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan TMSJ , Respon Siswa serta penanaman nilai keislaman pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ) pada materi peluang dengan mengkombinasikan fase-fase kooperatif learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTs YATABU surabaya dan kelas VIII-A sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa 68 telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 75,08%. Aktivitas yang dominan muncul seketika pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice  yakni menuliskan informasi yang didapat sebesar 30,70%. Selanjutnya, respon siswa 92% siswa lebih memahami materi peluang dengan menggunakan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ).Kata kunci : Penerapan, Pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ), Pembelajaran Kooperatif, Strategi Keislaman.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat Atini, Atini
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKMasalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017 di SMP Negeri 1 Samatiga yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII pada materi Himpunan pelajaran Matematika dengan menggunakan model GI pada SMP Negeri 1 Samatiga. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII Negeri 2 Meulaboh yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII SMA Negeri 1 Samatiga pada materi Himpunan dengan menggunakan model GI. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%)  yang tuntas secara klasikal.  Kata Kunci:   Kooperatif, GI, hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS. YATABU SURABAYA Alawi, Achmad Basori
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs. YATABU dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. YATABU Surabaya yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar obsevasi Aktivitas Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88,46% dari seluruh siswa telah  mencapai ketuntasan secara individu (KKM ≥ 75), Aktivitas siswa selama proses menunjukkan peningkatan dengan persentase peningkatan aktivitas siswa aktif dari siklus I ke siklus II sebesar 2,39% dan siswa dikategorikan aktif dalam pembelajaran, Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan 87,65% dengan kategori sangat baik. Sehingga penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs. YATABU Surabaya. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips.