JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION
ISSN : 26232383     EISSN : -
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Mathematics Education; Realistic Mathematics Education; Design Research; School Mathematics; Mathematics Science; Learning Mathematics.
Articles 9 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Irawan, Bayu Putra

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa (2) pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CORE terhadap kemampuan penalaran matematika siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen murni dengan menggunakan control group pretest-postest. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan administrasi Perkantoran SMK-S 5 Pembangunan Curup kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Tahun Pelajaran 2014/2015.  Jumlah  sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini pada kelas eksperiman 27 orang dan kelas kontrol 28 orang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran CORE terhadap kemampuan kpenalaran matematika siswa.

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS METODE PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGITIGA

Pratiwi, Tuty, Siroj, Rusdy A., M., Muslimin

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis metode pemecahan masalah pada materi segitiga yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) serta tahap formative evaluation. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh lembar kegiatan siswa berbasis metode pemecahan masalah yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian ahli (validator) terhadap LKS, sementara praktis dilihat dari hasil uji coba small group terhadap siswa dalam menyelesaikan LKS yang diberikan. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 75,70 yang berarti hasil belajar siswa pada materi segitiga tergolong kategori baik, maka disimpulkan LKS yang telah dikembangkan memiliki efek potensial.

PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT

Mandala Putra, Dwi Sucipto, Sugiyarti, Sri, Putra, Yudi Yunika

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.136

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Accelerated Learning Cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika materi bilangan bulat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental. Desain yang dipakai adalah The One Group Pretest-Posttest Design.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 13 Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas statisika Lilliefors dan uji hipotesis menggunakan statistika The Related. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Accelerated Learning Cycle berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika materi bilangan bulat.

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL

Hayati, Nur, Marliani, Novi

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.143

Abstract

Tujuan dari penulisan arti kel ini adalah agar kita dapat mengetahui dan menerapkan metode drill dalam proses belajar mengajar dalam suatu pengajaran yang efektif.  Bila kita ingin menghasilkan sesuatu atau sistem pembelajaran yang baik dan sesuai dengan yang di harapkan  maka harus memiliki pembelajaran efektif dan kreatif dengan menerapkan metode tersebut. Sedangkan metode mengajar dikatakan efesien bila penerapannya dalam menghasilkan sesuatu yang diharapkan itu relatif menggunakan tenaga, usaha, pengeluaran, dan waktu minimum atau semakin kecil tenaga, usaha,biaya, dan waktu yang dikeluarkan semakin efesien metode itu. Metode dalam penulisan artikel ini adalah dengan studi pustaka.  Hasil yang diperoleh dari pemaparan tersebut disimpulkan metode drill merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Eva, Lin Mas

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.144

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kebiasaan belajar dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Cikarang Utara dengan besar sample sebanyak 40 siswa,dengan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kemampuan numerik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika.

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT MENGGUNAKAN STRATEGI THINK TALK WRITE

E., Efuansyah, Wahyuni, Reny

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project yang dikombinasikan dengan strategi Think Talk Write pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Xaverius Lubuklinggau di kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Sebelum melaksanakan penelitian, soal tes terlebih dahulu diujicobakan untuk melihat kevalidan, reliabel, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Dari 5 soal yang diujicobakan maka semua soal valid dengan tingkat reliabel sedang. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project yang dikombinasikan dengan strategi Think Talk Write. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebanyak 5 soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Xaverius Lubuklinggau tahun ajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata hasil tes siswa sebesar 89,53 termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase tiap indikator dapat dilihat bahwa : indikator menginterpretasi sebesar 69,44% , indikator menganalisis di peroleh presentase 92,59% berada pada kategori sangat baik. Pada indikator mengevaluasi diperoleh presentase 99,07% berada pada kategori sangat baik. Pada indikator terakhir yaitu menginferensi diperoleh presentase 96,53% berada pada kategori sangat baik.

LEARNING TRAJECTORY PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK

Refianti, Rani, Adha, Idul

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.162

Abstract

Learning trajectory merupakan alur pemikiran siswa yang dihasilkan dari Hypothetical learning trajectory (HLT). Learning trajectory yang dihasilkan pada pembelajaran materi luas permukaan kubus dan balok dapat dijadikan dasar bagi guru dalam mengembangankan  model, metode serta bahan ajar yang akan digunakan  dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian design research yang bertujuan mengembangkan local instruction theory melalui kerjasama antara peneliti dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode design research terdiri dari tiga tahapan yaitiu  pre experimen, teaching experiment dan restropective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi, dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya  dianalisis secara deskriptif. Analisis data hasil dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes dilakukan secara kualitatif.

KESALAHAN MAHASISWA CALON GURU SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Apriani, Fitri

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.167

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Subjek penelitian adalah mahasisswa semester 7 Program studi PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung yang mengambil mata kuliah Pemecehan Masalah Matematika dengan sampel satu kelas yang dipilih secara acak. Terdapat 45 mahasiswa dalam satu kelas. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, dokumentasi, dan wawancara. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis bentuk uraian.  Data dianalisis dengan reduksi data, coding data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan Sebanyak 13 mahasiswa mengalami kesalahan dalam memahami masalah, 17 mahasiswa mengalami kesalahan dalam merencanakan penyelesaian, 4 mahasiswa mengalamai kesalahan dalam melaksanakan rencana, dan 8 mahasiswa mengalami kesalahan dalam tahap memriksa kembali proses dan hasil.

DESAIN PEMBELAJARAN GARIS DAN SUDUT DENGAN KONTEKS PAGAR BULUH DI KELAS VII

W., Widiawati, Marzal, Dodi, Juwita, Hariani

JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION Vol 1 No 1 (2018): Mathematics Education and Learning
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.31540/jmse.v1i1.186

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar dalam membantu siswa pada pembelajaran garis dan sudut dengan konteks pagar buluh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation studies dengan mengujikan 6 siswa sebelum melibatkan 34 siswa kelas VII MTs Negeri Jambat Balo Pagaralam dengan dugaan lintasan belajar atau Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Kemudian HLT tersebut dikembangkan dan seperangkat aktivitas diterapkan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengembangkan pemahaman materi garis dan sudut melalui tiga tahap, yaitu preliminary design, the design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian yang dilakukan menghasilkan learning trajectory yang terdiri dari serangkaian proses pembelajaran dalam tiga aktivitas yaitu membuat pagar buluh, menyelesaikan masalah pada materi garis, dan menyelesaikan masalah pada materi sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan konteks pagar buluh siswa dapat memahami konsep-konsep dalampembelajaran garis dan sudut serta siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan materi garis dan sudut pada kehidupan sehari-hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 9