cover
Filter by Year
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan
Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan merupakan jurnal ilmiah untuk penelitian di bidang Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
Articles
50
Articles
Pengembangan Media Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang dan Pemberitahuan Impor Barang di Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo ( Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya )

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelajaran Pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) yang dilakukan di jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya selama ini masih memakai cara orasi dan penyajian menggunakan slide OHP (Over Head Projector). Penyajian slide OHP mempunyai kelemahan pada materi, tampilan presentasi, interaksi pemakai, dan interaksi program. Oleh karena itu perlu untuk mengembangkan media berbasis komputer guna meningkatkan efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB. Masalah efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB akan diselesaikan dengan kaidah Research and Development. Langkah-langkah penelitian meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, desain, implementasi, validasi ahli, revisi produk I, uji coba pengguna, revisi produk II, dan publikasi masal. Responden uji coba terdiri dari 41 mahasiswa jurusan KPN semester VI dan 4 dosen jurusan KPN PDP UHT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan persentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis komputer mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran pengisian PEB dan PIB. Berdasarkan penilaian dari mahasiswa dan dosen, media berbasis komputer pembelajaran pengisian PEB dan PIB memiliki persentase rata-rata nilai indikator; materi sebesar 68,41% (efektif), tampilan sebesar 68,66% (efektif), interaksi pemakai sebesar 79,76% (sangat efektif), dan interaksi program sebesar 79,02% (sangat efektif). Rata-rata kinerja pembelajaran baru atau menggunakan program tutorial pengisian PEB dan PIB (73,96%) lebih baik dari kinerja pembelajaran lama atau tanpa menggunakan program tutorial pengisian PEB dan PIB (37,5%). Uji statistik menggunakan t test berkorelasi pihak kiri menunjukkan t hitung -34,8354 jatuh pada daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Hipotesis alternatif (Ha) menyatakan kinerja pembelajaran lama lebih kecil dari kinerja pembelajaran baru.

Analisis Biaya Pelabuhan dan Biaya Bongkar Muat Terhadap Pendapatan PT. Abdi Nusantara Indonesia Line Cabang Gresik

Miftach, Zaini, Pasek, Putu

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Di era modern seperti sekarang ini perusahaan di bidang jasa khususnya di bidang keagenan selalu dituntut untuk melaksanakan kegiatan secara cepat dan maksimal. Perusahaan pelayaran yang menyediakan pelayanan keagenan kapal harus dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar. Di sini agen bertindak sebagai pihak yang mewakili pemilik kapal dalam mempersiapkan segala sesuatu agar kegiatan kapal selama di pelabuhan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Agen juga harus mempersiapkan fasilitas sebelum kapal tiba dan memastikan kegiatan bongkar muat dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat memberikan pelayanan sepenuhnya terhadap kepentingan kapal selama di pelabuhan. Setelah selesainya seluruh kegiatan pelayanan jasa yang telah diberikan kepada kapal, perusahaan keagenan membuat perhitungan atas seluruh biaya pelayanan tersebut. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pelabuhan dan biaya bongkar muat terhadap pendapatan yang ada di PT. Abdi Nusantara Indonesia Line. Metode penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Langkah-langkah yang seharusnya diambil oleh perusahaan untuk menekan biaya-biaya tersebut dengan cara meningkatkan koordinasi antara pihak perusahaan dengan customer, agar proses pengiriman barang tidak terhambat dan biaya yang bersangkutan dapat ditekan semaksimal mungkin oleh PT.Abdi Nusantara Indonesia Line.

Peranan International Safety Management (ISM) Code sebagai Penunjang Keselamatan Pelayaran di atas Kapal pada Perusahaan Pelayaran di Surabaya

Mudiyanto, -

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji peranan sistem International Safety Management Code sebagai penunjang keselamatan pelayaran di atas kapal perusahaan pelayaran Surabaya. Sampel penelitian ini adalah para crew kapal dan karyawan perusahaan pelayaran sejumlah 50 responden. Dengan bantuan program SPSS digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengolahan data diperoleh nilai R berganda sebesar 0,765 Koefisien korelasi berganda tersebut menunjukkan bahwa antara variable Document of Compliance dan Safety Management Certificate memiliki hubungan yang kuat terhadap variabel keselamatan pelayaran, Koefisien determinasi ditunjukkan oleh Nilai R sebesar 0,765 berarti variable X1 dan X2 mempunyai tingkat hubungan kuat terhadap variable terikat Y. Nilai R Square, yaitu sebesar 0,5855, artinya sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel X1 dan X2 terhadap variabel terikat Y adalah sebesar 58,5%.

Analisis Penataan Penumpukan Kontainer Terhadap Lahan Depo di PT. Mentari Sejati Perkasa Surabaya

Gita, Anggi, Hardjono, -

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Mentari Sejati Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transpotasi laut yaitu container service, depo kontainer, shipping agent, stevadoring. Pentingnya depo kontainer sangat berpengaruh karena sebagai wadah atau tempat untuk penumpukan kontainer kosong ataupun kontainer isi. Penataan kontainer yang tepat dan rapi di area depo sangatlah berpengaruh terhadap luas lahan depo yang terbatas. Sebab jika penataan kontainer tidak rapi mengakibatkan kegiatan yang berlangsung di area depo tidak berjalan lancar. Semakin rapi dalam penyusunan dan penataan kontainer akan membuat optimalnya kegiatan yang terjadi di area depo dan dapat pula mengefisienkan waktu dalam kegiatan bongkar muat yang terjadi di area depo, pendistribusian kontainer dari depo ke pelabuhan atau sebaliknya.

Pengaruh Budaya K3 dan Iklim K3 Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur

Setiono, Benny Agus

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya keselamatan kerja dan iklim keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan Pelindo III Propinsi Jawa Timur pada bagian tenaga operasional lapangan yang dengan jumlah 404 orang. Metode penarikan sampel proporsional random sampling. Penetapan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah 218 responden. Pengukuran variabel Budaya Keselamatan diukur dengan menggunakan indikator: komitmen manajemen, peraturan dan prosedur, komunikasi, keterlibatan pekerja, kompetensi, lingkungan kerja. Iklim keselamatan  diukur dengan menggunakan indikator: management value, safety communication, safety practices, safety training dan safety equipment. Kinerja karyawan diukur dengan menggunakan indikator: kuantitas, kualitas, keandalan, kehadiran dan kemampuan bekerja sama. Hasil Penelitian : 1). Budaya keselamatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur. Budaya keselamatan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur yang kuat akan membawa dampak terhadap kinerja karyawan. Hal ini dikarenakan dengan penerapan  keselamatan kerja yang tinggi karyawan akan merasa aman dalam melaksanakan pekerjaan mengingat keselamatan merupakan hal yang penting di lingkungan kerja. Dengan kondisi budaya keselamatan yang kuat di PT. Pelindo III Provinsi Jawa Timur juga dapat mengarahkan karyawan untuk bersikap dan bertindak, karena organisasi yang memiliki budaya yang kuat memiliki nilai-nilai dan codes of conduct bagi para karyawan untuk melakukan kinerja. 2). Hasil iklim keselamatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur. Artinya iklim keselamatan  dapat meningkatkan kinerja karyawan. Peningkatan kinerja karyawan ini disebabkan karena adanya sikap kepedulian pihak manajemen PT. Pelindo III Provinsi Jawa Timur terhadap keselamatan karyawan serta ketersediaan alat-alat perlengkapan keselamatan yang memadai.

Analisis Pelayanan Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang KM. Sinabung pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya

Yuliana, -, Poli, Sofyan

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. PELNI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi laut yaitu kapal penumpang. Pentingnya ??pelayanan? terhadap kepuasan penumpang sangat berpengaruh, Pelayanan penumpang dapat didefenisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan penumpang dan dalam bentuk barang, yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh intansi pemerintah di pusat, di daerah, dan di lingkungan BUMN, atau BUMD dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka ketentuan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja jasa pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa Pelayanan terhadap PT. PELNI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dari aspek kualitas pelayanan sikap pegawai PT. PELNI terhadap penumpang dan, secara umum kinerja pelayanan yang belum memuaskan, akan tetapi masih memerlukan beberapa pembenahan guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada seluruh pengguna jasa oleh pihak PT. PELNI. Kedua, berdasarkan tanggapan penumpang terhadap fasilitas yang disediakan oleh pihak PT. PELNI masih kurangnya tempat penjualan tiket dan tempat loket tiket, sehingga menimbulkan antrian panjang yang menimbulkan penumpang saling rebutan untuk segera bisa masuk ke dalam kapal KM. Sinabung. Ketiga keamanan terhadap penumpang yang masih menyebabkan keresahan dan kerugian pada penumpang terhadap masih adanya pencaloan atau tiket palsu, bentrokan antar penumpang. Artinya sebagian besar penumpang menginginkan perbaikan pada tiga indikator tersebut dan harus menjadi prioritas dalam peningkatan pelayananannya oleh pihak PT. PELNI pada masa akan datang dalam memberikan layanan.

Pengaruh Mata Kuliah Agama Islam Terhadap Pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah

Prawirosastro, Carlos Lazaro, Hidayat, Sapit

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Pendidikan Nasional yang pertama adalah menjadikan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan Agama Islam di PTU juga berperan dalam menjadikan mahasiswa sebagai manusia yang bertaqwa, sedangkan ketaqwaan yang paling utama dan pertama adalah mentauhidkan Allah dan tidak berbuat syirik kepada-Nya. Dewasa ini banyak terdapat perbuatan dan keyakinan manusia yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional kita. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas dapat dikemukakan rumusan masalah, yaitu : pertama bagaimana Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di PDP UHT serta hasil belajarnya; kedua bagaimana pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT; ketiga sejauh mana pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam terhadap Pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT Surabaya. Jenis penelitian ini kuantitatif, tujuannya adalah untuk mencari korelasi antara dua variabel, yaitu variabel x mata kuliah pendidikan Agama Islam dan variabel y pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT. Metode pengumpulan datanya dengan : observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan metode analisanya dengan menggunakan statistic Product Moment. Berdasarkan data analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah tergolong sangat baik dalam hasil nilai yang dicapai oleh mahasiswa taruna yang mencapai rata-rata 80 yang mana jika dikonsultasikan dengan standar penilaian SBAK PDP UHT termasuk kriteria tinggi berpredikat sangat baik; kedua Pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT adalah kurang baik, hal ini terbukti dengan analisis data yang diteliti penulis dengan hasil rata-rata prosentasenya 48 % yang mana jika dikonsultasikan dengan standar yang diberikan oleh Suharsimi Arikunto terletak pada kisaran (40 % - 55 %) adalah termasuk kategori kurang baik; ketiga Ada pengaruh Mata Kuliah Agama Islam terhadap Pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT, tetapi dikategorikan sangat lemah atau sangat rendah. Hal ini terbukti dari hasil perolehan perhitungan statistic yang menunjukkan hasil rxy sebesar 0,117 yang jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r tergolong kategori sangat lemah atau sangat rendah. Hasil rxy tersebut apabila dikonsultasikan dalam taraf signifikansi 5 % maupun 1% hasilnya lebih rendah sehingga konsekuensi adalah hipotesis nol (Ho) atau nihil yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara Mata Kuliah Agama Islam terhadap Pemahaman Tauhid dan Syirik Mahasiswa Taruna PDP UHT diterima atau disetujui, dan hipotesis alternative (Ha) atau kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif ditolak.

Optimalisasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Terhadap Kelancaran Bongkar Muat Petikemas di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia Cabang Surabaya

Zatayu, Widya, Priyono, Budi

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 1 (2018): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Cabang Surabaya. Fenomena yang terjadi bahwa tenaga kerja bongkar muat tidak sesuai yang diharapkan oleh PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Cabang Surabaya, dikarenakan jumlah tenaga kerja bongkar muat yang hadir tidak sesuai dengan jumlah yang telah disepakati, kedatangan tenaga kerja bongkar muat yang sering tidak tepat waktu dapat memperlambat proses kelancaran bongkar muat petikemas. Oleh sebab itu optimalisasi tenaga kerja bongkar muat harus dilakukan dengan jumlah ideal tenaga kerja bongkar muat hanyalah berjumlah 10 orang yang terbagi atas 5 tenaga kerja bongkar muat di atas kapal, 4 tenaga kerja bongkar muat di dermaga dan 1 kepala regu kerja. Kelancaran bongkar muat yang terjadi di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia belum efektif dan efisien karena disebabkan kurangnya komunikasi antara pihak perusahaan pelayaran dengan pihak PT Berlian Jasa Terminal Indonesia.

Sistem Operasional Prosedur Penanganan Klaim Kekurangan Muatan Dalam Asuransi Pengangkutan Kapal Laut PT. ASPAN Cabang Surabaya

Ramadhani, Rizky Amalia, Prawirosastro, Carlos Lazaro

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 8, No 2 (2018): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. ASPAN (Asuransi Purna Artanugraha) Cabang Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa asuransi. Ada beberapa bidang usaha yang di tawarkan oleh PT. ASPAN Cabang Surabaya, antara lain : Asuransi Rangka Kapal, Asuransi Pengangkutan, Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Kebakaran, Asuransi Rekayasa (CAR & EAR), Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Pesawat Terbang. Proses penerbitan polis diawali dengan pengisian SPPA oleh pihak tertanggung, yang di lanjutkan dengan mengentri data dari SPPA ke dalam form permintaan penerbitan polis. Penanganan klaim di PT. ASPAN Cabang Surabaya memiliki kapasitas tersendiri, jika klaim yang di ajukan oleh tertanggung bukan kapasitas dari kantor cabang maka klaim yang diajukan akan diproses di kantor pusat PT. ASPAN. Berdasarkan pembahasan mengenai sistem operasional prosedur penanganan klaim kekurangan muatan dalam asuransi pengangkutan kapal laut PT. ASPAN Cabang Surabaya dapat di simpulkan sebagai berikut. Pertama salah satu penyebab klaim kekurangan muatan ialah keadaan muatan saat di atas kapal berlayar dari tempat asal ke tempat tujuan. Kedua, pengarsipan dokumen penerbitan polis di PT. ASPAN Cabang Surabaya dapat mempermudah pengevaluasian dokumen saat tertanggung mengajukan klaim kekurangan muatan. Ketiga, pegawai PT. ASPAN Cabang Surabaya sudah bekerja secara maksimal agar prosedur penanganan klaim kekurangan muatan terlaksanan dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik.

Analisis Sistem On Hire dan Off Hire dalam Carter Kapal Tunda PT. Pelindo Marine Service Terhadap Kegiatan Operasional Divisi Pelayanan Kapal Dinas Pemanduan dan Telekomunikasi Cabang Tanjung Perak Surabaya

Tanti, Malidya Aries, Hidayat, Sapit

Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 8, No 2 (2018): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam dunia pelayaran tidak hanya satu atau dua perusahaan yang terlibat tetapi banyak sekali perusahaan yang saling bekerjasama dengan instansi lain atau perusahaan lain di dalam maupun di luar negri, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan antara lain usaha tersebut adalah carter kapal tunda yang dilakukan oleh PT. Pelindo Marine Service (shipowner) dengan Divisi Pelayanan Kapal Dinas Pemanduan dan Telekomunikasi Cabang Tanjung Perak Surabaya (pencarter) dalam carter kapal tunda yang dilakukan oleh kedua instansi tersebut menggunakan sistem carter yaitu sistem on hire yaitu hitungan carter saat kapal dapat digunakan dan off hire yaitu hitungan carter saat kapal tidak dapat digunakan . Pada dasarnya sistem ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan harga saat terjadi off hire, off hire sendiri terjadi disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kerusakan mesin induk dan baling-baling kapal rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga sewa carter yang sebelumnya telah ditentukan akan berubah karena adanya off hire hal ini dilakukan agar pihak pencarter tidak mendapati kerugian selain itu sisa BBM dalam kapal saat terjadi off hire juga ikut diperhitungkan hal ini biasa dilakukan oleh bagian operasional pihak pencarter. Semua perhitungan tersebut dilakukan agar mendapati kesepakatan harga dan sisa BBM yang sesuai dengan hari dan waktu kapal dapat bekerja (on hire). Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah menurut Purwosutjipto H.M.N dalam bukunya ??Pengertian Hukum Dagang? yang menjelaskan definisi carter dan macam-macam jenis perjanjian carter selain itu juga memakai teori dari Sudjatmiko F.D.C dalam ??Pokok-Pokok Pelayaran Niaga? yang mengembangkan isi bukunya dalam berbagai macam cara menghitung sewa carter dan menjelaskan sistem on maupun off hire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif selain itu juga wawancara dan observasi langsung kepada pihak PT. Pelindo Marine Service.Hasil dari penelitian ini adalah sistem on dan off hire sangat tergantung pada kapal yang dapat beroperasi atau tidak karena hal ini sangat berpengaruh kepada harga sewa carter yang berubah dari harga semula yang diakibatkan kapal tidak dapat beroperasi.Bagian operasional pencarter sangat berpengaruh untuk menghitung ulang sewa carter dan melakukan sounding ulang BBM apabila off hire terjadi, hal ini dilakukan agar pihak pencarter tidak mengalami kerugian. Peneliti memberi rekomendasi kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian sistem carter on dan off hire pada shipowner dan pencarter karena dalam penelitian ini peneliti lebih memfokuskan hitungan carter kepada pencarter karena hitungan peneliti memakai sistem off hire yang sering dipakai oleh pihak pencarter.