cover
Contact Name
Nanang Durahman
Contact Email
nanang@stmik-dci.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nanang@stmik-dci.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN)
ISSN : 23381477     EISSN : 25416375     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Informatika (JUTEKIN) merupakan Jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian dalam hal bidang Informatika dan bidang terkait lainnya. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika STMIK DCI. Redaksi mengundang para proposional dari dunia usaha, pendidikan dan peneliti untuk menulis mengenai perkembangan ilmu dibidang yang berkaitan dengan Manajemen Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN" : 6 Documents clear
SIMULASI TEKNIK MODIFIKASI CUACA HUJAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Jakaria, Deni Ahmad; Tohir, Cucu
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hujan buatan adalah usaha manusia untuk meningkatkan curah hujan yang turun secara alami dengan mengubah proses fisika yang terjadi di dalam awan. Proses fisika yang dapat diubah meliputi proses tumbukan dan penggabungan (collision dan coalescense), proses pembentukan es (ice nucleation). Jadi jelas bahwa hujan buatan sebenarnya tidak menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Untuk menerapkan usaha hujan buatan diperlukan tersedianya awan yang mempunyai kandungan air yang cukup, sehingga dapat terjadi hujan yang sampai ke tanah. Bahan yang dipakai dalam hujan buatan dinamakan bahan semai.Hujan buatan dibuat dengan cara menyemai awan dengan menggunakan bahan yang bersifat higroskopik (menyerap air) sehingga proses pertumbuhan butir-butir hujan di dalam awan akan meningkat dan selanjutnya akan mempercepat terjadinya hujan. Awan yang digunakan untuk membuat hujan buatan adalah jenis awan Cumulus (Cu) yang bentuknya seperti bunga kol. Setelah lokasi awan diketahui, pesawat terbang yang membawa bubuk khusus untuk menurunkan hujan diterbangkan menuju awan. Hujan buatan biasanya dibuat untuk membantu daerah yang sedang mengalami kekeringan, atau bisa juga dibuat untuk untuk pengisian waduk, danau, untuk keperluan air bersih, irigasi, pembangkit listrik (PLTA), juga antisipasi kebakaran hutan atau lahan dan kabut asap. Karena hujan buatan ini adalah modifikasi cuaca, maka hujan buatan bisa terjadi kapan saja tanpa harus menunggu langit mendung.Kata Kunci : Hujan Buatan, Model, Simulasi
APLIKASI ALAT BANTU PENENTU BAKAT DAN MINAT ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES Sukmaindrayana, Andri; -, Sarmidi
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan antara orang tua dan anak dalam hal penentuan bakat dan minat anak. Seperti kita tahu bahwa bakat dan minat adalah hal yang sangat penting yang ada pada diri setiap manusia, apalagi dalam diri anak yang perlu kita ketahui sedini mungkin untuk selanjutnya dilakukan pengembanan dan pengarahan kegiatan pada anak agar anak tersebut memiliki semangat dan kenyamanan menjalani kegiatan disetiap harinya. Tapi terdapat beberapa masalah yang timbul pada diri anak, yang merasa tertekan atau tidak mendapat kebebasan untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Itu karena kurang sadarnya orang tua bahwa setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Semua orang tua menginginkan anaknya unggul dalam segi akademis yang menuntut anak untuk mendapat peringkat teratas disekolahnya. Padahal potensi anak bukan hanya dari sisi akademis saja, yaitu setiap anak memiliki kecenderungan bakat, minat dan potensi tersendiri yang anak miliki.  Penulis melakukan penelitian untuk membantu orang tua dalam memutuskan penentuan bakat dan minat anak. Bakat dan minat anak dapat ditentukan salah satunya dengan melakukan test pada anak yang nantinya orang tua akan mengetahui potensai apa saja yang dimiliki anak tersebut.Penentuan bakat dan minat anak akan sangat berguna untuk masa yang akan datang, anak akan merasa nyaman, bahagia, terarahkan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dengan menggunakan metode bayes yang bertujuan meningkatkan kepercayaan terhadap hasil yang telah didapat dan nantinya akan dibandingkan dengan aktivitas anak sehari-hari sehingga lebih mudah dalamKata Kunci: Bakat, Bayes, Psikologi
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PINJAMAN BERGULIR UNIT PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT PAGUYUBAN WARGA KELURAHAN (UPK BKN PWK) MUGASARI KOTA TASIKMALAYA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Haryanbto, Dadang; Noer, Zeni Muhamad
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penentuan kelayakan pemberian pinjaman bergulir sering kali kurang tepat sehingga mengakibatkan risiko kredit macet yang dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Untuk itu diperlukan suatu metode sistem pendukung keputusan (Simple Additive Weighting) yang bertujuan menganalisa KSM yang layak mendapatkan pinjaman.Adapun manfaat dengan adanya sistem ini yaitu membantu pihak UPK (Unit Pengelola Keuangan) dalam menentukan kelayakan pemberian pinjaman. SAW merupakan metode sistem pendukung keputusan yang dipilih dalam sistem ini. KSM yang mengajukan pinjaman akan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, dimana kriteria-kriteria tersebut memiliki bobot tersendiri. Bobot yang telah diberikan berfungsi untuk memprioritaskan kriteria mana yang lebih diunggulkan. Setelah nilai yang telah ada dimasukkan ke dalam rumus SAW akan menghasilkan output nilai prioritas tertinggi pada semua KSM.Kata Kunci: Sistem pendukung keputusan, Simple Additive Weighting, penentuan kelayakan pemberian pinjaman bergulir
APLIKASI PETA WISATA DAN KULINER KOTA TASIKMALAYA BERBASIS ANDROID Sumaryana, Yusuf; DUrahman, Nanang
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tasikmalaya merupakan kota dengan potensi wisata alam dan kulinernya yang potensial. Hanya saja informasi yang didapat dirasa kurang maksimal, apalagi ketika ada wisatawan berkunjung ke Kota Tasikmalaya. Banyaknya tempat wisata yang belum terekspos dan tempat kuliner yang mengandalkan informasi dari mulut ke mulut menjadi salah satu faktor kurang berkembangnya wisata alam dan kuliner di Kota Tasikmalaya.Permasalahan dalam topik ini yaitu bagaimana agar orang-orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai wisata alam dan kuliner di Kota Tasikmalaya secara praktis. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya sebuah aplikasi yang dapat menyediakan informasi tersebut. Dan aplikasi android adalah pilihan yang tepat karna mengandung unsur ke praktisan.Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android umum digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Oleh karena itulah media yang dipakai untuk membuat aplikasi adalah android, karena saat ini sudah banyak pengguna smartphone yang mengandalkan benda tersebut untuk melakukan beberapa aktifitas.Kata kunci : Android, Aplikasi, Wisata dan Kuliner,  Smartphone
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL DASAR BERBASIS ANDROID Nugraha, Agus Ramdhani; Hidayat, Didin
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki kebudayaan unik dan menarik. Kebudayaan Jepang berhasil disebarkan ke berbagai negara lain seperti Indonesia dan mendapatkan respon yang positif terutama di kalangan remaja. Langkah pertama untuk mempelajari suatu budaya adalah dengan mempelajari bahasa budaya tersebut. Melihat kondisi tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses belajar bahasa Jepang. Salah satu perangkat elektronik yang dinilai efektif sebagai media perangkat ajar adalah mobile device. Sistem operasi mobile device yang banyak digunakan saat ini adalah Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi edukasi bahasa Jepang tingkat dasar bagi pengguna umum Android yang berminat dan baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi pengumpulan data, metode analisis, dan metode perancangan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi dan studi pustaka. Metode analisis terdiri dari identifikasi kebutuhan aplikasi edukasi bahasa Jepang, dan analisis dan perumusan rancangan awal berdasarkan hasil dari observasi dan studi pustaka. Metode perancangan menggunakan metode perancangan waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi client yang berjalan di mobile device bersistem operasi Android dan aplikasi server yang berjalan di komputer bersistem operasi Windows. Simpulan yang didapatkan adalah dihasilkannya aplikasi edukasi bahasa Jepang tingkat dasar bagi pengguna umum Android.Kata Kunci : Bahasa Jepang, Android, Mobile Device   
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA KOPERTIS UNTUK MAHASISWA DENGAN METODE PROFILE MATCHING DI STMIK DCI KOTA TASIKMALAYA Hidayat, Akik; Sugiarto, Tria
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan informasi yang cepat dan akurat dalam implementasinya. Seleksi penerima beasiswa dengan dukungan sistem pendukung keputusan merupakan salah satu implementasi perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa. Salah satu metode sistem pendukung keputusan adalah Metode Profile Matching. Profile Matching secara garis besar merupakan proses membandingkan antara nilai data aktual dari suatu profil yang akan dinilai dengan nilai profil yang diharapkan, sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk direkomendasikan sebagai mahasiswa yang berhak menerima beasiswa. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu mempercepat dan mempermudah proses pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini akan menghasilkan urutan rangking dari calon mahasiswa penerima beasiswa yang telah diseleksi dan aplikasi ini dapat membantu pengambil keputusan (decission maker) dalam memilih alternatif mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa Kopertis.Kata Kunci: Beasiswa, Metode Profile Matching, Sistem Pendukung Keputusan 

Page 1 of 1 | Total Record : 6