cover
Contact Name
Nanang Durahman
Contact Email
nanang@stmik-dci.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nanang@stmik-dci.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN)
ISSN : 23381477     EISSN : 25416375     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Informatika (JUTEKIN) merupakan Jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian dalam hal bidang Informatika dan bidang terkait lainnya. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN) diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika STMIK DCI. Redaksi mengundang para proposional dari dunia usaha, pendidikan dan peneliti untuk menulis mengenai perkembangan ilmu dibidang yang berkaitan dengan Manajemen Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 71 Documents
PEMECAHAN LINEAR PROGRAMMING DUA VARIABEL MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY Saepuloh, Asep; Jakaria, Deni Ahmad
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 3, No 1 (2015): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fuzzy logic is a methodology of solving the control system to be implemented in a system, ranging from a simple system, small, large, networks, multi-channel PC or workstation. Besides that, it can be implemented in hardware, software or a combination of both. Fuzzy logic provides a simple way to get definitive conclusions based on ketidaksamaran, ambiguity, imprecision, vagueness, or missing information. Fuzzy logic approach is to control the problem impersonation of someone who will make a decision.Linear programming is a way to establish a fast arrangement of a problem with a simple solution. Set of linear programming gives two reasons: (i) a lot of practical problems which can be formed as a linear programming problem, and (ii) no efficient way (eg simplex method) for solving linear programming problems. Linear programming problems is to find the values of a variable that is not known as a linear objective function that dimaksimasikan under the constraints described by linear equations.On fuzzy linear programming, will look a Z value which is the objective function to be optimized so that is subject to the restrictions are modeled using fuzzy sets. Linear programming is solved by fuzzy logic gives more precise results dibandingakan if without using fuzzy logic. This system provides an opportunity or a chance for the development of the system towards better Keyword  : Logic, Fuzzy, Linear, Programming
SIMULASI TEKNIK MODIFIKASI CUACA HUJAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Jakaria, Deni Ahmad; Tohir, Cucu
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hujan buatan adalah usaha manusia untuk meningkatkan curah hujan yang turun secara alami dengan mengubah proses fisika yang terjadi di dalam awan. Proses fisika yang dapat diubah meliputi proses tumbukan dan penggabungan (collision dan coalescense), proses pembentukan es (ice nucleation). Jadi jelas bahwa hujan buatan sebenarnya tidak menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Untuk menerapkan usaha hujan buatan diperlukan tersedianya awan yang mempunyai kandungan air yang cukup, sehingga dapat terjadi hujan yang sampai ke tanah. Bahan yang dipakai dalam hujan buatan dinamakan bahan semai.Hujan buatan dibuat dengan cara menyemai awan dengan menggunakan bahan yang bersifat higroskopik (menyerap air) sehingga proses pertumbuhan butir-butir hujan di dalam awan akan meningkat dan selanjutnya akan mempercepat terjadinya hujan. Awan yang digunakan untuk membuat hujan buatan adalah jenis awan Cumulus (Cu) yang bentuknya seperti bunga kol. Setelah lokasi awan diketahui, pesawat terbang yang membawa bubuk khusus untuk menurunkan hujan diterbangkan menuju awan. Hujan buatan biasanya dibuat untuk membantu daerah yang sedang mengalami kekeringan, atau bisa juga dibuat untuk untuk pengisian waduk, danau, untuk keperluan air bersih, irigasi, pembangkit listrik (PLTA), juga antisipasi kebakaran hutan atau lahan dan kabut asap. Karena hujan buatan ini adalah modifikasi cuaca, maka hujan buatan bisa terjadi kapan saja tanpa harus menunggu langit mendung.Kata Kunci : Hujan Buatan, Model, Simulasi
VISUALISASI PENERAPAN PROSES MULTITHREADING PADA METODE INTERNAL SORTING Sukmaindrayana, Andri
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 2, No 1 (2014): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multithreading is an ability that allows a set of instructions (process) run simultaneously (time slicing) in a program. Sorting is a process to reconstruct an object using a set of specific rules. Sorting is also known as an algorithm to put a collection of data elements into a particular order based on one or more keys in each element.Basically there are two kinds of sequences are commonly used in the sorting process :1.       ride sequence (ascending), sort of data that has the smallest value to the largest;2.       sequence down ( descending ) , sort of data that have the greatest value to the smallest .Visualization (UK : visualization) is in the manufacture of engineering drawings, diagrams, or animations to appearance information. In general, visualization in the form of images both abstract and real has been known since the beginning of human civilization. Examples of this include the paintings on the walls of the caves of ancient humans, form letters hiroglip Egyptian, Greek geometry systems, and techniques of Leonardo da Vincis painting for engineering and scientific purposes, etc.Keyword : Multithreading, Sorting, Visualization.
RANCANGAN APLIKASI PERBANDINGAN HASIL TES MATEMATIKA BENTUK OBJEKTIF DAN BENTUK URAIAN PADA POKOK BAHASAN BARISAN BILANGAN DI SMP NEGERI 1 MANONJAYA Sukmaindrayana, Andri; Ruhimat, Imat
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 1 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu dari kemajuan jaman teknologi yang sering mengiringi aktivitas hidup manusia mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur, tidak lain yaitu internet. Tidak dipungkiri adanya pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif. Seperti dua sisi mata uang, tergantung bagaimana kita menyikapinya.  Semua sekolah berusaha menampilkan komputer di sekolahnya tentu dengan fasilitas internet. Dengan internet, sekolah kemudian berharap kesan berteknologi dan Go internasional melekat padanya. Siswapun diharapkan mendapatkan akses yang berguna bagi proses belajar dan mendapatkan ilmu di sekolah.Dengan memperhatikan pengalaman dari beberapa sekolah-sekolah yang sudah memanfaatkan internet, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap prestasi belajar siswa. Secara umum bentuk soal terbagi ke dalam dua bagian, yakni soal uraian dan soal objektif. Soal uraian adalah pertanyaan yang menuntut siswa menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, Soal objektif ini lebih baru dari soal uraian, tetapi bentuk test ini banyak digunakan dalam menilai hasil  belajar disekolah-sekolah. Hal ini disebabkan antara lain karena luasnya bahan pelajaran yang dapat dicapai dalam test dan mudahnya menilai jawaban test. Test ini dikategori selalu menghasilkan nilai yang sama meskipun yang menilai guru yang berbeda atau guru yang sama pada waktu yang berbeda. Test objektif lebih dikategori pada speed tests (tes yang menginginkan kecepatan menjawab)Kata Kunci : Rancangan aplikasi , Hasil tes dan Bentuk tes
APLIKASI DETEKSI PSIKOLOGI ANAK USIA 12 – 15 TAHUN DI SMP BETHEL TASIKMALAYA Nugraha, Agus Ramdhani
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 1, No 1 (2013): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In this era when everything is expected to be instant, especially in field of Information Technology (IT), people are trying to find the quickest and easiest way to get the best solution, for examples are analysis, data processing, etc. Therefore, the progress of computer technology and its development should be able to meet the needs of everyone. It includes the possibility to detect the psychology of an individual. That is why the making of "Application Detection of Children aged 12-15 at SMP BETHEL Tasikmalaya" with the system which the author proposes is expected to help the performance of the ongoing system. The author proposes web-based computerized system. With this web-based computerized system, the data processing will be more effective and the information can be quickly delivered.This application is an application that can detect and find a solution for the psychology of children aged 12-15, which related to their academic and non-academic activities.Keyword : Detection, Children, Solution 
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PURI MELODI MANGKUBUMI PT. MUSTIKA PUTRI JAYA DI KOTA TASIKMALAYA Saepulloh, Asep; Saefulloh, Feri
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 5, No 2 (2017): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1313.446 KB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata secara real time. Setia Wardani (2015) menyatakan dalam tulisannya, bahwa Augmented Reality (AR) merupakan suatu inovasi teknologi interaksi antara manusia dan mesin yang dapat digunakan untuk menarik minat penggunanya. Prinsip kerja AR yaitu menyisipkan objek virtual dalam suatu objek secara nyata yang memungkinkan penggunanya untuk melihat hasilnya secara bersamaan. Kelebihan lain dari Augmented Reality yaitu dapat di implementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone dengan teknologi sistem operasi android, yang dapat secara bebas dikembangkan aplikasinya. Dengan kelebihannya tersebut, Augmented Realitymemiliki banyak peluang untuk terus di kembangkan, salah satunya dalam bidang media promosi berjenis brosur.Maka dibuatlah aplikasi Augmented Reality media promosi Perumahan Puri Melodi Mangkubumi yang dapat menampilkan objek 3D secara nyata menggunakan metode marker base tracking. Aplikasi ini memberikan banyak informasi mengenai Perumahan, diantaranya Profile perusahaan, spesifikasi bangunan, objek 3D rumah yang ditawarkan dan rendering objek. sehingga dengan bantuan aplikasi ini tugas bagian pemasaran akan menjadi lebih ringan dan mudah dalam penyampaian informasi mengenai perumahan yang ditawarkan. Hasil dari beta testing dengan cara membagikan kuisioner kepada 20 responden adalah 90.25% yang menunjukan bahwa aplikasi augmented reality media promosi perumahan puri melodi mangkubumi berada pada kategori sangat sesuai.Kata kunci : Augmented Reality, Smartphone, Aplikasi Media Promosi Perumahan
APLIKASI INSTANT MESSAGING PADA JARINGAN LOKAL AREA BERBASIS CLIENT SERVER Yulianeu, Aneu; Durahman, Nanang
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 3, No 1 (2015): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As the development of information technology is increasing rapidly influenced by the many discoverie s and scientific development so as to create a tool that supports the acceleration of technological development one of their communication systemsThe development of information and communication technologies are rapidly is encouraging companies to improve operational capabilities and services to customers. One of the information and telecommunications technology used by the company is an instant messenger technology.Instant Messenging technology is a new technology that can be used for communication between two or more people on a computer network, Tekonologi a new breakthrough in the development of information technology because of its excellence in providing ease of communication in real time. Keywords:  Instant Messeger, Computer Networking, Teachnologi
PERBANDINGAN ANALISIS DESAIN TERSTRUKTUR DAN ORIENTASI OBJEK Wahyuni, Wahyuni; Fredricka, Jhoanne; Alfyano, Aexsa; Andayani, Andayani
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 5, No 1 (2017): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam membangun sebuah sistem dibutuhkan suatu tahapan analisis dan desain baik yang bersifat terstuktur maupun berorientasi objek. Saat ini untuk mengembangkan sebuah sistem para pengembang masih banyak menggunakan analisis desain secara terstruktur. Dalam analisis desain terstruktur dibutuhkan tools dan teknik untuk pengembangan sistem sehingga hasil akhir akan didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas. Adapun tools yang digunakan pada analisis desain terstruktur seperti DFD, Kamus Data, ERD dan lain-lain. Akhir-akhir ini analisis desain berorientasi objek mulai populer digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem. Analisis desain berorientasi objek melakukan pendekatan terhadap masalah dari perspektif objek, tidak pada perspektif fungsional seperti analisis desain terstruktur. Semua data dan fungsi dimasukkan ke dalam kelas-kelas atau objek-objek. Adapun tools yang digunakan dalam analisis desain orientasi objek antara lain UML, RUP, Fusion, OOA, dll. Dari kedua perancangan sistem tersebut sudah pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para pengembag dalam memilih jenis perancangan yang akan mereka gunakan.Kata Kunci: orientasi-objek, analisis desain, analisis desain terstruktur, analisis desain berorientasi objek.
METODE LOGIKA FUZZY UNTUK PEMECAHAN LINEAR PROGRAMMING 2 VARIABEL Tohir, Cucu; Sumaryana, Yusuf
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 2, No 2 (2014): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fuzzy logic (Fuzzy Logic) is a problem solving methodology with ten - thousands of applications stored in the controller and processing information in adopting human assessment conducted on a truth. Fuzzy logic provides a simple way to describe the definitive conclusions from the information that is ambiguous, vague - vague or imprecise. To some extent resembles a fuzzy logic decision making in humans with the ability to work from the data that is interpreted and seek appropriate solutions. In most digital systems, TRUE or FALSE truth assessed (0 and 1). Whereas in human judgment there is a vacillation between right and wrong. Fuzzy logic is basically worth a lot of logic (multivalued logic) that can define values between the conventional circumstances such as yes or no, right or wrong, black or white, and so on. Fuzzy reasoning provides a way to understand the performance of the system by assessing the input and output of the system of observation.Keyword: Logic Fuzzy, Linear, Programming
APLIKASI ALAT BANTU PENENTU BAKAT DAN MINAT ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES Sukmaindrayana, Andri; -, Sarmidi
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN) Vol 4, No 2 (2016): JUTEKIN
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan antara orang tua dan anak dalam hal penentuan bakat dan minat anak. Seperti kita tahu bahwa bakat dan minat adalah hal yang sangat penting yang ada pada diri setiap manusia, apalagi dalam diri anak yang perlu kita ketahui sedini mungkin untuk selanjutnya dilakukan pengembanan dan pengarahan kegiatan pada anak agar anak tersebut memiliki semangat dan kenyamanan menjalani kegiatan disetiap harinya. Tapi terdapat beberapa masalah yang timbul pada diri anak, yang merasa tertekan atau tidak mendapat kebebasan untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Itu karena kurang sadarnya orang tua bahwa setiap anak memiliki potensi yang berbeda. Semua orang tua menginginkan anaknya unggul dalam segi akademis yang menuntut anak untuk mendapat peringkat teratas disekolahnya. Padahal potensi anak bukan hanya dari sisi akademis saja, yaitu setiap anak memiliki kecenderungan bakat, minat dan potensi tersendiri yang anak miliki.  Penulis melakukan penelitian untuk membantu orang tua dalam memutuskan penentuan bakat dan minat anak. Bakat dan minat anak dapat ditentukan salah satunya dengan melakukan test pada anak yang nantinya orang tua akan mengetahui potensai apa saja yang dimiliki anak tersebut.Penentuan bakat dan minat anak akan sangat berguna untuk masa yang akan datang, anak akan merasa nyaman, bahagia, terarahkan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dengan menggunakan metode bayes yang bertujuan meningkatkan kepercayaan terhadap hasil yang telah didapat dan nantinya akan dibandingkan dengan aktivitas anak sehari-hari sehingga lebih mudah dalamKata Kunci: Bakat, Bayes, Psikologi