Jurnal Pengembangan Wiraswasta
ISSN : 1441710X     EISSN : 2620388X
Jurnal Pengembangan Wiraswasta is a national journal intended to develop entrepreneurship. This journal contains articles on various issues in the field of social sciences and humanities in the economic field. In particular, this journal raises various management issues related to entrepreneurship such as marketing, finance, production, human resources, and strategic management.
Articles 79 Documents
PENGARUH VOLUME DAN NILAI TRANSAKSI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PAPAN PENGEMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA Sunarso, Sunarso
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 18, No 3 (2016): JPW Edisi Desember 2016
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v18i3.52

Abstract

This research is aimed to   find out corelation of book value and transaction volume to of development board stocks price index (DBX) index.  On development board stocks,  managing risks in the Indonesian Capital Market is different with main board stocks, so the common existing strategy is no more suitable for DBS’s  because their price can be changed extreemly in short time. That is why this research is held.  Invesment can be said as the  sacrefice of today consumtion to to rise capital gain in the future. There are many form of investment instruments, one of them is to buy stock in the capital market.  Invesment in the form of a set of stocks  is called portfolio investment. To get optimum return in the portfolio invesment an effective strategy must be implemented. One of the strategy is to compose portfolio in volatile price stocks. By implementing the strategy investor should manage risk to avoid excessive loss in their investment.  The methood in this research quatitative reseach base on secondary data source. The data taken from monthly historical transaction and fundamental analysis of DBX form Jaly 2011 to June 2016. Base on this research the volume and value of transacion only influence 25% of the DBX in Indonesian Stock Exchange. Keywords:Book Value, Transaction Volume, Development Board Stocks, capital market, portfolio invesment
PERSONAL SELLING SEBAGAI ”UJUNG TOMBAK” PENJUALAN PRODUK ASURANSI Susanto, Rudy
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 20, No 1 (2018): JPW Edisi April 2018
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v20i1.173

Abstract

Untuk dapat memuaskan kebutuhan konsumen, perusahaan melakukan kegiatan pemasaran. Karena kegiatan tersebut ditujukan untuk menambah dan mempelancar arus barang atau jasa dari perusahaan ke konsumen, dan kegiatan pemasaran juga merupakan salah satu faktor penentu dalam menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan melalui pencapaian laba yang optimal. Salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah kegiatan promosi. Kegiatan promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkannya kepada pembeli atau konsumen. Di dalam kegiatan promosi terdapat suatu elemen penting yang dapat  mempengaruhi hasil penjualan, elemen tersebut adalah personal selling. Kegiatan personal selling adalah kegiatan promosi secara interaksi langsung antara penjual dengan pembeli atau konsumen, dimana penjual dapat secara langsung memberikan informasi secara rinci kepada pembeli tentang jenis, manfaat, ciri-ciri, dan cara mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkannya. Dengan adanya pertemuan langsung secara tatap muka, maka penjual dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga penjual dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkannya. Keberhasilan atau kegagalan dari suatu kegiatan penjualan sangat tergantung atau dipengaruhi oleh keberhasilan atau kegagalan kegiatan personal selling di dalam mempengaruhi atau meyakinkan konsumen untuk membeli produk asuransi tersebut. Personal selling merupakan tulang punggung atau urat nadi atau ujung tombak perusahaan untuk menawarkan dan menjual produk asuransinya, sehingga perusahaan mendapatkan laba yang optimal melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan kosumen secara berkesinambungan atau terus-menerus. Kata kunci:Personal Selling, Ujung Tombak, Penjualan.
PAMERAN, PERSONAL SELLING DAN IKLAN MEDIA ONLINE DALAM MENDORONG PENJUALAN PROPERTY Echsanullah, M.; Wulandari, Anna
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 20, No 3 (2018): JPW Edisi Desember 2018
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v20i3.266

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh pameran, personal selling dan iklan media online terhadap penjulan property pada PT. Taman FirdausPenelitian dilakukan di PT. Taman Firdaus dengan mengambil data dari tabel biaya penjualan dan promosi sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda.Penelitian ini menghasilkan model penelitian yang layak karena pameran, personal selling dan iklan media online mampu menjelaskan 53,9% variasi penjulan property pada PT. Taman Firdaus, dimana: 1) Pameran memiliki pengaruh dengan arah positip sebesar b1 = 176,401 terhadap penjulaan property; 2) Personal Selling memiliki pengaruh pengaruh dengan arah positip sebesar b 2 = 152,570  terhadap penjulaan property; 3) Iklan Media Online  memiliki pengaruh dengan arah positip sebesar b3 = 194,449 terhadap penjulaan property pada PT. Taman Firdaus Kata kunci:Pameran, Iklan Media Online, Personal Selling, Penjualan
ANALISIS ATRIBUT PRODUK KPR (KREDIT PEMILIKAN RUMAH) PADA BANK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN Ayuningtyas, Eka Avianti
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 19, No 3 (2017): JPW Edisi Desember 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v19i3.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atribut produk KPR Bank ‘X’ dan menganalisis atribut produk KPR Bank ‘X’ dalam keputusan pembelian. Metode penelitian ini adalah eksploratif kualitatif. Hasil penelitian berupa analisis data kualitatif berdasarkan wawancara yang dilakukan untuk memperoleh data primer, dengan nara sumber yaitu debitur KPR Bank ‘X’ berjumlah delapan orang. Dari hasil penelitian yaitu atribut produk KPR Bank ‘X’ adalah proses kredit yang relatif cepat dan mudah yang termasuk dalam atribut kualitas produk. Atribut produk dalam keputusan pembelian produk KPR Bank ‘X’ adalah pelayanan proses kredit relatif cepat dan mudah yang termasuk dalam atribut kualitas produk. Kata kunci:Atribut Produk, KPR, Keputusan Pembelian
PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP LOYALITAS KLIEN PT. MEGA JASA REINSURANCE BROKERS Handayani, Esti; Siahaan, Herlina Budiraswati
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 18, No 2 (2016): JPW Edisi Agustus 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v18i2.43

Abstract

The insurance company is a non-bank financial institutions which have a role that is not much different from the bank, which is engaged in the services provided to the community in addressing the risks that occur in the future. Along with the development of the insurance business is a lot of things to be done by the provider of insurance services in order to win the competition and to keep eksitensinya. In order to survive and win the competition in the world of services required for competitiveness, performance and good quality from all sources owned by the state, particularly the human resources (HR) quality and modern thinking. PT. Mega Jasa Reinsurance Brokers (Mega Re) as one of the leading local reinsurance brokerage firm, will fully understand the problems it faces with regard to the regulations applied by the regulator, but the PT. Mega Jasa Reinsurance Brokers (Mega Re) also understand the importance of service to our clients. Because the only reason for existence is the presence of a reinsurance broker loyal clients. Efforts can be made by insurance companies in creating and improving customer loyalty, among others, increase customer value, the appeal of advertising. Based on these things, has encouraged the author to discuss the Effect of Customer Value and Attractiveness Advertising Client Loyalty at PT Mega Jasas Reinsurance Brokers.To provide relevant answers to the problems encountered in analyzing the problem at PT Mega Services Reinsurance Brokers, the authors use the method of Multiple Linear Regression Analysis with SPSS. Through this analysis is obtained picture of whether there is influence of customer value and appeal of advertising on client loyalty statistically.Based on the analysis and discussion, it can be concluded that the calculation results of multiple linear regression analysis between customer value and appeal of advertising on client loyalty there is a positive influence. Therefore it can be interpreted that the customer value and appeal of advertising employed by PT Mega Jasa Reinsurance Brokers have a positive influence on client loyalty, therefore, must be maintained and enhanced. Key words:Customer Value, Fascination Advertising, Client Loyalty
PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PT. JABABEKA, Tbk Rakhmat, Adriana Syariefur
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 19, No 2 (2017): JPW Edisi Agustus 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v19i2.127

Abstract

Firm’s value is investor perception of the company, which is often associated with stock prices, higher stock prices could increase the firm’s value. Firm’s value is proxied by Price Book Value (PBV) which is a market ratio used to measure the performance of the stock prices to it’s book value. The present study is aimed at finding out the influence of profitability proxied by Return On Equity  (ROE) and capital structur  proxied by Debt to Equity Ratio (DER) on firm’s value.The population of the study are quarterly financial statements on PT. Jababeka, Tbk that were listed at Indonesian Stock Exchange in year period of 2011 – 2015. Testing the hypothesis in this study using a software toll SPSS (Statistical Product and Service Solution) version  22.The result of this study showed that : (1)  profitability positively and significantly influence firm’s value; (2) capital structure positively and significantly influence firm’s value; (3) profitability and capital structure significantly influence firm’s value. Keywords:Price Book Value, Return On Equity, and Debt to Equity Ratio
PENGARUH MINAT BERWIRAUSAHA DAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA Rahayu, Eswanto Sugeng; Laela, Siti
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 20, No 3 (2018): JPW Edisi Desember 2018
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v20i3.246

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kewirausahaan pada Mahasiswa.Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Mahasiswa STIE IPWIJA Kampus Cikeas di Bogor  pada tahun Ajaran semester genap 2017/2018 dengan jumlah populasi 448. Jumlah sampel diambil dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 84. Data dalam penelitian ini diolah dengan analisis regresi untuk memperoleh tujuan dari penelitian.Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh minat berwirausaha terhadap kewirausahaan pada Mahasiswa. Ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap kewirausahaan pada Mahasiswa. Kata kunci:Minat Berwirausaha, Penggunaan Sosial Media dan Kewirausahaan
ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014 Suyanto, Suyanto; Effendi, Anwar
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 18, No 1 (2016): JPW Edisi April 2016
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v18i1.34

Abstract

This study was conducted to investigate the effect of return on assets, return on equity, interest rate and inflation on the price of shares in the Sub-Sector Food and Beverage at the Stock Exchange in 2012-2014. The study population is a company Sub Sector Food and Beverage at the Stock Exchange for the period of the year 2012 to te year 2014 with 11 companies samples by using purposive sampling method.The method used is descriptive and verification methods, because of the variables to be explored relationship as well as the aim to present a picture of a structured, factual, and accurate information on the facts and the relationship between the variables studied, namely the influence of return on assets (ROA) , return on equity (ROE),  interest rate and inflation on stock prices.The results showed that there are significant influence between the variables X1 (return on assets) to variable Y (the stock price), significant relationship between the variables X2 (return on equity) to variable Y (the stock price), significant negative influence between the variables X3 (interest rate) to variable Y (the stock price), and relationship between the variables X3 (inflation) to variable Y (the stock price) significant as well.Each variable X1 (return on assets), X2 (return on equity), X3 (interest rate) and variable X4 (inflation) are jointly significant effect to variable Y (the stock price). Key words:return on assets, return on equity, interest rate, inflation, stock prices
PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP LOYALITAS KERJA KARYAWAN PT JASA MARGA PERSERO TBK Ariyanti, Anik
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 18, No 3 (2016): JPW Edisi Desember 2016
Publisher : LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jpw.v18i3.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kompensasi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap loyalitas kerja karyawan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui data primer dan data skunder sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis statistik.Diketahui bahwa kompensasi mempunyai pengaruh sebesar 0,153 terhadap peningkatan loyalitas kerja. Hasil pengujian hipotesis (H1) diperoleh hasil sig sebesar 0,298>0,05, dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak atau kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kerja.Diketahui bahwa motivasi kerja mempunyai pengaruh sebesar 0,042 terhadap peningkatan loyalitas kerja. Hasil pengujian hipotesis (H1) diperoleh hasil sig sebesar 0,806>0,05, dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak atau motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kerja.Diketahui bahwa pengembangan karir mempunyai pengaruh sebesar 0,703 terhadap peningkatan loyalitas kerja. Hasil pengujian hipotesis (H3) diperoleh nilai sig sebesar 0,000<0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima atau pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kerja.Hasil uji analisis regresi berganda signifikan dengan nilai F sebesar 44,678 dan signifikansi 0,000< 0,05 dan positif sehingga dapat disimpulkan bahwa kompensasi, motivasi kerja dan pengembanmgan karir secara bersamaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas kerja dan memiliki sumbangan terhadap naik turunnya loyalitas kerja sebesar 79,4%, sedangkan sisanya sebesar 20,6%-nya dipengaruhi oleh variabel yang lain. Kata kunci:Kompensasi, motivasi kerja, pengembangan karir dan loyalitas kerja
PENGARUH BUDAYA KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOORDINASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 1 JAKARTA Darmanto, Rochmad Fadjar
Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 20, No 2 (2018): JPW Edisi Agustus 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara budaya kerja, disiplin kerja dan koordinasi terhadap kinerja karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta Pusat secara parsial dan simultan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan ukuran sampel 40 orang responden yang diukur dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi ganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, disiplin kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja dan koordinasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja. Dari hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 87,5% sedangkan 12% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pada uji F hitung diketahui nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000<0,05 artinya bahwa budaya kerja, disiplin kerja dan koordinasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta. Dengan adanya peningkatan budaya kerja, disiplin kerja dan koordinasi maka kinerja karyawan juga akan mengalami peningkatan. Kata Kunci: budaya kerja, disiplin kerja, koordinasi dan kinerja