Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Journal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan has printed ISSN 2088-6991 and electronic ISSN 2548-8376. Journal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan are Open Access and Peer Reviewed journals that include research articles, studies in the field of education. Journal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan receives articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publish article biannually on June and December. Journal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan uses Quetext plagiarism checker. This journal published by Teacher and Training Faculty State Islamic University of Antasari Banjarmasin.
Articles
33
Articles
Perempuan Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

Taqwiem, Ahsani

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran ideologi feminis di dalam novel Bumi Manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan kata-kata sebagai sumber data. Sumber data penelitian ini berasal dari teks novel Bumi Manusia karya Penulis Ananta Toer. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri  karena peneliti sebagai alat pengumpul data sekaligus menjadi penganalisis data. Berdasarkan hasil analisis Bumi Manusia merupakan sebuah novel yang mengandung ideologi feminisme poskolonial dengan tujuan merekonstuksi posisi perempuan di dalam masyarakat.

Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran

Muradi, Ahmad

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pemerolehan bahasa merupakan proses yang dialami manusia dalam perkembangan bahasanya. Pemerolehan ini bersifat alami.Pokok masalah dalam artikel ini adalah 1) Bagaimana teori pemerolehan bahasa dalam perspektif psiklinguistik dan Alquran. 2) Bagaimana proses pemerolehan bahasa dalam perspektif psiklinguistik dan Alquran. Sedangkan tujuan penulisan ini adalah 1) mendeskripsikan teori pemerolehan bahasa dalam perspektif psiklinguistik dan Alquran. 2) mendeskripsikan proses pemerolehan bahasa dalam perspektif psiklinguistik dan Alquran.Tiga teori telah membahas secara cermat terhadap pemerolehan bahasa ini, yaitu teori behavioristik, teori nativis dan fungsional. Sementara itu, berbagai kajian tersebut juga telah dibahas oleh Alquran.Teori behavioristik mengatakan bahwa pemerolehan bahasa melalui perilaku verbal, yaitu dengan adanya stimulus lalu kemudian direspon dan pada akhirnya menumbulkan bahasa. Sedang teori nativis mengatakan bahwa pemerolehan bahasa dengan kapasitas genetik yang mempengaruhi kemampuan kita dalam memahami bahasa di sekitar kita, yang hasilnya adalah sebuah konstruksi sistem bahasa yang tertanam dalam diri kita. Sementara teori fungsional mengatakan bahwa pemerolehan bahasa bergantung kepada perkembangan kognitif. Jadi, seseorang berdasar output bahasa, lalu memprosesnya dengan memberi makna dan pada akhirnya melahirkan bahasa sebagai input. Adapun dalam Alquran, proses pemerolehan bahasa dengan ujaran dan stimulus yang didapat dari luar. Kemudian disambut oleh potensi yang dimiliki dan dibantu dengan piranti yang ada. Kemudian, manusia mencerna pesan yang sampai dan mengolahnya dengan proses berpikir dan memori yang dimiliki. Lalu diteruskan dengan memahaminya dan pada akhirnya tercipta bahasa ??baru??.

Hubungan Pembinaan Kemampuan Mengajar Guru dan Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Tabalong

Junriadi, Hafiz

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan secara terarah, intensif, efektif, dan efesien dalam proses pembangunan agar bangsa Indonesia bisa bersaing di era globalisasi sekarang. Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam meningkatkan sumber daya manusia yang tentunya harus didukung oleh tenaga pendidik berkualitas, profesional dan memiliki etos kerja yang tinggi agar dapat menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Berdasarkan kenyataan diatas, maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana gambaran pembinaan kemampuan mengajar oleh kepala sekolah kepada guru-guru SMP Negeri Kabupaten Tabalong? (2) Apakah ada hubungan antara pembinaan kemampuan mengajar dari kepala sekolah dan etos kerja guru SMP Negeri di Kabupaten Tabalong?       Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Pelaksanaan pembinaan kemampuan mengajar yang dilakukan oleh kepala SMP Negeri di Kabupaten Tabalong termasuk kategori baik. (2)           Ada hubungan yang signifikan antara pembinaan kemampuan mengajar yang dilakukan oleh kepala sekolah dan etos kerja guru di SMP Negeri Kabupaten Tabalong. 

Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi

Astalini, Astalini, Kurniawan, Dwi Agus, Putri, Aqina Deswana

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikap siswa SMP terhadap IPA pada tiga indikator yang diadopsi dari TOSRA yaitu implikasi sosial dari IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, ketertarikan berkarir dibidang IPA. Sampel yang digunakan sebanyak 2815 siswa dari total keseluruhan. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Instrumen yang digunakan berupa angket sikap. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tiga dimensi sikap yang diukur tidak memiliki kaitan yang relevan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang berpengaruh di dalamnya. Faktor tersebut salah satunya adalah faktor guru pengampu IPA dan faktor perkembangan teknologi. 

Semiotika Kultural dalam Pemertahanan Bahasa pada Acara Babalai Suku Dayak Paramasan

Arifin, Ramadania

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mantra suku Dayak yang digunakan pada acara Babalai dan menganlisis simbol dalam mantra suku Dayak Meratus yang digunakan saat acara Babalai di Paramasan, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Setiap simbol dan ikon yang digunakan dalam masing-masing budaya memuat nilai kultural tersendiri yang dianggap signifikan dalam komunitasnya. Pengkajian teks mantra suku Dayak Meratus akan memperkaya khazanah pengkajian bahasa dan budaya dalam komunitas lokal-global dan dapat memperkokoh solidaritas antar bangsa dan Negara. Bahasa yang digunakan sebagai medium dalam pengungkapan atau alat ekspresi untuk mengetahui bukti sejarah sebagai konteks suatu pemahaman identitas suatu budaya. Identitas budaya muncul dalam suatu komunitas bukan hanya sebagai warna kelokalan tetapi juga sebagai ekspresi budaya yang menawarkan alternatif pencitraan dalam masyarakat.

Pengaruh Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab

Mahmudah, Mahmudah

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2018): Juli - Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio terhadap keterampilan menyimak serta berbicara Bahasa Arab siswa kelas IV MIN 13 Banjar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental designs dengan model one-group pretest-posttest design. Dari analisis data uji normal dan linieritas data berdistribusi normal dan linear. Dari uji korelasi data dan uji regresi mendapatkan hasil signifikansi korelasi 0,002 berarti terdapat korelasi,dan nilai uji regresi sederhana 0,673. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara dan terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan menyimak dan berbicara.

Semiotika Puisi Tidak Ada New York Hari Ini Karya M Aan Mansyur

Taqwiem, Ahsani

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aimed to discover the meaning of Tidak Ada New York Hari Ini??s poetry by M. Aan Mansyur. The approach used in this research is semiotic Michael riffaterre. This research was conducted with several stages, namely; understand the non-existence of expression; conducting heuristic and hermeneutic readings; search for its matrix, model, and variant; as well as finding the hypogram of the text. The results of the discussion can reveal the meaning that contained in the poetry. The discussion also shows poetry Tidak Ada New York Hari Ini is a response from the preceding hypogram.

Asesmen dan Penyusunan Program Pendidikan Individual Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik

Saadah, Miftahul Aula

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Children with learning disability are children who have disability in academic tasks caused by minimal brain dysfunction or in basic psychology, so that the learning achievement is not in accordance with the actual potential and to develop their potential optimally require special education. Learning disabilities that are internal [learning disability] and learning disabilities that are external [learning problem] show almost the same symptoms that is the disability in learning mathematics/dyscalculis, dyslexia and dysgraphia and the existence of difficulties in behavior. Therefore, to recognize the difficulty of learning can be done by looking for links between academic skills [dyslexia, dysgraphia, and dyscalculis] with pre-academic skills [linguistic awareness and basic cognitive process skills] through the identification process. After the identification then proceed with the assessment process to find out the needs of children who will be used in preparing individualized education program.

Teaching Politeness of Using Slang in Speaking: Analysis of Conversations in Tuesdays with Morrie

Rahmaniah, Sovia

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Slang language is commonly used in American society in their daily life communication. However, teachers are still hesitant to teach slang in their speaking class, because slang language is assumed as impolite language. Most of the teachers don??t realize that even slang language can be used in polite conversation. This paper is intended to show some analysis on some conversations in the movie entitle ??Tuesdays with Morrie?? which are assumed as the representation of social language for American. The focus of the analysis is the use of slang in polite conversations. The analysis will be based on the identification of a communicative event along with three dimensions called field, tenor, and mode. The significance of the study is to clarify teachers?? understanding toward slang language that can be assumed as a politeness, so the teachers will not hesitate to teach slang language to their students in speaking class. Furthermore, through this analysis, the students will know why, when, where, and how to use slang politely in their daily life conversation.

Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia

Haderani, Haderani

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Antasari Banajarmasin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Knowladge is every things important for human. Since born feel this important knowladge. Some factor to get knowladge. Some way is intern factor and extern factor. Need full humanity make human is learning to get knowladge. Education is way the beter than to take knowladge because standart education is well used knowladge for suistainblty for human. Human this name perfect because with the abilty human can make knowladge wise and with norm the everyday life.