cover
Contact Name
iqbal
Contact Email
khazanah@uin-antasari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
iqbalassyauqi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora
ISSN : 0215837X     EISSN : 24607606     DOI : -
Khazanah : Jurnal Studi Islam dan Humaniora ISSN 0215-837X and E-ISSN 2460-7606 is peer-reviewed national journal published biannually by the State Islamic University (UIN) of Antasari Banjarmasin. The journal is published biannually in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 2 (2016)" : 6 Documents clear
KEPEMIMPINAN PERGURUAN DALAM PERSPEKTIF TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DAN DRAMATURGI Wahyudin, Wahyudin
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.141 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1074

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepemimpinan perguruan tinggi dalam perspektif teori interaksionisme. Dramaturgi memahami bahwa dalam interaksi antara manusia ada kesepakatan    perilaku yang disetujui yang dapat mengantarkan kepada tujuan akhir dari maksud interaksi sosial tersebut. Bermain peran merupakan salah satu alat yang dapat mengacu kepada tercapainya kesepakatan tersebut. bukti nyata bahwa terjadi permainan peran dalam     kehidupan manusia dapat dilihat pada masyarakat kita sendiri. Manusia menciptakan sebuah mekanisme    tersendiri, dimana dengan permainan peran tersebut ia bisa tampil sebagai sosok-   sosok tertentu.Sebagaimana pemikiran Blumer, pemikiran Goffmanmelihat masyarakat terdiri atas kehidupan yang diliputi oleh berbagai tingkah laku. Goffman selalu memandang bahwa perilaku keseharian dan interaksi tatap muka diibaratkan sama dengan panggung teater/drama.
KONSEP GURU DAN MURID MENURUT ULAMA ABAD PERTENGAHAN (KOMPARASI ANTARA AL-MAWARDI DAN AL-GHAZALI) Rahmadi, Rahmadi
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.722 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1561

Abstract

Artikel ini mencoba memberikan analisis komparatif mengenai perspektif al-Mâwardî dan al-Ghazâlî tentang tiga masalah yang berkaitan dengan guru dan murid yaitu: (1) hakikat guru dan hakikat murid, (2) profesionalisme guru dan strategi belajar murid, dan (3) relasi-etis guru-murid. Hasil komparasi ini menemukan bahwa keduanya memiliki gagasan tentang keseimbangan guru dan murid dalam berbagai segi. Bagi keduanya, baik guru maupun murid harus diberdayakan secara bersama-sama agar terjadi kombinasi guru-murid yang serasi baik dari segi kualitas maupun moralitas dalam belajar dan mengajar.
TERAPI PSIKOSPIRITUAL DALAM KAJIAN SUFISTIK Ainul, Dewi
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.854 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1157

Abstract

Ilmu tasawuf bagaikan psikoterapi yang memiliki tujuan untuk menghilangkan sifat-sifat neurotik, dan membantu seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap masyarakat. Praktik tasawuf bertujuan untuk mengubah sifat-sifat buruk kepribadian, untuk membuka hati, untuk berhubungan dengan kearifan mendalam di dalam diri, dan untuk mendekatkan diri kepada Allah.Dalam tasawuf, spiritual merupakan poin penting, dan salah satu aspek penting dari spiritual adalah memiliki arah tujuan, yang secara terus menerus meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan berkehendak dari seseorang, mencapai hubungan yang lebih dekat dengan ketuhanan dan alam semesta dan menghilangkan ilusi dari gagasan salah yang berasal dari alat indra, perasaan, dan pikiran.Berbagai macam praktik ibadah yang dilakukan oleh para sufi untuk meningkatkan spiritualitas mereka di antaranya adalah dengan berpuasa, mengasingkan diri, adab, mengingat Tuhan, dan mengingat kematian. 
IMPLEMENTASI HITUNG BINI PADA PEMBELAJARAN BERHITUNG DI KALANGAN WARGA KEAKSARAAN FUNGSIONAL BUDI MULIA DI DESA BAKAPAS KECAMATAN BARABAI Baidha, Wardatul
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.476 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1669

Abstract

Dalam mengembangkan kemajuan warga belajar, pendidikan kekasaraan fungsional sangat penting. Pendidikan keaksaraan fungsional adalah program pengembangan kemampuan seseorang dalam menguasai dan menggunakan keterampilan membaca, menulis dan menghitung. Salah satu kemampuan yang ingin dicapai dalam pendidikan keaksaraan fungsional adalah kemampuan berhitung dan dalam masyarakat Banjar ada salah satu cara berhitung cepat yang dinamakan Hitung Bini. Cara ini bisa diterapkan pada operasi hitung matematika seperti, penjumlahan, pegurangan, perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif  Subyek dalam penelitian ini adalah 1 tutor berhitung dan 20 warga belajar, sedangkan obyeknya adalah implementasi pendidikan keaksaraan fungsional Budi Mulia, implementasi Hitung Bini dan kendala-kendala dalam pengimplementasian Hitung Bini pada Pembelajaran berhitung di kalangan warga keaksaraan fungsional di Desa Bakapas Kecamatan Barabai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini ditemukan  bahwa proses pembelajaran berhitung di PKF Budi Mulia menggunakan hitungan tradisional yang dikenal dengan istilah Hitung Bini yang merupakan hitung kira-kira atau perkiraan. Kendala dalam pengimplementasiaan Hitung Bini, pertama kemampuan tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua, faktor usia dari warga belajar. Ketiga, daya pikir dan daya ingat dari para warga belajar yang berbeda-beda. Keempat, latar belakang sosial (pekerjaan) dari para warga belajar.
KURIKULUM PENDIDIKAN VS KURIKULUM SINETRON Aslan, Aslan
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.995 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1482

Abstract

Kurikulum yang ada di Indonesia saat ini selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum rentan terhadap perubahan sosial. Hal ini disebabkan, adanya tingkah laku perbedaan peserta didik dari tahun ke tahun yang mengalami penurunan bukan kenaikan, sehingga mau tidak mau Pemerintah harus mengganti kurikulum dengan berbagai macam namanya, tujuannya dan output yang dihasilkan. Akan tetapi, adanya perkembangan teknologi saat ini, telah mempengaruhi hasil output pendidikan saat ini, sehingga kurikulum sinetron lebih berhasil ketimbang kurikulum pendidikan. 
KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM Putri, Hadisa
Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol 14, No 2 (2016)
Publisher : UIN Antasari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1040.892 KB) | DOI: 10.18592/khazanah.v14i2.1634

Abstract

The purpose of this paper is that early childhood education in the Islamic view is to maintain, assist the growth and development of human nature owned by children, so that the soul of a child born in the state of nature is not polluted by worldly life that can make children as Jews, Christians or Magi. Or in other words that early childhood education in Islamic education aims to instill Islamic values to children from an early age, so that in further development the child becomes a Muslim man who is kaffah, who believe and piety to Allah SWT. In the journal paper will describe how the concept of Early Childhood education in Islamic perspectives both from curriculum, learning materials, methods and environment that affect the Early Childhood from the perspective of Islamic education. The result of the discussion that is proposed is the educational substance that must be given to the child covering the whole teachings of Islam that can be broadly grouped into three, namely aqidah, worship and morals and equipped with education to read Al-Qur'an. The material of Islamic education is the same as Islamic religious material, but about health and body hygiene, body movement (sports), learning to play with peers, learning to read and writing latin, study counting, drawing, folding are also conveyed. While the methods of Islamic education applied to early childhood education activities such as exemplary methods, education with practice and practice, educate through games, songs, and stories, and educate with targhib and tarhib.

Page 1 of 1 | Total Record : 6