cover
Filter by Year
Efektor
ISSN : 08541922     EISSN : 2355956X
Journal Efektor is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Journals is a journal that contains the results of research or comprehensive literature review in the fields of Economics and Education.
Articles
70
Articles
Creative Reading Terhadap Dongeng Untuk Penulisan Puisi

Pramulia, Pana

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Menulis karya sastra, khususnya puisi membutuhkan kecermatan dalam memotret realitas dan harus memiliki pengetahuan kompleks tentang kehidupan, serta penulis puisi harus mempunyai daya perenungan yang kuat. Artinya, penulis puisi atau penyair dituntut sebagai pembaca aktif, karena dari pembacaan aktif penyair akan mempunyai pengetahuan yang holistik. Bagi penulis puisi pemula, menulis puisi merupakan hal yang tidak mudah, maka dibutuhkan teknik khusus. Salah satu teknik yang dapat digunakan, yaitu teknik creative reading. Teknik creative reading adalah teknik membaca untuk melahirkan kembali sebuah teks setelah pembaca mengalami transformasi. Teknik tersebut digunakan mahasiswa PGSD Unipa Surabaya angkatan 2014 untuk menulis puisi berdasarkan pembacaan dongeng secara intensif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua model, yaitu dalam bentuk hard file (kertas) dan soft file yang dikirimkan ke surat elektronik. Karya puisi mahasiswa setelah menggunakan teknik creative reading dikatakan baik, karena dapat memahami tahapan dan karakter teknik tersebut dengan baik pula

Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Flash Card Siswa Kelas 2 SD Negeri Kenteng 01

Nurvita, Senja Ayu, Slameto, Slameto, Setyaningtyas, Eunice Widyanti

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

  Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Kenteng 01 ini masalah yang timbul adalah kurangnya minat siswa untuk mengikuti proses belajar karena cara mengajar guru yang masih dengan metode konvesional sehingga minat siswa menurun untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 dengan jenis penelitian PTK model spiral yang dikemukakan C. Kemmis dan Mc. Taggart. Dalam penelitian menggunakan 2 siklus yaitu siklus 1 dan 2 yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan dianalisa menggunakan teknik diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar  mata pelajaran PKn pada 2 siklus berdasarkan ketuntasan hasil belajar yaitu ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn yang dapat terlihat pada nilai hasil belajar mata pelajaran PKn berdasarkan ketuntasan belajar yaitu siklus I sebesar 66,77% dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

PBL Application To Improve Understand Concepts Evaluation Educational 2017/2018

Pradipta, Anangga Widya

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Evaluasi Pendidikan melalui penerapan PBL (Problem-based learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup 4 langkah kegiatan dalam 1 siklus perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah dan dosen pada semester keempat tahun akademik 2016/2017. Semua diberikan tindakan menggunakan PBL (Problem-based learning). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PBL (Problem-based learning) dapat meningkatkan pemahaman konsep PJKR IKIP Budi Utomo Kabupaten Malang hingga kriteria sangat baik pada siklus III. Aspek pemahaman konsep siswa meningkat dari skor pra-tindakan rata-rata 56 menjadi 84.

Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory

Rahayu, Lestari Puji, Nugroho, Ahmad Shakroni, Santoso, Muji, Widodo, Suryo

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rendahnya HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa berdasarkan hasil PISA 2015 dalam matematika  menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran matematika masih terbiasa dengan soal-soal Lower Order Thinking Skills (LOTS).berdasarkan hal tersebut, perlu dikembangkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( R & D) dengan model pengembangan berdasarkan Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu preliminary dan Tahap formative evaluation. Uji coba soal diadakan di kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen pengumpulan data meliputi kisi-kisi soal, lembar soal, lembar validasi dan lembar angket. Draft soal yang dikembangkan sebanyak 8 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan draft soal matematika HOTS valid. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan rumus percentage of agreement lebih dari 75% dan berdasarkan nilai validitas butir soal yang lebih dari 0,392. Kepraktisan tergambar dari hasil uji coba soal dapat disimpulkan semua siswa dapat menggunakan draft soal matematika dengan baik. Hasil rata-rata skor  kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 16,05 dari skala 32.    

Pengembangan Video Sex Education Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Fitri, Norma Diana

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video sex education untuk menstimulasi kemampuan sosial dan emosional anak usia dini. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall (2007) yang terdiri sepuluh langkah. (1) Asses Needs To Identity Goal, (2) Conduct Instructional Analysis, (3) Analyze Learners And Context, (4) Write Performance Objectives, (5) Develop Assessment Instrument, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop And Select Instructional Materials  , (8) Design And Conduct Formative Evaluation Of Instruction, (9) Revise Instruction, (10) Design And Conduct Summative Evaluation. Desain uji coba produk dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu (a) validasi ahli, (b) uji coba kelompok kecil, (c) uji coba kelompok besar. Hasil uji coba selanjutnya diuji dengan Uji t yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemampuan sosial dan emosionalanak usia dini dari hasil belajar antara memakai media dengan tidak memakai media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video sex education dapat menstimulasi kemampuan sosial dan emosional anak. Dari hasil analisis data memperoleh memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan adanya perbedaan pada rata-rata perlakuan sebelum dan sesudah dan rata-rata skor perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan pada proses pembelajaran sex education dengan menggunakan video yang telah dikembangkan.

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017

Suwito, Suwito

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Siklus ini dilakukan di SD Negeri 2 Sengonwetan. Peningkatan  Aktivitas dan Hasil Belajar PKN melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) pada Siswa Kelas  V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2017. Subjek perbaikan di sekolah ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Sengonwetan Kecamatan  dengan jumlah 25 siswa. Tindakan diadakan sebanyak 2 kali. Masing – masing  terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN  dengan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal  itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan kondisi awal 48%, meningkat menjadi 72% pada Siklus I. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 96% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Aktivitas siswa pada Siklus  ini mengalami peningkatan. Pada Siklus I  data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor 13 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan skor aktivitas siswa  sudah memenuhi indikator keberhasilan kategori baik ( 11-15). Dari hasil Siklus di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 secara signifikan.

Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar IPS Tentang Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bago Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Suhartini, Anik

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan mengetahui Sikap Tanggungjawab dan hasil  belajar  siswa  kelas  III  SD  Negeri  1  Bago      semester  2  tahun  pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPS tentang pekerjaan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).Tindakan dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Proses pengumpulan data, pengolahan data-data, analisis   data,   pengambilan    simpulan,   dan   penyusunan laporan penelitian membutuhkan waktu selama 4 bulan, yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Tempat untuk mengadakan penelitian di kelas III SD Negeri 1 Bago. Subjek dalam penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Bago yang terdiri dari 30 siswa, yang terdiri 18 perempuan dan 12 laki-la Hasil belajar IPS melalui model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Numbered  Heads  Together  (NHT) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal   itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan prasiklus 37%, meningkat menjadi 63% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 97% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Sikap Tanggung jawab siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I   data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan  kategori cukup. Pada siklus II Sikap Tanggung jawab siswa meningkat dengan perolehan skor 12 dengan ketegori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar IPS tentang pekerjaan  pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bago semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 secara signifikan.

PENGGUNAAN ARANG AKTIF KULIT DURIAN (Durio zibethinus Murr) TERHADAP TINGKAT ADSORPSI KROMIUM (Cr6+) PADA LIMBAH BATIK

Moelyaningrum, Anita Dewi, Zarkasi, Kharta, Ningrum, Prehatin Trirahayu

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Chromium (Cr6+) is a heavy metal that often finds in the batik wastewater. The activated carbon of durian peel (Durio zibethinus Murr.) Is an adsorbent which can adsorb heavy metals in the batik wastewater. The purpose of this study to analyze the effectiveness of the durian peel activated carbon to adsorb Cr6+ in the batik wastewater. This research was the true experiment with six repetitions. The sample consists of the control group (C) and the treatment groups (X1, X2, X3). Adsorption has done by using the mass of durian peel activated carbon 20 gr/litter (X1), 30 gr/ litter (X2), and 40 gr/ litter (X3). Each sample contacted with batik wastewater stirred by jar test with a speed of 400 rpm for one minute, then it allowed to stand 30 minutes. After that, the results compared with the control group. Data were analyzed by Kruskal-Wallis test and Mann-Whitney test. The results show that there was the difference between the control group and the treatment groups (p = 0.017). The most significant differences occurred in the third treatment group (X3) (p= 0.029).    

Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi

Lestari, Nurul Dwi

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kreativitas menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki generasi Z untuk hidup di Abad XXI. Keterampilan menulis kreatif teks deskripsi perlu diperhatikan untuk melatih kepekaan siswa dalam menggambarkan objek berdasarkan pengalaman inderawi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran autentik (authentic learning) dalam mengembangkan keterampilan menulis kreatif teks deskripsi.Adapun tujuan khusus dalam pembahasan ini adalah mendeskripsikanpembelajaran autentik sebagai pemicu berpikir kreatif dalam menulis teks deskripsi, langkah menulis kreatif teks deskripsi dengan pembelajaran autentik, dan penilaian keterampilan menulis kreatif teks deskripsi.

The impact of Financing of Syariah Bank toward the performance and Welfare of Small Medium Enterprise

Faisol, Faisol

Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

  The purpose of this paper is to examine empirically the influence financing of Syariah Bank toward the business performance, the influence of financing of syariah bank toward welfare of small entrepreneurs, and the influence of performance of UKM toward the welfare of small entrepreneurs. The population of this research is all of the small medium enterprises in the District of Kediri who got Islamic bank financing for one year. These samples included 71 SMEs agribusiness. Sampling was done by purposive sampling research, namely SME agribusiness got Islamic bank financing for one year, with a workforce of 5 to 19 people. Questionnaire was used as a tool to collect primary data. The method of analysis used partial least square (PLS). Testing is done with a structural model (Inner model) and models of measurement (Outer model) Statistically, the results show that the Islamic bank financing significant influence with a positive direction on the performance of SMEs, this means that when the Islamic bank financing improved, will improve the performance of SMEs, further financing Islamic banks have a significant effect with positive direction towards the well-being of SMEs so that when the Islamic bank financing improved well-being of SMEs will be increased then the performance of SMEs have significant influence in a positive direction for the welfare of SMEs. So if the business performance of SMEs improved, well-being will increase.