cover
Contact Name
Hidayatus Sibyan
Contact Email
hsibyan@unsiq.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hsibyan@unsiq.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
ISSN : 2534689X     EISSN : 26143763     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo secara berkala empat bulan sekali yaitu bulan Januari, Mei dan September dengan ISSN (print) 2354-869X | ISSN (online) 2614-3763.
Arjuna Subject : -
Articles 166 Documents
Program Kemitraan Masyarakat Kelompok Wanita Tani Desa Majalengka Banjarnegara yang Menerapkan Teknologi Diversifikasi Produk Olahan Singkong Sarno, Sarno; Hakim, Lukmanul
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.438

Abstract

Komoditas singkong merupakan komoditas unggulan masyarakat Desa Majalengka Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Salah satu kelompok masyarakat produktif yang mengolah singkong secara konsisten dan turun temurun adalah kelompok wanita tani Sinar Tani Desa Majalengka. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pada kelompok wanita tani tersebut adalah kegiatan memberdayakan potensi ekonomi lokal secara berkelanjutan melalui penerapan teknologi diversifikasi produk pada olahan singkong menjadi produk yang memiliki nilai tambah sehingga mendukung peningkatan pendapatan masyarakat. Permasalahan utama yang dihadapi kelompok mitra adalah terbatasnya pengetahuan dan keterampilan kelompok mitra dalam penerapan teknologi diversifikasi produk olahan singkong yang dihasilkan. Selama ini kelompok mitra masih menjual langsung produk singkong hasil panennya kepada pedagang pengumpul. Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan dengan tujuan membantu peningkatan pendapatan masyarakat melalui penerapan teknologi diversifikasi produk singkong dan membantu peningkatan kemandirian usaha dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan dilakukan menggunakan metode pendidikan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan tentang teknolgi diversifikasi produk singkong, kegiatan difusi ipteks melalui pelatihan penerapan teknologi diversifikasi produk singkong, pengemasan dan pelabelan, serta kegiatan advokasi melalui pendampingan secara berkelanjutan pada usaha yang dilakukan oleh kelompok mitra. Hasil kegiatan berupa meningkatnya pengetahuan dan keterampilan kelompok mitra dalam hal penerapan teknologi diversifikasi produk olahan singkong, produk olahan singkong seperti nasi tiwul instant, tepung mocaf dan kerupuk singkong yang memiliki nilai tambah.  
Pengaruh Super KIPS Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 2 Tak Kawasaki Ninja R150 Tahun 2013 Pujiono, Akhmad
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.487

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil perbandingan kadar emisi gas buang terutama pada kandungan CO dan HC dari penggunaan super KIPS dan yang tidak menggunakan super KIPS. Bahan bakar yang digunakan pada penelitian ini adalah pertalite, pertamax, dan pertamax turbo. Adapun RPM yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari RPM 2000, 4000, 6000, 8000, 10.000. Super KIPS (Kawasaki Integrated Power valve System) pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 R tahun 2013 merupakan seuatu teknologi yang dimiliki oleh produsen sepeda motor Kawasaki yang bertujuan untuk mengatur sistem gas buang sehingga memenuhi standar euro 2. Selain itu super KIPS dapat menambah peforma dari sepeda motor Kawasaki Ninja 150R tersebut. Dari hasil penelitian terhadap hasil uji emisi gas buang HC tanpa super kips pada sepeda motor Kawasaki ninja 150 R tahun 2013 dengan variasi bahan bakar berbeda dapat disimpulkan bahwa kadar HC paling rendah berada pada bahan bakar pertalite dengan 3533 ppm pada putaran mesin 10,000 RPM. Dan hasil paling tingginya berada pada bahan bakar pertamax dengan 6951 ppm pada putaran mesin 4000 RPM. hasil uji emisi gas buang HC dengan menggunakan super kips pada sepeda motor Kawasaki ninja 150 R tahun 2013 dengan variasi bahan bakar berbeda dapat disimpulkan bahwa kadar HC paling rendah berada pada bahan bakar pertamax turbo 3327 ppm pada putaran mesin 10,000 RPM. Dan hasil paling tingginya berada pada bahan bakar pertamax 6540 ppm pada putaran mesin 6000 RPM.  
Penerapan Rainbow Geometry dalam Pembentukan Konsep Keruangan Sejak Usia Dini Mahmudati, Rina; Indrawati, Ragil Tri
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.494

Abstract

Mis-konsep dalam pemahaman geometri terjadi pada setiap jenjang pendidikan. Oleh karena itu, pemahaman konsep harus ditanamkan sejak usia dini. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dengan menggunakan rainbow geometry. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara menciptakan media kreatif sebagai alat pembelajaran berupa rainbow geometry. Kegiatan ini dilaksanakan di RA Hj Maryam, dengan memberi pelatihan kepada guru dan menerapkan media tersebut kepada siswa. Hasil dari kegiatan ini terlihat bahwa terjadi peningkatan terhadap pemahaman geometri secara signifikan pada siswa RA Hj Maryam yaitu sebesar 49 %. Hal ini membuktikan bahwa media yang dikembangkan berupa rainbow geometry memiliki dampak positif terhadap pemahaman keruangan siswa.
Bimbingan Teknis Pemrograman Arduino Robot Soccer Untuk Siswa SMP IT dan SMP Negeri 10 Magelang Haryani, Prita
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.495

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu teknologi robotika. Teknologi robotika saat ini sangat menarik untuk dipelajari oleh generasi muda khususnya pelajar. Melalui berbagai kegiatan edukatif, pelajar mengimplementasikan sains secara mudah, murah dan menyenangkan. Salah satu kegiatan edukatif dalam memperkenalkan robotika kepada pelajar adalah bimbingan teknik pemrograman Arduino Nano Robot Soccer. Peserta pelatihan adalah siswa SMP IT dan SMP Negeri 10 Magelang. Pelatihan pemrograman ini menggunakan pemrograman Arduino sebagai media pemrograman pada robot soccer. Metode pelaksanaan dalam bimbingan ini adalah metode kolaboratif dari metode ceramah yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan materi pemrograman arduino nano dan metode praktik pemrograman arduino yang diimplementasikan oleh siswa terhadap robot soccer yang mereka buat. Kegiatan bimbingan teknis ini berjalan dengan lancar, siswa dan guru pendamping antusias untuk mendengarkan penjelasan tentang Pemrograman Arduino Robot Soccer. Dari hasil pelatihan, siswa sudah dapat memahami tentang pemrograman arduino dan berhasil memprogam robot soccer beroda tersebut dengan pemrograman arduino nano.
Penurunan Kecemasan pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Menggunakan Terapi Musik Yuniartika, Wachidah; Santi, Catur Novita; Azizah S, Nur
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.496

Abstract

Latar belakang : Pada pasien skizofrenia akan mengalami gangguan alam perasaan yang ditandai ketakutan yang mendalam dan berkelanjutan, sehingga dapat terjadi gangguan dalam menilai kenyataan, kepribadian penuh, perilaku dapat terganggu namun masih dalam batas normal, ini menandakan bahwa mereka mengalami gelaja cemas.  Salah satu terapi nonfarmakologi yang efektif adalah mendengarkan musik. Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran seseorang.Tujuan : Mengetahui efektifitas terapi musik pada pasien skizofrenia sebagai alat mengurangi kecemasan.Metode : penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan  pretest-postest with control group. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah sakit jiwa daerah Surakarta pada bulan Desember 2017. Populasi penelitian pasien Skizofrenia tanpa komplikasi berjumlah 42 di RSJD Surakarta berjenis kelamin laki-laki. Cara pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dengan Kriteria inklusi: Pasien skizofrenia yang mengalami cemas ringan dan sedang, Umur 20-35 tahun, lama sakit lebih dari 2 tahun. Dengan menggunakan rumus slovin ditetapkan sampel perlakuan 19 kontrol 19 responden. Instrumen untuk mengetahui tingkat kecemasan dengan Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS), Terapi music menggunakan music klasik yang tenang.Hasil : Hasil penelitian pada kelompok intervensi kecemasan sebelum intervensi berada dalam kategori kecemasan ringan dengan nilai rata-rata 18.05, setelah diberikan terapi musik terdapat penurunan kecemasan dengan nilai rata-rata 10.32 dalam katagori tidak cemas dengan selisih penurunan 7.73 dan P value 0.001. Sedangkan pada kelompok kontrol P value 0.162.Kesimpulan : Pemberian terapi musik efektif menurunkan kecemasan secara bermakna.
Pelatihan SDIDTK untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru PAUD dalam Melakukan SDIDTK di Kabupaten Wonosobo Rahayu, Candra Dewi; Purnamasari, Ika
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.498

Abstract

Latar Belakang: Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin secara tepat dan terus menerus sesuai usia tumbuh kembangnya. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) anak ini masih belum mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu solusi yang dicanangkan oleh pemerintah yaitu dengan mengintegrasikan SDIDTK dengan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak yang diikuti oleh balita sebelum beranjak ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Tujuan : untuk mengetahui peningkatan pengetahuan guru PAUD dalam melakukan SDIDTK setelah diberikan pelatihan.Metodologi: metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre and post test design without control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel tanpa peluang (non probability sampling) dengan jumlah sampel 37 guru PAUD.Hasil: Hasil uji dengan one sampel t-test menunjukan setelah dilakukan pelatihan kepada guru PAUD terdapat peningkatan pengetahuan dapat dilihat dari nilai rata-rata pengetahuan guru dari 8,945 menjadi 15,75 dengan nilai p = 0,000.Kesimpulan dan saran: Pelatihan aplikasi SDIDTK menggabungkan metode ceramah dan demonstrasi mampu meningkatkan pengetahuan secara efektif. Saran bagi Kepala Sekolah di PAUD adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru (pengasuh) tentang pertumbuhan dan perkembangan anak menggunakan SDIDTK, sehingga guru dapat memonitor tumbuh kembang anak secara optimal.
Peningkatan Mutu Manajemen Pembelajaran Oleh Kepala Madrasah di MTs Salafiyah Al Tarmasi Sunarko, Asep; Sholeh, Sholeh
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.500

Abstract

Peningkatan kualitas mutu Pembelajaran di Madrasah merupakan kebutuhan untuk menjaga eksistensi madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memenuhi kebutuhan masyarakat berupa Sumber Daya Manusia dalam bidangpendidikan dan Agamis. Kebutuhan ini akan terpenuhi bila pendidikan mampu menghasilkan sebuah proses dalam mencetak kader-kader yang dikehendaki. Fenomena ini tentu menjadi tanggung jawab pihak madrasah, yaitu semua komponen madrasah mulai dari Kepala Madrasah sampai kepada Para santri. Untuk mengkaji permasalahan ini dilaksanakanlah Penelitian ini di Madrasah Diniyah Al-Tarmasi dengan subyek pengelola madrasah, lingkungan madrasah, dan siswa/siswi madrasah. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan kesesuaian bidang dan juga keperluan data. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada beberapa upaya dari pihak Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu pendidikannya dengan menuangkan beberapa kebijakan mutu yaitu : a. Pelayanan yang sebanding dengan kepercayaan, b. Keluhan dari pengguna merupakan sarana evaluasi dan perbaikan yang selalu berkesinambungan, c. Membangun kebersamaan, d.merealisasikan cita-cita bersama dan diaplikasikan dengan mengadakan Pelatihan berkelanjutan untuk peningkatan ketrampilan dewan asatidz dan tenaga kependidikan serta para santri. Kata kunci : Manajemen, Mutu, kepala Madrasah
Teknik Menyusui yang Benar di Desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Subekti, Ratih
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 6 No 1 (2019): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/ppkm.v6i1.550

Abstract

Latar Belakang : Perilaku menyusui yang benar mempengaruhi keberhasilan dalam pemberian ASI. Di desa Wanaraja masih terdapat ibu menyusui yang mengalami puting lecet, bengkak dan nyeri pada payudara serta putting datar. Masyarakat desa Wanaraja belum sepenuhnya memahami tentang teknik menyusui yang benar, sehingga jika puting lecet maka payudara tersebut berhenti untuk disusui.  Metode : Metode dari pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan tentang teknik menyusui yang benar, praktik dan evaluasi melalui kuesioner. Hasil : Meningkatnya pengetahuan ibu tentang teknik menyusui yang benar sehingga proses menyusui dapat berjalan lancar dan tercapai program pemerintah yaitu pemberian ASI eksklusif. Pengetahuan ibu baik sebanyak 75% dan cukup 25%. Kesimpulan :Terjadi peningkatan pengetahuan antara sebelum dan setelah dilakukan penyuluhan.
Evaluasi Termal Dinding Bangunan dengan Vertikal Garden Widiastuti, Ratih; Prianto, Eddy; Budi, Wahyu Setia
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 1 No 1 (2014): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini, aspek penghijauan di kota-kota besar mulai diperhatikan. Permasalahan lingkungan perkotaan akibat adanya Urban Heat Island (UHI) menjadi latar belakang dari pemilik bangunan untuk mengaplikasikan konsep vertical garden pada bangunan mereka. Kemampuan vertical garden dalam menurunkan profil suhu permukaan dinding merupakan salah satu aspek dasar untuk menciptakan kenyamanan termal bagi penggunanya. Penelitian ini merupakan hasil studi dari pengaruh vertical garden terhadap kondisi termal bangunan PT. Pertamina Semarang. Profil suhu permukaan dinding interior ruangan bervertical garden lebih rendah bila dibandingkan dengan ruangan non vertical garden. Rata-rata selisih profil suhunya adalah 1.4C-2.1C. Selisih minimum terjadi pada awal pengukuran sedangkan selisih maksimum terjadi pada akhir pengukuran dengan sebaran suhunya semakin ke atas profil suhunya semakin panas. Dari hasil studi juga diketahui bahwa vertical garden mampu menurunkan suhu permukaan dinding non vertical garden yang berada pada satu area dengan dinding bervertical garden
RANCANG BANGUN REAKTOR BIOGAS UNTUK PEMANFAATAN LIMBAH KOTORAN TERNAK SAPI DI DESA LIMBANGAN KABUPATEN BANJARNEGARA Sunaryo, Sunaryo
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ Vol 1 No 1 (2014): Januari
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha peternakan cukup memberikan manfaat yang besar dilihat dari perannya sebagai penyedia protein hewani. Namun di sisi lain, keberadaan hewan ternak ini juga menjadi penyebab timbulnya pencemaran. Kotoran yang dihasilkan menimbulkan masalah bagi lingkungan. Selain baunya yang tidak sedap, keberadaan kotoran juga mencemari tanah, mengganggu pemandangan, dan bisa menjadi faktor penyakit. Jika pengelolaan kotoran sapi tidak dilakukan secara baik akan berakibat buruk bagi kesehatan warga sekitar kandang. Tidak terkecuali hal ini terjadi di Desa Limbangan Kecamatan Madukara kabpaten Banjarnegara.Dalam rangka pengelolaan kotoran sapi tersebut, maka tim pelaksana IbM UNSIQ membuat kegiatan penyuluhan lingkungan, pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi energi alternatif (biogas), pelatihan pembuatan instalasi biogas serta pemanfaatan slurry digester sebagai sumber pupuk organik.Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat IbM dapat berjalan dengan baik dengan terciptanya instalasi biogas yang dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan memasak dan tersedianya pupuk organik cair dari limbah slurry digester biogas sebagai sarana pemupukan tanaman pertanian khususnya salak. Selain itu biogas juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar motor pengganti bensin.

Page 1 of 17 | Total Record : 166