KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
ISSN : -     EISSN : -
Articles 275 Documents
Pengembangan Aplikasi Kalender Bali berbasis Android ., I Made Yoga Yudisthira Sandra; ., I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom, M.Sc; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu. Umat Hindu di Bali memiliki kalender khusus yang berbeda dengan kalender pada umumnya, umat Hindu di Bali percaya bahwa tiap hari atau tanggal tersebut memiliki makna positif dan makna negatif. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan 1) merancang aplikasi Kalender Bali berbasis Android, dan 2) mengimplementasikan rancangan aplikasi Kalender Bali berbasis Android. Aplikasi ini dikembangkan di mobile phone berbasis android dengan menggunkan proses SDLC (System Development Life Cycle). Model yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah metode Waterfall dan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java dengan menggunakan editor Eclipse Juno. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi kalender Bali berbasis android. Aplikasi kalender Bali ini terdiri dari empat menu utama yaitu Kalender Bali, Otonan, Odalan, dan Setting SMS. Menu kalender Bali berfungsi menampilkan Kalender dan menampilkan informasi suatu hari. Menu Otonan berfungsi untuk mencari otonan terdahulu dan otonan berikutnya. Menu Odalan digunakan untuk mencari suatu odalan tertentu. Menu Setting SMS digunakan untuk mengirim SMS. Kata Kunci : android, kalender, hindu, bali. Abstract — Calendar is a system showing a period of time. Hindu in Bali has a special calendar which is different with other common one, because Hindu in Bali believes that there is a positive and negative meaning in every single date. Based on the problem this research aimed to (1) design the appicalion of Balinese calendar Android-based and (2) implement the design of Balinese calendar Android-based. This application was developed in android-based mobile phone by using System Development Life Cycle process. The model used in designing was Waterfall method and implemented in Java program by using Juno Eclipse editor. The result of this research is an application of Balinese calendar android-based. There are four menus in this epplication such as calendar, otonan, odalan and sms setting. Calendar is used to show the calendarand the information about the day.Otonan is used to find the previous otonan day and the next one. Odalan is used to find the specific odalan day. SMS setting is used to send the sms. keyword : android, calendar, hindu, bali
AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN ORNMAEN TRADISIONAL BALI ., I Made Tirta Murdika; ., I Made Gede Sunarya, S.Kom.; ., I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom, M.Sc
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ornamen tradisional Bali sebagai warisan kebudayaan daerah harus dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk mendokumentasikan dan memperkenalkan bentuk dan jenis-jenis ornamen tradisional Bali dengan lebih interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book pengenalan ornamen tradisional Bali, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3D bagian bangunan khas Bali dengan tambahan ornamen Bali ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone berbasis android. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan informasi dan gambar terkait ornamen tradisional Bali yang difungsikan sebagai penanda dan Aplikasi Augmented Reality Book berbasis android yang mampu menampilkan objek bagian bangunan khas Bali dengan tambahan ornamen Bali dalam bentuk 3D tepat di atas marker diiringi dengan suara narasi penjelasan dari ornamen yang ditampilkan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk mendokumentasikan, memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan bangsa.Kata Kunci : Ornamen Tradisional Bali, Augmented Reality Book, Library Vuforia, Android. Balinese traditional ornaments as a local cultural heritage should be conserved and maintained. The purpose of this research was to utilize the technology by developing an application that could be used as a media to documentize and introducing the shapes and the types of Balinese traditional ornaments with more interactive and attractive way. The method used was development research. This research aimed to develop an Augmented Reality Book application about the Balinese traditional ornaments by using the waterfall model until the system testing phase. This application used vuforia libraries that could play sound and display the 3D objects of Balinese traditional ornaments in a real environment by using books and android based smartphones. The result of this research is a book contains the information and images related to the Blinese traditional ornaments and also functioned as a marker of android based Augmented Reality Book application that can display a part of Balinese architecture with Balinese ornaments on it in 3D objects above the marker, followed by spoken narrations which explain the ornament shown. This application can be used as a media to documentize, introduce and conserve the national culture.keyword : Balinese traditional ornaments, Augmented Reality Book, library Vuforia, Android.
PENGEMBANGAN MODUL AJAR MELAKUKAN INSTALASI PERANGKAT JARINGAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK NEGERI 3 TABANAN ., I Putu Wira Adnyana; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.; ., Dessy Seri Wahyuni, S.Kom.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk merancang dan mengimplementasikan modul ajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 3 Tabanan. (2) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tabanan terhadap pengembangan modul Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tabanan tahun ajaran 2013/2014. Pengembangan modul ajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal menggunakan tahapan-tahapan pengembangan draft. Untuk mengetahui respon siswa terhadap modul ajar diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 85,71% persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 14,29%, dan tidak ada siswa yang memberikan respon kurang positif, negatif maupun sangat negatif. Skor rata-rata respon siswa yang diperoleh adalah sebesar 63,67. Skor tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan modul ajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal berada pada kategori sangat positif. Kata Kunci : Modul Ajar Instalasi Perangkat Jaringan Lokal, Respon, Teknik Komputer dan Jaringan. This research aimed to (1) design and implement the learning module of Conducting the Installation of Local Area Network for the students of class XI of computer and network program at SMK Negeri 3 Tabanan. (2) To know the responses of the students of class XI of computer and network program at SMK Negeri 3 Tabanan toward the development of the learning module of Conducting the Installation of Local Area Network. This research was a Research and Development research by using the development model of Dick and Carey. This research involved the students of class XI of computer and network program at SMK Negeri 3 Tabanan in academic year 2013/2014. The development of the learning module of Conducting the Installation of Local Area Network used phases of draft development. The responses of the students toward the learning module were gained by using questionnaire. The result of data analysis of students’ responses show that the percentage of the students who give the extremely positive responses are 87.71%, the percentage of the students who give the positive responses are 14.29%, and there are no students who give less positive, negative and extremely negative responses. The mean score of students’ responses is 63.67. The mean score show that the responses of the students toward the development of learning module of Conducting the Installation of Local Area Network are categorized as extremely positive.keyword : learning module of Conducting the Installation of Local Area Network, response, computer and network
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERKAIT GURU MATA PELAJARAN TIK DALAM MENGAJAR DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK (Studi Kasus : SISWA KELAS VIII DAN IX SMP NEGERI 3 PENEBEL) ., I Nyoman Sumadiyasa; ., I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom, M.Sc; ., Dessy Seri Wahyuni, S.Kom.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui derajat hubungan persepsi siswa terkait guru mata pelajaran TIK dalam mengajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 3 Penebel; (2) mengetahui derajat hubungan sumber belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 3 Penebel; dan (3) mengetahui derajat hubungan secara bersama-sama antara persepsi siswa terkait guru mata pelajaran TIK dalam mengajar dan sumber belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 3 Penebel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen atau ex post facto karena dalam penelitian ini tidak dilakukan perlakuan atau manipulasi terhadap variable-variabel penelitian. Penelitian hanya mengungkapkan data berdasarkan hasil penelitian pada gejala yang telah ada secara wajar pada diri responden. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Penebel. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII dan IX pada semester genap tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah sampel 176 orang. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi siswa terkait guru mata pelajaran TIK dalam mengajar dan sumber belajar berperan dalam menentukan hasil belajar TIK siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 3 Penebel. Hasil analisis menunjukkan (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terkait guru mata pelajaran TIK dalam mengajar dan hasil belajar; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara sumber belajar dan hasil belajar; dan (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terkait guru mata pelajaran TIK dalam mengajar dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Kata Kunci : persepsi siswa, sumber belajar, hasil belajar. Abstract-Tthis study aimed to (1) know the correlation between students’ perception to the teacher who teached TIK toward the result in learning TIK at the eighth and ninth grade students in SMP Negeri 3 Penebel; (2) know the correlation between the source of learning toward the result in learning TIK at eighth and ninth grade in SMP Negeri 3 Penebel; (3) know the correlation among students’ perception and the source of learning toward the result of students in learning TIK at eighth and ninth grade in SMP Negeri 3 Penebel. Ex post Facto was the method which used in this study because there was no special treatment or manipulation used toward the variable. The study only covered the data which were had by the respondents. This study was conducted at eighth and ninth grade in SMP Negeri 3 Penebel in the second semester at the academic year 2013/2014. The total sampel of this study is 176 students. The result of the study showed that the students’ perception toward the teacher who teached TIK determined the result of students in learning TIK at eighth and ninth grade in SMP Negeri 3 Penebel. The result of the anlysis showed (1) There was no significant correlation between students’ perception toward the teaher in teaching TIK to the result of students in learning TIK; (2) there was no significant correlation between students’ source of learning toward the result of students’ learning; and (3) There was no a significant correlation among students’ perception to the teacher who teached TIK and students’ source in learning TIK toward the result in learning TIK. keyword : Key word: students’ perception, source of learning, result of learning.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA SMAN 1 BANJARANGKAN PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ., Dewa Ngakan Putu Eka Juniarta; ., Ni Desak Made Sri Adnyawati, S.Pd,M.Pd; ., I Made Gede Sunarya, S.Kom.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Quick on the Draw, dan mengetahui respon siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarangkan terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Quick on the Draw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarangkan, semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014, dimana melibatkan siswa sebanyak 20 orang siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Quick on the Draw pada mata pelajaran TIK. Data aktivitas siswa dikumpulka memlalui lembar observasi aktivitas yang diambil setiap pertemuan, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes kognitif, sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket tertutup. Pengambilan data pada tes kognitif dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama aktivitas belajar siswa meningkat ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa. Kedua Terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu dan siklus dua. Ketiga rata-rata respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Quick on the Draw menunjukkan bahwa respon siswa tergolong positif. Kata Kunci : Numbered Head Together, Quick on the Draw, aktivitas, hasil belajar, respon This study aims to improve the activity and student learning outcomes in subjects of Information Technology and communication with implementing learning model Numbered Head Together with Quick on the Draw, and evaluate the response of class XI IPS 1 SMAN 1 Banjarangkan. The application of learning models Numbered Head Together with Quick on the Draw. The subjects were students of class XI IPS 1 SMAN 1 Banjarangkan, first semester academic of year 2013/2014, which involved the students as much as 20 students. The design of this study was action based research (ABR), which consists of two cycles. The data collected in this study is the activity and learning outcomes as well as students response to the application of learning models Numbered Head Together with Quick on the Draw or ICT subjects. Result of the activity students was collected by used observation sheet in every meeting, student learning outcomes data collected through cognitive tests, while the student response data were collected with a questionnaire sheet enclosed. Toke of data on cognitive tests colected in end of each cycle. The results showed that First There was an increased in the activity of student learning, it saw from increased in the average activity of the students. Second There was an increased in student learning outcomes. It saw from the classical completeness students third The average students response to the implementation of the learning model Numbered Head Together with Quick on the these results indicate that the response of students classified as positive. keyword : Numbered Head Together, Quick on the Draw, activities, learning outcomes, student response
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION CONNECTION APPLICATION REFLECTION EXTENTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNKASI (TIK) (Studi Kasus: Siswa Kelas VIII.3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2013-2014) ., Putu Yuli Krisnawati ; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.; ., Dessy Seri Wahyuni, S.Kom.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menerapkan model pembelajaran ICARE (Introduction Connection Application Reflection Extention) dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, dimana melibatkan siswa kelas VIII.3 (29 Siswa) tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE pada mata pelajaran TIK. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes kognitif dan lembar observasi afektif serta psikomotor, sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket tertutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 17,24%, dan pada siklus II sebesar 100,00%. Hasil belajar ini mengalami peningkatan sebanyak 82,76%. (2) rata –rata respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE tergolong positif yaitu sebesar 47,07 Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajara ICARE pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar dan mendapat respon yang positif dari siswa. Kata Kunci : Kata kunci : ICARE (Introduction Connection Application Reflection Extention), TIK, Hasil belajar, Respon siswa Abstract— This study aimed at improving students learning outcomes on the subject of Technology of Information and Communication by implementing ICARE (Introduction Connection Application Reflection Extention) instructional model and finding out the students responses toward the implementation of ICARE instructional model. This research was conducted at SMP Laboratorium Undiksha Singaraja which involved the students of class VIII.3 (29 students) in the academic year 2013/2014. This research was designed in the form of Class Action Research which consisted of 2 cycles. The data which were gathered in this research were the students learning outcomes and responses toward the implementation of ICARE instructional model on the subject of Technology of Information and Communication. The data of the students learning outcomes were gathered by means of cognitive test as well as affective and psikomotor observation sheet, while the data of the students responses were gathered by closed questionnaire. The result of this study showed that (1) there was an improvement of the students learning outcomes. This can be seen from the classical mastery of the students obtained in the fist cycle was 17.24%, and in the second cycle was 100.00%. The learning outcomes improved by 82.76%. (2) The students responses on the average toward the implementation of ICARE instructional model could be classified as positive that was equal to 47.07. The researcher concluded that the implementation of ICARE instructional model on on the subject of Technology of Information and Communication can improve the students learning outcomes and can obtain postive responses from the students. keyword : Keywords: ICARE (Introduction Connection Application Reflection Extention), TIK, Learning outcomes, Students responses
Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014) ., Ida Ayu Widiyanthi; ., Dessy Seri Wahyuni, S.Kom.; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan program aplikasi Microsoft Word, (2) aktivitas belajar siswa terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R, (3) respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Aktivitas belajar siswa menggunakan metode observasi, sedangkan untuk respon menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar siswa pada kelompok eksperimen tergolong cukup aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R.Kata Kunci : eksperimen semu, metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa. The aims of this study are (1) to know the effect of the implementation of PQ4R learning method toward students’ learning result in the topic of Microsoft Word application program, (2) to know students’ learning activities toward the implementation of PQ4R learning method, (3) to know students’ response toward the implementation of PQ4R learning method. The type of this research was quasi experiment with Posttest-Only Control Group Design. The population of this research was students of eigth grade in SMP Negeri 1 Sukasada academic year of 2013/2014. The samples of this research were VIII G class as the experiment group and VIII E class as the control group. The data in this research were gathered by using multiple choice tests to measure the cognitive competence of students. Data was analyzed by studying the results of test preconditions including normality test, homogeneity test, and t-test. Students’ learning activities is using the observation method, for the response is using the questionnaire method. Based on the analysis of the data, obtained that tests of normality and homogeneity of the two groups were normally distributed and homogeneous. There was a significant effect of the implementation of PQ4R learning method toward students’ learning result of the ICT subject in the eigth grade students in SMP Negeri 1 Sukasada academic year of 2013/2014. Students’ learning activities in the experiment group were quite active in the learning process, and the students also gave positive responds toward the use of PQ4R learning method.keyword : quasi experimental, PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) learning method, learning result, students activity and students responses.
Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Bangun Datar Menggunakan Metode Invariant Moment ., I Gusti Bagus Maha Putra; ., I Made Gede Sunarya, S.Kom.; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan bangun datar untuk memudahkan siswa dalam belajar mengenal bangun datar. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode invariant moment. Input dari aplikasi ini berupa gambar dari user menggunakan digital pen, touchpad maupun mouse dan keluarannya berupa jumlah dan bentuk yang memiliki jarak (error) paling kecil. Pada aplikasi ini terdapat dua proses utama yaitu preprocessing dan pengenalan dengan euclidian distance. Proses preprocessing terdiri dari grayscale, deteksi tepi, segmentasi, croping dan 7 moment Hu. Hu mendefinisikan 7 nilai deskriptor bentuk, yang dihitung dari moment pusat melalui tiga derajat yang bebas terhadap translasi, skala dan arah objek. Uji coba program dilakukan oleh dua pelajar SD dan delapan pelajar SMP, diperoleh hasil rata-rata keakuratan pada pelajar SD adalah sebesar 62,5 % sedangkan pada pelajar SMP sebesar 96,1%.Kata Kunci : Aplikasi pembelajaran, Bangun Datar , Invariant Moment, Euclidian Distance This research aims to design and develop an application inditifier of plane learning that can be used to facilitate for students to recognize plane. This application is developed by using the invariant moment method . The input of this application is an image of a user using a digital pen, touchpad or mouse , and the output are number and shape that have the smallest error value.. In this application there are two main processes namely preprocessing and recognition by euclidian distance. Preprocessing process consists of grayscale, edge detection, segmentation, cropping and 7 Hu moment. Hu defines 7 shape descriptors value, that is calculated from moment central through three degree of being free in translasi, the scale and direction of an object. Testing program conducted by two students of elementary school and eight student of junior high school, obtained results the average accuracy on elementary school students of 62.5% while in junior high school students of 96,1 %.keyword : Application of Learning, Plane, Invariant Momen , Euclidian Distance
Pengembangan E-Modul Pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI Dan Text” Untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja ., I NYOMAN SUDIARTAYASA ADIPUTRA; ., Dessy Seri Wahyuni, S.Kom.; ., I Made Gede Sunarya, S.Kom.
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk merancang dan mengimplementasikan Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. (2) Untuk mengetahui respon siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja terhadap Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ-1 SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 66,67% persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 33,33%, dan tidak ada siswa yang memberikan respon kurang positif, negatif maupun sangat negatif. Berdasarkan hasil penelitian dari jumlah presentase respon siswa terhadap pengembangan e-modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” dapat dikategorikan sangat positif. Kata Kunci : E-Modul, R&D, ADDIE, Respon, Teknik Komputer dan Jaringan. This study aimed (1) To design and implement the development of the E-Module on Matter ‘Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text’ for class X Studen’ts Skills Program in Computer Engineering and Networks SMK Negeri 3 Singaraja. (2) To describe the response of Class X students Skills Program in Computer Engineering and Networks SMK 3 Singaraja on the Development of E-Module on Matter ‘Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text’. Research method that is used in this study is Research and Development (R & D ) with applied the method ADDIE model. The subjects are students of class X TKJ-1 SMK N 3 Singaraja school year 2013/2014. To find out the students response to e-modules obtained using the questionnaire method. The results of the analysis of the student response data showed that the percentage of students who responded very positively by 66.67% the percentage of students who responded positively by 33.33%, and no students responded less positively, not negative or very negative. Based on the results of the analysis of total percentage of student’s response to the development of e-module on matter " Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text" can be categorized as very positive. keyword : E-Module, R&D, ADDIE, Response, Computer Engineering and Networks
Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Gerak Dasar Tari Bali ., I Made Adi Yoga Dewantara; ., Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.; ., I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom, M.Sc
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063 Vol 3, No 1 (2014): Januari
Publisher : KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tari Bali sebagai warisan kebudayaan daerah harus dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari dan memperkenalkan gerak dasar tari Bali dengan lebih interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Book pengenalan gerak dasar tari Bali, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3D gerak dasar tari Bali ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone berbasis android. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan informasi dan gambar terkait gerakan-gerakan dasar tari Bali yang difungsikan sebagai penanda dan Aplikasi Augmented Reality Book berbasis android yang mampu menampilkan objek penari dengan posisi dan gerakan dasar tari Bali dalam bentuk 3D tepat di atas marker lengkap dengan tampilan gerakan dasar tari Bali dan suara narasi penjelasan dari gerakan-gerakan yang ditampilkan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan bangsa.Kata Kunci : Tari Bali, Augmented Reality Book, library Vuforia, Android. Balinese dance as a local cultural heritage should be conserved and maintained. The purpose of this research was to utilize the technology by developing an application that could be used as a media to learn and introducing the basic movements of Balinese dance with more interactive and attractive way. The method used was development research. This research aimed to develop an Augmented Reality Book application about the basic movements of Balinese dance by using the waterfall model until the system testing phase. This application used vuforia libraries that could play sound and display the 3D objects of Balinese dance basic movements in a real environment by using books and android based smartphones. The result of this research is a book contains of the information and images related to the basic movements of Balinese dance and also functioned as a marker of Augmented Reality Book application android based that can display the basic positions and movements of Balinese dance in 3D objects above the marker, completed by the display of Balinese dance basic movements and spoken narrations which explain the movements shown. This application can be used as a media to introduce and conserve the national culture.keyword : Balinese dance, Augmented Reality Book, library Vuforia, Android.

Page 1 of 28 | Total Record : 275