cover
Contact Name
Dr. Ermatita, M.Kom
Contact Email
wayan.widi@upnvj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wayan.widi@upnvj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 02164221     EISSN : 2655139X     DOI : -
Core Subject : Science,
Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & Intelligene.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TENSES BERBASIS MULTIMEDIA Handayani, Popon; Aji, Sopian
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.63 KB)

Abstract

Sistem pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer sudah sangat banyak digunakan. Dikarekan perkembangan zaman yang sangat canggih, proses pembelajaran pun harus meningkat. Dimana teknologi tersebut menggunakan bahasa Inggris. Dan pelajaran Bahasa Inggris sangat menunjang untuk menguasai era globalisasi seperti sekarang,Pelajaran bahasa Inggris dikenalkan sejak anak usia dini hingga orang dewasa, Banyak sekali yang kesulitan dalam mempelajari tenses. Untuk itulah dilakukan pengembangan sarana pengantar pembelajaran untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam memahami suatu pelajaran maka diperlukan sebuah aplikasi pembelajaran. Maka aplikasi pembelajaran tersebut dirancang dengan metode Microsoft Solution Framework (MSF).Aplikasi pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash MX.diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan dalam mempelajari Tenses agar proses belajarnya lebih efektif.Aplikasi Pembelajaran ini melakukan observasi, dan wawancara. Peralatan yang digunakan dalam perancangan system ini menggunakan pemodelan UML Use Case Diagram meliputi Activity Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan suatu program aplikasi pembelajaran Tenses yang sangat berguna untuk membantu para siswa maupun siswi untuk mempelajari ilmu Tenses.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA SEKOLAH ISLAM Khafa Nofa, Widya
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.736 KB)

Abstract

Sekolah islam Al-fauzien adalah salah satu penyelenggara pendidikan formal berjenjang dasar yang setara dengan sekolah dasar. dalam menjalankan pendidikan sekolah islam ini menggunakan media kertas, seperti pada dokumen-dokumen, dan berkas surat menyurat sampai pencatatan transaksinya. Seiring berjalannya waktu manajemen yang pada awalnya menggunakan media kertas dan buku mulai terlihat beberapa ketidakberesan. Ketidakberesan tersebut kalau dibiarkan akan mengganggu aktifitas dan akan menghambat tercapainya tujuan.Teknologi informasi yang semakin berkembang banyak digunakan sebagai alternative solusi untuk menyelesaikan beberapa masalahdikarenakan kecepatan proses yang tinggi dan dengan tingkat kesalahan proses yang kecil. Kehadiran teknologi informasi di dalam dunia pendidikan terutama sekolahislam Al-fauzien akan sangat menujang efisiensi kinerja sehingga mendapatkan dampak yang positif di dalam suatu aktifitas sekolah. Teknologi informasi adalah sarana yang digunakan untuk membantu mencapai hasil kerja yang optimal dan dapat menunjang informasi yang cepat dan akurat.
DATA MINING SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI STRATEGI BISNIS Ernawati, Iin
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.13 KB)

Abstract

Dunia bisnis yang penuh persaingan membuat para pelakunya harus selalu memikirkan strategi-strategi terobosan yang dapat menjamin kelangsungan bisnis mereka. Salah satu aset utama yang dimiliki oleh perusahaan masa kini adalah data bisnis dalam jumlah yang luar biasa banyak. Ini melahirkan kebutuhan akan adanya teknologi yang dapat memanfaatkannya untuk membangkitkan “pengetahuan pengetahuan” baru, yang dapat membantu dalam pengaturan strategi bisnis. Teknologi data mining hadir sebagai solusi. Makalah ini akan mengulas permasalahan bisnis yang ada dan dasar-dasar data mining melalui bahasan kegunaan, cara kerja dan metodologi-metodologi populer pada teknologi ini (pohon keputusan, klasifikasi, regresi non-linier, berbasis sampel, kebergantungan grafik, dll.).
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING Kristiana, Titin
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1731.292 KB)

Abstract

Saluran pencernaan pada tubuh berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk kedalam tubuh dari bentuk yang kasar menjadi lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim, selain itu juga berfungsi untuk membuang sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan bagi tubuh. Seiring perubahan jaman yang dipicu oleh era modernisasi dan globalisasi sangat mendukung dan berpengaruh kepada buruknya gaya hidup dan pola makan sebagian besar masyarakat, mengakibatkan mereka mendapatkan gangguan saluran pencernaan. Dikarenakan pengetahuan akan gejala awal suatu penyakit yang kurang, perilaku dan pola pikir yang ingin hidup praktis, sarana media penyimpanan informasi tentang saluran pencernaan yang masih kurang keberadaan medis menjadi terhambat karena biaya yang mahal dan sebagian masyrakat berfikir bahwa mendapatkan perawatan medis memerlukan prosedur yang rumit dan cukup lama, dan mengakibatkan mendapatkan pengobatan ala kadarnya, sehingga perlu adanya media bantu berupa sistem yang dapat mendiagnosa penyakit saluran pencernaan. Dalam penelitian ini dibuat sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit saluran pencernaan dengan web sebagai media publikasinya, dan dihasilkan 9 jenis penyakit dan 32 gejala. Sistem pakar ini menggunakan metode forward chaining, perancangan diimplementasikan dalam bahasa PHP dan MySQL.
PENGARUH BENTUK MODEL VIRTUAL REALITY TERHADAP LAMA DURASI PENGGUNAAN DAN AKTIVITAS PENGGUNA Mardani, Ichsan; Wirawan, Rio
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.156 KB)

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan komputer dan teknologi, virtual reality merupakan salah satu terobosan yang dapat diambil contoh dalam kombinasi antara computer serta perkembangan teknologi. Penerapan virtual reality sangat banyak digunakan untuk permainan (game) dan hiburan. Beberapa model virtual reality menjadi salah satu pilihan untuk memilih dalam menggunakan virtual reality sebagai kegiatan dengan teknologi. Model dan bentuk yang di sajikan memiliki variasi dan keunggulan di berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan dengan virtual reality, akan tetapi, virtual reality belum menjadi pilihan utama. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dengan bentuk model mana yang baik digunakan dengan kegiatan apa yang dilakukan dengan virtual reality. Kenyamanan dalam menggunakan virtual reality menjadi perhatian beberapa vendor untuk berinovasi guna memilih bentuk yang dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna dari virtual reality.
STUDI KOMPETENSI DAN KESADARAN PENGGUNA E-LEARNING TERHADAP KEAMANAN SISTEM E-LEARNING PADA PENDIDIKAN TINGGI Wirawan, Rio; Nizhomul Haq, Haris
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.31 KB)

Abstract

Lemahnya keamanan informasi pada khususnya dalam sistem e-learning dapat membuka resiko yang merugikan elemen-elemen yang ada didalam lingkungan sistem tersebut. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa kecurangan maupun serangan yang biasa dilakukan oleh pengguna dan mengidentifikasikan pola perilaku ataupun sikap yang memungkinkan merusak sistem keamanan pada e-learning. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran pengguna terutama mahasiswa dalam menggunakan sistem e-learning. Studi ini menggunakan metode eksperimental terhadap user e-learning di lingkungan fakultas ilmu komputer UPN “Veteran” Jakarta dimana hasil akhir dari penelitian ini adalah pengindentifikasian tingkat kesadaran user terhadap keamanan sistem e-learning.
TATA KELOLA IT DENGAN MENGGUNAKAN METODE LUFTMAN STUDI KASUS : SEKOLAH SMK INFORMATIKA CIPUTAT Triningsih, Triningsih
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.386 KB)

Abstract

Information technologi is growing rapidly And information technologi also provides adventages over a system that is running. The deveploment of information technologi also has an impact on the world of education, especially in schools that are useful to help learning activities. By maximizing the information technology in SMK Information Ciputat school open ooportunities for the progress of learning activities in the school
SISTEM INFORMASI KOMUNITAS MINANG DENGAN METODE WATERFALL BERBASIS WEB Erwin, Rahmawati; Susafa’ati, Susafa’ati
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.05 KB)

Abstract

Komunitas adalah sebuah kelompok orang yang mendirikan suatu perkumpulan karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama misalnya agama, pekerjaan, ras, dan hobi. Untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi lengkap mengenai Komunitas Minang khususnya untuk anggota komunitas untuk saling bertukar informasi yang cepat dan akurat untuk bersilaturahmi diperlukan media informasi elektronik berbasis web. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyediakan ruang serta kemudahan kepada masyarakat khususnya untuk anggota komunitas dalam mendapatkan informasi dan bersilaturahmi melalui jaringan internet.
INTEGRASI OTENTIKASI ANTARA E-MAIL DAN LINGKUGAN WINDOWS 7 MEMANFAATKAN ZIMBRA-LDAP AND SAMBA Pradnyana, I Wayan Widi
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.502 KB)

Abstract

Jaringan komputer dalam sebuah organisasi membutuhkan integrasi untuk otentikasi dan otorisasi dalam rangka penggunaan sumber daya informasi dan akses komponen infrastrukturnya. Beberapa jenis akses infrastruktur diantaranya adalah akses e-mail dan akses mesin workstation pengguna. Kedua kegiatan akses tersebut secara definisi standard dimungkinkan untuk menggunakan teknologi direktori sebagai representasi data hirarkis. Teknologi LDAP berperan sebagai basis data direktori untuk akses informasi otentikasi sekaligus protokol komunikasinya, sedangkan teknologi SMB berperan untuk proses otentikasi file-sharing dalam lingkungan jaringan Windows. Beberapa penelitian sudah membahas penggunaan LDAP khususnya OpenLDAP eksternal sebagai sebagai teknologi sumber otentikasi khusus untuk beberapa sistem lain seperti : RADIUS, portal, Windows XP, Linux, dsb. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan Zimbra-LDAP, sebagai LDAP yang sudah terpaket dalam dalam Zimbra Collaboration Suite, menjadi sumber otentikasi, bersama dengan Samba sebagai Domain Controller untuk akses lingkungan Windows 7.
NON-MATRIX FACTORIZATION FOR BLIND IMAGE SEPARATION Mardani, Ichsan
Informatik : Jurnal Ilmu Komputer Vol 1, No 1 (2018): Informatik
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.966 KB)

Abstract

Hyperspectral unmixing is a process to identify the constituent materials and estimate the corresponding fractions from the mixture, nonnegative matrix factions ( NMF ) is suitable as a candidate for the linear spectral mixture mode, has been applied to the unmixing hyperspectral data. Unfortunately, the local minima is cause by the nonconvexity of the objective function  makes the solution nonunique, thus only the nonnegativity constraint is not sufficient enough to lead to a well define problems. Therefore, two inherent characteristic of hyperspectal data, piecewise smoothness ( both temporal and spatial ) of spectral data and sparseness of abundance fraction of every material, are introduce to the NMF. The adaptive potential function from discontinuity adaptive Markov random field model is used to describe the smoothness constraint while preserving discontinuities is spectral data.  At the same time two NMF algorithms, non smooth NMS and NMF with sparseness constraint, are used to quantify the degree of sparseness of material abundances. Experiment using the synthetic and real data demonstrate the proposed algorithms provides an effective unsupervised technique for hyperspectial unmixing.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2018 2018