cover
Contact Name
JURNAL KOMUNIKATIO
Contact Email
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL KOMUNIKATIO
ISSN : 24423882     EISSN : 25498002     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 95 Documents
KOMPETENSI KOMUNIKASI TENAGA FREELANCE DALAM BISNIS WEDDING PLANNER DI BOGOR Haristine, Fhuji; Luthfie, Muhammad; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (2) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.242 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i2.1214

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas manusia yang sangat penting, dimana dengan komunikasi, dapat saling memahami dan mengerti satu sama lainnya. Kompetensi atau competency adalah kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan yang didasarkan atas pengetahuan, keterampilan serta sikap sesuai dengan unjuk kerja yang di persyaratkan. Kompetensi komunikasi dalam sebuah organisasi sangat penting karena kompetensi menunjukkan suatu kerangka kerja pada suatu organisasi yang efektif dan efisien. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan tenaga Freelance. Salah satu bisnis yang tengah berkembang di Indonesia adalah Event Organizer. Event Organizer juga makin banyak digandrungi oleh anak muda dan semakin banyak bentuk dan jenisnya. Salah satunya adalah Wedding Planner. Wedding Planner adalah jasa yang diberikan oleh Event Organizer untuk membantu klien merencanakan persiapan pernikahannya. Sekar99 Wedding Planner merupakan salah satu Wedding Planner yang ada di Kota Bogor yang berdiri sejak tahun 2013. Sekar99 Wedding Planner menggunakan tenaga kerja Freelance untuk melakukan proses pelaksaannya. Tujuan penelitian ini menganalisis  kompetensi komunikasi tenaga Freelance dalam bisnin Wedding Planner dengan fokus studi pada (1) mendeskripsikan peran tenaga Freelance  dalam Wedding Planner, (2) menganalisis kompetensi komunikasi yang mendukung kinerja tenaga Freelance dalam Wedding Planner.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Adapun hasil penelitian adalah tenaga Freelance sebagai SDM pada bisnis Wedding Planner dipandang dari segi kinerja cukup membantu.  Sebagian besar tenaga kerja yang dibutuhkan memakai tenaga Freelance karena sebagai vendor Wedding Planner dari segi biaya dirasakan lebih efisien karena membebankan tanggungjawab pada jangka panjang.  Kompenen kompetensi komunikasi yang harus dimiliki oleh Freelance  dalam bisnis Wedding Planner adalah  pengetahuan, keterampilan, sikap dan motivasi.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA Rohana, R.; Agustini, Agustini; Ratnamulyani, Ike Atikah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.493 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i2.169

Abstract

Oriflame merupakan perusahaan multilevel marketing kosmetik yang bertahan cukup lama di Indonesia, yaitu sekitar 20 tahun. Tetapi semakin banyaknya perusahaan multilevel marketing yang mengembangkan sayapnya pada bidang kosmetik, maka pesaing Oriflame akan semakin bertambah. Oriflame menawarkan beberapa cara untuk tetap memberikan kepercayaan kepada setiap distributornya, hal inilah yang membuat bisnis Oriflame menjadi begitu unik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha di Taman Topi Square Bogor. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Oriflame melalui jaringan distributor untuk keberhasilan pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran Oriflame yang merupakan ujung tombak terciptanya kualitas kepercayaan mitra usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran multilevel marketing Oriflame berpengaruh terhadap kepercayaan distributor sebagai mitra usaha dengan tingkat pengaruh sedang yang korelasinya sebesar 26,32%.Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Distributor, MLM Oriflame.
KEKUATAN PROSES INVESTIGASI ACARA SISI LAIN PADA UPAYA MEWUJUDKAN MOTIF TELEVISI MEREBUT RATING Setiawan, Hardi; Sukarelawati, Sukarelawati; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 3, No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKATIO
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.827 KB) | DOI: 10.30997/jk.v3i2.917

Abstract

Reportase Investigasi merupakan acara news jenis feature yang membahas suatu topik skala mendalam dan menguak berbagai peristiwa yang terjadi sekitar lingkungan masyarakat. Megaswara TV Bogor (MGS TV) memiliki program acara Sisi Lain. Penelitian ini melihat (1) kekuatan program investigasi pada acara Sisi Lain, (2) menganalisis motif TV Megaswara dalam menampilkan program acara Sisi Lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus dan menggali dari data kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan program acara Sisi Lain menekankan pada proses produksi mulai dari tahapan pra, proses dan pasca produksi dengan mengedepankan kedalaman berita dan fakta. Motif dari program acara Sisi Lain adalah meningkatkan respon dari masyarakat terhadap tayangan lokal serta menarik minat penonton dengan meningktnya rating.Kata Kunci: Sisi Lain, Investigasi, motif
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MGSTV DALAM MENINGKATKAN SEGMENTASI PEMIRSA Ikadiyan, Nadya; Suryatna, Undang; Luthfie, Muh.
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.63 KB) | DOI: 10.30997/jk.v2i2.226

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada strategi komunikasi pemasaran MGSTV dalam meningkatkansegmentasi pemirsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yangdigunakan oleh MGSTV (PT Dian Televisi Putra Pertama) sebagai televisi lokal dalam meningkatkansegmentasi pemirsa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Wawancara mendalam danobservasi secara langsung terhadap obyek yang akan diteliti. Teknik analisis data dalam penelitian iniyaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan dari data yang diperoleh.Hasil Penelitian yang pertama menggunakan Segmentasi MGSTV yaitu semua usia, targeting denganmemilih masyarakat menengah kebawah, dan MGSTV sebagai positioning-nya. Selanjutnya dalam analisisSWOT, Strength MGSTV yaitu identitas media lokal satu-satunya di wilayah Bogor, Weakness MGSTVadalah masyarakat belum sadar dengan tv lokal, Opportunity MGSTV adalah didukung oleh radiodibeberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, Threat MGSTV adalah persaingan dengan TV nasional.Kesimpulannya adalah dengan penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning dan dengan analisis SWOT,MGSTV mampu menerapkan strategi komunikasi pemasarannya sesuai dengan prosedur mediapenyiaran lokal. MGSTV dengan cara mengunggulkan program Off Air dibandingkan program Live karenaprogram Off Air bisa lebih berinteraksi langsung dengan masyarakat atau pemirsa dengan begitu MGSTVbisa mengetahui masyarakat loyal atau tidak loyal. Kata loyal adalah masyarakat yang mengikuti programacara MGSTV dari episode awal sampai akhir dan bisa membidik masyarakat yang akan di masukkankedalam program-program baru di MGSTV untuk menambahkan segmentasi baru.Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Segmentasi Pemirsa
FENOMENA PENGGUNAAN FOTO OUTFIT OF THE DAY DI INSTGRAM SEBAGAI MEDIA PRESENTASI DIRI (Suatu Kajian Komunikasi Dalam Pendekatan Dramaturgi Erving Goffman) Ulfah, R.; Ratnamulyani, Ike Atikah; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.165 KB) | DOI: 10.30997/jk.v2i1.193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman individu dalam mempresentasikan dirimelalui foto OOTD (Outfit of The Day) yang diunggah di Instagram dan gaya hidup konsumtif dalamkaitannya dengan fashion. Teori yang digunakan adalah teori Dramaturgi karya Erving Goffman danTeori Gaya Hidup David Chaney. Penelitian ini bertipe kualitatif dengan metode penelitian deskriptif,dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan narasumber. Informan padapenelitian ini enam orang yakni tiga orang informan pengguna aktif Instagram yang seringmengunggah foto OOTD (Outfit of The Day)/fashion usia 16-23 tahun dari beragam latar belakangsosial dan tiga orang informan pendukung yang berasal dari followers informan utama dengan usiayang setara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku foto OOTD (Outfit of The Day)berusaha tampil sebaik mungkin sebagai seorang fashionista. Pembentukan citra diri tidak terlepasdari bagaimana aktor mengelola kesan melalui tahap setting, appearance, dan manner untuk mendapatkan kesan positif dan sesuai dengan yang diharapkan. Sementara, pada tahap persiapan para fashionista menjalani gaya hidup konsumtif terhadap pemakaian waktu, uang, dan barang dalam kaitannya dengan fashion. Melalui penelitian ini diketahui bahwa terdapat kesenangan dan penghargaan yang diperoleh oleh para fashionista instagram melalui foto-fotonya sehingga memicu untuk terus mengikuti gaya fashion yang kemudian menimbulkan dorongan hasrat untuk terus mengkonsumsi barang fashion. Hal tersebut menimbulkan suatu gaya hidup konsumtif.Kata Kunci: Outfit of The Day, Fashion, Instagram, Presentasi Diri, Gaya Hidup Konsumtif.
EFEKTIFITAS PROMOSI DESTINASI WISATA REKREASI GUNUNG PANCAR MELALUI POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL Fauziah, Rahmi; Ratnamulyani, Ike Atikah; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.111 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1210

Abstract

Penggunaan media sosial belakangan menjadi banyak diminati oleh masyarakat sebagai sarana untuk berkomunikasi, seperti Instagram yang merupakan media yang sering digunakan oleh penggunanya sebagai media untuk memposting beragam gambar, pada saat ini banyak sekali pengguna instagram yang menjadikan nya sebagai salah satu media promosi. Media promosi ini juga digunakan oleh owner  di gunung pancar untuk menarik wisatawan. Dan menariknya berkembangnya sektor pariwisata alam Gunung pancar menjadi penunjang ekonomi bagii masyarakat yang ikut andil dalam pemeliharaan wisata tersebut dan khususnya penunjang ekonomi di wilayah Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi gunung pancar melalui postingan Instagram. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui instagram sebagai media sosial yang cenderung memiliki banyak penggunanya sehingga dirasa efektif untuk dijadikan media baru untuk melakukan promosi pemasaran.
HUBUNGAN PAMERAN PENELITIAN DENGAN MOTIVASI PENELITI DALAM MENINGKATKAN POTENSI MENELITI DI BIDANG PERTANIAN Fridani, G.M; Sukarelawati, Sukarelawati; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.375 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.133

Abstract

Pameran merupakan suatu media promosi dan iklan yang bertujuan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat dengan harapan mereka tertarik dan kemudian membelinya. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar No.12 Cimanggu Bogor. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2014 sampai dengan Juni 2014. Analisa variabel dalam penelitian ini digunakan analisa kuantitiatif, yaitu dengan statistik. Setelah data terkumpul dengan lengkap, langkah selanjutnya adalah menganalisis data. Adapun hasil penelitian menunjukkan faktor komunikator, proses komunikasi, kegiatan demo pameran, mempengaruhi kegiatan aktivitas pameran. Hal ini mempengaruhi proses dan demo pameran dalam memenuhi kebutuhan biologis dan psikologis peneliti.Keyword : Pameren, Peneliti, Komunikator, Proses Komunikasi.
METODE PROMOSI MELALUI DIRECT SELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA HOTEL Hanifah, Eva Noviani; Sukarelawati, Sukarelawati; Agustini, Agustini
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 3, No 1 (2017): JURNAL KOMUNIKATIO
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.98 KB) | DOI: 10.30997/jk.v3i1.849

Abstract

Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui bagaimana promosi melalui direct selling, dalammeningkatkan minat konsumen menggunakan jasa hotel Grand Cempaka Puncak Bogor. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengambilan data danwawancara dan observasi langsung. Keabsahan data melakukan teknik triangulasi. Teknik analis datadalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan daridata yang diperoleh. Promosi melalui direct selling yang baik oleh tenaga penjual yang representatifyaitu melakukan komunikasi yang baik dengan calon konsumen, melibatkan interaksi personallangsung antara seorang pembeli potensial dengan sales exsexutif Promotion. Pendekatan penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif Pada penelitian ini, menggunakan dua jenis informan, teknik pengumpulan datayaitu observasi langsung secara mendalam serta wawancara langsung. Hasil Pembahasan promosidilakukan agar mudah sales promotion eksekutif, melakukan Penyajian produk, kecepatan (speed)promotion, seberapa cepat agar dipahami oleh calon konsumen, Pada Proses promosi melalui directselling Kesimpulan Penyajian Produk Grand Cempaka Hotel tidak melakukan tahapan persiapan saatpromosi karena promosi yang dilakukan adalah promosi direct selling yaitu penjualan langsungdengan cara komunikasi personal dengan sales dan calon pembeli, Sehingga sales mampumengadaptasi terhadap keadaan yang ada didalam perusahaan agar sesuai dengan kebutuhaninformasi setiap pembeli potensial. Menambah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk divisi Sales section,upaya divisi tersebut agar membantu saat melakukan promotion bersama sales promotion eksekutif,agar menghasilkanKata kunci : Metode promosi direct selling, konsumen, hotel
Pengaruh Pesan Gambar Bahaya Merokok Terhadap Perubahan Perilaku Perokok Adiyatama, Imam; Suryatna, Undang; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.67 KB) | DOI: 10.30997/jk.v2i1.210

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada Hubungan Pengaruh Pesan Gambar Peringatan Bahaya Merokok degan Perubahan Perilaku Perokok. Tujuan dari penelitian adalah (1) untuk mengetahui penyajian format dan isi pesan gambar peringatan bahaya rokok pada bungkus rokok, (2) untuk mengetahui efek kognitif, afektif, dan behavioral pesan gambar peringatan bahaya merokok yang terdapat pada bungkus rokok, dan (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh pesan gambar peringatan bahaya rokok pada bungkus rokok terhadap perilaku perokok. Penelitian ini dilakukan terhadap anggota Keluarga Teater Kampus Bogor (KTKB), yang populasinya berjumlah 50 orang, dan jumlah sample penelitian sebanyak 44 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-korelasional. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) format grafis gambar peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok sudah baik, pada posisi yang mudah dilihat, ukurannya proporsional, tulisannya menjelaskan gambar yang ditampilkan serta penggunaan warna yang sesuai. Isi pesan gambar bahaya merokok rasional dan secara moral tidak baik, bagi kesehatan maupun lingkungan. (2) efek kognitif peringatan bahaya merokok berlum mampu menumbuhkan kesadaran akan bahaya merokok, walaupun dipahami bahwa merokok berbahay bagi kesehatan. Efek afektif peringatan bahaya merokok berlum mampu menumbuhkan rasa takut dan perasaan terancam. Efek behavioral peringatan bahaya merokok belum mampu menyebabkan orang menghindari rokok, berhenti merokok dan menghindari pergaulan dengan orang-orang perokok. (3) Pesan tulian dan gambar peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok berpengaruh nyata terhadap perubahan perilaku perokok sebesar 25%. Karena pengaruh pesan gambar peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok relative kecil kontribusinya terhadap perubahan perilaku perokok, maka untuk mengubah perilaku merokok, himbauan pesan bahaya merokok perlu diikuti dengan kebijakan lain yang membatasi ruang gerak perokok, sehingga dapat mengurangi kesempatan untuk melakukan kegiatan merokok.Kata Kunci : Pesan Gambar, Perilaku.
HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN JENIS APLIKASI GADGET DENGAN KEPEKAAN SOSIAL Rahmah, Maudina; Sukarelawati, Sukarelawati; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (2) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jk.v4i2.1215

Abstract

The purpose of this research was (1) to knowed the types of application on gadget which tend to be used by the students, (2) to know the level of usage of application type which tends to be used by the students, (3) to knowed the social sensitivity level of student of gadget user, and (4) to knowed the relationship of using gadgets with students social sensitivities. This research used descriptive type method with quantitative approach which was done by survey research and tested using Rank Spearman correlation. The result of the research showed that (1) WhatsApp application in gadget tends to be used by the students shown on the activity of sending messages with very good category, (2) the level of application of the type of application used by the majority students on the activity of WhatsApp application as communication media to establish silaturrahmi or cultivate brotherhood with good category,  (3) the level of social sensitivity of students were in good category indicated in the indicators can not live alone, (4) there was a significant relationship between the tendency of students using the type of gadget application with social sensitivity with the level of correlation coefficient in the medium category.

Page 1 of 10 | Total Record : 95