cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2m@umpalangkaraya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537     DOI : -
Core Subject : Education,
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Pesertadidik Kelas IV SDN-2 Kasongan Barutahun Pelajaran 2016/2017 Elda, Elda; Setyawan, Dedy
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.878 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)  Untuk mengetahui aktivitas peserta didik pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,(2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada peserta didik di Kelas IV SDN –2 Kasongan Baru Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang dengan subjek penelitian seluruh peserta didik di kelas IV SDN – 2 Kasongan Baru yang berjumlah 12 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Afrom, Ichyatul
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.828 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.863

Abstract

Problem solving dalam pendidikan juga sering diistilahkan dengan Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning), Pengajaran berbasis proyek (Project-based education) dan Pembelajaran berdasarkan pengalaman (Experience-based education). Sedangkan dalam buku Desain Pembelajaran oleh Mukhtar disebutkan bahwa metode problem solving adalah suatu metode dalam PAI yang digunakan sebagai jalan untuk melatih siswa dalam menghadapi suatu masalah yang timbul dari dirinya, keluarga, sekolah maupun masyarakat, dari masalah yang paling sederhana sampai masalah yang paling sulit.6 Metode problem solving yang dimaksud adalah suatu pembelajaran yang menjadikan masalah kehidupan nyata, dan masalahmasalah tersebut dijawab dengan metode ilmiah, rasional dan sistematis. Dalam kehidupan sekarang, drama mengandung arti yang lebih luas ditinjau apakah drama sebagai salah satu genre sastra, ataukah drama itu sebagai cabang kesenian yang mandiri. Drama naskah merupakan salah satu genre sastra yang disejajarkan dengan puisi dan prosa. Drama pentas adalah jenis kesenian mandiri yang merupakan integrasi antara berbagai jenis kesenian seperti musik, tata lampu, seni lukis (dekor, panggung), seni kostum, seni rias, dan sebagainya. Jika kita membicarakan drama pentas sebagai kesenian mandiri, maka ingatan kita dapat kita layangkan pada wayang, ketoprak, ludruk, lenong, dan film.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Metode Picture And Picture Kelas III SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017 Karlina, Nova; Putra, Chandra Anugrah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.067 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi jenis – jenis pekerjaan dengan menggunaka metode picture and picture di kelas III SDN-1 Kasongan Lama.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif didasarkan pada hasil siklus pada tiap proses pembelajaran.       Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik pada saat proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture pada kelas III SDN – 1 Kasongan Lama lebih aktif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3.3 yang termasuk kategori (baik) dan hasil rata – rata  aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai 3,4 yang termasuk kategori (baik); (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah proses pembelajaran  dengan menggunakan metode picture and picture pada peserta didik di kelas III SDN-1 Kasongan Lama. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik  pada siklus I diperoleh nilai  rata – rata yaitu 80 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 90%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017 Permadi, Ade Salahudin; Repitae, Repitae
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.367 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada peserta didik kelas IV SDN-3 Telangkah.        Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN-3 Telangkah yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkn teknik analisis data menggunakan analisis kulitatif dan analisis kuantitatif.         Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkretmenjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada pelajaran Matematika yang menunjukkan pada pra tindakan dengan rata-rata 58 dengan presentase 47%. Dan ada peningkatan siklus I dengan rata-rata  92dengan presentase 100% dengan klasifikasi tercapai.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Course Review Horayberbantuan Mediakonkrit Pada Kelas IV SD-N 1kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017 Diplan, Diplan; Robiansyah, Robiansyah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.501 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.866

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horay berbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. dan 2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah subyek penelitian 20 orang peserta didik yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 10 Perempuan yang sekaligus dijadikan sampel penelitian teknik pengumpulan data. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran matematika lebih aktif dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkritpada kelas IV SDN-1 Kasongan lama.   Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 3,36 dan 2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran course review horayberbantuan media konkrit pada kelas IV SDN-1 Kasongan lama. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik, pada siklus I hasil belajar peserta didik yaitu 95%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasaindonesia Denganmodel Modeling The Wayberbantuan Media Audio Visual Pada SDN 5 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017 Misyanto, Misyanto; Prestini, Prestini
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 13 No 2 (2018): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.161 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v13i2.867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Modeling The Way Berbatuan Media Audio Visual. (2) Untuk peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Modeling The Way Berbatuan Media Audio Visual. Subjek dalam penelitia ini adalah seluruh peserta  didik kelasVb SDN 5 Telangkah yang berjumlah 35 orang peserta didik yang terdiri dari 18 laki- laki dan 17 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang merupakan penelitian secara sistematis didalam kegiatan belajar yang merupakan sebuah tindakan dalam kelas secara bersamaan melalui refleksi diri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakananalisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1) Aktifitas peserta didik kelas Vb SDN 5 Telangkah dengan menggunakan Model  Modeling The Way  berbantuan  media audio visual padabelajar Bahasa Indonesia  meningkat menjadi baik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas, antusias, dan semangat peserta didik pada mengikuti proses pembelajaran dengan nilai rata- rata 3,37 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia  dengan menggunakan Model  Modeling The Way  berbantuan  media audio visual pada peserta didik kelas Vb SDN 5 Telangkah. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tes awal rata- rata 61 dengan ketuntasan klasikal 37,14%  dan mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai rata- rata peserta didik 87 dengan ketuntasan klasikal 91,42 % pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi drama kedisiplinan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6