cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2m@umpalangkaraya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537     DOI : -
Core Subject : Education,
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 9 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Realistic Mathematiceducation (RME) Berbantuan Media Congkakan Dan Drinking Straw Kelas IV MI AL-Mustajabah Tahun Pelajaran 2017/2018 Mawaddah, Yulia; Setyawan, Dedy
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.782 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.852

Abstract

Hasil belajar Matematika Peserta Didik kelas IV MI Al-Mustajabah masih rendah. Guru perlu memilih metode dan media yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Artikel ini membahas hasil penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan pelaksana pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media congkakan dan drinking straw untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada meteri KPK dan FPB. Hasil penelitian dari 2 siklus menunjukkan adanya peningkatan dari skor tes akhir siklusI ( 58% ) keskor tes akhir siklus II ( 91% )
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017 Surti, Wayan; Jailani, Muhammad
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.912 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.853

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media tebak kata pada peserta didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Palangkaraya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian Tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 20 orang peserta didik terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Aktivitas belajar IPS  dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas V SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/2017 baik. Aktivitas peserta didik pada siklus I yang menggunakan metode Pemberian Tugasrata-rata 3,0  cukup baik dan pada siklus II rata-rata 3,7 baik. 2) Ada peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Pemberian tugas pada peserta didik kelas VSDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun pelajaran 2016/20/17. Hasil belajar IPS pada siklus I diperoleh rata-rata 63,25 dan ketuntasan 60 % dan pada siklus II diperoleh rata-rata 70 dan ketuntasan 100%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelalajaran Langsung Menggunakan Media Mobil Garis Bilangan Tahun Pelajaran 2016/2017 Riadin, Agung; Nisa, Uswatun
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.343 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Sari Makmur selama  proses  pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media mobil garis bilangan, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas IV SDN 1 Sari Makmur setelah menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media mobil garis bilangan. Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-4 Bulan April 2017 yang berlokasi di SDN 1 Sari Makmur, Jl. Tambun Bungai No. 02 Desa Sari Makmur Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik berjumlah 22 orang peserta didik, 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan  tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi Pada Kelas III SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017 Normiasih, Tia; Karyanti, Karyanti
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.229 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA  peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi. Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan April yang berlokasi di SDN 1 Lunuk Ramba, Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik yang dii gunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk ramba tahun pelajaran 2016/2017 menjadi lebih baik. (2) ada peningkataan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pra tindakan dengan ketuntasan klasikalm25% dandengannilai rata-rata , pada Siklus I dengan ketuntasanklasikal 56% dandengannilai rata-rata 61 dan Siklus II dengan ketuntasanklasikal 94% dandengannilai rata-rata 88.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode KNOW, WANT, LEARN (KWL) Pada Kelas V DI SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017 Wati, Kurnia Fajar; Supriyadi, Arif
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.85 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba dengan  menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V  SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis pada akhir proses pembelajaran dan observasi untuk mengetahui aktivitas pada saat proses pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi baik dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran 2016/2017.Hal tersebut terlihat pada aktivitas peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata 2,76 (cukup baik) dan pada siklus II ada peningkatan dengan skor rata-rata 3,88 (baik). (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran  2016/2017, ini terbukti dari hasil pre test  dengan rata-rata 38 dan ketuntasan klasikal 13%, pada siklus I dengan rata-rata 73 dan ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus II dengan rata-rata 86 dan ketuntasan klasikal 93%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Answer Stick Pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Mandomai Tahun Pelajaran 2016/2017 Safitriani, Safitriani; Setyawan, Andi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.206 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas danmeningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran answer stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Mandomai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sertaanalisis data adalahnilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian  menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran answer stick dapat meningkatkan hasil belajar Matematikadengannilaiketuntasanklasikalyaitu 94 %.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi Pada Kelas III SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017 Normiasih, Tia; Diplan, Diplan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.201 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA  peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi. Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan April yang berlokasi di SDN 1 Lunuk Ramba, Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik yang dii gunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk ramba tahun pelajaran 2016/2017 menjadi lebih baik. (2) ada peningkataan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pra tindakan dengan ketuntasan klasikalm25% dan dengan nilai rata-rata , pada Siklus I dengan ketuntasan klasikal 56% dan dengan nilai rata-rata 61 dan Siklus II dengan ketuntasan klasikal 94% dan dengan nilai rata-rata 88.
Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Menteng Sugiyanto, Roso
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.1 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.859

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS pada pokok bahasan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Adapun bentuk penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Yang dilaksanakan pada kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya. Data dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes. Data hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistic uji-t dan menggunakan rumus regresi untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan metode mind mapping (peta pikiran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pretest sebesar 44,75 meningkat pada nilai posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,25. Berdasarkan perhitungan analisis statistik hasil dari uji-t yang diperoleh adalah Uji t yang dianalisis diperoleh thitung= 18,22, sedangkan ttabel = 2,022 dengan taraf signifikan 5% dan db(39). Kriteria hipotesis yang didapat bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017.
Metode Percobaan Sederhana Dalam Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Karya Seni Rupa Mahasiswa FKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Afrom, Ichyatul
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2017): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.719 KB) | DOI: 10.33084/pedagogik.v12i2.860

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar. Luaran yang diharapkan adalah data hasil penelitian ini dapat digunakan untuk acuan pembelajaran kepada mahasiswa yang memprogramkan mata kulih Pendidikan Seni agar dapat benar-benar menguasai seni khususnya seni rupa dan dapat menerapkannya pada saat mereka sudah menjadi guru. Selain itu, untuk memacu motivasi dosesn-dosen yang mengampu mata kuliah praktik dalam memanfaatkan metode pembelajaran yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9