cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2m@umpalangkaraya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537     DOI : -
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 10 Documents clear
Paradigma Profesi Konselor Dalam Perspektif Konseling Lintas Budaya Solikhin, Asep
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.572

Abstract

Perbedaan sejatinya adalah sebuah rahmat. Perbedaan budaya pada seorang konselor dan seorang konseli bisa terjadi pada ras atau etnik yang sama ataupun berbeda. Dalam perbedaan pemahaman peda budaya yang berbeda antara konselor dan konseli akan menimbulkan kerawanan yang yang mengakibatkan proses pelaksanaan konseling tidak berjalan efektif. Agar berjalan efektif, maka konselor dituntut untuk memiliki kepekaan budaya dan melepaskan diri dari bias-bias budaya, mengerti dan dapat mengapresiasi diversitas budaya, dan memiliki keterampilan. Memaknai konseling lintas budaya dalam kajian ini pada hakekanya melekat pada perpektif konseling yang mendasari dari perbedaan budaya tersebut. penulis menekankan bahwa konseling menjadi titik tumpu dalam memahami kajian ini yang nantinya akan berujung pada profesi konselor lintas budaya itu sendiri. Konseling pada hakikatnya adalah ilmu terapan, dalam arti bahwa konseling selalu berupaya menggunakan prinsip-prinsip keilmuannya untuk melakukan intervensi dalam rangka membantu individu atau kelompok yang dilayaninya. Sebagai ilmu terapan, konseling memakai acuan berbagai disiplin ilmu antara lain: psikologi, sosiologi, antropologi, pendidikan dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa konseling adalah suatu hubungan professional antara konselor yang terlatih dengan klien
The Use Of Prepositions In The Business Column Of The Jakarta Post Hendri, Hendri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.580

Abstract

This study tries to find out the use and the kinds of prepositions in the Business columns of The Jakarta Post. The problems of the prepositions are the four kinds of prepositions as Wishon and Burks (1995: 288) say, they are: simple, compound, participial and phrasal prepositions. The data of this research are the Business column of The Jakarta Post, which is taken eight editions on the first and second week, namely: 1st Wednesday, 2nd Thursday, 3rd Friday, 4th Saturday, 6th Monday, 7th Tuesday, 8th Wednesday and 9th Thursday of March 2015 After analyzing all the data obtained, some conclusions can be drawn as follows: 1)Prepositions are appeared in each edition of the Business columns of The Jakarta Post newspaper.2)The kinds of preposition that are used in the Business columns are:Simple preposition, Compound Preposition, Participial Preposition and Phrasal Preposition.3)Simple preposition is the most dominant preposition that is used in the Business columns of The Jakarta Post in each edition that is 88.30 %.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sonedi, Sonedi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri 7 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis pertama diterima yaitu kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Hipotesis yang kedua juga diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan dari iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya Melalui Suka Tanya Bagi Guru Yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Purwanto, Heri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.574

Abstract

Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi profesional guru, termasuk kemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran yang interaktif, baik antara guru-peserta didik, peserta didik-guru maupun peserta didik-peserta didik dan diciptakan secara kondusif melalui penerapan teknik bertanya.Tetapi fakta di SMA Negeri 1 Dusun Selatan terutama kelas X pembelajaran berlangsung monoton, interaksi kelas minimal dan didominasi oleh guru sehingga dirasakan perlu dilakukan Supervisi Akademik Teknik Bertanya (Suka Tanya) serta untuk mengetahui tingkat keberhasilannya diobservasi dengan penelitian tindakan sekolah. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini untuk : (1) mengetahui apakah Suka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan dan (2) bagaimana langkah-langkah agar Suka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dimana dilakukan tindakan berupa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dibagi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi, berfokus untuk memperoleh data interaksi kelas dan persepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data dengan metode deskriptif untuk menguraikan secara komprehensif proses dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan supervisi akademik teknik kelompok dengan jenis kegiatan pertemuan (meeting) ditambah latihan membuat pertanyaan ranah kognitif tingkat tinggi dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan dengan indikator meningkatnya: (a) interaksi pembelajaran baik dari gurupeserta didik, peserta didik-guru, peserta didik-peserta didik, (b) kemampuan guru dalam teknik bertanya, (c) meningkatnya kompetensi membuat pertanyaan dalam ranah kognitif lebih tinggi dan (d) persepsi positif peserta didik terhadap proses pembelajaran yang menyenangkan. Supervisi akademik dapat dioptimalisasi dengan pemisahan kelompok dan latihan bertanya sesuai karakter rumpun mata pelajaran IPA dan IPS. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian disarankan kepada guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan untuk meningkatkan penguasaan dan menerapkan teknik bertanya dalam proses pembelajaran dan kepada pihak lain untuk melakukan penelitian tindakan yang relevan untuk meningkatkan kompetensi professional guru.
Pengelolaan Manajemen Koperasi Sekolah Suyati, Endang Sri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan manajemen koperasi siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya, (2) Mendeskripsikan dampak dari adanya manajemen koperasi siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis penelitian studi kasus. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi parsitipatif, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yang dilakukan secara terus menerus dari awal sampai akhir penelitian mulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan manajemen koperasi sekolah di SMAN 2 Palangka Raya, berjalan dengan baik dan lancar, karena bimbingan dan arahan yang diberikan oleh guru ekonomi akuntansi selaku pembina koperasi telah mengajarkan secara teori pada saat pembelajaran ekonomi yang berkaitan dengan koperasi siswa dan mempraktikkan secara langsung kepada peserta didik bagaimana pengelolaan koperasi dengan baik, tentunya dengan pelaksanaan manajemen didalam kegiatan berkoperasi tersebut, sehingga koperasi siswa di SMAN 2 Palangka Raya dapat berjalan sampai saat ini dan berjalan dengan baik dari hasil laporan keuangan yang telah dilampiran maka hasil pengelolaan koperasi bisa dikatakan sehat dalam hasil penelitian ini. (2) Dampak dari adanya manajemen dalam pengelolaan Koperasi Sekolah dalam kegiatan koperasi siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya di sekolah membuat siswa tahu bagaimana berwirausaha, melihat peluang-peluang bisnis, dapat melaporkan hasil kegiatan koperasi setiap tahunnya, dan setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan sehingga Likuiditas yang didapat berjalan seimbang.
Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Susilawati, Susilawati; Neneng, Liswara; Miranda, Yula
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) analisis kebutuhan modul pembelajaranbiologi hasil pengembangan, 2) bentuk modul hasil pengembangan pembelajaran biologi, 3) peningkatan keterampilan proses sains dan 4) peningkatan hasil belajar siswa dan 5) efektivitas penggunaan modul terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA.Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).Modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dianalisis sesuai kurikulum 2013 baik kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), tujuan dan indikator untuk ranah kognitif, psikomotorik dan afektif, serta keterampilan proses sains. Bentuk hasil pengembangan modul keanekaragaman hayati dilengkapi dengan gambar-gambar yang bersifat kontekstual untuk melatih keterampilan proses sains (KPS). Hasil pengembangan modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA Kelas X, dengan nilai N-gain sebesar 0,57 kategori sedang, peningkatan ini tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol yakni sebesar 0,51 kategori sedang.Hasil pengembangan modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Kelas X, dengan nilai N-gain sebesar 0,60 kategori sedang, peningkatan ini tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol yakni sebesar 0,55 kategori sedang.Persentase efektivitas keterampilan proses sains dan hasil belajar pada eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Pendidikan Kewarganegaraan melalui Program Bela Negara: Perspektif Mahasiswa Mencintai Tanah Air dan Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya) Noor, Ady Ferdian
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.417

Abstract

The reality, Student of Study Program PGSD FKIP UM Palangkaraya less cognitive develop an attitude which is less highly motivated to do something, lacking want to engage in activities that add competence, less vibrant, less organized, less accomplished, less empathy for social activities and less creative. These problems need to be addressed by the State Defense Program. In the current conditions of defending the country should be interpreted more real acts. The State Defense Program is not only identified with the lift arms but must be interpreted more broadly, that is to defend the country in many ways adapted to the professional ability of each. Come with the name of the nation through achievements in various fields are also included defending the country. Chaidir Basrie suggested that civil defense is an attitude, determination, and citizen action that regular, comprehensive, integrated and continues based on the love of the homeland, the consciousness of nation and state of Indonesia, beliefs and magic Pancasila as the state ideology , In Indonesia, efforts to defend the state as expressly provided in the Constitution of 1945 article 27 paragraph 3 which states that "every citizen has the right and duty to participate in the defense efforts of the state". Thus every citizen is expected to take an active part in defending the country. State Defense Program which is a non-physical activity or non-militarism is an integrated part in all courses/subjects so that these programs should receive priority attention to developing conative nature that ultimately can improve the students love for the homeland and the nation. Students have not been able to show fully the nature cognitive that can encourage a love of the homeland and the nation because they are less energetic, less creative, and less highly motivated indeveloping competency activities.
Penanaman Sikap Wirausaha Siswa Program Tata Boga di SMK Negeri 3 Palangka Raya Hermanto, Sogi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang Penanaman Sikap Wirausaha Siswa Program Tata Boga Di Sekolah Menengah Kejuruan negeri 3 Palangka Raya, yang dijabarkan menjadi 4 (empat) sub fokus sebagai berikut: (1) untuk mengetahui penanaman sikap wirausaha siswa, (2) untuk mengetahui kondisi wirausaha siswa, (3) untuk mengetahui cara guru dalam menanamkan sikap wirausaha, dan (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor kendala yang dihadapi dalam penanaman sikap wirausaha siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap wirausaha Siswa Program Tata Boga Di SMK Negeri 3 Palangka Raya: (1) deskripsi penanaman sikap wirausaha sudah dilakukan sejak berdirinya sekolah SMKN 3 dengan terus mengacu pada visi dan misi, tujuan, serta motto SMKN 3 sikap wira usaha itu selalu ditanamkan. (2) deskripsi kondisi wirausaha siswa sangat bagus karena terbukti di program ini sudah ada 3 wirausaha yang berjalan dengan baik (a) wirausaha Kantin Sehat, (b) Kafetaria kantin, dan (c) Penyewaan alat Perlengkapan Tata Boga. (3) deskripsi cara guru dalam menanamkan sikap wirausaha siswa dengan menerapkan metode pembelajaran, melakukan praktek, mengoptimalkan pemanfaatan sarana prasarana, mengikutsertakan siswa dalam wirausaha, memotivasi siswa. (4) deskripsi factor pendukung dan factor kendala yang dihadapi dalampenanaman sikap wirausaha siswa: (a) factor pendukung yaitu dari guru-guru, orang tua siswa, sarana prasarana, motivasi dan dukungan. (b). factor kendala yaitu siswa kurang berminat, factor biaya, dan latar belakang siswa.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Reading for Reference dalam Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah Palangka Raya Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016 melalui Teknik Inference. Waluyo, Tri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.420

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan membaca reading for reference siswa kelas VII-1 SMP Muhammadiyah Palangka Raya berada dikisaran nilai 0-40 dengan rerata 7 pada rentang 0-100 dan tanpa satupun siswa yag mencapai KKM. Olehkarena itu diupayakan agar kemampuan reading for reference siswa tersebut meningkat dengan menggunakan teknik inference. Dalam penelitian ini inference disebut juga dengan istilah inferensi. Sedangkan prosesnya disebut inferring. Inference atau Inferensi atau inferring dapat berarti sebagai proses yang dilakukan pembaca untuk memahami makna yang tidak diungkapkan secara tersurat. Setelah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa teknik inference dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca reading for reference dengan sangat baik. Peningkatan rerata secara individu dan klasikal menunjukan bahwa peningkatan rerata terendah secara individu terjadi sebesar 1,5 kali dari kemampuan awal dan tertinggi sebesar 8,5 kali lipat. Peningkatan rerata kemampuan secara klasikal juga terjadi. Hasil penelitian menunjukan rerata peningkatan kemampuan siswa setelah dua siklus menjcapai rerata 5 kali lipat. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang mencapai atau melampaui KKM. Data menunjukan bahwa pada kemampuan awal tidak ada satupun siswa yang mencapai KKM atau 0 %. Pada siklus 1 meningkat menjadi 9,5 % (Sembilan koma lima persen) dan pada akhir siklus 2 jumlah siswa yang mencapai atau melampaui KKM sebanyak 60,9 %.(enam puluh koma sembilan persen). Ini menunjukan bahwa teknik inference cukup berhasil meningkatkan jumlah siwa dalam mencapai KKM
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa menemukan Ide Pokok dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) pada Siswa Kelas VI Min Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 Andriyani, Mamik Ponco
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 2 (2016): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v11i2.421

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI-c MIN Pahandut Palangka Raya Jl Ramin II Palangka Raya Kelurahan Panarung kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah semester II tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini dlaksanakan pada bulan April- Mei tahun pelajaran 2015-2016 . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar MIN Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah dalam menemukan Ide Pokok Hasil penelitian selama 2 (dua) siklus memperlihatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menetukan makna tersirat suatu teks khususnya menemukan pokok pikiran. Rerata nilai individu meningkat dari 51,61 pada pre tes menjadi 69,03 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85,16 pada siklus 2. Hasil penelitian juga memperlihatkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. (mencapai nilai 70 ) dari 3 (tiga) siswa pada saat pra penelitian, menjadi 15 (lima belas ) siswa pada siklus 1 dan menjadi 25 (dua puluh lima) siswa pada siklus 2. Secara persentase, pada pra penelitian hanya terdapat 10 %,, kemudia pada siklus 1 meningkat menjadi 48,4 % dan siklus 2 meningkat menjadi 80,6 %. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa ternyata tidak seluruh siswa cocok dengan STAD. Hal ini tampak dari masih terdapat siswa yang tidak mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 atau di bawah KKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 10