Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Facebook Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Recount Text

Khunaifi, A’am Rifaldi

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.599

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media belajar recount text untuk meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan motivasi siswa semester I STAIN Palangkaraya pada tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis siswa di media Facebook l dan meningkatkan motivasi mereka dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan, penelitian tindakan yang dirancang dan dilaksanakan melalui pre-test, siklus 1, dan siklus 2.Subjek penelitian ini adalah 32 siswa semester I STAIN Palangkaraya.menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Ada lima pertemuan dalam penelitian ini. Pertemuan pertama digunakan untuk melakukan pre-test, pertemuan kedua dan ketiga digunakan untuk melakukan siklus 1 dan formatiftest, dan pertemuan keempat dan kelima digunakan untuk melakukan siklus 2 dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prestasi siswa. Rata-rata Para siswa di pre-test adalah (67,75), dalam tes formatif adalah (74,5), dan post-test adalah (79,25). Kemampuan Para siswa dalam menulis (organisasi, isi, tata bahasa, tanda baca, dan gaya dan ekspresi) di setiap tes membaik juga. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa setelah mempelajari teks menulis recount menggunakan media Facebook, para siswa menjadi lebih perhatian, aktif, tertarik lebih tertarik dan lebih serius dalam menulis. Analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Facebook dalam media pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Facebook terhadap peningkatan keterampilan dan peningkatan motivasi siswa dalam menulis teks recount.

Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah

Putra, Andi Riswandi Buana

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.597

Abstract

Masa remaja seringkali dihubungkan dengan penyimpangan dan ketidakwajaran. Kenakalan remaja merupakan suatu tindakan atau bentuk gejala patologis sosial yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya para remaja mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Kenakalan remaja disebabkan oleh adanya perubahan pada pribadi remaja, hal tersebut menunjukkan adanya usaha remaja untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya. Remaja yang melakukan perbuatan nakal memerlukan perhatian bukan cacian ditimpakan pada mereka. Guru BK mempunyai peran yang sangat penting untuk menangani masalah kenakalan remaja yang terjadi di sekolah.

Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Afrom, Ichyatul

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunakan metode role playing dalam mata kuliah pengembangan Bahasa Daerah pada mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 orang mahasiswa, dari dua kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik penelitian populasi, dengan teknik pengumpulan data pre test dan pos test. Sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode konfensional, mahasiswa terlihat lebih bersemangat dalam proses perkuliahan, karena mereka terlibat langsung dalam proses perkuliahan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan bahwa t hitung = 3,093 dan t tabel = 1,697 karena t hitung (3,093) > t tabel (1,697), maka hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian Ha “ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Mata kuliah Pengembangan Bahasa Daerah ditinjau dari penggunaan metode role playing dengan metode diskusi.

Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN-2 Palangkaraya

Nurbudiyani, Iin

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.590

Abstract

The purpose of this research is to describe the management of developing entrepreneurship of SMKN-2 Palangkaraya students, including the function of planning, organizing, actuating, and evaluating. This research employs the qualitative phenomenology method, which is profoundly and naturally to understand and interpret the phenomena in the field. The subjects of the study were the headmaster, vice-headmaster in curriculum affairs, entrepreneurship teacher, and unit production manager. The data was collected through in-depth interviews, observation, and documentation. This research used Mile and Huberman analysis models through data reduction, data display, and conclusion. 1) The syllabus is not completely matched with the characteristics of Vocational High School 2, in which teaching and learning are focused on the cognitive aspects of students without giving practice in managing entrepreneurial activities, 2 ) Entrepreneurship class program has not reached the goal, because of not having a formal legality actuating the entrepreneurship program, and is an understanding of its curricula, so that the entrepreneurship class is program canceled for evaluation, event through the student's skill is reasonably good , 3) The training at the production unit could increase the student's ability and entrepreneurship, and 4) Industrial practices that have direct experiences to work and learn to manage the business in real time life situation.

Konseling Individu Dalam Upaya Penanggulangan Dampak Perselingkuhan Dalam Pernikahan

Syarifullah, Dina Fariza Tryani

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi bagi setiap pasangan yang menikah agar dapat lebih memahami sebuah kesetiaan dalam pernikahan dan mengetahui tahapan konseling individu untuk mengatasai perasaan bersalah karena telah berselingkuh. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukan proses konseling yang menggunakan pendekatan gestalt yang menekankan pada peran persaaan dalam mempengaruhi prilaku dan potensi manusia untuk mampu memahami dan mengarahkan dirinya sendiri. Semua kejadian dikembalikan kepada diri subjek, meyakinkan bahwa subjek memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahannya, hanya saja semua hal harus disadari oleh diri subjek agar ia mampu secara sadar melakukan perubahan untuk dirinya sendiri.

Perbedaan Penguasaan Statistika Dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Asal Daerah

Bulkani, Bulkani

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.595

Abstract

This study aims to examine whether there is a difference in statistical mastery and the ability to write scientific papers on UM Palangkaraya PGSD students, both multivariate and univariate if viewed from the gender and origin of the student area. The research method used was descriptive-comparative, with a sample of 94 people. The research time is at the beginning of the even semester 2014/2015. Data analysis techniques use MANOVA. From the results of data analysis, it was concluded that (1). There were differences in statistical mastery and the ability to write scientific papers when viewed from gender, with an F value of 3.993 which was significant at the level = 5% (p = 0.022 <0.05). (2). There are differences in statistical mastery and the ability to write scientific papers if viewed from the origin of the student area, with an F value = 7.307 which is significant at the level = 5% (p = 0.000 <0.05). (3). The ability to write female student scientific work is better than male students with a significant F = 5.211 at the level of = 5%. (4). There is a difference in the mastery of statistics on students if viewed from the origin of the region with a value of F = 4.575 which is significant at the level = 5%. Based on the average sample, the best statistical mastery is for students from urban areas, followed by students from urban areas and then by students from rural areas. (5). There are differences in the ability to write scientific papers if viewed from the origin of the student area, with a value of F = 11.151 which is significant at the level = 5% Based on the average sample, the best ability to write scientific work is for students from urban areas, followed by students from urban areas and then by students from rural areas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6