Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Articles 51 Documents
Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay

Khunaifi, A’am Rifaldi

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v9i1.613

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pengajaran berpikir kritis dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam Essay argumentatif . Secara khusus , itu diarahkan untuk menyelidiki apakah mengajar karya pemikiran kritis dan dapat memberikan efek positif terhadap Essay argumentatif Mahasiswa Untuk Semester Keenam Pada STAIN Palangka Raya Tahun Akademik 2013/ 2014. Populasi ini studyis kelas A dan Kelas B Semester Tujuh Pada STAIN Palangka Raya . Desain ini researchused Quasi eksperimental seperti yang dimaksudkan untuk mempelajari tentang kemampuan esai argumentatif mahasiswa . Dalam rangka untuk mengumpulkan data yang diperlukan , peneneliti menggunakan tes sebagai instrumen . Jenis tes dalam penelitian ini adalah Menulis Akademik untuk tes IELTS . Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik SPSS 19.0 dari t -test independen dan berpasangan - sample t -test , dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Dari hasil tes . Perhitungan t -test independent dalam skor posttest pada kedua kelompok menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih tinggi dari tingkat signifikansi ( 0.194> 0.05 ) . Hal inimenunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol . Selain itu, perhitungan t -test berpasangan menunjukkan hasil uji sampel berpasangan ( 0,000<0,05) dimana ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perawatan .

Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013

Fisa, Fisa, Noor, Ady Ferdian

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v9i1.612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan percaya diri dengan hasil belajar PKn peserta didik Kelas V SDN-4 Pahandut Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian Korelasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan tes. Peserta didik yang menjadi populasi sekaligus sampel berjumlah 45 orang. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment didapat r hitung = 0,797, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan Percaya Diri dengan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.

Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Pelajaran IPA di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya

Kartini, Nurul Hikmah

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v9i1.610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data dalam penerapan pendidikan karakter terhadap pelajaran IPA pada peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Hidayatul Insan, Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang pada umumnya menggunakan teknik observasi untuk memperkuat data, wawancara untuk mengadakan komunikasi dengan para informan atau objek penelitian, dan studi dokumenter (dokumentasi) untuk mengumpulkan data yang bersumber dari arsip yang berada di dalam sekolah maupun yang berada di luar sekolah. Atas dasar konsep itu maka ketiga teknik pengumpulan data di atas digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian: Kepala Sekolah dan Para Guru di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya sangat tertarik untuk menerapkan pendidikan karakter dimana sekolah menyediakan sarana dan prasarana berupa silabus, RPP, dan buku pelajaran peserta didik sehingga dalam proses pembelajarannya dapat memudahkan guru dan sejak diterapkannya pendidikan karakter sudah dapat meningkatkan hasil belajar atau prestasi peserta didik. Dari hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa kondisi dari peserta didik juga menentukan dalam penerapan pendidikan karakter dan pembelajaran.

Penggunaan Media Facebook Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Recount Text

Khunaifi, A’am Rifaldi

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.599

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media belajar recount text untuk meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan motivasi siswa semester I STAIN Palangkaraya pada tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis siswa di media Facebook l dan meningkatkan motivasi mereka dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan, penelitian tindakan yang dirancang dan dilaksanakan melalui pre-test, siklus 1, dan siklus 2.Subjek penelitian ini adalah 32 siswa semester I STAIN Palangkaraya.menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Ada lima pertemuan dalam penelitian ini. Pertemuan pertama digunakan untuk melakukan pre-test, pertemuan kedua dan ketiga digunakan untuk melakukan siklus 1 dan formatiftest, dan pertemuan keempat dan kelima digunakan untuk melakukan siklus 2 dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prestasi siswa. Rata-rata Para siswa di pre-test adalah (67,75), dalam tes formatif adalah (74,5), dan post-test adalah (79,25). Kemampuan Para siswa dalam menulis (organisasi, isi, tata bahasa, tanda baca, dan gaya dan ekspresi) di setiap tes membaik juga. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa setelah mempelajari teks menulis recount menggunakan media Facebook, para siswa menjadi lebih perhatian, aktif, tertarik lebih tertarik dan lebih serius dalam menulis. Analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Facebook dalam media pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Facebook terhadap peningkatan keterampilan dan peningkatan motivasi siswa dalam menulis teks recount.

Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah

Putra, Andi Riswandi Buana

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.597

Abstract

Masa remaja seringkali dihubungkan dengan penyimpangan dan ketidakwajaran. Kenakalan remaja merupakan suatu tindakan atau bentuk gejala patologis sosial yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya para remaja mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Kenakalan remaja disebabkan oleh adanya perubahan pada pribadi remaja, hal tersebut menunjukkan adanya usaha remaja untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya. Remaja yang melakukan perbuatan nakal memerlukan perhatian bukan cacian ditimpakan pada mereka. Guru BK mempunyai peran yang sangat penting untuk menangani masalah kenakalan remaja yang terjadi di sekolah.

Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Afrom, Ichyatul

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunakan metode role playing dalam mata kuliah pengembangan Bahasa Daerah pada mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 orang mahasiswa, dari dua kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik penelitian populasi, dengan teknik pengumpulan data pre test dan pos test. Sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode konfensional, mahasiswa terlihat lebih bersemangat dalam proses perkuliahan, karena mereka terlibat langsung dalam proses perkuliahan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan bahwa t hitung = 3,093 dan t tabel = 1,697 karena t hitung (3,093) > t tabel (1,697), maka hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian Ha “ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Mata kuliah Pengembangan Bahasa Daerah ditinjau dari penggunaan metode role playing dengan metode diskusi.

Latihan Relaksasi Untuk Mengurangi Gejala Insomnia

Safithry, Esty Aryani

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v9i1.615

Abstract

Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan mood, emosi, konsentrasi dan menimbulkan malas. Latihan relaksasi dapat digunakan untuk mengurangi gejala insomnia, terapi ini merupakan bentuk terapi psikologis yang mendasarkan pada teori-teori behavioris. Subyek penelitian adalah mahasiswa UM Palangkaraya. Jenis penelitian adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ini dapat menurunkan gejala insomnia, yang ditandai menurunnya tingkat ketegangan di saat akan maupun setelah tidur,saat terbangun pikiran menjadi lebih segar. Subjek mampu melaksanakan latihan relaksasi secara mandiri.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Pada MTS. Islamiyah Palangka Raya

Nurhayati, Nurhayati

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 1 (2014): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v9i1.614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dan guru, pengelolaan pembelajaran oleh guru dan hasil belajar PKn peserta didik kelas V I IA p a d a M.Ts. Islamiyah Palangka Raya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013 / 2014 dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VIIA M.Ts. Islamiyah Palangka Raya yang berjumlah 20 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan menggunakan analisis data presentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn mencapai nilai KKM dimana presentase ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata 89,5; (2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN-2 Palangkaraya

Nurbudiyani, Iin

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.590

Abstract

The purpose of this research is to describe the management of developing entrepreneurship of SMKN-2 Palangkaraya students, including the function of planning, organizing, actuating, and evaluating. This research employs the qualitative phenomenology method, which is profoundly and naturally to understand and interpret the phenomena in the field. The subjects of the study were the headmaster, vice-headmaster in curriculum affairs, entrepreneurship teacher, and unit production manager. The data was collected through in-depth interviews, observation, and documentation. This research used Mile and Huberman analysis models through data reduction, data display, and conclusion. 1) The syllabus is not completely matched with the characteristics of Vocational High School 2, in which teaching and learning are focused on the cognitive aspects of students without giving practice in managing entrepreneurial activities, 2 ) Entrepreneurship class program has not reached the goal, because of not having a formal legality actuating the entrepreneurship program, and is an understanding of its curricula, so that the entrepreneurship class is program canceled for evaluation, event through the student's skill is reasonably good , 3) The training at the production unit could increase the student's ability and entrepreneurship, and 4) Industrial practices that have direct experiences to work and learn to manage the business in real time life situation.

Konseling Individu Dalam Upaya Penanggulangan Dampak Perselingkuhan Dalam Pernikahan

Syarifullah, Dina Fariza Tryani

Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1 (2015): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : ?Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33084/pedagogik.v10i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi bagi setiap pasangan yang menikah agar dapat lebih memahami sebuah kesetiaan dalam pernikahan dan mengetahui tahapan konseling individu untuk mengatasai perasaan bersalah karena telah berselingkuh. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukan proses konseling yang menggunakan pendekatan gestalt yang menekankan pada peran persaaan dalam mempengaruhi prilaku dan potensi manusia untuk mampu memahami dan mengarahkan dirinya sendiri. Semua kejadian dikembalikan kepada diri subjek, meyakinkan bahwa subjek memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahannya, hanya saja semua hal harus disadari oleh diri subjek agar ia mampu secara sadar melakukan perubahan untuk dirinya sendiri.