cover
Contact Name
Andri Budi Santoso
Contact Email
jurnal@lldikti4.or.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@lldikti4.or.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Ekono Insentif
ISSN : 19070640     EISSN : 26547163     DOI : -
Core Subject : Economy,
Ekono Insentif adalah wadah informasi bidang Ilmu Ekonomi berupa hasil penelitian yang diterbitkan oleh LLDIKTI Wilayah IV dan frekuensi terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV. BERKAT ABADI MOTOR UJUNGBERUNG Mutia, Evlin Riska; Roisah, Riris
Ekono Insentif Vol 10 No 2 (2016): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.039 KB)

Abstract

Di era perkembangan zaman yang semakin maju seperti saat ini, alat transportasi menjadi kebutuhan bagi setiap orang terutama sepeda motor. Banyaknya dealer resmi sepeda motor seperti dealer Honda membuat konsumen dengan mudah dapat membelinya. Promosi penjualan yang menarik dan kualitas pelayanan yang baik akan mendorong konsumen untuk membeli sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi penjualan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif yang menggunakan metode regresi linier berganda dengan software SPSS versi 21. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel promosi penjualan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan secara simultan memiliki pengaruh sebesar 87,7%.  
ANALISA SIKAP DAN PERILAKU TERHADAP ATRIBUT PRODUK SUSU FORMULA MEREK KID ZEE DI KOTA BANDUNG Basuki, Teguh Iman
Ekono Insentif Vol 10 No 2 (2016): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.902 KB)

Abstract

Penggunaansusu formula saat ini di kalangan masyarakat utamanya orang tua yang memiliki putra dan atau putri yang masuk kategori usia anak-anak sudah merupakan kebutuhan dan hal yang lazim baik dari kalangan masyarakat mampu maupun yang kurang mampu. Selain kepraktisan dan siap saji, ada pergeseran sosio-budaya karena dengan mengkonsumsi susu formula merupakan simbol kemewahan. Keuntungan lainnya yaitu susu formula telah ditambah dengan beberapa bahan yang memang dibutuhkan oleh tubuh anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap dan perilaku konsumen susu formula Kid Zee dengan responden ibu rumah tangga yang memiliki anak balita serta menganalisis variabel dalam iklan susu formula yang paling dominan dan berkaitan erat dengan sikap penonton televisi. Hasil penelitian menunjukkan konsumen dapat menerima dengan baik susu formula Kid Zee dan perilaku konsumen menunjukkan angka positif artinya konsumen akan melakukan tindakan untuk memutuskan membeli susu formula Kid Zee.
FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN SISTEM INFORMASI KEHADIRAN Pratomo, Dudi
Ekono Insentif Vol 10 No 2 (2016): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.755 KB)

Abstract

Sistem informasi kehadiran sangat bermanfaat untuk perusahaan karena dapat mengukur kinerja pegawai dalam perusahaan, oleh karena itu system informasi kehadiran harus dapat menyajikan informasi yang benar untuk setiap penggunanya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas system, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna system secara parsial dam simultan. Metode penelitian yang digunakan regresi berganda dan hasil dari penelitian kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna system. Secara parsial kulitas informasi dan kualitas system tidak berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan system tapi kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna system informasi kehadiran.
PRODUK RAMAH LINGKUNGAN: GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN TRUST SEBAGAI GREEN MARKETING STRATEGY Alam Syah, Doni Purnama; Wasilah, Ridlah
Ekono Insentif Vol 10 No 2 (2016): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.397 KB)

Abstract

Green Marketing Strategy telah menjadi strategi terbaru untuk perusahaan, terutama untuk kendaraan roda dua di Indonesia dengan inovasi produk ramah lingkungan. Hal ini menarik dikaji mengingat inovasi pada produk ramah lingkungan belum lama diterapkan di Indonesia. Sehingga fokus kajian penelitian pada gambaran dan pengaruh antar variabel pada green perceived value dan green trust konsumen untuk produk ramah lingkungan. Metoda penelitian merupakan metoda deskriptif dan verifikatif yang digabung dengan metode survey dilakukan pada penelitian ini dengan responden 105, yang merupakan konsumen kendaraan bermotor merek Honda. Serta menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil ditemukan adanya gambaran yang baik atas green percevied value dan green trust konsumen. Serta adanya hubungan dan pengaruh green perceived value terhadap green trust. Sehingga dikatakan tepat ketika perusahaan di Indonesia menggunakan green marketing strategy dalam persaingan bisnisnya karena adanya tanggapan yang baik terhadap produk inovasi ramah terhadap lingkungan
MENGGUNAKAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI Yuliana, Wulan; Iskandar, Iis
Ekono Insentif Vol 10 No 2 (2016): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.985 KB)

Abstract

Pegawai merupakan aset bagi perusahaan. Peningkatan kinerja pegawai sangat diharapkan terutama pada PT. ABC President. Sehingga tujuan dari penelitian ini mengkaji kinerja pegawai melalui kompetensi dan pengembangan karir. SPSS digunakan pada penelitian ini untuk mengkaji deskriptif dan verifikatif variabel penelitian yaitu kompetensi, pengembangan karir dan kinerja pegawai. Terdapat 81 responden yang diolah dengan metode pengambilan data melalui survey pada kuesioner. Hasil penelitian ditemukan adanya gambaran yang baik untuk kompetensi, pengembangan karir dan kinerja pegawai pada PT. ABC President. Disamping itu ditemukan bawah kinerja pegawai dapat meningkat melalui peningkatan kompetensi dan pengembangan karir. Penelitian ini pernah dilakukan untuk perusahaan lokal dan nasional, yang membedakan pada jumlah variabel penelitian dan lokasi penelitian, sehingga hasil penelitian ini menyempurnakan penelitian sebelumnya.
IMPLEMENTASI STRATEGI TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) OLEH PIMPINAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN BERBASIS PESANTREN (MBP) (STUDI KASUS DI PENDIDIKAN PESANTREN PERSATUAN ISLAM CIGANITRI KAB. BANDUNG) Herman, Asep
Ekono Insentif Vol 11 No 2 (2017): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.456 KB)

Abstract

Pada era persaingan dunia pendidikan dewasa ini, tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas moral pendidikan sangat gencar disuarakan selain pendidikan yang berkualitas, ahlak dan moral juga sangat di harapkan. Sejalan dengan pergeseran paradigma masyarakat yang tadinya berorientasi pada pendidikan semata sekarang berpindah ke ahlak dan moral pendidikan, maka salah satu cara yang tepat untuk mewujudkannya keinginan masyarakat tersebut adalah dengan menerapkan Total Qulity Manajemen (TQM) yang didukung dengan Manajemen Berbasis Pesantren (MBP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pimpinan bisa mengimplementasikan Total Quality Manajemen (TQM) yang dipadukan dengan manajemen Berbasis Pesantren (MBP). Penelitian ini dilakukan pada pesantren persis ciganitri kab bandung, dengan jumlah responden 33 Asatidz. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner, alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah dengan Regresi Linier Berganda.Teknik ini digunakan untuk menentukan pengaruh variabelvariabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semua variabel-variabel bebas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Variabel-variabel dalam implementasi Total Quality Manajemen (TQM) mempunyai pengaruh positif terhadap manajemen Berbasis Pesantren (MBP), tetapi secara parsial variablenya : focus terhadap konsumen, komitmen manajemen, pelatihan dan pemberdayaan karyawan yang mempunyai pengararuh positif terhadap Manajemen Berbasis Pesantren (MBP) secara signifikan. Sedangkan variabel perbaikan berkelanjutan dan perbandingan kinerja tidak terpengaruh signifikan terhadap Manajemen Berbasis Pesantren (MBP). Variabel pelatihan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel Manajemen Berbasis Pesanntren (MBP)
Telaah Hubungan Kompetensi, Motivasi dan Kinerja Karyawan Kesuma Dewi, Srie Wijaya; Alamsyah, Doni Purnama
Ekono Insentif Vol 11 No 2 (2017): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.698 KB)

Abstract

Karyawan merupakan human capital dari perusahaan yang perlu dijaga dan diperlihara guna meningkatkan performa perusahaan. Setiap karyawan memiliki kompetensi dan motivasi dalam bekerja, hal ini perlu dikaji hubungannya dengan kinerja perusahaan. Hal tersebut bermanfaat untuk mengkaji nilai penting dari karyawan terkait kompetensi dan motivasinya. Untuk mengkaji variabel penelitian tersebut digunakan pendekatan path analysis (analisis jalur) dengan unit observasi seluruh karyawan PT. Hutama Karya (Persero) Jakarta. Metode penelitian deskriptif survey dan verifikatif survey digunakan untuk mengkaji dependent variabel yaitu kinerja karyawan dan independent variabel yaitu kompetensi dan motivasi. Temuan pada penelitian ini adanya hubungan antara variabel penelitian yaitu kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, dengan besar pengaruh 67.4%. Penelitian ini bersifat improvement dari penelitian yang telah ada, dan model penelitian ini bisa digunakan oleh perusahaan di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya terkait perilaku karyawan
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN TAGIHAN AIR (StudiKasus :Pengelola layanan Air WargaPerum Parakan Muncang) Mubarok, Ade; Susanti, Deska
Ekono Insentif Vol 11 No 2 (2017): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1518.54 KB)

Abstract

Sistem pembayaran tagihan air yang sedang berjalan pada pengelola layanan air warga perum parakan muncang masih semi manual denganmenggunakan Microsoft Excel dan Mirosoft Word dalam melakukan pengolahan data. Hal tersebut mengakibatkan belum optimal nya kinerja dari pengelola layanan air warga perum parakan muncang. Kekurangan dari sistem yang sedang berjalan ini adalah tidak adanya kontrol terhadap keterlambatanwarga dalam membayar tagihan air, petugas mengalami kesulitan ketika petugas atauwarga ingin mengetahui history jumlah debit yang digunakan warga pada beberapa bulansebelumnya, tidak adanya arsip bukti tagihan maupun bukti pembayaran pada bulan sebelumnya baik dalam bentuk softcopy. Penelitianini, penulis menggunakanmetode waterfall untuk memecahkan permasalahan yang ada sehingga menghasilkansebuah program pembayaran tagihan air yang dapat mengetahui jumlah denda sesuaidengan keterlambatan warga dalam membayar tagihan air. Data-data master dan hasiltransaksi tersimpan di dalam basis data sehingga dapat mempermudah petugas dalammencari history debit, data tagihan dan data pembayaran air warga. Setiap transaksi pemasukan kas dan transaksi pengeluaran kas, petugas dapat mencatatnya di program ini dan menghasilkan laporan laba rugi untuk perusahaan.
ANALISIS PENERAPAN KODE ETIK PROFESI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK ( KAP ) DI KOTA BANDUNG Novatiani, Ait; Rusmawan, Wedi
Ekono Insentif Vol 11 No 2 (2017): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.509 KB)

Abstract

Sebagai suatu profesi, ciri utama auditor adalah kesediaan menerima tanggung jawab terhadap kepentingan pihak-pihak yang dilayani. Agar dapat mengemban tanggung jawab ini secara efektif, auditor perlu memelihara standar perilaku yang tinggi yaitu salah satunya kode etik. Kode etik ini memuat standar perilaku sebagai pedoman bagi seluruh auditor. Standar perilaku tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar dalam menjalankan praktik audit. Para auditor wajib menjalankan tanggung jawab profesinya dengan bijaksana penuh martabat, dan kehormatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kode etik profesi pada kantor akuntan publik (KAP) di Kota Bandung Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampling yaitu sampling jenuh, teknik pengumpulan data yang digunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan kode etik profesi pada kantor akuntan publik (KAP) di Kota Bandung sudah memenuhi prinsip-prinsip etika yaitu adanya tanggung jawab profesi, kepentingan publik, integritas, objektivitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional, dan standar teknis serta dalam kategori baik.
PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DOKTER TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PASIEN POLIKLINIK THT RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG Novalia, Nidya
Ekono Insentif Vol 11 No 2 (2017): Ekono Insentif
Publisher : LLDIKTI WILAYAH IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.722 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai pengaruh faktor – faktor persepsi pasien dilihat dari mutu pelayanan dokter terhadap kepuasan pasien dan dampaknya pada loyalitas pasien. Objek penelitian pada penulisan ini adalah Poliklinik Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher (THTKL) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung dan subjek penelitiannya adalah para pasien lama yang terdiri dari 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh tertinggi pertama terhadap kepuasan pasien adalah keterampilan medis, kedua ketepatan waktu pelayan, ketiga sikap dan yang terendah adalah penyampaian informasi. Pengaruh faktor-faktor mutu pelayanan dokter terhadap kepuasan pasien cukup tinggi yaitu sebesar 67,3%, dimana sisanya 32,7% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar mutu pelayanan dokter. Selain dampak kepuasan pasien pada loyalitas pasien adalah sangat tinggi yaitu 73,9% dimana sisanya sebesar 26,1% di pengaruhi faktor-faktor lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 18