cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYA LAKSANA
ISSN : 14104369     EISSN : 25496859     DOI : -
Core Subject : Education,
Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and August
Arjuna Subject : -
Articles 171 Documents
PENDAMPINGAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA SISWA SMA WISATA DARMA DI DESA LEMBONGAN TAHUN 2018 Suputra, Putu Adi; Arsani, Ni Luh Kadek Alit; Lestari, Ni Made Sri Dewi
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.16681

Abstract

 The lack of understanding and skills possessed by the teachers and students of Wisata Darma High School concerning first aid and never had first aid training was a problem found in Lembongan Village. Lembongan village is a tourism village and many emergency cases were found there. The purpose of this activity is to increase the knowledge and skills of students and teachers about first aid in accidents, especially in tourist areas. The method used is lecture, practice, training and mentoring. Participants in this activity are 40 student Wisata Darma  High School and 2 accompanying teachers. This activity run well and smoothly. The evaluation was carried out during the implementation of the activity by looking at: attendance of the participants to the end (100%), activeness of the participants during the discussion, and giving tests in the form of pretest, posttest. The results showed an increase in participants' knowledge and participants had skills in conducting first aid. Mentoring is done via email with the accompanying teacher. From this program also produced a pocket book on first aid.
ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI WAHANA PEMBANGUNAN KOMPETENSI DAN SKILL GURU BIOLOGI SE-KABUPATEN KUBU RAYA Sunandar, Ari
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.737 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.14694

Abstract

Kebutuhan guru untuk menulis karya ilmiah dalam kaitannya dengan kenaikan jabatan fungsional, membuat guru memerlukan suatu pelatihan dalam rangka pembuatan artikel ilmiah tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah pemberian pelatihan kepada guru biologi dalam wadah MGMP biologi SMA kabupaten Kubu Raya agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya ke jurnal ilmiah. Pelatihan ini telah diberikan kepada 18 orang guru biologi SMA Kabupaten Kubu Raya. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan cara mencari jurnal yang sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan guru, menentukan kualitas jurnal, proses review artikel, dan penerbitan artikel. Simulasi juga telah dilakukan agar guru dapat mengupload dan mempublikasikan hasil penelitian.ilmiah ke jurnal.
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BANK SOAL BERBASIS EXAMVIEW BAGI GURU-GURU DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA Santyadiputra, Gede Saindra; Pradnyana, I Made Ardwi; Juniantari, Made
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.952 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.15720

Abstract

Salah satu kewajiban seorang guru adalah menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Guru dituntut dapat menghasilkan instrumen penilaian dan evaluasi yang baik. Ketepatan dalam melaksanakan penilaian ditentukan oleh baik buruknya instrumen penilaian yang digunakan. Instrumen yang buruk menyebabkan hasil penilaian menjadi tidak valid. Oleh karena itu, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan komprehensif dalam menyiapkan perangkat atau instrumen penilaian yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bank soal. Namun, Pengembangan bank soal tidak mudah jika dilakukan secara manual mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh manusia. Hal ini membutuhkan suatu teknologi pengelolaan bank soal yang dapat memberikan kemudahan dalam manajemen instrumen penilaian. Salah satunya adalah pengelolaan bank soal berbasis ExamView. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan bank soal berbasis ExamView ke guru-guru SMK N 1 Nusa Penida. Hasil yang didapat adalah terselenggaranya kegiatan pelatihan dan pendampingan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang dengan menghasilkan produk berupa bank soal, lembar soal, lembar jawaban, dan lembar kunci jawaban. Hasil produk, hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam pengelolaan bank soal. Hasil angket respon menunjukkan pelatihan telah memberikan kemudahan bagi guru-guru SMK N 1 Nusa Penida dalam pengelolaan bank soal.
TUNE-UP MOTORCYCLE: SMALL ENGINE REPAIR SERVICE DI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN-UNTIRTA Nurtanto, Muhammad
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.252 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.13962

Abstract

Pendidikan Teknik Mesin-Untirta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan kompetensi yang diperoleh pada mata kuliah Teknik Sepeda Motor dan Motor Kecil. Kompetensi ini membekali peserta didik agar mampu melaksanakan servis pada small engine atau kendaraan roda dua. Sebagai bentuk integrasi pengabdian, sejumlah mahasiswa dalam pengawasan dosen menyelenggarakan kegiatan tune-up motorcycle 4th. Sebanyak 45 kendaraan dalam waktu 2 hari berhasil diselesaikan. Tujuan pengabdian yaitu memberikan layanan jasa kepada masyarakat dan meningkatkan ketrampilan bagi mahasiswa. Metode pelaksanaan terdiri dari analisis situasi, jasa pelayanan (sikap, sistem, prosedur dan metode kerja, pengorganisasian tugas dan layanan), dan evaluasi kegiatan dan hasil. Hasil layanan tune-up motorcycle yaitu: (1) pelaksanaan pengabdian sesuai prosedur dengan kategori meningkat, (2) kesadaran masyarakat meningkat terutama pada tindakan awal berupa pemeriksaan tekanan ban, nyala lampu, dan fungsi rem, (3) pemahaman edukasi sebelum tindakan 22% melakukan perawatan dengan adanya edukasi 56% memahami; dan (4) pada pekerjaan tune-up total, sistem kemudi, rem dan penggantian oli memerlukan pengauatan khusus pada pengabdian selanjutnya. Pengabdian terintegrasi pendidikan merupakan bentuk perpaduan tridharma yang dapat diterapkan pada kegiatan lainnya.
PEMETAAN POTENSI WISATA UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA MUNTIGUNUNG DI DESA TIANYAR BARAT Citra, I Putu Ananda; Sarmita, I Made
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.16606

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Penerapan IPTEKS akan dilaksanakan di Dusun Muntigunung Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu. Desa Tianyar Barat merupakan salah satu desa prioritas pengembangan desa wisata di Kabupaten Karangasem sebagai salah satu langkah mengganti image sebagai Desa sumner dari para Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Bali. Pengembangan desa wisata tersebut dapat terwujud dengan melakukan inventarisasi potensi desa melalui pemetaan partisipatif secara digital, mengingat keterbatasan informasi profil desa yang ada saat ini di Desa Tianyar Barat. Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai dalam P2M ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan para pamong desa tentang peta dan penggunaannya untuk inventarisasi informasi potensi desa; (2) memberikan keterampilan kepada para pamong desa dalam pembuatan peta potensi desa secara digital; dan (3) menghasilkan produk berupa peta partisipatif potensi desa sesuai kaidah kartografis baik dalam bentuk permanent map maupun digital map. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan pemberdayaan dengan menerapkan prinsip partisipati penuh kelompok sasaran. Metode pemberdayaan yang diterapkan bersifat variatif, yaitu: metode brainstorming, workshop, kerja praktek lapangan (tracking field), bimbingan penugasan dan tanya jawab berbasis modul, dan pelatihan.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PREZI DAN VIDEOSCRIBE BAGI GURU-GURU DI SMK NEGERI 1 NUSA PENIDA Darmawiguna, I Gede Mahendra; Pradnyana, I Made Ardwi; Santyadiputra, Gede Saindra; Pradnyana, Gede Aditra
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.999 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.15584

Abstract

Pada proses pembelajaran, efektifitas penyampaian materi oleh guru sangat penting dan menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam tranfer pengetahuan kepada peserta didiknya. Keterbatasan pengetahuan guru-guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida terkait teknologi pembuatan media interaktif mendorong dilakukannya program pengabdian kepada masyarakat ini. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan yaitu pengembangan media presentasi dengan Prezi dan pembuatan media video pembelajaran dengan VideoScribe. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman guru-guru terhadap perangkat lunak pembuatan media pembelajaran interaktif khususnya Prezi dan VideoScribe. Respon peserta terhadap program ini sangat baik. Peserta menyatakan bahwa pelatihan dan pendampingan sangat bermanfaat bagi mereka. Selain itu, para peserta juga menyatakan akan mengimplementasikan program pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
PELATIHAN PEMBUATAN MASAKAN VEGETARIAN KHAS BALI Suja, I Wayan; Suja, I Wayan; Sudria, Ida Bagus Nyoman
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.4 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.13825

Abstract

Kegiatan P2M ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak-anak Panti Asuhan Narayan Seva dalam membuat masakan vegetarian dengan nuansa Bali menggunakan bahan-bahan lokal dan alami.  Kegiatan dilakukan dengan metode pelatihan, yang meliputi diskusi dan praktek.  Hasil kegiatan berupa pemahaman tentang masakan vegetaian dan dampaknya, serta terampil membalinisasi masakan vegetarian.  Masakan vegetarian yang dihasilkan memiliki karakteristik berikut. Pertama, jenis masakannya mengikuti masakan tradisional Bali atau sudah diadaptasi dalam khasanah kuliner Bali.  Jenis-jenis masakan tersebut, meliputi lawar, tum, sate, urutan, hati, dan syobak.  Kedua, tekstur masakan vegetarian yang dibuat sangat mirip dengan masakan produk daging hewani.  Ketiga, bumbu yang digunakan merupakan produk sendiri menggunakan bahan-bahan alami lokal. Penggunaan bumbu lokal tersebut menyebabkan masakan vegetarian yang dihasilkan memiliki aroma dan rasa sesuai dengan selera masyarakat Bali.  Ketiga spesifikasi tersebut merupakan keunggulan masakan vegetarian khas Bali yang dihasilkan, sebagai produk usaha kreatif untuk membalinisasi masakan vegetarian.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif Siswa TKJ SMK Negeri 2 Seririt Melalui Pelatihan Robot Bioloid Tjahyanti, Luh Putu Ary Sri; Adiarta, Agus; Gitakarma, Made Santo
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.123 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.16041

Abstract

With the development of robotics technology in almost every area of human life, education and teaching the concept of robotics is expected to be included in the education curriculum in secondary schools. Technology Vocational Schools are expected to build robotics technology and practice it. One of the Technology Vocational Schools in Buleleng Regency, Bali, namely SMK Negeri 2 Seririt became a partner for the development of the Workshop and Entrepreneurship in Engineering (PKR) subject through the application of robotics training. This training uses Bioloid robots to improve creative critical thinking skills to students in the Computer and Network Engineering (TKJ) SMK Negeri 2 Seririt. The results obtained include students being very enthusiastic in participating in training, students increased understanding in assembling and programming robots as well as students' creative skills and critical thinking skills increased up to 72%.
PELATIHAN MIKROKOMPUTER (RASPBERRY PI) BAGI GURU DAN SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 SERIRIT Ariawan, Ketut Udy
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.61 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.15542

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang teknologi terbaru saat ini dalam bidang mikrokomputer, serta ditambah lagi dengan kondisi laboratorium komputer yang masih menggunakan komputer desktop dan banyak dalam kondisi mati sehingga hal ini menjadi dasar tim pengabdi untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian dalam bentuk memberikan pelatihan mikrokomputer Raspberry Pi (Raspi) sebagai upaya untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada guru dan siswa program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Seririt. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah metode dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demontrasi, tanya jawab, dan praktik langsung konfigurasi Raspi dan peripheral pendukungnya serta pemrograman. Pada akhir kegiatan diadakan evaluasi akhir. Evaluasi ini diukur berdasarkan aktivitas peserta selama pelatihan berlangsung. Keberhasilan dapat dilihat dari kehadiran dan aktivitas peserta selama kegiatan baik bertanya, menjawab pertanyaan, dan berdiskusi. Kegiatan pengabdian ini dikatakan berhasil jika minimal 85% sasaran hadir, dan minimal 85% peserta yang hadir mengikuti kegiatan secara penuh.
PELATIHAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD DI GUGUS 7 KECAMATAN BLIMBING MALANG Wahyuningtyas, Dyah Tri; Shinta, Raddin Nur
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.142 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v8i1.13097

Abstract

ABSTRAK. Pelaksanaan olimpiade matematika berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif karena materi yang diujikan adalah soal-soal non rutin dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk ukuran siswa SD. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memecahkan soal-soal olimpiade matematika SD. Kegiatan Pengayaan  Materi Olimpiade Matematika dan Pelatihan Penyelesaian Masalah Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 7 Kecamatan Blimbing Malang telah berjalan dengan baik. Rangkaian kegiatan mulai dari Sesi pertama yaitu pengayaan materi olimpiade matematika dan dilanjutkan dengan penyampaian materi pemecahan permasalahan matematika dengan bantuan media pembelajaran. Dilanjutkan dengan Sesi Kedua yaitu diskusi pemecahan masalah matematika dengan bantuan media pembelajaran dan dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing kelompok. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan kemampuan guru dalam memecahkan soal-soal olimpiade semakin meningkat berdasarkan hasil diskusi dan presentasi.Kata kunci : Olimpiade, Matematika

Page 1 of 18 | Total Record : 171