cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 188 Documents
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GEJALA ALAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VI SD NEGERI 54 PAYAKUMBUH Gustina, Gustina; Miaz, Yalvema
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.68 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 54 Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yeng terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2019. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan persentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pendekatan Saintifik, model Discovery Learning, metode diskusi kelompok, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari Dari hasil penelitian menunjukkan aktivitas pada siklus I adalah 52%, sedangkan pada siklus II yaitu 81.82%, dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar 29.82%. Sedangkan untuk hasil belajar hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 74.60 sedangkan pada siklus II adalah 92.80 (kategori sangat baik) dan terjadi peningkatan 18%. Sementara ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 68% mengalami peningkatan menjadi 88% (dikategorikan sangat baik). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan saintifik model discovery learning melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
MENUMBUH KEMBANGKAN BUDI PEKERTI MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Kianto, Nofri; Taufina, Taufina; Arief, Darnis
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.08 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.4

Abstract

Artikel ini bertujuan menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sasarannya adalah semua warga sekolah. Gerakan Literasi Sekolah lebih dari sekedar membaca dan menulis namun mencakup ketrampilan berfikir sesuai dengan tahapan dan komponen literasi. Sedangkan dalam praktik yang baik perlu menekankan prinsip-prinsip gerakan literasi sekolah. Agar sekolah mampu menjadi garis depan dalam budaya literasi, maka perlu menggunakan beberapa strategi pelaksanaan. Ada beberapa teknis konsep literasi di Sekolah antara lain secara harian, mingguan, bulanan dan persemester. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai secara baik. Materi baca berisi nilai-nilai budu pekerti, kearifan lokal, nasional dan global,yang disampaikan sesuai perkembangan peserta didik. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) menggunakan indikator pencapaian setiap tahapan
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN PARAGRAF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SISWA KELAS III Malisa, Henni; Hardjono, Nyoto
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.621 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan ketrampilan menyusun dapat diupayakan melalui make a match dan bagaimanakah langkah-langkah make a match yang dapat meningkatkan ketrampilan menyusun paragraf siswa kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pembelajaran make a match terdiri dari 6 langkah yaitu : 1) guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi konsep atau topik  dan dibagi menjadi 2 bagian yaitu sebagian kartu soal dan sebagianh kartu  jawaban, 2) setiap peserta didik mendapat 1 buah kartu, 3) setiap siswa memikirkan jawaban soal dari kartu yang dipegang, dan 4) setiap peserta didik dapat mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya, 5) membuat babak berikutnya, siswa mendapatkan kartu yang beda dari sebelumnya, dan 6) siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran. Prosedur penelitian minimal 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi.Teknik penelitian adalah teknik observasi dengan instrumen lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik ketrampilan menyusun. Teknik analisis data adalah teknik persentase untuk membandingkan ketrampilan menyusun antar siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase ketrampilan menyusun paragraf dengan klasifikasi yakni sebesar 68 % dari seluruh siswa pada siklus I dan 87 %  dari seluruh siswa pada siklus II melalui pembelajaran make a match
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 07 NANSABARIS DAN SDN 16 NANSABARIS Elisa, Leni; Hadiyanto, Hadiyanto; Fitria, Yanti
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.693 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.17

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 07 Nansabaris dan SDN 16 Nansabaris Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 07 Nansabaris dan SDN 16 Nansabaris Kabupaten Padang Pariaman antara hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Sedangkan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 07 Nansabaris dan SDN 16 Nansabaris Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Berdasarkan teknik sampling tersebut, kelas V SDN 07 Nansabaris ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 16 Nansabaris sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Uji validitas yang digunakan adalah validitas butir soal. Uji reliabilitas yang digunakan dengan rumus Spearman Brown. Hasil uji-t nilai postest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari  (2.124 > 2.067) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05.
PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Anggraeni, Sri Wulan; Prihamdani, Depi; Julianisa, Dini Dwi
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.709 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.30

Abstract

Permasalahan dalam proses membaca yaitu siswa kesulitan dalam membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Kondang Jaya III Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang.Metode penelitian ini adalah metodekuantitatif  eksperimendengan designNonequivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IB berjumlah 20 siswa dan kelas IC berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur nilai tengah terdiri dari rata-rata (mean), median dan modus. Statistik Inferensial terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan yaitu terlihat bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,123 lebih besar dari taraf signifikan 0,05 maka H0 diterima secara signifikan. Untuk pegujian perbedaan rata-rata nilai akhir kemampuan membaca permulaan siswa yaitu dua pihak, karena nilai sig 0,003 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan nilai akhir kemampuan membaca permulaan siswa yang menggunakan media kartu kata dengan siswa yang tidak menggunakan media.
PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DALAM PERSONAL HYGIENE PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SLBN BANGKINANG KOTA Fithriyana, Rinda
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.855 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian anak dalam personal hygiene pada anak Tuna Grahita di SLBN Bangkinang Kota tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tuna Grahita yang ada di SLBN Bangkinang Kota yang berjumlah 53 orang dengan sampel 15 kelompok kasus dan 15 kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan lembar checklis dan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dn bivariat. Hasil penelitian hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemandirian anak sebelum diberikan peran orang tua pada kelompok kasus adalah 2,73 dan 2,87 pada kelompok kontrol dan kemandirian anak sesudah diberikan peran orang tua pada kelompok kasus adalah adalah 4,20 dan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan peran orang tua adalah 3,47. Terdapat perbedaan kemandirian anak yang diberikan peran orang tua dan tidak diberikan peran orang tua dengan hasil uji statistik didapatkan nilai p value 0,002 pada kelompok kasus dan 0,003 pada kelompok kontrol dengan derajat kemaknaan (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa peran orang tua lebih berpengaruh terhadap kemandirian anak dalam memenuhi personal hygiene. Diharapkan kepada orang tua untuk selalu mengajarkan anak dalam personal hygiene agar anak mandiri
PENGEMBANGAN AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN SEKITARKU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Syupriyanti, Lora; Miaz, Yalvema
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.346 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.44

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengembangan audio visual interaktif learning berbasis adobe flash  yang valid, praktis dan efektif untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan subjek siswa kelas V dan di laksanakan di SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media pembelajaran. Data kepraktisan  dikumpul  melalui  lembar  observasi  keterlaksanaan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran,  angket  respon  guru dan  peserta  didik.  Keefektifan  dilihat  dari  hasil  belajar  peserta  didik. Berdasarkan hasil  uji  validitas  yang  dilakukan  menunjukkan  media pembelajaran audio visual interaktif berbasis adobe flash  yang  dikembangkan  memperoleh  rata-rata  84 %   dengan  kategori  sangat  valid.  Hasil  observasi  keterlaksanaan  RPP  memperoleh  persentase  97,2  %  kategori  sangat  praktis. Angket respon guru  memperoleh persentase 91% kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik  memperoleh  persentase  89,4 %  kategori  sangat  praktis
PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 29 PURUS Harefa, Fifi Trigusyeni; Sukma, Elfia; Desyandri, Desyandri
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.535 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.24

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 29 Purus Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment (eksperimen semu) dengan design Nonequivalent Pre-test and Post-test Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelas sampel dengan teknik Probability dan sampling simple random sampling dengan undian. Berdasarkan nilai Pre-test menunjukkan populasi berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, maka terpilih VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sehingga dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 29 Purus Kota Padang. Berdasarkan perhitungan diperoleh =5,57dan sehingga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD Fernandes, Mimik; Syarifuddin, Hendra
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.103 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pecahan dengan pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Jenis penelitian ini  adalah design research yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IV SDN 16 Enam Lingkung sebagai  subjek  penelitian.  Data  dikumpulkan  menggunakan  lembar  pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respons peserta didik, angket respons pendidik, dan tes tulis uraian. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Diharapkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran pecahan yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba yang akan dilakukan, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran diharapkan memenuhi aspek kepraktisan. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas tergolong praktis serta keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba lapangan I dan II tergolong sangat praktis; 2) penggunaan perangkat pembelajaran pecahan yang dikembangkan ditinjau dari respons peserta didik tergolong praktis; 3) respons pendidik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran pecahan berada pada kategori sangat praktis. Perangkat pembelajaran ini juga diharapkan memenuhi aspek keefektifan yang dilihat dari: 1) sikap; 2) pengetahuan peserta didik yang diharapkan melampaui KKM; 3) keterampilan peserta didik pada uji coba lapangan I dan II tergolong aktif. Selain hal tersebut, lembar kerja peserta didik yang dihasilkan memiliki karakteristik: 1) memberikan peserta didik pengalaman belajar menggunakan Pendekatan Saintifik 2) mengarahkan peserta didik untuk berpikir kreatif; 3) penyajian materi di awali dengan mengamati strip pecahan; serta 4) memberikan peserta didik kesempatan untuk menalar dari apa yang tidak ditemukan dari strip pecahan yang diamati. Sedangkan RPP memiliki karakteristik: 1) praktis dalam penggunaan dan 2) menggunakan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis. Karakteristik pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran pecahan yang dikembangkan antara lain: 1) pembelajaran diawali dengan mengamati strip pecahan; 2) menjelaskan strip pecahan; 3) mencoba menemukan pecahan; 4) menalar pecahan selain yang ada di strip pecahan; 5) mempresentasikan pecahan
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI KELAS IVB SDIT MASYITAH BUKITTINGGI Aswati, Nurafni; Hadiyanto, Hadiyanto; Fitria, Yanti
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.683 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.37

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi pecahan. Hal ini terlihat pada nilai ulangan harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terjadi karena kurangnya aktivitas belajar dan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019 di kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistic Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pecahan di kelas IVB SDIT Masyitah Bukittinggi. Hal ini terlihat dari aktivitas mendengarkan, berbicara, dan menulis  mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 60% ke siklus II 68%  ke siklus III menjadi 86%.

Page 1 of 19 | Total Record : 188