cover
Contact Name
fajar hidayatullah
Contact Email
fajar@stkippgri-bkl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
por@stkippgri-bkl.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis
Published by STKIP PGRI Bangkalan
ISSN : 26211890     EISSN : -     DOI : -
Jurnal ini adalah jurnal yang berisikan kumpulan artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Olahraga dan rekreasi. terbit dua kali dalam setahun di bulan Mei dan November diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan. jurnal ini dapat diakses secara terbuka, yang artinya semua konten yang tersedia bebas diakses tanpa biaya. pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mencari, mencetak, mendistribusikan, atau mensitasi dari artikel tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMAN 1 GLENMORE BANYUWANGI Larassati, Vabiola
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31597/satria.v2i1.686

Abstract

Vabiola Larassati, 2018. Pengaruh Penerapan Latihan Relaksasi Terhadap Kecemasan Dan Kepercayaan Diri Siswa Ekstrakurikuler Olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing; (I) Dr. Anung Priambodo, M. Psi. T dan (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tentang dampak langsung antara perlakuan relaksasi terhadap kecemasan dan kepercayaan diri siswa ekstrakurikuler olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan subyek 60 siswa ekstrakurikuler olahraga, di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan angket SCAT dan angket SSCI. Berdasarkan hasil skor siswa terdapat penurunan kecemasan siswa dari pretest 20,2% menurun saat posttest menjadi 18,8% dengan selisih 1,4%, sedangkan untuk kepercayaan diri meningkat saat pretest dari 83,20% menjadi saat pretest 88,8% dengan selisih 4,93%. Kata-kata Kunci; Relaksasi, Kecemasan, Kepercayaan Diri   ABSTRACT Vabiola Larassati, 2018. Effect of Application of Exercise Relaxation Against Anxiety and Student Confidence in Extracurricular Sports at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor; (I) Dr. Anung Priambodo, M. Psi. T and (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. This study aims to determine the changes in the direct impact of relaxation treatment on anxiety and confidence in extracurricular sports students at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. This study uses action research by using the subjects of 60 extracurricular sports students, divided into 2 groups, namely the experimental group and the control group. Data testing was carried out using the SCAT questionnaire and SSCI questionnaire. Based on the results of student scores there was a decrease in students' anxiety from 20.2% pretest decreased when posttest to 18.8% with a difference of 1.4%, while for self-confidence increased at pretest from 83.20% to pretest 88.8% with difference 4.93%.  Key Words; Relaxation, Anxiety, Self Confidence
KEMAMPUAN FISIK DAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET SISWI SEKOLAH MENENGAH YANG TERGABUNG DALAM KLUB BOLA BASKET SRIKANDI Hidayatullah, Fajar
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.294 KB) | DOI: 10.31597/satria.v1i1.591

Abstract

Tumbuh kembang anak dan remaja pada tingkat sekolah menengah sedang berada pada titik tertingginya dimana pada masa-masa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas ini akan banyak perubahan yang terjadi seiring datangnya masa pubertas. Aktivitas olahraga dalam hal ini dapat menjadi peranan penting bagi anak dan remaja dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya. Partisipasi aktif perempuan dalam klub olahraga bola basket menjadi tren yang saat ini mulai berkembang di Kabupaten Bangkalan. Pengukuran kemampuan fisik dan keterampilan bermain bola basket dalam penelitian ini terdiri dari 5 macam tes untuk mengukur 5 komponen yang diukur. Kelima komponen yang diukur antara lain adalah daya tahan, kelincahan, daya ledak, keterampilan menggiring bola basket dan kemampuan shooting dari daerah medium. Untuk alat ukurnya tes lari 2,4 km, tes lari bolak-balik, standing long jump, tes menggiring bola basket, medium range shoot test. Melalui hasil analisis ditemukan bahwa terjadi kesenjangan yang cukup tinggi pada variabel daya tahan antara nilai tertinggi dan terendah. Kesenjangan yang terjadi antara terbaik dan terburuk cukup merata dengan mendekati titik tengah dengan sedikit mendekati pada catatan yang terbaik sehingga dapat disimpulkan sebagian besar keterampilan menggiring bola basket sudah cukup baik. Lebih lanjut lagi dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa kemampuan menembak pemain srikandi dapat dikatakan cukup merata diantara yang terendah hingga tertinggi walau terjadi kesenjangan yang cukup tinggi antara nilai tertinggi dan terendah. Pada kesempatan berikutnya diketahui bahwa tidak terjadi kesenjangan yang terlalu jauh pada setiap pemain srikandi terutama pemain dengan nilai tertinggi dan terendah. Sedangkan untuk variabel terakhir yaitu daya ledak menunjukkan kecondongan mendekati nilai minimal yang artinya sebagian besar nilai daya ledak cenderung berada pada nilai yang mendekati nilai terendah. The growth of children and adolescents at the secondary school level is at its highest where in the first and middle school years this will occur as puberty occurs. Sports activities in this case can be important for children and adults in growing their flowers. The active participation of women in basketball clubs is a trend that is currently starting to develop in Bangkalan Regency. Physical fitness measurement and basketball capability in this study consisted of 5 types of tests to measure 5 clear components. The five components used include durability, agility, explosive power, basketball dribbling skills and shooting ability from medium area. For measuring instruments the 2.4 km run test, the test run back and forth, stand long jump, basket dribbling test, medium distance shooting test. Through the results obtained it turns out that there is a fairly high variable in durability between highs and lows. The gap between the best and the worst with the midpoint with the few results on the record that can best be used to herd the basketball is good enough. Moreover, in this case it is also carried out that the player's shooting ability can be better than the lowest to the highest even though the occurrence is high enough between the highest and lowest values. In the next round, nothing happens to every heroine player, especially players with the highest and lowest scores. Whereas for the last variable that is explosive power indicates bias toward the minimum value which means that most explosive power values ​​are at the lowest value.
ASPEK KEBUGARAN JASMANI KECEPATAN DAN HUBUNGANNYA PADA BEBERAPA CABANG OLAHRAGA Komarodin, Moh Iftahul
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.956 KB) | DOI: 10.31597/satria.v1i1.588

Abstract

Aspek kebugaran Jasmani merupakan acuan utama dalam pelatihan fisik dimana terdapat 10 aspek kebugaran jasmani yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli sebelumnya. Dalam berbagai kesempatan aspek kebugaran jasmani diangkat dalam sebuah karya ilmiah baik berupa kajian konseptual maupun hasil penelitian karena melalui karya ilmiah yang menunjukkan proses integrasi penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga dapat dimanfaatkan oleh para praktisi. Kecepatan sangat di butuhkan dalam berbagi cabang olahraga, seperti lomba lari, sepak bola, bola voli, bola basket dan masih banyak lain nya, jadi kecepatan adalah bagian yang saangat vital dalam olahraga maka dari itu  kecepatan sangat harus dilatih dengan sebaik-baik nya agar bisa menguasai berbagai jenis olahraga yang membutuhkan kecepatan, dan juga perlu pembinaan khusus untuk melatih aspek kecepatan tersebut, tujuan utama kecepatan dalam olahraga ialah sebagi penunjang performa atlet di dalam lapangan.
PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AROSBAYA DAN SMP NEGERI 6 BANGKALAN Nurul, Moh
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.006 KB) | DOI: 10.31597/satria.v1i1.582

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya dengan SMP Negeri 6 Bangkalan. 2) untuk mengetahui manakah yang lebih baik tingkat kebugaran jasmani antara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya dengan SMP Negeri 6 Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian perbandingan (comparative resarch). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode random sampling.  Untuk menggukur tingkat kebugaran jasmani siswa pada penilitian ini menggunakan TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia). Analisis data menggunakan mann-whitney test. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh hasil: nilai rata-rata dari hasil tes TKJI untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya memiliki nilai rata-rata sebesar 19,20 (kategori baik); standar deviasi sebesar 2,156; varian sebesar 4,648; nilai maksimal sebesar 24; nilai minimal 13. Sedangkan nilai rata-rata dari hasil tes TKJI untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bangkalan memiliki nilai rata-rata sebesar 19,90 (kategori baik) ; standar deviasi sebesar 3,033; varian sebesar 9,197; nilai maksimal sebesar 25; nilai minimal 11. Maka dari hasil analisis uji Paired Sample T Tets yang diperoleh nilai Thitung -1,053 < Ttabel 1,672. Dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa kelas VIIIdi SMP Negeri 1 Arosbaya dan SMP Negeri 6 Bangkalan. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani anatara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya dengan SMP  tingkat kebugaran jasmani anatara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya dengan SMP Negeri 6 Bangkalan. Hal ini menunjukkan bahwa hwa siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bangkalan memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arosbaya dengan selisih rata-rata 0,70.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENJAS-PEDIA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK KELAS VII DI SMPN 1 BANGKALAN Marvin, Hendy
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.121 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti yang ingin mengembangkan suatu produk aplikasi pada smartphone berbasis android yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi penjas-pedia sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk kelas VII di SMPN 1 Bangkalan dan untuk mengetahui kelayakan produk aplikasi penjas-pedia dari aspek usability dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model Research and Development (R&D) model Borg & Gall dengan 7 langkah pelaksanaan kegiatan dan pengembangan produk yaitu analisis kebutuhan, pengembangan aplikasi, evaluasi para ahli, revisi aplikasi, uji coba kelompok besar, revisi akhir aplikasi, produk akhir aplikasi. Hasil akhir penelitian ini menghasilkan produk aplikasi penjas-pedia sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk kelas VII di SMPN 1 Bangkalan, Kelayakan produk aplikasi penjas-pedia telah teruji dari aspek usability dalam kategori “Baik” pada uji coba kelompok kecil dengan hasil skor = 0,7625 dan kategori “Sangat Baik” pada uji coba kelompok besar dengan hasil skor = 0,809782609. Dengan demikian produk aplikasi penjas-pedia ini dapat seterusnya digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Bangkalan. Berdasarkan kelayakan hasil skor aplikasi penjas-pedia dengan predikat “Sangat Baik” ini peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan penggunaan media smartphone dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 1 Bangkalan sangat efektif dan efisien dan saran lebih lanjut kepada peneliti berikutnya yaitu diharapkan untuk dapat mengembangkan produk aplikasi media pembelajaran yang menjangkau lebih luas lagi dengan tidak terbatas hanya pada satu sekolah, pengembangkan produk aplikasi berikutnya dapat menjangkau lebih banyak sekolah.  
PENINGKATAN KUALITAS GERAK DASAR LARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN DAN OLAHRAGA TRADISIONAL Anwar, Khoirul
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.868 KB) | DOI: 10.31597/satria.v1i1.589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas gerak dasar lari pada siswa sekolah dasar melalui permainan dan olahraga tradisional. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pangeranan 2 Bangkalan sejumlah 29 siswa. Data peningkatan kualitas gerak dasar lari diperoleh dari hasil tes dan pengukuran serta observasi. Data yang diperoleh dianalsis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan dan olahraga tradisional meningkatkan kualitas gerak dasar lari siswa, jumlah siswa yang tuntas sejumlah 9 siswa (31,03%) pada kondisi awal menjadi 15 siswa (51,72%) pada siklus I dan 22 siswa (79,31%) pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%.
KETERAMPILAN UMPAN DADA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET Setiawan, Dwiki Juliyo Budi
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 1 No 1 (2018): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.198 KB) | DOI: 10.31597/satria.v1i1.590

Abstract

Bola basket dapat diartikan sebagai suatu permainan yang meggunakan tangan. Biasanya permainan bola basket yang berjumlah 5 orang. Permainan bola basket sudah sangat terkenal dan mendunia khususnya di America, China dan Indonesia. Didalam permainan bola basket juga terdapat tekhnik-tekhnik dan peraturan yang wajib kita taati. Permainan bola basket juga sangat mudah untuk kita pelajari, dikarenakan bolanya yang sangat kecil sehingga mudah untuk dipantulkan. Pemain bola basket tidak hanya diminati oleh pria melainkan wanita juga banyak yang menggemarinya.
PERBANDINGAN PENGARUH FOAM ROLLING DENGAN COLD WATER IMMERSION DALAM MENGURANGI KADAR ASAM LAKTAT DAN DELAYED ONSET MUSCLE SORONESS Hikmatyar, Gulbuldin
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31597/satria.v2i1.687

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh Foam rolling dengan Cold water immersion dalam mengurangi kadar asam laktat dan efek Delayed onset muscle soroness pada otot quadricep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-test Design. subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa UKM Rugby Universitas Negeri Surabaya. Subjek dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 diberikan perlakuan Foam rolling dan  kelompok 2 diberikan perlakuan Cold water immersion. Sebelum diberikan perlakuan RAST masing-masing kelompok diukur kadar asam laktatnya menggunakan alat ukur Acurrate lactat. barulah diberikan latihan RAST kemudian diukur lagi kadar asam laktatnya dan keesokan harinya setelah 24 jam diukur Delayed onset muscle soroness dengan alat ukur Visual analog scale (VAS). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur pengaruh adalah uji Wilcoxon test dan mengukur bedah adalah Uji mann whitney test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dan postest asam laktat pada perlakuan Foam rolling adalah 15,940 dan 12,020 uji efektivitas menunjukan penurunan sebesar 3,92  (p value : 0,005). Pada penelitian dengan perlakuan Cold water immersion menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dan postest asam laktat pada perlakuan Cold water immersion adalah 11,840 dan 7,880 uji efektivitas menunjukan penurunan sebesar 3,96 (p value : 0,005). Perbedaan antara perlakuan Foam rolling dengan Cold water immersion dalam mengurangi asam laktat  menghasilkan p value : 0,545 dan Perbedaan antara perlakuan Foam rolling dengan Cold water immersion dalam mengurangi Delayed onset muscle soroness menghasilkan p value : 0,294. dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbandingan pengaruh antara Foam rolling dengan Cold water immersion dalam mengurangi kadar asam laktat dan Delayed onset muscle soroness. Kata kunci: Perbandingan pengaruh, Foam rolling, Cold water immersion, asam laktat, Delayed onset muscle soroness     Abstract This study aims to compare the effect of Foam rolling with Cold water immersion in reducing lactic acid levels and the Delayed onset muscle soroness effect on the quadriceps muscle. This research is a experimental study with the design of One Group Pre-test and Post-test Design. the subject of this study were 20 University of Surabaya UKM Rugby students. Subjects were divided into two groups. Group 1 was given the treatment of Foam rolling and group 2 was treated with Cold water immersion. Before being treated RAST each group measured its lactic acid level using a measuring instrument Acurrate lactate. then RAST training was given and then measured again the lactic acid level and the next day after 24 hours, Delayed onset muscle soroness was measured with a Visual analog scale (VAS) measuring instrument. The data analysis technique used to measure the influence is the Wilcoxon test and measure the comparison is the Mann Whitney test with a significant level of 5%. The results showed that the average value of lactic acid pretest and posttest on rolling Foam treatment was 15,940 and 12,020 effectiveness tests showed a decrease of 3,92 (p value: 0,005). In the study of Cold water immersion treatment showed that the average value of lactic acid pretest and posttest in Cold water immersion treatment was 11,840 and 7,880 the effectiveness test showed a decrease of 3,96 (p value: 0,005). The difference between the treatment of Foam rolling with Cold water immersion in reducing lactic acid produces p value: 0.545 and the difference between the treatment of Foam rolling with Cold water immersion in reducing Delayed onset of muscle soroness produces p value: 0.294. It can be concluded that there is no comparison of the effect of Foam rolling with Cold water immersion in reducing lactic acid levels and Delayed onset of muscle soroness.   Keywords: Comparison of influences, Foam rolling, Cold water immersion, Lactic acid, Delayed onset of muscle soroness
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I Hidayatullah, Fajar
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31597/satria.v2i1.696

Abstract

Abstrak Metode pembelajaran merupakan strategi yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang direncanakan oleh pendidik akan disesuaikan dengan siapa yang dihadapi pendidik, lingkungan belajar dan materi yang akan dibahas. Dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan olahraga semester 1 yang menempuh mata kuliah anatomi 1 dengan beban 2 sks. Jumlah pertemuan yang direncanakan minimal 12 pertemuan dan maksimal 14 pertemuan menyesuaikan dengan situasi yang akan dilalui selama proses pembelajaran dalam satu semester. Sebanyak 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian dengan teknik population sampling sehingga seluruh mahasiswa semester satu yang berjumlah satu kelas terdiri dari 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah diyakini dapat memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan dengan tepat dan meminimalisir kesalahan materi yang harus dihafalkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran ceramah memberi pengaruh positif pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Hal ini nampak dari perbedaan nilai pada posttest yang lebih tinggi daripada nilai pretest. Melihat peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari pretest ke posttest dengan nilai pretest sebesar 42.9545 dan posttest sebesar 78.0303 maka jika di persentasekan terjadi kenaikan nilai hampir dua kali lipat atau sebesar 81,58%. Kata kunci: Implementasi, metode pembelajaran, ceramah, mata kuliah, anatomi.    Abstract Learning methods are strategies that use by educators to achieve learning goals. Learning strategies conducted by educators will be adjusted related to the educator, learning environment and the material to be discussed. In this study, first semester sports education students who are entering anatomical subjects with a load of 2 credits. The intended number of meetings is a minimum of 12 meetings and a maximum of 14 meetings that will be passed during the course of learning anatomy subject for one semester. Total of 33 students became research samples with population sampling techniques. First semester students consist of 33 students as research samples. Implementation of this methods believed that can be maximizing the transferred knowledge from the right material and minimize errors that must be remembered. The results of the study it was found that using the lecture learning method had a positive influence on the level of students knowledge. This can be seen from the higher posttest difference from the pretest. Judging by the average average value from pretest to posttest with a pretest score of 42.9545 and posttest of 78.0303 and if this increasing value turn to percentage will be found 81.58% increasing of value.  Keywords: Implementation, Learning method, Lecture, Courses, Anatomy
PENINGKATAN VO2MAX DAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN METODE BLEEP TEST Hadiono, Hadiono
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscip
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31597/satria.v2i1.699

Abstract

ABSTRAK Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Mengetahui efektifitas metode Bleep Test dalam pengukuran tingkat kebugaran jasamani. (2) Mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa, (3) Memperoleh data hasil belajar kebugaran jasmani  siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Desain penelitian terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII AK 1 SMKN 1 Kamal tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 32 siswa. Data penelitian ini mencakup; data pengamatan observer dalam kegiatan pembelajaran, catatan lapangan,  data tes hasil VO2Max siswa setelah pelaksanaan siklus I, dan setelah pelaksanaan II, data rekapitulasi hasil tes VO2Max. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan Bleep Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat mening¬kat¬kan pada rata-rata kelas, yaitu nilai sikap terdapat 32 (100%) siswa sudah tuntas belajar, pada nilai pengetahuan siswa yang sudah tuntas 32 (100%), pada nilai keterampilan terdapat 26 siswa (81,25%) sudah tuntas belajar, dan 6 siswa (18,75%) yang belum tuntas belajar secara individu. Prosentase ketuntasan belajar klasikal kelas XII AK  SMKN 1 Kamal pada siklus II adalah 81,25%. Hal ini menunjuk¬kan bahwa pembelajaran secara klasikal telah tuntas   ABSTRACT The objectives of this study are: (1)To know the effectiveness of Bleep Test in measuring physical fitness levels. (2) To know the level of physical fitness of students, (3) To obtain data on student physical fitness learning outcomes. This type of research is Classroom Action Research, by using qualitative descriptive method. The research design consists of four components, namely planning, acting, observing, and reflecting. The research subjects were students of class XII AK 1 SMK 1 Kamal 2018/2019 academic year with 32 students. The data of this study including  classroom observation data in learning activities, field notes, test data on the results of VO2Max students after the implementation of the first cycle, and after implementation II, and the recapitulation data of the VO2Max test results. Data were collected by using observation, interviews, and documentation.  Meanwhile, Bleep Test was used as research instrument. Based on the research, there are 32 (100%) students who have accomplished learning and their attitudes, there were 26 students (81, 25%) have finished their learning, and 6 students (18,75%) have not  completed individual learning yet. The percentage of classical passing grade of class XII AK SMK 1 Kamal in the second cycle was 81.25%. It refers to classical learning was successful

Page 1 of 4 | Total Record : 31