cover
Contact Name
wike Adhi Anggono
Contact Email
agromix@yudharta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
agromix@yudharta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
AGROMIX
ISSN : 2085241X     EISSN : 25993003     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Journal of Agromix as a scientific study and information on agricultural fields containing scientific writings, a summary of the results of research, service, critical thinking about Agricultural, Fisheries, Agricultural Product Technology, Animal Husbandry, and all fields related to Agriculture.
Arjuna Subject : -
Articles 98 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PEMBAGIAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGES YANG LISTING DI BEI Nuraeni, Nuraeni
AGROMIX Vol 4 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.615 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembagian dividen. Faktor-faktor yang di uji adalah struktur modal dan pertumbuhan perusahaan. Kedua faktor tersebut diukur dengan menggunakan rasio keuangan. Indikator penilaian struktur modal yang digunakan adalah rasio utang-ekuitas (debt to equity ratio) sedangkan indikator penilaian pertumbuhan perusahaan diukur dengan pertumbuhan aktiva. Sampel penelitian terdiri dari 13 dari 19 perusahaan food and beverage. Penentuan sampel tersebut berdasarkan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal dan pertumbuhan perusahaan memiliki daya prediksi untuk keputusan pembagian dividen. Penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa hanya variabel pertumbuhan perusahaan yang secara statistik memberikan pengaruh yang signifikan untuk memprediksi keputusan pembagian dividen.  
BUDAYA MASYARAKAT DAN PARTISIPASI KOPERASI TERHADAP PEMBANGUNAN LINGKUNGAN MASYARAKAT LOKAL DI KABUPATEN PASURUAN (STUDI KASUS PADA PETERNAK SAPI PERAH DAN KOPERASI SUSU DI KABUPATEN PASURUAN) Sutikno, Bambang; Hakim, Abdul
AGROMIX Vol 7 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.758 KB)

Abstract

Budaya masyarakat yang terus dipertahankan secara turun temurun akan  membentu k suatu perilaku yang saling mempengaruhi antara manusia dan lingkungannya .  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya masyarakat terhadap  pembangunan lingkungan masyarakat lo k al dan partisipasi koperasi terhadap  pembangunan lingkungan masyar akat lo k al. Lokasi penelitian di koperasi kabupaten  pasuruan dan pengambilan datanya menggunakan kuisioner. Jumlah sampel yang diambil  sebanyak 70 sample dengan menggunakan random sampling. Analisi data menggunakan  metode GSCA. Hasil penelitian menunjukkan variabel budaya  masyarakat berpengaruh  signifikan dengan pembangunan lingkungan masyarakat lo k al ,  budaya  masyarakat  berpengaruh signifikan dengan pembangunan lingkungan masyarakat lo k al , dan  budaya  masyarakat  berpengaruh signifikan terhadap variabel  partisipasi koperasi .  
ANALISIS SEGMENTASI PASAR “LORJUK” (Solen grensalis) DI KABUPATEN PAMEKASAN Wahyurini, Endang Tri
AGROMIX Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.678 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui segmentasi dan positioning dari produk  “lorjuk”. Keragaan “lorjuk” masih di daerah Pamekasan masih memiliki potensi yang  menjanjikan.  Dalam penelitian ini , penentuan responden dengan metode  purposive sampling at au metode penentuan responden secara sengaja yaitu para produsen “lorjuk” yaitu pencari,  pengolah, pengepul dan penjual “lorjuk” serta konsumen yang mengkonsumsi  “lorjuk”.Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di dua wilayah Kecamatan yaitu  Kecamatan P ademawu dan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Data yang sudah  terkumpul dianalisis menggunakan analisis cluster.Adapun hasil kesimpulan yang diperoleh  adalah sebagai berikut segmentasi “lorjuk” menurut sudut pandang produsen adalah bahwa  “lorjuk” merup akan sumber penghasilan yang masih diminati oleh konsumen - konsumen  tertentu.  Produsen harus melakukan difersifikasi agar produk “lorjuk” yang dijual bisa  bertahan di pasaran. Sedangkan “lorjuk” menurut sudut pandang konsumen adalah bahwa  “lorjuk” Pembahas an tentang cluster 1 menunjukkan bahwa responden yang memilih atribut  rasa enak dan gurih, protein tinggi dan merupakan makanan sehat sebanyak 33,3%,  sedangkan yang memilih atribut suka  seafood ,  prestise dan image yang bagus sebanyak  23,3% dan yang memili h atribut bisa dibuat camilan, dibuat oleh - oleh dan di buat suguhan  tamu sebanyak 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar “lorjuk” untuk  konsumen lebih didominasi karena alasan sebagai makanan camilan, untuk oleh - oleh dan  untuk suguhan tamu diru mah yaitu sebesar 43,3%.   
ANALISIS KELAYAKAN USAHA PEMBIBITAN CENGKEH (STUDI KASUS DESA KEDUNGLURAH KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK) Fuad, Idah Lumhatul
AGROMIX Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.104 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak usaha terhadap peningkatan e konomi  rumah tangga dan menganalisis finansial usaha  pembibitan cengkeh petani . Penelitian ini  dilakukan di  Desa Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek pada bulan Oktober 201 4 . Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan sensus. An alisis partisipasi  diukur menggunakan skala likert, untuk menganalisis hubungan identitas diri dengan partisipasi  menggunakan korelasi Rank Spearman dan analisis kelayakan finansial usaha menggunakan B/C  Ratio. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa t ingkat partisipasi responden 66,67 %  memiliki partisipasi tinggi, 23,81 % memiliki partisipasi sedang dan partisipasi rendah adalah  9,52 %. Tingkat partisipasi ini dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Dari aspek ekonomi aktivitas  pembibitan belum berkontrib usi nyata bagi peningkatan pendapatan rumah tangga anggota. Hasil  analisis finansial usaha menggunakan analisis B/C Ratio diperoleh nilai 1,86 > 1,00. Sehingga  secara finansial, usaha  pembibitan ini dikatakan layak.  
PEMASARAN BIBIT SENGON DI DESA KEDUNGLURAH KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK Fuad, Idah Lumahtul
AGROMIX Vol 6 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.961 KB)

Abstract

Degradasi hutan serta kebutuhan kayu sebagai bahan baku industri yang  terus meningkat sepanjang tahun memungkinkan peluang usaha pembibitan  sengon terbuka lebar . Himpitan ekonomi menyebabkan petani  cenderung menjual  bibit sengon dengan harga murah  sehingga efisiensi pemasaran sulit tercapai.  Panjangnya saluran pemasaran juga menyebabkan keuntungan yang diterima  petani menjadi sedikit.  Mengidentifikasi pola pemasaran bibit sengon sehingga  di ketahui tingkat efisiensin ya  merupakan tujuan penelitian  dan sekaligus m enjawab permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa  Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Pemilihan tempat  dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa masyarakat Desa  Kedunglurah telah  melaksanakan p emasaran bibit sengon . Sistem pemasaran  dianalisis secara deskript if,  efisiensi pemasaran dianalisis dengan nilai margin dan  share  harga . Terdapat 6 pola saluran pemasaran dalam usaha pembibitan sengon di  Desa Kedunglurah . Saluran terpanjang terdapat pada saluran pemasaran IV yakni  petani --- makelar --- pedagang  besar --- pengecer --- konsumen. Panjangnya  saluran  pemasaran berarti semakin banyak lembaga pemasaran yang terlibat sehingga  keuntungan masing - masing lembaga pemasaran semakin kecil. Keuntungan  terbesar yang diterima petani dari pemasaran bibit sengon adalah pada saluran I  yakni pada saat petani menjual secara langsung kepada konsumen seharga Rp  1.000, - . Margin pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran V dan VI  yakni sebesar Rp 750, - . Keuntungan lembaga pemasaran terbesar yaitu Rp 550, - dan Rp 500 a dalah pada saluran V dan VI dimana petani menjual bibit sengon  untuk memenuhi pesanen proyek seharga Rp 250, - .  Share harga pada masing - masing saluran pemasaran berturut - turut 100%, 90%, 65%, 65%, 25%, 25%.  Diketahui bahwa saluran pemasaran V dan VI menunju kkan kondisi pemasaran  yang tidak efisien dilihat dari nilai  share yang kurang dari 40%. Pola saluran V  dan VI tetap dipilih petani dengan pertimbangan kapasitas penjualan yang besar  sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga ataupun  pengemb alian modal pinjaman.  
POTENSI EKONOMI DAN PERAN KOPERASI SUSU DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL Sutikno, Bambang; Batoro, Djati
AGROMIX Vol 7 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.575 KB)

Abstract

Peran koperasi susu dalam pembangunan masayarakat  lok al sangat memberikan pengaruh  .  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  potensi ekonomi terhadap peran  koperasi susu dan peran koperasi susu terhadap pembangunan masyarakat lokal . Lokasi  penel itian di koperasi kabupaten pasuruan dan pengambilan datanya menggunakan  kuisioner. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 70 sample dengan menggunakan random  sampling. Analisi s data menggunakan metnode GSCA. Hasil penelitian menunjukkan  variabel  potensi ekon omi  berpengaruh signifikan dengan  peran koperasi susu dan  peran  koperasi susu berpengaruh signifikan terhadap variabel  pembangunan masyarakat lokal .  
KAJIAN PENERAPAN BUDIDAYA PADI SRI DARI ASPEK SUSTAINABLE AGRICULTURE Masyhudi, Akhmad Jani; Mamilianti, Wenny
AGROMIX Vol 5 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.717 KB)

Abstract

Permasalahan yang ada adalah apakah budidaya SRI yang dilakukan oleh petani sudah bisa  menjaga kelestarian lingkungan khususnya kesuburan tanah/ lahan?.Tujuan dari penelitian ini  adalah (a) m engetahui pengaruh  sumberdaya lokal atau faktor - faktor produksi dalam budidaya  SRI terhadap produksi padi ( kompos, MOL, bibit, tenaga kerja, air) , (b)  mengetahui dampak  budidaya SRI terhadap pendapatan petani , (c) m engetahui dampak budidaya SRI terhadap  lingkungan dengan in dikator kandungan NPK dan agregat tanah (keremahan) .  Hasil yang  dicapai menunjukkan bahwa Dari pelaksanaan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : faktor - faktor produksi yang berpengaruh pada usahatani padi dengan budidaya SRI adalah tenaga kerja  dalam ke luarga (TKDK), tenaga luar keluarga (TKDL), bibit, kompos, MOL dan pupuk  anorganik. Budidaya padi SRI memberikan keuntungan yang signifikan, rata - rata pendapatan  per hektar petani SRI lebih besar daripada petani Non SRI. Perbedaan ini secara statistik nyat a  pada tingkat signifikansi 1 %. Perbedaan pendapatan ini disebabkan jumlah produksi pada  usahatani SRI lebih tinggi sehingga penerimaannya lebih besar meskipun dilihat dari segi biaya  selisihnya hanya sedikit. Dilihat dampak dari usahatani SRI terhadap ka ndungan NPK tanah  pada lahan yang telah menerapkan budidaya SRI lebih dari 4 kali musim tanam atau berkisar 1  tahun lebih menunjukkan kandungan N organik yang tinggi yaitu 0,638 berkisar antara 0,51 - 0,75 sedangkan NON SRI 0,1159 yaitu rendah atau berkisar  antara 0,1 - 0,2. Ini jelas  menunjukkan bahwa budidaya SRI dapat memperbaiki kandungan nutrisi tanah yang sangat  bermanfaat terhadap tanaman.  
PENGEMBANGAN BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN KOPI BERBASIS AGROFORESTRY MELALUI PROGRAM KEHATI CSR PT. TIV PANDAAN DI KAWASAN GUNUNG ARJUNA PRIGREN PASURUAN Aji, Fafit Rahmat; Wibisono, Mulyono; Rusdiansyah, Rony; Yusuf, Diono
AGROMIX Vol 7 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.799 KB)

Abstract

Kajian ini merupakan hasil pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Tirta Investama (PT. TIV) Pandaan Pasuruan melalui program corporate social responsibility, dengan dampingan Kelompok Tani Kopi Puspa Tani Makmur yang tersebar di Desa Jatiarjo, Dayurejo, Ledug, Pecalukan, Prigen dan Lumbangrejo di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa beberapa daerah di Kawasan Gunung Arjuna, tersebut memiliki tingkat keragaman dalam penanganan hayati. Belum semua desa memiliki dasar-dasar pengembangan agroforestry yang baik. Melalui program KEHATi dalam program CSR PT. TIV, komunitas petani yang tersebar di Kawasan Gunung Arjuna Prigen di dorong untuk mengembangkan kopi dan pengolahannya berbasis agroforestry dengan baik.
POTENSI DAN ANALISA KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN MINYAK NILAM SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG BERWIRAUSAHA DI KABUPATEN PASURUAN Munir, Misbach
AGROMIX Vol 4 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.613 KB)

Abstract

Berbicara tentang komoditas ekspor nonmigas, minyak atsiri dari nilam merupakan salah  satu andalan.  Bahkan negeri kita tercatat sebagai pengekspor minyak nilam terbesar di  dunia.  Me ski populer di pasar internasional, anehnya minyak atsiri nilam kurang akrab di  telinga kita. Apalagi masih sedikit yang mengenal sosok tanaman nilam dengan baik.  Padahal ini peluang bisnis di masa depan. Komoditas nilam ( Pogostemon cablin )  merupakan tanam an yang menghasilkan minyak atsiri dengan nilai ekonomi di pasaran luar  negeri sangat baik, mengingat negara penghasil komoditas ini hanya beberapa negara saja  dan salah satunya yang terbesar adalah Indonesia.  Dengan demikian pengembangan  komoditas ini mer upakan langkah strategis dalam menumbuh - kembangkan sektor  agroindustri di Indonesia. Oleh karena itu budidaya tanaman nilam ini perlu diupayakan  dengan dukungan teknologi pengolahan (destilasi) yang lebih efisien dan berkualitas agar  mempunyai daya saing d an lebih efisien serta lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem  konvensional yang ada. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang  akan menjadi fokus penelitian ini, antara lain 1)Bagaimana teknik destilasi (penyulingan)  yang dilakukan o leh unit usaha tani nilam di Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari  Kabupaten Pasuruan.2)Apakah usaha pengolahan minyak di Desa Sekarmojo Kecamatan  Purwosari Kabupaten Pasuruan nilam benar - benar merupakan komoditas yang menjanjikan  secara financial. Dari table dan kurva peramalan permintaan produk dan penawaran harga  di atas dapat disimpulkan bahwa selama 5 tahun ke depan dari tahun 2009 sampai tahun  2013 akan terjadi peningkatan permintaan produk dan penawaran harga produk sebesar  13,66% setiap tahunnya. Seda ngkan penawaran harga juga menunjukkan adanya peningkata  rata - rata sebesar 9,63%. Untuk itu peluang usaha pengolahan minyak nilam ini memiliki  peluang yang cukup besar ditinjau dari permintaan pasar.  Berdasarkan evaluasi hasil  perhitungan, dapat di ketahui jangka waktu pengembalian investasi pada usaha pendirian  pngolahan minyak nilam ini adalah selama 1 tahun 5 bulan 18 hari , lebih kecil dari pada  masa pengembalian investasi yang di tetapkan yaitu selama 5 tahun, sehingga di lihat dari  analisa  Payback Peri od (PP) dan Break Event Point (BEP) ini  layak untuk di realisasikan  
PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI BAGIAN PRODUKSI PT SANG HYANG SERI (PERSERO) KANTOR REGIONAL III WILAYAH JAWA TIMUR) Nuswardhani, Sri Karuniari
AGROMIX Vol 6 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.81 KB)

Abstract

Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan  ( Studi  Kasus  di  B agian  P roduksi PT Sang Hyang Seri (Persero)  K antor Regional III Wilayah  Jawa Timur) .  Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kemampuan  karyawan , (2) menganalisis motiv asi karyawan, (3) menganalisis pengaruh  kemampuan dan motivasi terhadap kinerja karyawan.  Metode yang digunakan  merupakan metode diskriptif. Responden dalam p enelitian ini  berjumlah 38  karyawan  bagian Produksi  PT Sang Hyang  S eri (Persero) Kantor  R egional I II  wilayah Jawa Timur  yang ditentukan secara  sensus . Dipergunakan alat analisis :  regresi dan  analisis jalur. Kemampuan dan Motivasi berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kinerja karyawan . Kemampuan berpengaruh langsung  maupun tidak langsung melalui  motivasi  terhadap kinerja karyawan. Motivasi  berpengaruh langsung  maupun tidak langsung melalui kemampuan  terhadap  kinerja karyawan.  Kemampuan  dan motivasi  berpengaruh  terhadap kinerja  karyawan  sebesar 73,43%, sedangkan 26,57% dipengaruhi oleh variabel lai n. 

Page 1 of 10 | Total Record : 98