cover
Contact Name
fritsrupilele
Contact Email
fritsrupilele@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.depace@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community)
ISSN : 26548356     EISSN : -     DOI : -
J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) is a community service journal published by Victory Sorong University's Internal Quality Assurance Agency (LPMI), which dedicated to the development of knowledge and the realisation of community service, especially in the Papua region. J-DEPACE is a journal that contains articles on community service activities for all fields of science.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
PEMANFAATAN SISTEM MONITORING KEGIATAN TRI DHARMA PT OLEH LEMBAGA PENJAMINAN MUTU INTERNAL UNIVERSITAS VICTORY SORONG Rupilele, Frits Gerit John
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.838 KB)

Abstract

Implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) pada PT merupakan siklus SPMI yang meliputi penetapan standar Dikti, pelaksanaan standar, evaluasi pelaksanaan standar, pengendalian pelaksanaan standar, dan peningkatan standar Dikti. Kendala-kendala implementasi SPMI seperti yang terjadi pada Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Victory Sorong (UNVIC) adalah kesulitan dalam melakukan monitoring dan evaluasi karena menggunakan sistem manual sehingga sulit dalam melakukan pengumpulan data, perekapan dan pembuatan laporan hasil kegiatan yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Pemanfaatan sistem informasi menjadi solusi yang mendukung semua kegiatan penjaminan mutu termasuk monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan standar mutu. Implementasi sistem ini membutuhkan kegiatan berupa workshop pemanfaatan sistem terhadap pengguna sistem antara lain mahasiswa, dosen, dan pimpinan PT dimana pelaksanaan kegiatan ini memastikan semua pengguna sistem mengetahui peran, fungsi dan prosedur sistem dalam melaksanakan kegiatan Tri dharma PT. Sistem ini akan menghasilkan output berupa laporan data kegiatan Tri dharma pada semua program studi di UNVIC Sorong yang meliputi kegiatan pembelajaran di kelas, penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang secara langsung dapat dilihat dan dimonitoring oleh pimpinan PT.
PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SOLUSI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA PADA UMKM KABUPATEN SORONG leiwakabessy, piter; lahallo, fensca fenolisa
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.067 KB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi UMKM cukup kompleks yaitu masih rendahnya produktivitas UMKM yang diakibatkan karena rendahnya kualitas sumber daya manusia UMKM khususnya dalam bidang manajemen, penguasaan teknologi, dan pemasaran. Selain itu, UMKM juga diperhadapkan pada terbatasnya akses kepada sumberdaya produktif, terutama terhadap permodalan, teknologi, informasi dan pasar. Kurangnya permodalan UMKM, oleh karena pada umumnya usaha kecil dan menengah merupakan usaha perorangan atau perusahaan yang sifatnya tertutup, yang mengandalkan pada modal dari pemilik yang jumlahnya sangat terbatas, sedangkan modal pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya sulit diperoleh, karena persyaratan secara administratif dan teknis yang diminta oleh bank tidak dapat dipenuhi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran para UMKM terkait dengan masalah pembiayaan dan memaksimalkan Produktifitas kegiatan UMKM dengan memanfaatkan  peluang fasilitas kredit bank, bantuan koperasi, dan pihak ke 3 penyedia dana dalam membantu mengembangkan UMKM lebih meningkat serta memaksimalkan Kredit Usaha Kecil yang merupakan solusi dalam permasalahan pembiayaan UMKM untuk lebih berkembang dan Maju. Merespon persolaan UMKM dalam mempersiapkan perencanaan bisnis jangka pendek, penyusunan proposal pengembagan usaha serta fasilitas dan mediasi akses ke lembaga keuangan dan berbagai sumber pembiyaan serta manajemen keuangan yang dilakukan bersama pelaku UMKM pada saat pembimbingan teknis ini berjalan.
KONSEP PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS KONSERVASI DI KAMPUNG MALAGUFUK KABUPATEN SORONG Pattiwael, Maya
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.685 KB)

Abstract

Dampak negatif dari kegiatan ekowisata terhadap hutan alam dapat diatasi dengan pemberdayaan masyarakat lokal dalam kegiatan ekowisata yang berbasis konservasi agar kelestarian sumberdaya alam yang ada pada daerah tersebut dapat terus dijaga. Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Kampung Malagufuk berupa sosialisasi tentang pengembangan ekowisata berbasis konservasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Kampung Malagufuk tentang pentingnya menjaga kekayaan sumberdaya alam yang ada pada hutan alam Klasow agar tidak disalahgunakan atau dirusak oleh para pengunjung. Penerapan prinsip dan konsep pengembangan ekowisata berbasis konservasi berupa kelestarian fungsi ekosistem, kelestarian obyek daya tarik wisata alam, kelestarian sosial budaya, kepuasan, keselamatan, dan kenyamanan pengunjung, sertaprinsip manfaat ekonomi. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini berupa penanaman bibit pohon sebagai bukti kepedulian terhadap konservasi  dan mendapat dukungan yang baik dari masyarakat setempat.
PELATIHAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA GURU-GURU KELAS III SD YAPIS TEMINABUAN KABUPTEN SORONG SELATAN soulisa, irwan
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.81 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi di kelas III SD Yapis Teminabuan ditemukan kesalahan-kesalahan dalam menulis huruf tegak bersambung. Sehingga, peneliti merumuskan masalah bagaimana menggunakkan metode Latihan Drill pada siswa untuk meningkatkan ketrampilan menulis huruf tegak bersambung. Tujuan  untuk mengetahui   penulisan huruf  tegak bersambung menggunakan metode latihan Drill pada guru-guru terhadap siswa SD Yapis Teminabuan. Metode yang digunakan adalah metode latihan (Drill)  yang menekankan pada kegiatan latihan yang dilakukan berulang-ulang secara terus menerus untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu kepada siswa SD. Teknik pengumpulan data dari siswa-siswi SD Yapis kelas III dan guru wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% siswa dengan jumlah 35 siswa mengalami kesalahan dalam tulisan tegak bersambungnya.  Kesalahan yang terjadi sebanyak 3107 kesalahan. Yakni (1) kesalahan berdasarkan aspek bentuk huruf (2) kesalahan berdasarkan aspek kerapian tulisan dan (3) kesalahan berdasarkan aspek kejelasan tulisan. Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf tegak bersambung ini berasal dari siswa dan guru . Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 75% siswa sudah mampu menulis huruf tegak bersambung dengan cukup baik, hal ini dapat terlihat jumlah jenis kesalahan yang terjadi pada masing-masing hasil tulisan tegak bersambung siswa. Adapun saran yang dapat diberikan untuk guru kelas, agar memberikan pembelajaran tentang menulis huruf tegak bersambung dengan benar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang ada.
SOSIALISASI PENANGANAN KONFLIK SOSIAL DI KELURAHAN KLAWUYUK KOTA SORONG palilu, aram
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.893 KB)

Abstract

Konflik sosial selalu ada, disebabkan karena adanya perbedaan-perbedaan kepentingan dari individu-individu dan kelompok-kelompok maupun persoalan dibidang SARA (Suku, Agama, dan Ras); politik, ekonomi serta menyangkut sosial dan budaya. Karena itu, bagaimana dikelola/dikontrol didalam penanganannya agar tidak berdampak gejolak atau mengarah pada kekerasan fisik, kehilangan harta adanya korban jiwa. Penanganan konflik yang efektif tentu menetralisir tingkat intensitas konflik ke arah terciptanya suasana yang harmonis, tenteram, aman dan sejahtera.Motode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pendidikan masyarakat. Tahapan penyuluhan terdiri dari studi pendahuluan, pemaparan materi, dan evaluasi. Kegiatan penyuluhan melalui sosialisasi tentang penanganan konflik sosial ditujukan kepada khalayak sasaran. Tingkat keberhasilan sosialisasi ini ditentukan oleh adanya perbedaan pemahaman dan pengetahuan mengenai penanganan konflik yang belum baik dengan sesudah pelaksanaan sosialisasi, dimana adanya pemahaman dan pengetahuan yang lebih komprehensif dan terintegral.
PENDIDIKAN KATEKISASI KEPADA REMAJA DI JEMAAT GKI KASIH PERUMNAS SORONG Leuwol, Natasya Virginia
J-DEPACE Vol 1, No 1 (2018): Desember
Publisher : Universitas Victory Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.317 KB)

Abstract

Katekisasi merupakan salah satu bentuk pelayanan pendidikan kristiani yang dilakukan oleh gereja. Salah satu fungsi dari tugas pelayanan gereja adalah memberikan pelayanan katekisasi sidi bagi kaum remaja. Pelayanan katekisasi sidi dilakukan kepada kaum remaja agar mereka mengenal dan memahami akan iman Kristen yang sesungguhnya, agar mereka menjadi dewasa dan bertanggungjawab akan hidup Tujuan dilakukan katekisasi adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Katekisasi Sidi Terhadap Tingkah Laku Remaja di Gereja GKI Kasih Perumnas Sorong. Dengan diberikan pengajaran katekisasi sidi kepada kaum remaja diharapkan agar mereka sanggup merealisasikan imannya dalam masalah kesaksian dan pelayanannya di dunia. Juga dapat dikatakan bahwa tujuan katekisasi diberikan kepada kaum remaja adalah untuk membangun diri kaum remaja itu sendiri menjadi jemaat yang missioner di kemudian hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018