cover
Contact Name
Dr. Evi Triandini, M.Eng.
Contact Email
jurnalwidyabhakti@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalwidyabhakti@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
ISSN : 26546418     EISSN : 26545918     DOI : -
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product improvement dan lain-lain.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2019)" : 19 Documents clear
Pengenalan dan Demonstrasi Penggunaan Traktor pada Krama Subak Desa Adat Anggabaya Javandira, Cokorda; Raka, I Dewa Nyoman; Salasa Gama, Agus Wahyudi
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.492 KB)

Abstract

Kemitraan antara Desa Adat dengan Perguruan Tinggi dalam hal sharing teknologi dan seni untuk pemberdayaan masyarakat di bidang pengembangan pertanian, ekonomi, sosial, dan budaya. Desa Adat Anggabaya memiliki tiga kelompok Subak yaitu Subak Anggabaya, Subak Umalayu dan Subak Umadesa. Subak merupakan sebuah organisasi masyarakat hukum adat tradisional Bali yang bersifat sosio, agraris, religius yang membidangi dalam irigasi sawah dan pola tanam di lahan sawah. Salah satu permasalahan yang dihadapi petani subak dalam budidaya tanaman padi yakni pada pengolahan tanah yaitu keterbatasan pengetahuan mengenai traktor. Pengolahan tanah dilakukan sebelum tanam, pengolahan tanah ini bertujuan untuk membalikkan tanah, membersihkan tanah dari sisa-sisa tanaman dan untuk mengurangi serangan pathogen tanaman. Selama ini yang menyebabkan petani mengalami penundaan penanam padi karena bergilirnya penggunaan traktor. Oleh karena itu diperlukan upaya pengenalan mengenai traktor serta demonstrasi penggunaanya, agar krama subak mampu mengoperasikan traktor di lahan sawah miliknya. Kegiatan dalam pengabdian ini dengan memberikan penyuluhan pengenalan jenis- jenis traktor, memberikan pengetahuan bagian- bagian traktor, memberikan penyuluhan mekanisasi traktor dan melakukan pelatihan demonstrasi penggunaan traktor. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diperoleh simpulan bahwa petani memiliki pengetahuan mengenai jenis-jenis traktor, bagian-bagian traktor dan mekanisasi traktor serta mampu dan terampil dalam mengoperasikan traktor
Pengabdian Masyarakat Pengenalan Internet Sehat di Panti Asuhan Semara Putra Klungkung Dewanti, Paula; Putra Pertama, Pande Putu Gede; Indriyani, Indriyani
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.687 KB)

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar dari Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 1 Ayat 9. Sebagai bagian dari sivitas akademika, UKM KMHD STIKOM Bali bersama beberapa Dosen Pendamping mengadakan Pengabdian Masyarakat bertempat di Panti Asuhan Semara Putra Klungkung, Bali. Pengabdian yang bertemakan “Melangkah Bersama untuk Berbagi Cinta Kasih”, bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian sosial antar sesama manusia pada generasi muda, khususnya bagi mahasiswa. Pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi tentang internet sehat yang bertujuan meningkatkan pemahaman anak-anak panti sebagai audiens. Dalam kegiatan tersebut juga diberikan pelatihan membuat Canang Sari bagi anak-anak panti perempuan yang dijelaskan oleh perwakilan dari Teruni Jegeg. Sementara anak laki-laki diberi pelatihan membuat Klakat yang di jelaskan oleh perwakilan dari Teruna Bagus didampingi oleh beberapa peserta dari anggota UKM KMHD STIKOM Bali dan para finalis Teruna Bagus Teruni Jegeg STIKOM Bali 2018
Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi Bhaskara Gautama, I Made; Rahmani Putri, Dian
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.446 KB)

Abstract

May’s Kitchenette merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang usaha aneka kue. Usaha ini banyak dilakukan oleh pelaku usaha karena permintaan akan aneka kue tidak pernah surut, baik itu karena kebutuhan pada acara-acara formal maupun keagamaan. Banyaknya usaha kue membuat persaingan semakin ketat. Setiap usaha kue harus memiliki ciri khas atau keunggulan agar dapat menarik perhatian konsumen. Usaha kue May’s Kitchenette memiliki keunggulan karena beberapa kue yang diproduksi menggunakan bahan non-konvensional seperti ketan hitam, singkong, dan pisang. Namun, di balik keunggulannya tersebut, usaha ini mengemas kuenya tanpa menggunakan label sehingga produknya susah diingat oleh konsumen secara visual. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu pengelola usaha dalam merancang label dan banner sehingga dapat digunakan sebagai media promosi. Perancangan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode dan teori tentang desain kemasan sehingga dapat menciptakan desain label dan banner yang mampu menstimulasi nafsu makan konsumen dan memberi ingatan visual sehingga produk lebih mudah diingat.
Pelatihan Pengolahan dan Pengemasan Kacang Mentik di Desa Bukit Suniantara, I Ketut Putu; Wiantara Putra, I Gede Eka; Hutajulu, Samuel
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.434 KB)

Abstract

Industri rumah tangga kacang mentik goreng yang digeluti oleh Ni Komang Arini merupakan usaha sampingan. Usaha ini sudah cukup lama dijalankan sekitar 2,5 tahun. Usaha mitra mengalami pasang surut tergantung dari permintaan pasaran terutama pada saat hari raya besar Agama Hindu. Kendala dalam proses produksi masih menggunakan alat yang sederhana dengan pemasaran produk yang dijual tanpa ada label. Pengemasan produk dilakukan hanya dengan merekatkan pada api lilin sehingga barang produksinya mudah melempem. Kacang mentik yang dihasilkan hanya rasa original tanpa campuran rasa hanya campuran garam saja. Tujuan dari pengadian masyarakat ini yaitu ingin membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra yaitu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk sehingga tidak mudah melempem melalui proses pengemasan yang lebih baik dan menyediakan label sehingga produk yang dihasilkan lebih mudah dikenal oleh masyarakat serta pengolahan kacang dengan berbagai rasa. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan sosialisasi, pemberian sumbangan alat produksi, pengolahan, pembuatan brand dan evaluasi. Pada tahap pengolahan diperkenalkan bahwa kacang mentik dapat dibuat dengan rasa pedas manis, balado, dan barbeque. Target lainnnya mitra dibuatkan desain merk pada kemasan dengan nama “Kacang Mentik Khas Tebu” Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pengabdian, mitra menyatakan bahwa pengabdian yang dilaksanakan cukup membantu dalam pengembangan usahanya
PKM Pengenalan Teknologi Informasi dan Profesi di Era Digital Bagi Siswa Kelompok Taman Para Belajar di Desa Susut, Kabupaten Bangli Ariasih, Ni Kadek; Indrawan, I Gusti Agung; Ayu Anom, I Gusti
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.988 KB)

Abstract

Kelompok Taman Para Belajar merupakan sebuah kelompok pendidikan nonformal dan nonprofit yang terletak di Banjar Susut Kaja, Desa Susut, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Kelompok Taman Para Belajar didirikan dengan tujuan untuk menampung anak-anak sekolah dasar yang tidak mampu untuk diberikan pelajaran tambahan di luar sekolah seperti Bahasa Bali, Bahasa Inggris dan budi pekerti yang diberikan oleh para pengajar atau relawan tanpa dipungut biaya. Melihat perkembangan pengetahuan dan teknologi di era saat ini menggelitik pendiri Kelompok Taman Para Belajar menginginkan ada pengajar atau relawan yang bisa mengenalkan pengetahuan dan profesi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan profesi di era digital. Serangkaian dengan Program STIKI Peduli dibuatlah suatu pelatihan dengan metode pemberian materi pengenalan teknologi informasi khususnya komputer dan internet. Pemberian materi pengenalan profesi di era digital dengan contoh aplikasi yang berkaitan dengan profesi web developer dan web design seperti aplikasi PHP, Dream Weaver, Adobe Photoshop, sehingga anak-anak Kelompok Taman Para Belajar dapat membuka wawasan pengetahuan mereka khususnya teknologi informasi dan cita-cita melalui pengenalan profesi di era digital. Hasil pelatihan ini memperoleh kepuasan yang sangat baik atas materi yang telah dilaksanakan.
Promosi Online Bibit Dan Lebah Madu pada UD Mutiara Triandini, Evi; Edwar, Edwar
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.941 KB)

Abstract

Madu dikenal sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Fungsi madu adalah salah satunya sebagai antibiotic. Madu dapat disimpan dalam waktu lama karena madu memiliki tekanan osmotic sehingga dapat meningkatkan ketahanannya terhadap kerusakan strukturnya dari mikroorganisme. UD Mutiara merupakan mitra dalam kegiatan pengabdian ini. Usaha yang dimiliki oleh mitra telah berdiri sejak tahun 2012. Mitra menjual madu murni dan bibit lebah. Saat ini jumlah produk madu yang yang dijual di kalayak masih banyak yang belum menjamin keasliannya. Peluang untuk memasarkan produk madu murni milik UD Mutiara sangat tinggi mengingat jumlah produksi yang cukup banyak. Mitra telah memasarkan produknya dengan cara tradisional maupun menggunakan media social yaitu facebook. Namun keberadaan media tersebut masih belum bisa memasarkan produknya dengan cepat sehingga diperlukan media lain untuk memperluas jangkauan pemasaran produknya. Berkenaan dengan permasalahan yang dialami oleh mitra, maka solusi yang diberikan untuk mitra yaitu dengan membangun media promosi secara online yaitu laman. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu membangun media pemasaran online untuk memperluas jangkauan promosi produk sehingga memberikan manfaat bagi usaha mitra.
Pemberdayaan Kelompok Tani Sari Pertiwi Dengan Teknologi Hidroponik Tenaga Surya Agus Santoso, Pande Putu; Widyarsana, I Putu; Ari Andana, I Putu
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.512 KB)

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Kelompok Tani Sari Pertiwi yang berlokasi di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Kelompok ini bergerak di bidang pertanian sayur seperti seledri, sayur hijau dan cabai. Berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat sasaran disepakati bahwa permasalahan yang akan diselesaiakan melalui program kemitraan masyarakat ini adalah sistem pertanian hidroponik selama ini masih menggunakan listrik PLN sebagai sumber penggerak pompa air, sehingga kurang ramah lingkungan dan pembebanan finansial. Upaya pemecahan masalah dilakukan melalui program kemitraan masyarakat ini adalah: pembangunan teknologi hidroponik dan instalasi panel surya sebagai sumber energi listrik bagi pompa air di dalam teknologi hidroponik sistem NFT. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah metode PALS (participation action learning system) dan ceramah-diskusi.
Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Di Tabanan Satria Wijaya, I Gusti Ngurah; Gus Oka Ciptahadi, Ketut; Erik Pratama Yasa, I Putu
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.091 KB)

Abstract

Keripik tempe merupakan camilan merakyat yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Keripik tempe juga dinikmati sebagai makanan pelengkap untuk nasi dan lauk. Keripik tempe IRT Gek Mas memiliki rasa yang enak, renyah, dan makanan yang mengandung kandungan protein yang tinggi dan menyehatkan. Kendala yang ditemui di lapangan adalah IRT Gek Mas dalam memproduksi keripik tempe masih menggunakan cara yang sederhana sehingga jika dilihat dari segi jumlah produksi masih kurang optimal. Kendala kedua dari segi marketing adalah kemasan produk tidak memiliki label. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu IRT Gek Mas meningkatkan omzet penjualan keripik tempe dan pendapatan usahanya. Metode yang digunakan adalah pemberian bantuan alat produksi berupa kompor gas tungku, tabung gas, dan alat press kemasan. Kedua memberikan suatu penyuluhan tentang manfaat dan tujuan dari label pada kemasan serta pelatihan untuk memberi label kemasan keripik tempe. Hasil dari evaluasi kegiatan pengabdian ini adalah berupa hasil laporan keuangan IRT Gek Mas per 31 Desember 2018 dengan jumlah profit IRT sebesar Rp 1.843.600. Ini berarti terjadi kenaikan profit sebesar 104,8 %. Kedua, hasil dari kuisioner adalah peserta penyuluhan/pelatihan dapat menerima, memahami kegiatan ini serta mampu menggunakan tambahan ilmu ini untuk meningkatkan kegiatan promosi produk.
Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan Eka Darma Udayana, I Putu Agus; Avendias Mahawan, I Made; Arya Ganda Wiguna, I Komang
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.11 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah sangat didukung oleh kuantitas usaha yang ada di daerah tersebut. Salah satu usaha yang dapat menopang ekonomi daerah tersebut adalah usaha industri rumah tangga. Rock Waterfall Fountain Miniatures merupakan salah satu industri rumah tangga atau UKM yang terletak di Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung - Bali. Industri tersebut menyediakan beragam model miniatur air terjun. Pada perkembangannya, terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh industri rumah tersebut. Masalah yang dihadapi oleh industri rumah tangga ini adalah keterbatasan pengetahuan dalam membuat media promosi yang menarik dan informatif, sehingga tidak banyak konsumen yang mengetahui lokasi penjualan atau pembuatan serta produk miniatur yang dihasilkan oleh industri ini. Hal ini tentunya akan searah dengan daya jual produk tersebut, semakin sedikit yang mengetahui keberadaan industri ini dan produk yang dihasilkan, maka akan semakin kecil kemungkinan produk yang dihasilkan akan laku terjual. Berdasarkan permasalahan tersebut, industri ini membutuhkan pengetahuan mengenai teknik pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan solusi yang sangat tepat digunakan untuk memecahkan permasalahan pemasaran produk.
Pengembangan Dan Penerapan Web Media Promosi Pada Usaha Ternak Itik Di Banjar Antugan Desa Nyitdah Tabanan Pivin Suwirmayanti, Ni Luh Gede; Ady Aryanto, I Komang Agus; Arista Mudita Jaya, A.A Gede
WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.28 KB)

Abstract

Daerah Kediri, Tabanan-Bali tepatnya di Desa Nyitdah sebagian besar sumber pencarian utama masyarakatnya adalah pengrajin genteng. Tetapi beberapa masyarakat memiliki inovasi lain dalam usaha yang digelutinya seperti usaha ternak. Salah satu pengusaha yang menggeluti usaha peternakan itik ini adalah ibu Endang Mariani berlokasi di Banjar Antugan, Desa Nyitdah. Ibu Endang Mariani mulai merintis usaha ternak itik ini dari tahun 2012. Usaha ternak itik ini memperoleh penghasilan yang tidak tetap dalam satu bulan, sebab bergantung pada permintaan pelanggan. Salah satu faktor penentu keberhasilan suatu usaha peternakan itik adalah pemasaran atau promosi, sehingga media pemasaran online berbasis web merupakan salah satu stategi pemasaran yang dapat digunakan untuk memperluas wilayah pemasaran. Mitra diberikannya pelatihan berupa penerapan iptek melalui media pemasaran online berupa web promosi yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai hasil ternak itik dan lokasi usaha dari mitra, dan hasilnya mitra telah mampu menggunakan media pemasaran online berupa website dengan nama bebekmariani.com. sehingga dapat meningkatkan wawasan mitra tentang media promosi online serta dapat meningkatkan pendapatan mitra.

Page 1 of 2 | Total Record : 19