cover
Contact Name
faris
Contact Email
faris@yudharta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
faris@yudharta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL HERITAGE
ISSN : 20880626     EISSN : 24427365     DOI : -
Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media cetak.
Articles 46 Documents
STUDI TENTANG PERCEPTION OF SEXUAL BEHAVIOR PRANIKAH DITINJAU DARI JENIS PENDIDIKAN DI YAYASAN MA’ARIF Setiawan, Aris
HERITAGE Vol 6 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap individu mempunyai persepsi yang berbeda pada suatu stimulus yang mereka terima, meskipun stimulus itu sama akan tetapi hasil persepsinya akan berbeda. Adanya suatu kebudayaan, lingkungan sosial, serta kepercayaan akan memberikan arti terhadap objek yang dimaknai individu, dan akhirnya individu akan berperan dalam menentukan jawaban yang berupa sikap dan tingkah laku individu terhadap objek yang dipersepsi. Di Indonesia belakangan ini fenomena yang sering terjadi tentang seksualitas pada kalangan remaja, seakan-akan seks pranikah sudah menjadi suatu hal yang wajar dalam menyalurkan ungkapan kasih dan sayang (berpacaran). Adapun jenis pendidikan Sekolah Menengah Atas yang ada di Indonesia ialah Lembaga Pendidikan Umum atau dikenal dengan SMA dan Lembaga Pendidikan Agama atau MA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi tentang perilaku seksual pranikah antara siswa pada Lembaga Pendidikan Umum (SMA) dengan siswa pada Lembaga Pendidikan Agama (MA) di SMA dan MA Ma’arif Sukorejo.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN S.Sos.,M.AB., M.Sulhan,; Huda,S.Sos.,M.AB., Miftahul
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.899 KB)

Abstract

PT Otsuka Indonesia Unit Pabrik LVP PB periode tahun 2012 sampai 2014 cenderungmeningkat menunjukkan bahwa kinerja karyawan yang baik, sehingga menarik peneliti untukmengkaji variabel yang mempengaruhinya dari sisi Kompensasi Finansial, dan Non Finansial.Kompensasi Finansial, dan Non Finansial merupakan alat yang dapat dipergunakan olehperusahaan untuk meningkatkan motivasi dan Kinerja Karyawan. Tujuan penelitian ini untukmenguji pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi Non Finansial terhadap motivasi dankinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris dengan pendekatan positivistresearch atau pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi finansialberpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi non finansial berpengaruhsignifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi non finansial berpengaruh signifikan terhadapmotivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS TERPAAN IKLAN DALAM APLIKASI SEBUAH SMARTPHONE Fazizah,S.Sos.,M.AB., Amma
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.221 KB)

Abstract

Semakin berkembangannya era globalisasi saat ini banyak sekali dampak dari perubahan gayahidup di masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok. Perkembangan teknologi menjadisemakin canggih dan mempunyai fitur-fitur menarik di dalamnya. Termasuk salah satunyaperkembangan teknologi mobile/telepon. teknologi mobile/t4elepon yang familiar digunakan sebagianbesar masyarakat saat ini adalah telepon pintar/smartphone.Karena hal itulah tentu terdapat pengaruh positif dan negatif dari berbagai fenomena yang ada.Diantaranya semakin banyaknya karakteristik pengguna smartphone dengan berbagai macam merek danfitur-fitur yang berbeda.Dampak dari penggunaan teknologi smartphone tersebut menyebabkan sebuah candu dan rasaketergantungan akan menggunakannya, sehingga berdampak negatif. Selain berdampak positif darifenomena yang ada juga menimbulkan dampak positif bagi dunia usaha, yaitu upaya produsen dalammemasang iklan untuk memasarkan produknya di dalam aplikasi sebuah smartphone.Perubahan tingkat pemakaian/penggunaan sebuah produk komunikasi yang semakin cepatmembuat sistem komunikasi seseorang semakin berkembang sehingga sangat mempengaruhi duniaperiklanan dalam aplikasi sebuah smartphone.Dari perkembangan komunikasi yang semakin cepat menyebabkan dampak yang besar padadunia advertising pada aplikasi sebuah smartphone. Hal demikian memberikan peluang yangmenguntungkan sebuah perusahaan untuk mengiklankan produk/jasanya dalam bentuk mobileadvertisement. Iklan ini bisa ditampilkan dalam Mobile advertisement adalah sebuah iklan yang dapattampil dalam berbagai bentuk diantaranya sound, music, tulisan, model grafik, lewat terminal komunikasisebuah smartphone (N. Sott dan I. Respini : 2001)Banyak perusahaan membentuk hubungan/kerjasama secara intens denganpengusaha/pengembang sebuah aplikasi dalam smartphone yang paling banyak di download penggunadan aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna, kemudian pada aplikasi tersebut disisipkan sebuahiklan. Mobile advertisement mempunyai kelebihan diantaranya bisa melakukan one to one pemasarandan mass marketing dalam waktu yang sama (Carhm, Inter : 2002)Seiring berjalan waktu dan berkembangnya teknologi komunikasi, banyak perusahaan yangmemperhatikan efek dari pemasangan iklan di sebuah aplikasi smartphone, untuk mengetahui tingkatefektifitas strategi pemasaran produk/jasa mereka melalui pemasangan iklan dalam aplikasi sebuahsmartphone.Penelitian ini tidak lain bertujuan untuk menginvestigasi terhadap efektivitas sebuah iklan dalamaplikasi sebuah smartphone dan menginvestigasi beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi parapengguna dalam mengunakan smartphone tersebut. Diharapkan penelitian ini ke depan bisa memberikankontribusi/rekomendasi tentang beberapa kualifikasi iklan yang bagus di masyarakat.Metode survey akan diterapkan pada penelitian ini dan melihat hubungan antara beberapapengukuran tentang advertising pada aplikasi sebuah smartphone.
STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PT. PLN UPJ SUKOREJO
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.262 KB)

Abstract

Pelayanan merupakan unsur yang sangat penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada dasarnyaposisi pelayanan ini merupakan faktor pendukung terhadap aktifitas pemasaran jasa PLN. Dalam rangka meningkatkanpelayanan penyediaan tenaga listik oleh PT PLN kepada masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya.Maka dalam hal ini PT. PLN UPJ Sukorejo melaksanakan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pelayananyang tiada henti kepada pelanggan dan secara berkesinambungan. Dalam proses penelitian ini menggunakan berbagaimetode diantaranya Metode Observasi, Interview dan Dokumentasi. Dalam pembahasan beberapa Strategi PT. PLNUPJ Sukorejo dalam meningkatkan pelayanan adalah Sosialisasi Pelayanan Tiada Henti Bayar Listrik On-Line Bank,Mitra pembayaran program pembayaran listrik on-line bank, Sosialisasi Listrik Pra Bayar (LPB), Strategi PT. PLN UPJSukrejo dalam mengatasi masalah APBN. pelayanan-pelayanan dalam mengatasi keluhan yang diberikan olehpelanggan sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Schnaars dalam Tjiptono (1998), yaitu Penanganan keluhanmemberikan peluang untuk mengubah seorang pelanggan yang tidak puas menjadi pelanggan produk perusahaan yangpuas (atau bahkan menjadi ’pelanggan yang abadi’). Maka dalam hal ini PT.PLN.UPJ Sukorejo merupakan salah satuunit pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat.
Teknologi Media Informasi Dan Komunikasi Dalam Keniscayaan Praktik Interaksi Sosial S.Sos.,M.Med.Kom, Faris,
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.365 KB)

Abstract

Penyebaran teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang pesat. Hal ini tidak laindikarenakan oleh dukungan teknologi yang semakin canggih yang mampu membawamasyarakat ke peradaban yang lebih maju.Teknologi komunikasi juga telah mengubah fungsimedium, bila semula medium hanya sebagi saluran, kini ia menjadi pesan itu sendiri. mediasebagai alat atau sarana penyampaian pesan telah memiliki fungsi yang besar dalamkehidupan masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakincepat dan semakin canggih. Namun dengan perkembangan tersebut dapat mengubah fungsidan peranan media, dimana media telah menjadi alat dari pemilik modal yang tidakmementingkan nilai-nilai dan norma-norma agama dan norma kesusilaan, yang menjadipedoman dan prinsip dalam kehidupan, sehingga diperlukannya; 1.Rekonstruksi media,2.Rekonstruksi sistem pendidikan, 3.Rekonstruksi perundangan pers.
IMPROVING VOCABULARY ABILITY BY USING GAME APPLICATION (COC) Zuhriyah, S.S., M.Pd, Aminatuz
HERITAGE Vol 5 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.531 KB)

Abstract

The problems of this research were how to improve vocabulary using game application (COC) andhow to motivate the students to apply it in their d English. The research was guided by a conceptualframework leading to the using game aplication through peer work to improve their motivation to speakEnglish during the process of classroom communication interaction. The research type was an actionresearch. The subject consisted of 20 students of the third grade of Islamic Elementary School DarutTaqwa in 2016-2017 academic years. The research data were collected using test (test after first treatmentand test after the second treatment), observation for collecting data on the students’ motivation inimproving vocabulary ability using series pictures. The Data on vocabulary ability using game application(COC) were analyzed using the descriptive and statistic analysis, to know the improvement in meanstudents after the first cycle and the second cycle. Based on the first cycle, the students’ average was 67.8,then, on the second treatment, the students’ average increase to be 78.8. It can conclude that teachingvocabulary using game application can improve students’ vocabulary ability.
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ORKES MELAYU DANGDUT KOPLO DI JAWA TIMUR Muyasaroh,S.Sos.,M.I.Kom, Siti; ,S.Sos.,M.Med.Kom, Faris
HERITAGE Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.797 KB)

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi bisnis Dangdut Koplo saatini, yang nantinya dapat menjadi acuan analisis dan pemetaan komunikasi bisnis Dangdut Koplo.Mengukur efektivitas komunikasi bisnis dalam memasarkan Dangdut Koplo.Memberikan usulansekmentasi pasar baru Dangdut Koplo untuk mengantisipasi kontoversi keberadaan Dangdut Koplosaat ini diProvinsi Jawa Timur.Dengan kotroversi keberadaan Dangdut Koplo yang ada dan minat masyarakat dalammenikmati Dangdut Koplo, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orangtua tentunya dapatmenjadikan peluang sekmentasi pasar yang lebih luas dan tidak mengebiri nilai-nilai moral budayaketimuran yang melekat pada Dangdut Koplo.Untuk lebih dapat mengamati bagaimana komunikasi pelaku bisnis Dangdut Koplo di JawaTimur, kami akan menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Mengingat objek penelitianpelaku utama bisnis yang tidak terlalu banyak namun menyebar di Jawa Timur. Dengan model inidiharapkan dapat menjelaskan dengan detail bagaimana komunikasi bisnis Dangdut Koplo,sehingga dengan penggambaran ini dapat menghasilkan kualitas penelitian yang mendalam.Dari hasil analisis dapat di simpulkan bahwa indutri kreatif dikalangan masyarakat klasbawah sebetulnya pasarnya sangat menjanjikan jikalau pemerntah daerah sadar betul dalammembina dan mengarahkan para pekerja seni ini, para orkes melayu ini strategi komunikasi bisninyarata-rata masih mengandalakan dari mulut-ke mulut dan jarang dari mereka yang benar seriusmelakukan konsep komunikasi pemasaran musik dangdut koplony, pola komunikasi rata dari merekamasih bertipe roda yaitu masih dikendalikan dengan satu poros, sedang segmentasi dari para orkesmalayu dangdut koplo ini kalangan anak muda hanya saja tiidak digarap dengan serius hanyabebrapa saja yang membentuk komunitas-komunitas guna menjalin hubungan dengan penggemarpenggemar orkes malayu
Optimalisasi Peran KPU dalam membangun Partisipasi Masyarakat Prianto,S.Sos.,MPA, Agus
HERITAGE Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.243 KB)

Abstract

Tingkat partisipasi politik adalah hal yang mempengaruhi sistem politik sebuah negara yang demokratis, karena sistem politik yang demokratis tidak akan ada artinya tanpa adanya partisipasi politik. Partisipasi politik mempunyai hubungan dengan kepentingan masyarakat. Sehingga apa yang dilakukan rakyat dalam partisipasinya menunjukkan derajat kepentingan mereka. Pada dasarnya apa yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan politiknya, tidak lebih dari sebuah ungkapan tanggung jawab mereka terhadap keberlangsungan gerak dari pemerintah. Banyak masyarakat merefleksikannya dalam bentuk partisipasi politik aktif dalam pemilu.Menurut Samuel P. Huntington dan Joan M. partisipasi politik adalah aktivitas warga Negara secara pribadi yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pembuatan keputusan pemerintah. Partisipasi politik dapat bersifat individu ataupun kolektif, terorganisasi ataupun spontan, mapan, atau sporadis, damai atau kekerasan, legal ataupun illegal, efektif atau tidak. Partisipasi politik juga bisa berarti kegiatan mempengaruhi pemerintah, terlepas dari kegiatan secara langsung atau tidak. Langsung berarti ia sendiri tanpa perantara dan taidak langsung melalui orang-orang yang dapat menyalurkan pemerintah.Bentuk dan tingkat partisipasi masyarakat ditentukan oleh tingkat pemahaman politik masyarakat, berdasarkan data yang diperoleh dilapangan maka mayoritas warga pasuruan berada pada tidak melek politik, sebagaimana sejumlah 68,87% dan sisanya 31,13% Sebagaimana penjelasan atas pentingnya partisipasi, merupakan hal yang berkaitan dengan nilai-nilai demokratisasi, dengan menempatkan kekuasaan ditangan rakyat dan memakai pemilu sebagai bentuk penyaluran kekuasaan distribusi of power baik pada tingkat eksektuif dan legislative maka dari itu, jika mengkaji kondisi tingkat partisipasi masyarakat diKabupaten Pasuruan masih berada pada tingkat partisipasi semu pesudo participation.
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2013 S.Sos.,M.AB, Nuraeni; Rakhmawati,S.Sos., Antin
HERITAGE Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.22 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik  Perusahaan yang diproksikan dengan pertumbuhan perusahaan, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responbility yang diukur dengan item 79 CSR pada Perusahaan Food And Beverage yang listing di BEI periode 2010-2013.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dan sampel yang digunakan adalah 9 Perusahaan Food And Beverage yang listing di BEI periode 2009 - 2013 yang sudah dipublikasikan laporan keungannya periode 2009-2013. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Growth dan Size berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responbility Sedangkan variabel profitabilitas dan Leverage berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Corporate Social Responbility.
PENERAPAN MODEL TAM TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) Fazizah,S.Sos.,M.AB., Amma
HERITAGE Vol 4 No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.016 KB)

Abstract

Perguruan Tinggi sebagai organisasi pendidikan, tentu sudah mengadopsi penggunaan sisteminformasi dalam aktivitasnya, yaitu sistem informasi akademik (siakad). Semua itu tidak terlepas daribentuk peningkatan pelayanan dan kualitas sumber daya manusa di dalamnya. Semakin berkembangperguruan tinggi tersebut maka semakin besar tantangan yang akan dihadapi diantaranyabertambahnya jumlah mahasiswa.Universitas Yudharta telah memiliki sistem informasi akademik (siakad) sejak tahun 2014.Siakad Universitas Yudharta Pasuruan berbasis online telah disosialisasikan lembaga kepadapengguna yaitu mahasiswa, dosen dan pegawai. Diharapkan dengan adanya aplikasi Siakad ini bisamembantu kegiatan civitas akademik (pengguna) bagi Universitas Yudharta Pasuruan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa sajakah yang mempengaruhi penerimaanpengguna terhadap penggunaan aplikasi Siakad di lingkungan Universitas Yudharta Pasuruan. Modelyang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM). Variabel TAM tersebut terdiri dari 4variabel diantaranya (perceived ease of use/persepsi kemudahan), (perceived usefulness/persepsipengguna terhadap manfaat), (attitude toward using/sikap pengguna terhadap penggunaan) dan (actualusage/penggunaan nyata).Alat analisis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) yang bertujuan untukmenganalisis hubungan antara variabel dengan menggunakan program AMOS 7.0. Adapun sampelpenelitian sebanyak 115 kuesioner. Hasil penilaian dan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa tingkatpenerimaan pengguna aplikasi Siakad disimpulkan setuju/baik.Pada teori sistem keprilakuan Model Tam ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkatpersepsi pengguna Siakad (mahasiswa) terhadap PEOU dan PU, adapun ATU tidak berpengaruh padatingkat penerimaan pengguna SIAKAD (mahasiswa). sedangkan untuk variabel AU ada yang tidakberpengaruh pada penerimaan pengguna Siakad (mahasiswa) adalah error. Dikarenakan penggunaSiakad merasa masih kesulitan untuk mencari informasi dalam web tersebut.