cover
Contact Name
zakky zamrudi
Contact Email
attadbir.uniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jzakky@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
ISSN : 19791127     EISSN : 25027433     DOI : -
urnal ilmiah manajemen At-Tadbir menerbitkan artikel dalam ranah ekonomi, manajemen, dan bisnis dalam lingkup keuangan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sistem informasi, dan menajemen strategi. At-Tadbir diterbitkan pertama pada tahun 2017 secara online dengan volume 1 nomor 1, Januari 2016 oleh Program Studi Magister Manajemen, di bawah Program Pascasarjana Universitas Islam Kalimantan, Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin. At-Tadbir diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen" : 7 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SUMBER BERLIAN MOTORS KM.5 BANJARMASIN Bulkia, Sri; Herawati, Ana Sofia
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1354

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, dan bagaimana pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Sumber Berlian Motors KM. 5 yang berjumlah 70 orang dengan ukuran sampel 50 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari kuesioner yang telah dibagikan kepada karyawan PT. Sumber Berlian Motors KM.5 Banjarmasin. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh secara tidak langsung dan berkaitan dengan objek penelitian dalam bentuk catatan perusahaan, dokumentasi dan literatur dari buku literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa semua hipotesis memiliki pengaruh positif dan signifikan. Pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Pelatihan dan motivasi secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan dan motivasi memiliki peran yang sama pentingnya baik secara individu maupun simultan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kata kunci: Standar, Kecukupan, Harta, dan Konsepsi Ekonomi Islam.
STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM MENCAPAI TARGET PRODUK KREDIT KOMERSIAL PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK CABANG BANJARMASIN Shintia, Novi; Mantala, Ronny; Irfan, Muhammad
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1467

Abstract

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin adalah bank umum milik pemerintah di daerah Jawa Barat dan Banten. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mencapai target produk Kredit Komersial pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode desktriftif, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, variabel penelitian adalah variabel bebas dan variabel terikat, Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian Menunjukan 1) pelaksanaan strategi personal selling yang telah dilakukan ada beberapa cara yaitu referral, territorial management dan internal data mining. Namun dari beberapa pelaksanaanya masih belum dapat berkembang dengan baik dan pelaksanaan yang kurang maksimal dan tepat. Pemecahan masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan strategi personal selling yang tepat yaitu 1) prospecting, 2) communicating, 3) selling, 4) information gathering, 5) servicing, 6) allocating. Kemudian Langkah-langkah yang bisa digunakan seperti: prospek dan mengkualifikasi, prapendekatan, persentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, serta tindak lanjut dan pemeliharaan. Kata kunci: Strategi, Personal Selling, Kredit Komersial
PENGARUH PRODUCT PERCEIVED QUALITY DAN CITRA TOKO TERHADAP MINAT BELI PRODUK LABEL PRIBADI INDOMARET TANAH GROGOT Latte, Jumai
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1353

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh product perceived quality terhadap citra toko 2) untuk mengetahui pengaruh citra toko terhadap minat beli 3) untuk mengetahui pengaruh product perceived quality terhadap minat beli. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret Tanah Grogot dengan jumlah sampel 115 orang dan teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling aksidental. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan software Smart Partial Least Square (Smart PLS) versi 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Product perceived quality berpengaruh signifikan terhadap citra toko, besar pengaruhnya yaitu 68,65%. 2) Citra toko berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk label pribadi, besar pengaruhnya yaitu 27,67%. 3) Product perceived quality berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli produk label pribadi besar pengaruhnya yaitu 16,75%. Kata kunci: Product perceived quality, citra toko, minat beli produk label pribadi
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA UKM Lamsah, Lamsah
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1446

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) telah terbukti pada banyak negara, mampu menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan yang dapat meredam dampak ekonomi global. Banjarmasin sebagai ibu kota provinsi Kalimantan selatan telah menjadi rumah bagi banyak usaha kecil dan menengah untuk berbagai industry. Salah satu ciri khas dari suku banjar adalah kain sasirangan yang mayoritas pelaku usahanya berlokasi di kota Banjarmasin. Kinerja UKM menjadi salah satu focus dalam menjamin keberlanjutan usaha. UKM sasirangan di Banjarmasin mayoritas telah memiliki usia yang sudah cukup lama dan mampu bertahan hingga saat ini. Untuk menjamin kinerja yang baik, tentunya tidak lepas dari tata kelola sumberdaya manusia yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu interaksi antara motivasi yang diberikan oleh para pelaku usaha kepada para karyawannya. Jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara motivasi dan kepuasan kerja karyawan UKM kain sasirangan terhadap kinerja UKM. Pembahasan mendetail akan dibahas dalam tiap bagian pada artikel ini.Kata kunci: UKM, Sasirangan, Banjarmasin, PLS-SEM, Kinerja
STANDAR KECUKUPAN DAN KEKAYAAN DALAM KONSEPSI EKONOMI ISLAM Hulaify, Ahmad; Syahrani, Syahrani
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1349

Abstract

Ke-maslahatan dalam Islam adalah sebuah tujuan dalam beragama. Syari’at Islam memberikan tuntunan melalui nash-nash Al Qur’an dalam mewujudkan tujuan tersebut. Salah satu ke-maslahatan yang di jelaskan dalam Al Qur’an adalah berkenaan dengan Harta, baik dalam hal cara memperoleh, mengelola, serta mendistribusikannya. Beranjak dari kondisi tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan mendalam berkenaan dengan Standar Kecukupan dan Kekayaan dalam Konsepsi Ekonomi Islam. Untuk mengungkap permasalahan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan dengan menggunakan pendekatan sosiologis, normatif dan filosofis. Sehingga dapat mengupas lebih dalam kedudukan harta dalam konsepsi ekonomi Islam. Karena penelitian ini bersifat kepustakaan maka penulis membagi data menjadi dua, yaitu data primer dan data skunder. Disamping itu, agar pemecahan masalah bisa lebih tajam peneliti menggunakan analisis conten/content anlysis bersifat inferensial. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa yang menjadi Standar Kecukupan dan Kekayaan dalam konsep Ekonomi Islam dinisbahkan kepada pendekatan ‘uruf. Dengan demikian, standar tersebut dikembalikan kepada konsepsi masyarakat dan tidak bertentangan dengan ketentuan syara’. Kecukupan disini mengandung makna kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan pokok individu dan orang-orang yang berada dalam tanggung jawabnya.Kata kunci: Standar, Kecukupan, Harta, dan Konsepsi Ekonomi Islam.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARY BANJARMASIN Zamilah, Ervica
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1358

Abstract

Kinerja organisasi sangat erat hubungannya dengan kinerja aset-aset berharga yang dimiliki suatu organisasi terutamanya adalah kinerja karyawan. Kinerja karyawan telah lama diteliti untuk mencari factor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi tingkat kinerja karyawan dalam suatu organisasi. Factor-faktor tersebut diantaranya adalah motivasi dan lingkungan kerja. Pendidikan tinggi merupakan organisasi yang unik dimana pengelolaan organisasinya tentunya berbeda dengan organisasi yang berorientasi pada keuntungan sebagai tujuan utamanya. Oleh krena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di lingkungan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 62 karyawan lintas departemen di lingkungan kampus yang kemudian di analisis menggunakan analisis regresi untuk mengetahui keeratan hubungan antar variabel. Dari hasil analisis diketahui bahwa kedua factor yaitu motivasi dan lingkungan kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Meskipun begitu lingkungan kerja menunjukkan hasil yang lebih tinggi daripada motivasi. Oleh karena itu sangat penting bagi organisasi untuk mempertimbangkan pengembangan lingkungan kerja yang dapat mendukung kinerja karyawan di lingkungan universitas islam Kalimantan.Kata kunci: kinerja karyawan, perguruan tinggi, lingkungan, Kalimantan, pendidikan tinggi
WISATAWAN DIGITAL: PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK MINAT BERWISATA Abdurrahim, Abdurrahim; Zakky, Zamrudi
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1355

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan dalam menentukan preferensi para konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Perubahan preferensi ini terjadi karena adanya pergeseran sarana informasi yang memudahkan para penggunanya dalam mencari opini pendukung yang tidak hanya berupa teks tapi dapat menyediakan gambar. Pertumbuhan wisatawan baik domestic maupun mancanegara selama satu decade terakhir menunjukkan adanya perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi terutama di platform media sosial yang memudahkan para pengguna untuk saling berbagi informasi terkait lokasi dan perjalanan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan antara kemudahan dalam mencari informasi dan kegunaan media sosial dalam mencari informasi terkait dengan objek wisata dan kaitannya dengan minat untuk merencanakan perjalanan wisata. Jumlah sampel yang terlibat sejumlah 174 responden yang kemudian dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang positif dan signifikan antara persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap minat untuk merencanakan wisata dengan menggunakan media sosial. Kata kunci: social commerce, UTAUT, TPB, consumer generated media, Liburan

Page 1 of 1 | Total Record : 7