cover
Contact Name
zakky zamrudi
Contact Email
attadbir.uniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jzakky@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
ISSN : 19791127     EISSN : 25027433     DOI : -
urnal ilmiah manajemen At-Tadbir menerbitkan artikel dalam ranah ekonomi, manajemen, dan bisnis dalam lingkup keuangan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sistem informasi, dan menajemen strategi. At-Tadbir diterbitkan pertama pada tahun 2017 secara online dengan volume 1 nomor 1, Januari 2016 oleh Program Studi Magister Manajemen, di bawah Program Pascasarjana Universitas Islam Kalimantan, Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin. At-Tadbir diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 41 Documents
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SUMBER BERLIAN MOTORS KM.5 BANJARMASIN Bulkia, Sri; Herawati, Ana Sofia
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1354

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, dan bagaimana pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Sumber Berlian Motors KM. 5 yang berjumlah 70 orang dengan ukuran sampel 50 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari kuesioner yang telah dibagikan kepada karyawan PT. Sumber Berlian Motors KM.5 Banjarmasin. Sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh secara tidak langsung dan berkaitan dengan objek penelitian dalam bentuk catatan perusahaan, dokumentasi dan literatur dari buku literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa semua hipotesis memiliki pengaruh positif dan signifikan. Pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Pelatihan dan motivasi secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan dan motivasi memiliki peran yang sama pentingnya baik secara individu maupun simultan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kata kunci: Standar, Kecukupan, Harta, dan Konsepsi Ekonomi Islam.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA KOTA BANJARMASIN BERBASIS ANDROID Mantala, Ronny
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i1.796

Abstract

Smartphone Android dan aplikasinya merupakan produk tehnologi mobile yang sangat popular dimasyarakat saat ini. Penerapannya untuk bidang-bidang kehidupan termasuk penggunaannya untuk menunjang kepariwisataan di tanah air sangat menarik untuk dikembangkan.Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu Sistem Informasi Pariwisata khususnya kota Banjarmasin berbasis tehnologi mobile smartphone Android, yang selain menginformasikan suatu obyek pariwisata secara lengkap, juga menginformasikan obyek wisata lain disekitar kota Banjarmasin. Sistem yang dibangun juga memanfaatkan tehnologi Google Maps dan GPS (Global Positioning System) untuk mengarahkan wisatawan ke obyek-obyek wisata yang dituju. Metode Pengembangan Sistem SDLC(Software Development Life Cycle) digunakan dalam membangun system yang meliputi tahapan-tahapan analisis sistem, desain sistem, coding, tesing dan implementasi sistem. Penelitian ini merupakan riset terapan yang bertujuan memberikan solusi praktis terhadap penyediaan kemudahan informasi tentang kepariwisataan kota Banjarmasin yang meliputi jenis wisata : Alam, Budaya, Kuliner, Religi, Sejarah dan wisata lain. Hasil analisis kelayakan (teknis, operasional, ekonomi dan hukum) menunjukkanbahawa sistem layak untuk dikembangkan.Hasil analisis Biaya Manfaat (termasuk payback period & ROI) juga menunjukkan hasil yang positif.Sistem Informasi Pariwisata Kota Banjarmasin telah diimplementasikan dan dipublikasikan, dapat diunduh aplikasinya di laman Google Play dengan nama “Wisata Banjar”.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUM BULOG DIVISI REGIONAL KALIMANTAN SELATAN KOTA BANJARMASIN Mulianti, Annisa Ratu
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i1.1187

Abstract

Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebesar 34 karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin yang diuji menggunakan analisis regresi linear sederhana (simple regression) dengan software Statistic Programme for Service Solutions (SPSS) Versi 20.0. Hasil penelitian terhadap 34 orang karyawan tetap yang bekerja pada Perum BULOG Divre Kalsel Kota Banjarmasin, ditemukan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi mampu menjawab permasalahan mengenai kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Implikasi penelitian diharapkan mampu menjadi kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja karyawan dan kinerja Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin dan penelitian yang akan datang. Kata kunci: Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan
STRATEGI PELATIHAN KARYAWAN PADA PD BARAMARTA MARTAPURA Huwaida, Hikmayanti
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 2 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i2.914

Abstract

The purpose of this research is to discover the importance of training and good training strategy for employees at PD Baramarta Martapura. Data and information obtained using descriptive analysis. The results shows, unproductive employees caused by the less knowledge and ability to run the production machine. The right strategy is to do the training stages consist of setting goals, developing curriculum, determining training facilities, selecting trainees, appointing trainers and determining the training implementation schedule. Keywords: Strategy, Training, Productive, Employee.
STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM MENCAPAI TARGET PRODUK KREDIT KOMERSIAL PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK CABANG BANJARMASIN Shintia, Novi; Mantala, Ronny; Irfan, Muhammad
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1467

Abstract

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin adalah bank umum milik pemerintah di daerah Jawa Barat dan Banten. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mencapai target produk Kredit Komersial pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode desktriftif, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, variabel penelitian adalah variabel bebas dan variabel terikat, Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian Menunjukan 1) pelaksanaan strategi personal selling yang telah dilakukan ada beberapa cara yaitu referral, territorial management dan internal data mining. Namun dari beberapa pelaksanaanya masih belum dapat berkembang dengan baik dan pelaksanaan yang kurang maksimal dan tepat. Pemecahan masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan strategi personal selling yang tepat yaitu 1) prospecting, 2) communicating, 3) selling, 4) information gathering, 5) servicing, 6) allocating. Kemudian Langkah-langkah yang bisa digunakan seperti: prospek dan mengkualifikasi, prapendekatan, persentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, serta tindak lanjut dan pemeliharaan. Kata kunci: Strategi, Personal Selling, Kredit Komersial
KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT ASURANSI ALLIANZ LIFE INDONESIA CABANG BANJARMASIN Hikmayanti, Huwaida
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i1.792

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi pemasaran yang telah dilakukan, serta cara memaksimalkan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh asuransi Allianz Life Indonesia cabang Banjarmasin ialah personal selling yaitu berfokus pada tenaga keagenan. Kegiatan komunikasi pemasaran tersebut tidak maksimal untuk meningkatkan brand awareness masyarakat. Brand awareness merupakan sasaran penting yang harus di bidik perusahaan, karena keputusan pembelian berasal dari rasa aware. Oleh karena itu komunikasi pemasaran yang maksimal berperan besar dalam meningkatkan brand awareness bagi masyarakat.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN STUDI PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MITRATAMA ARTHABUANA Abdurrahim, Abdurrahim; Anisah, Hastin Umi; Dewi, Maya Sari
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 2 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i2.910

Abstract

This study aimed to identify and analyze the influence of Job Satisfaction (X1) and Organizational Commitment (X2) as independent variable either simultaneously or individually to Turnover Intention (Y) as the dependent variable at Employee at PT. BPR Mitratama Arthabuana Kertak Hanyar. This was an explanatory research. Multiple linear regression statistical technique were used to analysze the effect Job Satisfaction variable (X1) and Organizational Commitment (X2) on Turnover Intention (Y). Furthermore, to test the level of significance, the F test and t test is with SPSS. The study concluded that two independent variables simultaneously, namely job satisfacation variables (X1) and Organizational Commitment (X2) have significant relationship to Turnover Intention (Y) variable. Meanwhile, individually, Job Satisfaction variable (X1) have significant  negative relationship to Turnover Intention (Y), as well as the Organizational Commitment variable (X2) on a Turnover Intention (Y). Keywords : Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention
PENGARUH PRODUCT PERCEIVED QUALITY DAN CITRA TOKO TERHADAP MINAT BELI PRODUK LABEL PRIBADI INDOMARET TANAH GROGOT Latte, Jumai
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 2 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v2i2.1353

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh product perceived quality terhadap citra toko 2) untuk mengetahui pengaruh citra toko terhadap minat beli 3) untuk mengetahui pengaruh product perceived quality terhadap minat beli. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret Tanah Grogot dengan jumlah sampel 115 orang dan teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling aksidental. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan software Smart Partial Least Square (Smart PLS) versi 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Product perceived quality berpengaruh signifikan terhadap citra toko, besar pengaruhnya yaitu 68,65%. 2) Citra toko berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk label pribadi, besar pengaruhnya yaitu 27,67%. 3) Product perceived quality berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli produk label pribadi besar pengaruhnya yaitu 16,75%. Kata kunci: Product perceived quality, citra toko, minat beli produk label pribadi
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER Shalahuddin, Shalahuddin
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i1.797

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser yang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Paser yang secara umum bertugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dengan tujuan untuk mengkaji besarnya pengaruh faktor disiplin dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan dari kedua faktor tersebut terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y).Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser, alat pengukuranmenggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil analisis diatas bertanda bahwa jika variabel independen yaitu disiplin dan lingkungan kerja = 0 maka variabel dependen yaitu kinerja pegawai mempunyai nilai -1,192 atau turun sebesar (119,2%), apabila variabel disiplin dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,858 atau (85,8%) dan apabila variabel lingkungan kerja dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,386 atau (38,6%). Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan program SPSS 20 diperoleh hasil bahwa secara simultan disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena F hitung > F tabel (59,211>3,090) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan Ha diterima H0 ditolak. Secara parsial lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (5,949 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05. Lingkungan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (3,582 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,001 < 0,05. Dari kedua variabel independen, variabel lingkungan kerja memberikan pengaruh paling dominan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 5,949 > ttabel sebesar 1,661, dan nilai signifikan 0,000< 0,05 sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak.
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN TELLER GUNA MENCAPAI KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, UNIT TELUK DALAM BANJARMASIN Shintia, Novi; handayani, Putri Rizki
At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 2 (2017): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : Islamic University of Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/atd.v1i2.915

Abstract

The aim of this studies is to understand how teller-service at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Unit Teluk Dalam in Banjarmasin related to service that should be provide at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Teluk Dalam Unit Banjarmasin. The research method used qualitative with the form of descriptive research. Data source used is primary data and secondary data. Variables used in this study are independent and dependent variables. Data collection techniques in this study by means of observation, questionnaires, and documentation. Technical analysis of data that the authors use is qualitative by linking the theory relevant to the problem under study to be understood and used as the basis for solving the problem. The results of this study show that customers in PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Teluk Dalam Unit in Banjarmasin are at the point of satisfaction, it can be seen from tangible aspects that strongly agree as much as 44%, empathy aspect agree as much as 36%, reability aspects agree as much 52%, responsiveness aspect agreed as much as 51%, and on assurance aspect agreed as much as 43%.Keywords: Quality of Service, Teller, and Customer.