cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2017)" : 12 Documents clear
PENERAPAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA PERAMALAN PRODUKSI TANAMAN PANGAN Ariyanto, Rudy; Puspitasari, Dwi; Ericawati, Fifi
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.949 KB)

Abstract

Produksi pangan adalah salah satu aspek kebutuhan yang sangat penting. Ketersediaan pangan mempengaruhi stabilitas ketahanan pangan. Beberapa komoditas tanaman pangan yang menjadi kebutuhan pokok adalah Padi, Jagung, Kedelai, dan Ubi Kayu, Ubi Jalar, Kacang Tanah dan Kacang Hijau. Jumlah produksi pangan yang tidak menentu menjadi suatu masalah bagi Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Timur dalam menentukan kebijakan mendatang. Apabila prediksi tidak diketahui maka dalam pembangunan Ketahanan Pangan dipastikan kurang maksimal dan alhasil Indonesia melakukan impor karena belum bisa memenuhi kebutuhan pangan. Diperlukan suatu peramalan dalam memprediksi produksi tanaman pangan di periode mendatang berdasarkan tahun dengan menggunakan data masa lalu. Sehingga dari pergerakan data masa lalu dapat dianalisa pergerakan trend. Peramalan diterapkan dengan menggunakan Double Exponential Smoothing Holt dengan menggunakan 2 parameter yaitu alpha dan beta. Pada penelitian ini peramalan menggunakan data komoditas padi dengan range waktu sebanyak 22 periode berdasarkan tahun. Data tahun 1993-2014 untuk ramalan 2015 menghasilkan nilai parameter alpha = 0.46 dan beta = 0.26, sehingga parameter mempengaruhi nilai PE. Nilai PE yang dihasilkan pada penelitian ini cenderung memiliki nilai PE yang kecil yaitu 2.22%.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PROSES BELAJAR MENGAJAR ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) Harijanto, Budi; P, Deddy Kusbianto; Nova, Berlian Puspa
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.554 KB)

Abstract

Sistem informasi proses belajar mengajar online merupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet. Sistem Informasi ini memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung. Sistem informasi proses belajar mengajar online dengan menggunakan metode pembelajaran student centered learning di Politeknik Negeri Malang ini diterapkan pada Program Studi Teknik Informatika untuk memudahkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Perhitungan dalam penerapan Simple Additive Weighting untuk mendapatkan nilai keaktifan mahasiswa memiliki 4 kriteria yaitu presentasi, bertanya, menjawab, praktikum. Dalam uji coba penerapan Simple Additive Weighting ke dalam sistem belajar mengajar online ini dengan membandingkan hasil output sistem dan hasil pakar memiliki tingkat akurasi mencapai 100%. Sistem ini dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan PHP, MySQL, HTML, CSS, JavaScript dan Bootstrap. Sistem ini juga telah di uji coba oleh beberapa user dan hasilnya dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu dosen dan mahasiswa berinteraksi secara online dalam kegiatan belajar mengajar.
MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY PADA PROSES FERMENTASI TEMPE SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER Wijanarko, Denny; Hasanah, Soviatul
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.983 KB)

Abstract

Dalam pembuatan tempe di pengaruhi oleh banyak hal terutama dipengaruhi oleh perubahan cuaca . Pada cuaca dingin, tempe biasanya ditutupi dengan kain atau penutup lain agar suhu fermentasi tempe tetap stabil sehingga proses fermentasi tempe dapat berlangsung secara normal. Tetapi dengan cara ini ,produsen tempe tidak mengetahui berapa suhu dan kelembabannya. Dengan berkembangnya teknologi mikrokontroler saat ini dibutuhkan suatu alat yang dapat mendeteksi suhu dan kelembaban, Sistem pengendalian sangat diperlukan di dalam dunia industri untuk menghasilkan produk yang bagus maka diperlukan suatu sistem pengendalian yang stabil. Pada alat ini pengontrolan sistem dilakukan oleh Mikrokontroler Arduino UNO yang mempunyai input berbentuk sensor sht11, sensor ini akan mendeteksi suhu dan kelembaban yang berada dalam Inkubator dan menampilkannya pada LCD dan memonitoring melalui SMS Gateway. Inkubator menggunakan sebuah Lampu yang berfungsi sebagai pemanas dengan cara kerja mengeluarkan panas pada Inkubator, dan menggunakan 4 buah tombol setting yang berfungsi sebagai pengatur suhu dan kelembaban. Pengaturan batas suhu dan kelembaban di atur didalam program juga dapat di ubah menggunakan tombol yang ada di mikrokontroler.
IMPLEMENTASI RASPBERRY PI UNTUK RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PINTU RUANG SERVER DENGAN PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN METODE TRIANGLE FACE Wijaya, Indra Dharma; Nurhasan, Usman; Barata, Mula Agung
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.654 KB)

Abstract

Minicomputer raspberry pi merupakan sebuah alat yang praktis dalam segi dimensi dan memiliki fungsi yang kompleks untuk berbagai kebutuhan fungsi yang akan digunakan oleh manusia sebagai microcontroller, server sampai dengan pengolahan citra digital. Penelitian dilakukan bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan sistem keamanan ruang server yang mudah untuk diaplikasikan dan murah dalam segi biaya pembuatan dan perawatan serta berteknologi, mengingat pentingnya keamanan data dan informasi yang tersimpan dalam server sehingga perlu pengamanan dalam mengakses ruang server pada suatu perusahaan. Dengan memanfaatkan minicomputer raspberry pi sebagai pemroses dan usb webcam sebagai alat pendeteksi wajah yang kemudian akan diproses oleh raspberry pi dengan menggunakan OpenCV untuk menentukan wajah manusia atau bukan, lalu wajah tersebut akan masuk pada proses pengenalan wajah dengan metode triangle face yang memanfaatkan perhitungan jarak antar fitur wajah seperti mata, hidung dan mulut. Setelah wajah dikenali maka raspberry pi akan melakukan perintah pada servo untuk membuka pintu ruang agar dapat diakses oleh admin server pada suatu perusahaan. Berdasarkan pengujian sistem yang telah dilakukan, ternyata sistem pengenalan wajah menggunakan metode Triangle Face ini memiliki tingkat keakuratan 75%, kesalahan posistif 25% dan kesalahan negatif 0% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini cukup aman untuk diaplikasikan dalam sistem keamanan pintu ruang server.
PENGEMBANGAN GAME MARINE ECOSYSTEM HERO MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC Astiningrum, Mungki; Subhi, Dian Hanifudin; Ramadiyah, Dhike Almira
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.858 KB)

Abstract

Game merupakan hiburan yang biasanya diangkat dari masalah dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah masalah ekosistem laut. Pada saat ini kebanyakan kondisi ekosistem laut sangat memprihatinkan dikarenakan kurangnya kepedulian masyarakat akan kebersihan ekosistem laut. Untuk menyampaikan pesan agar masyarakat peduli pada lingkungan laut diperlukan media yang interaktif, maka dari itu dibuat sebuah Game yang bernamakan Marine Ecosystem Hero. Game ini memberikan misi agar player dapat mengumpulkan sampah sebanyak mungkin untuk mendapatkan poin sebelum waktu habis. Poin dan sisa waktu digunakan untuk menghitung total skor. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode yaitu Fuzzy Logic untuk menghitung skor akhir player sehingga dapat ditentukan apakah player dapat lolos ke level selanjutnya atau tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Fuzzy Logic berjalan dengan baik dalam Game Marine Ecosystem Hero. Game ini dinilai untuk memberikan nilai score yang sesuai pada setiap levelnya. Sesuai hasil dari 30 responden game ini memenuhi kepuasan user sebanyak 63%.
IMPLEMENTASI WEB CRAWLER DAN PERANGKINGAN DATA HOTEL MENGGUNAKAN METODE ANP Rohadi, Erfan; Arhandi, Putra Prima; Faza, Sabilah
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.133 KB)

Abstract

Website hotel merupakan website yang menyediakan pencarian dan booking kamar hotel. Pada saat ini, banyak website hotel yang menawarkan kemudahan untuk melihat dan memesan kamar hotel. Namun, website pencarian hotel tersebut memiliki harga kamar yang berbeda-beda. Dengan banyaknya pilihan ini dapat membuat pengguna / pencari hotel kesulitan untuk mendapatkan hotel yang sesuai dengan prioritas dan anggaran yang direncanakan. Sistem pendukung keputusan yang dibuat ini digunakan pengguna / pencari hotel dalam membandingkan harga kamar hotel dari beberapa website pencarian sesuai dengan kebutuhan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Proses ini diawali dengan menginputkan kriteria dan alternatif hotel kemudian dilakukan crawling untuk mengolah nilai perbandingan kriteria dari hotel yang ada di beberapa website untuk selanjutnya akan dilakukan perangkingan data hotel. Dari hasil pengujian dapat berjalan sesuai akurasi 80% dan telah diujikan dengan menggunakan kuisioner, yang artinya aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna / pencari hotel agar dapat membandingkan harga sebuah hotel dari berbagai layanan online.
RANCANG BANGUN PENGHITUNG BENIH IKAN MENGGUNAKAN BINARY THRESHOLDING PADA RASPBERRY PI SECARA REAL TIME A, Rosa Andrie; Sari, Irawati Nurmala; Arinda, Vivid Ichtarosa
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.491 KB)

Abstract

Benih yang baru dipanen biasanya akan menurun kondisinya. Untuk memulihkannya ada beberapa cara salah satunya adalah menampung benih di dalam wadah penampungan sementara ketika panen dilakukan. Selain ditampung, benih juga harus dihitung untuk mengetahui jumlahnya. Perhitungan juga harus dilakukan dengan cepat dan tepat agar benih tidak menjadi lemah, lalu mati. Selama ini petani ikan masih melakukan perhitungan benih secara manual yaitu dengan menghitung satu per satu atau menggunakan volume (gelas). Sehingga selain memakan waktu yang lama, benih ikan terkadang stress dikarenakan perhitungan yang masih manual. Penelitian ini mendesain dan mengembangkan alat yang mampu menghitung benih ikan dengan mengimplementasikan pengolahan citra sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan para petani ikan. Sistem yang dirancang dan diimplementasikan menggunakan HTML, Python, serta pengolahan citra yang menggunakan metode Thresholding, Morphology, serta pelabelan. Sistem ini diterapkan secara real time, serta dapat menghitung objek yang mendekati perhitungan yang sebenarnya. Sistem ini telah diuji menggunakan 4 data set yaitu benih yang diuji tiap kelipatan 10 dan berakhir pada pengujian 40 benih ikan. Tingkat keakuratan tertinggi mencapai 99.9977 % untuk pengujian perhitungan 40 benih.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERAMALAN PENJUALAN GUNA MENENTUKAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU PUPUK MENGGUNAKAN METODE TRIPLE EXPONENTIAL SMOOTHING Astuti, Ely Setyo; Arhandi, Putra Prima; Lestari, Pipik
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.227 KB)

Abstract

Perkembangan bisnis di dunia industri mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah perusahaan pupuk yang bergerak di jasa penyedia pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani. Masa pemupukan tanaman yang dilakukan oleh para petani sangat dipengaruhi oleh faktor musim. Hal tersebut mempengaruhi jumlah permintaan produk pupuk yang berbeda setiap periodenya pada perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan aspek produksi pupuk akibat penumpukan dan kurangnya kebutuhan bahan baku pupuk pada gudang pada saat produksi pupuk berlangsung. Forecasting merupakan kegiatan untuk memprediksi nilai-nilai atau kejadian pada masa mendatang. Metode forecasting yang tepat dapat membantu perencanaan bisnis yang baik dalam perusahaan. Pengolahan dan analisis data penjualan masa lampau dapat digunakan untuk proses forecasting, sehingga didapatkan gambaran dan infomasi mengenai kebutuhan bahan baku yang di butuhkan selama proses produksi. Dalam penelitian kali ini, dilakukan Pengembangan Sistem Informasi Peramalan Penjualan Guna Menentukan Kebutuhan Bahan Baku Pupuk Menggunakan Metode Triple Exponential Smoothing. Sistem ini dapat membantu peramalan penjualan yang kemudian dapat di breakdown ke kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan menggunakan metode Triple Exponential Smoothing. Metode Triple Exponential Smoothing dapat diimplementasikan pada data penjualan pupuk dari tahun 2013, 2014, dan 2015 yang mempunyai unsur time series musim dan trend. Sistem ini dapat digunakan untuk meramalkan penjualan pupuk guna menentukan kebutuhan bahan baku pupuk subsidi sampe hasil peramalan pupuk subsidi urea sebesar 29.966 ton sehingga breakdown bahan baku urea berupa amoniak sebesar 17.320 ton dan CO2 sebesar 22.175 ton dengan rata-rata hasil akurasi yang bagus yaitu sebesar 14,63%. Tetapi sistem tidak dapat digunakan sebagai sistem peramalan penjualan guna menentukan kebutuhan bahan baku pupuk non subsidi karena hasil akurasi yang kurang bagus yaitu sebesar 34,42%.
IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR FORWARD CHAINING UNTUK IDENTIFIKASI DAN TINDAKAN PERAWATAN JERAWAT WAJAH Kusbianto, Deddy; Ardiansyah, Rizky; Hamadi, Dzaki Alwan
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.626 KB)

Abstract

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan besar perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Seringkali orang awam mengalami kesulitan dalam melakukan proses identifikasi antara penyakit jerawat dengan penyakit yang mirip dengan jerawat, karena gejala yang ditimbulkan dari penyakit hampir sama. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan sistem pakar untuk identifikasi dan tindakan perawatan jerawat wajah menggunakan metode forward chaining. Sistem yang dirancang dan diimplementasikan berbasis Dekstop, menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, dan basis data XAMPP, dengan berisikan 7 data penyakit, 32 data gejala penyakit dan 18 data tindakan pengobatan penyakit. Sistem ini juga telah diuji coba dan divalidasi oleh pakar serta beberapa user. Hasilnya didapatkan persentase sebesar 83.3 % yang menunjukan bahwa aplikasi sistem pakar ini cukup efektif.
IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN METODE BIT PLANE COMPLEXITY SEGMENTATION PADA CITRA DIGITAL Arianto, Yuri; Ardiansyah, Rizky; Al Kautsar, Rachmad Jibril
Jurnal Informatika Polinema Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.867 KB)

Abstract

Keamanan informasi dapat berupa menyembunyikan atau mengubah informasi. Dalam penelitian ini diterapkan cara mengamankan informasi dengan menyembunyikan informasi kedalam sebuah wadah seperti image, vidio dan audio, Teknik ini disebut Steganografi. Pada steganografi terdapat banyak metode yang dapat digunakan, kali ini Peneliti menggunakan metode Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS). Pada metode BPCS informasi atau pesan disisipkan pada daerah bit plane yang mengandung noise. Metode ini memanfaatkan pengelihatan manusia yang tidak dapat melihat perubahan biner pada gambar. Pada penelitian ini Cover image yang digunakan adalah citra dengan format JPG, PNG, dan BMP. Sedangkan pesan yang disimpan kedalam citra berupa file dengan format .txt dan .docx. Proses pengujian dilakukan dengan menyisipkan file kedalam beberapa Cover image menggunakan aplikasi yang telah dibangun. Hasil pengujian menghasilkan stego image dengan nilai rata-rata PSNR antara 22 - 25 dB. Sedangkan rata-rata penyisipan pesan sebesar 40%. Penerapan teknik steganografi bermanfaat untuk menyembunyikan pesan dalam suatu media tanpa terdeteksi oleh pengelihatan manusia secara kasat mata.

Page 1 of 2 | Total Record : 12