cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 3 (2017)" : 10 Documents clear
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN DENGAN METODE AHP-TOPSIS (STUDI KASUS: PT. MAKMUR CITRA ABADI) Ayu, Tiara Imas; Ariyanto, Rudy; Syaifudin, Yan Watequlis
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.781 KB)

Abstract

Selama  ini  kenaikan  jabatan  di  PT.  Makmur  Citra  Abadi  masih  dilakukan  secara  manual,  sehingga  tidak menutup kemungkinan jika pengambilan keputusan dilakukan secara subjektif dengan hanya melihat pada aspek tertentu  saja.  Disamping  itu  terdapat  hambatan  dalam  penyeleksian  mengenai  pembobotan  kriteria  sehingga pengambil keputusan sulit menentukan bobot dalam bentuk angka. Melihat masalah tersebut, maka diperlukan sistem  pendukung  keputusan  (SPK)  yang  dapat  membantu  memecahkan  masalah  tersebut.  Sistem  pendukung keputusan  kenaikan  jabatan  diharapkan  mampu  mengatasi  masalah  tersebut  dengan  menyesuaikan  bobot  dan kriteria.  Metode  yang  digunakan  untuk  membantu  dan  mendukung  dalam  pengambilan  keputusan  ini  adalah metode  Analytic  Hierarchy  Process  (AHP)  dan  Technique  Order  Preference  by  Similarity  To  Ideal  Solution (TOPSIS). Aplikasi ini dapat membuat proses penilaian dan pengambilan keputusan menjadi lebih mudah karena adanya dukungan dalam pengambilan keputusan. Selain itu seleksi kandidat yang dilakukan dengan aplikasi ini dapat memberikan hasil cukup akurat, hal ini terbukti dengan pengujian yang telah dilakukan dari perbandingan seleksi manual dan seleksi sistem dengan keakuratan 95%.
IMPLEMENTASI CASE-BASED REASONING PADA PEMANGGILAN SURAT AL QURAN UNTUK PENYANDANG DISABILITAS TANGAN BERBASIS ANDROID Suprapto, Rentia Ayu; Astiningrum, Mungki; Rismanto, Ridwan
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.455 KB)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  intensitas  suara  menggunakan  command  voice terhadap respon aplikasi pada perangkat smartphone berbasis android. Dimana suara yang memiliki kemiripan terhadap data yang ingin dipanggil dapat digolongkan dengan data yang terdapat pada aplikasi. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  korelasi,  menggunakan  metode  Case-Based  Reasoning  (CBR) dengan  menghitung  masing-masing  huruf  pada  setiap  kata  yang  diucapkan  dengan  kata  yang  sudah  ada  pada aplikasi.  CBR  merupakan  salah  satu  metode  yang  menggunakan  pendekatan  kecerdasan  buatan  (Artificial intelligent) dan menitik beratkan pemecahan masalah dengan didasarkan pada knowledege dari kasus -kasus yang sudah ada. Kasus-kasus yang diperoleh dari nama surat Al Quran yang sudah ada. Sedangkan untuk memberikan bobot pada huruf menggunakan metode nearest neighbor, dimana yang sering muncul lah yang memiliki bobot terbesar. Hasil dari penelitian ini memberikan keluaran berupa tampilan surat Al Quran yang memiliki persentase paling besar sehingga bisa dikatagorikan  memiliki kemiripan  yang paling dekat. Nilai kedekatan dari 5 kasus lama  terdapat  kasus  baru  dari  inputan  suara  Al  Fatekah  didapat  0,9655172413  terhadap  Al  Fatihah, 0,3793103448  terhadap  Al  Furqan,  0,7241379310  terhadap  Al  Fath,  0,3793103448  terhadap  Al  Fil,  dan 0,5517241379 terhadap Al Falaq.
RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DETEKSI PENYAKIT INFEKSI GENITALIA INTERNA Pristisari, Ika Oktavia; Syaifudin, Yan Watequlis; Rahmad, Cahya
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.011 KB)

Abstract

Seiring  dengan  perkembangan  teknologi  yang  pesan  maka  manusia  menemukan  banyak  cara  demi mencapai  kemudahan  dalam  penyelesaian  masalah.  Salah  satunya  adalah  sistem  pakar.  Sistem  pakar  adalah sistem  yang  berusaha  mengadopsi  pengetahuan  manusia  ke  komputer  agar  computer  dapat  menyelesaikan masalah seperti biasa yang dilakukan oleh para ahli.Sistem pakar yang baik dirancang agar dapt menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli. Penyakit Genitalia  Interna adalah penyakit yang  disebabkan oleh bakteri dapat menyerang siapa saja tak terkecuali  wanita.  Salah  satu  penyakit  yang  dapat  menyerang  wanita  adalah  penyakit  infeksi  pada  genitalia interna. Penyebab penyakit ini adalah bakteri yang ada dalam organ genitalia seorang wanita.   Untuk  membantu seorang  user  yang ingin  mendapatkan pengetahuan  mengenai deteksi penyakit tersebut  maka dibuatlah  sistem pakar  deteksi  penyakit  infeksi  genitalia  interna  pada  wanita  menggunakan  metode  certainty  factor  dimana metode  ini  dapat  menampilkan  hasil  deteksi  berdasarkan  2  faktor  yaitu  ukuran  keyakinan  yang  beasal  dari pengethuan  seorang  pakar  dan  ukuran  ketidakyakinan  yang  berasal  dari  user,  sehingga  hasil  yang  dihasilkan memiliki faktor keyakinan dari pihak sumber yakni pakar dan pemakai atau user.
IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA ENEMY BEHAVIOUR GAME PETUALANGAN SIDE SCROLLER 2D (SAVE FOREST INDONESIA) Razzaq, Ba’ar Wasil; Pradibta, Hendra; Rahmad, Cahya
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.135 KB)

Abstract

Game selain  hanya  digunakan  untuk  bermain, game juga  memiliki  sisi  edukasi  dan  pembelajaran, karena game  tidak  hanya  menyenangkan  di  mainkan  tetapi  ada  ilmu  yang  juga  didapat  oleh  masyarakat.  Peneliti membuat  sebuah  game  berdasarkan  keadaan  hutan  yang  saat  ini  terjadi  di  Indonesia.  Dengan  menggunakan media pembelajaran  edukasi  digunakan  untuk  memberi  pengetahuan  tentang  jenis  hutan  dan  manfaatnya agar game  menjadi  lebih  menarik.  Maka  dari  itu  dilakukan  pemberian  pop-up  tentanginformasihutan  yang  ada  di Indonesia dan cara menjaganya agar tetaplestari. Dalam penelitian ini, dirancang penerapan logika Fuzzy Sugeno untuk mengatur perilaku musuh, pada game bertipe  Adventure  yang berjudul  “Save Forest Indonesia”. Terdapat 2 jenis musuh, yaitu tipe jarak dekat, dan jarak jauh. Musuh ini  memiliki parameterinput  fuzzy  yaitu jarak, dia akan  mendekat jika player dekat dengan jarak musuh. Penerapan  fuzzy  dalam permainan ini telah berjalan dengan baik, dimana musuh tipe jarak dekat menjadi cukup  agresif  (90%  perilaku  menyerang),  dan  tipe  jarak  jauh  agresif  menembak  jika  player  mendekat  (90% perilaku menyerang).
KLASIFIKASI KUALITAS TANAMAN CABAI MENGGUNAKAN METODE FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR (FKNN) Indra Wiratmaka, Angga Aditya; Rozi, Imam Fahrur; Asmara, Rosa Andrie
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.532 KB)

Abstract

Pada  penelitian  kali  ini  akan  membahas  tentang  klasifikasi  kualitas  tanaman  cabai  menggunakan  metode Fuzzy  K-Nearest  Neighbor(FKNN).  Hal  tersebut  dilatarbelakangi  karena  cabai  banyak  dimanfaatkan  untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Terdapat berbagai jenis cabai yang ada di Indonesia, tetapi cabai yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan olahan adalah cabai merah besar. Sebagai komuditas tanaman hortikultura dengan fluktuasi harga yang tinggi konsumen mengharapkan kualitas yang baik pula pada proses  produksi. Agar produksi cabai memiliki kualitas yang merata, cabai hasil panen harus diklasifikasikan sebelum proses distribusi. Saat ini proses klasifikasi cabai di kota Blitar masih dilakukan secara manual oleh pegawai terkait. Algoritma FKNN memberikan  nilai keanggotaan kelas pada  vektor  dan bukan menempatkan  vektor  pada kelas tertentu. Data didapat dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kota Blitar pada tahun 2015. Penelitian ini  menggunakan  100  data  sampel  dengan  70  data  latih  dan  30  data  uji .  Dari  pengujian  didapatkan  akurasi 96,67% terhadap data sampel. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode  Fuzzy K-Nearest Neighbor (FKNN) memiliki kinerja yang baik dalam klasifikasi kualitas cabai di kota Blitar.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI SISWA KELAS UNGULAN DI SMP NEGERI 7 MALANG Ramadani, Sandi Fajri; Ekojono, Ekojono; Santoso, Nurudi
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.783 KB)

Abstract

Proses  seleksi  siswa  kelas  unggulan  merupakan  peranan  penting  dalam  membangun  suatu  kelas unggulan,  Untuk menghasilkan peserta didik dalam kelas unggulan di perlukan penilaian secara spesifik. Akan tetapi seleksi siswa kelas unggulan yang terjadi saat ini di SMP Negeri 7 Malang masih secara manual.  Metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan ini adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by  Similarity  to  Ideal  Solution).Metode  TOPSIS  merupakan  salah  satu  metode  pengambilan  keputusan  untuk menentukan  pilihan  terbaik  dari  kriteria  tertentu.Dalam  proses  seleksi  kelas  unggulan  terdapat  beberapa  nilai kritria  untuk  setiap  siswa  yang  dinilai  langsung  oleh  guru  pengajar,  dimana  pada  kriteria  tersebut  terdiri  dari nialai  akademik,  Prestasi,  Sanksi,  Absensi,  Nilai  Intelektual  dan  Kepribadian.  Nilai-nilai  tersebut  diolah menggunakan metode TOPSIyang nantinya akan menghasilkan beberapa nilai akhir dari tiap alternatif yang akan diurutkan berdasarkan nilai tertinggi. Hasil dari penelitian ini siswaakan mendapatkan rekomendasi untuk kelas unggulan berdasarkan hasil nilai-nilai siswa yang telah diolah menggunakan metode TOPSIS.
SISTEM PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN ESTIMASI PANJANG ANTRIAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA Adzikirani, Adzikirani; Asmara, Rosa Andrie; Kusbianto P. A, Deddy Kusbianto P. A
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.179 KB)

Abstract

Saat  ini  salah  satu  penyebab  kemacetan  adalah  lampu  lalu  lintas  yang  menggunakan  waktu  yang  tetap sedangkan  volume  kendaraan  selalu  berubah-,  sehingga  lampu  lalu  lintas  menjadi  kurang  efektif.  Maka dibutuhkan  metode  untuk  menghitung  lama  lampu  lalu  lintas  menyala  dengan  waktu  sesuai  dengan  jumlah kendaraan. Sistem  ini  mengimplementasikan  4  kamera  pada  persimpangan.  Kamera  mengambil  gambar  saat  jalur sedang  kosong  sebagai  acuan,  dan  mengambil  gambar  setiap  sequence  sebagai  input.  Gambar  diproses menggunakan  pengolahan  citra,  dari  merubah  format  RGB  menjadi  grayscale,  dilakukan  proses  subtraction dengan gambar acuan, penambahan brightness, merubah format grayscale menjadi biner dengan Otsu‟s threshold dan menghitung jumlah objek sebagai input dari logika fuzzy tsukamoto yang menghasilkan lama lampu hijau menyala. Sedangkan lama lampu merah menyala dihitung dengan menjumlahkan lama lampu hijau menyala dari jalur lainnnya Penggunaan 4 buah input dimaksudkan agar sistem memperhatikan jumlah antrian dari setiap jalur dan  memperhatikan  sebaran  kepadatan,  Sehingga  hasil  lama  lampu  merah  dan  lampu  hijau  menyala  dapat berubah-ubah sesuai dengan sebaran kepadatan antrian. Semakin terang kondisi jalan, semakin tinggi tingkat akurasi yang didapatkan. Pada pagi hari, didapatkan nilai error 1.74%, pada siang hari  sebesar 9%, pada  malam  hari dengan penerangan  normal sebesar 21% dan pada malam hari dengan tambahan penerangan sebesar 15%.
OPTIMASI RUTE LOKASI WISATA KOTA MALANG MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA Prakoso, Aditya Bagus; Ariyanto, Yuri; Hayati Ririd, Ariadi Retno Tri
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.346 KB)

Abstract

Wisata  adalah  kegiatan  perjalanan  yang  dilakukan  oleh  seseorang  atau  sekelompok  orang  yang mengunjungi tempat tertentu  untuk beberapa tujuan  seperti rekreasi  maupun  mempelajari keunikan daya  tarik wisata yang dikunjungi. Permasalahan yang  sering muncul adalah minimnya informasi mengenai jalur menuju tempat wisata, tingkat kepadatan jalur yang akan dilewati dan volume jalur tersebut dikarenakan waktu mereka yang terbatas. Pencarian  rute  terpendek  perjalanan  wisata  Kota  Malang  menggunakan  algoritma  genetika  dapat dimanfaatkan  pada  permasalah  tersebut,  algoritma  genetika  merupakan  salah  satu  model  soft  computing  yang sering  digunakan  dalam  menyelesaikan  permasalahan  optimasi  dengan  menggunakan  konsep  evolusi  biologis dan dihasilkan output berupa kombinasi jalur rute perjalanan. Sistem ini dapat digunakan untuk membantu wisatawan domestik maupun manca negara dalam mengenal Kota Malang untuk solusi dalam pencarian rute wisata di Kota Malang.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK JASA KIRIMAN BARANG BERBASIS MOBILE DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA Parapat, Martin Nugroho; Kusbianto, Deddy; Rahmad, Cahya
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.106 KB)

Abstract

Proses pengiriman pada PT. Pos Indonesia saat  ini  masih  ada kesulitan dalam pendataan sekaligus penentuan rute  atau  jarak  kiriman,  karena  masih  terjadinya  surat  atau  dokumen  dan  barang  yang  akan  dikirim  kepada penerima  tersebut  melewati  dari  rute  atau  wilayah  walaupun  sudah  disortir  ketujuan  masing-masing. Dari permasalahan  diatas  maka  diperlukan  sistem  pencarian  jalur  terpendek  untuk  jasa  pengiriman  barang menggunakan  metode  algoritma  dijkstra,  metode  yang  cukup  popular  karena  dapat  menyelesaikan  pencarian jalur  terpendek  dari  satu  ke  semua  simpul  yang  ada  pada  suatu  graf  bearah  dengan  bobot  dan  nilai  tidak negatif.Dengan  pembuatan  aplikasi  ini  dapat  membantu  pegawai  kurir  PT.  Pos  Indonesia  dalam  menentukan jarak terpendek dan pendataan pengiriman tiap wilayah atau rute yang sudah ditentukan.
SIG PENCARIAN RUTE TERPENDEK RUMAH MAKAN HALAL DI BALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA Ningsih, Lutfi Ayu; Astuti, Ely Setyo; Ekojono, Ekojono
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.436 KB)

Abstract

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia sebagai tujuan wisata yang terkenal di seluruh dunia dengan  keindahan  pulau  dan  keunikan  berbagai  seni  budayanya.  Wisatawan  domestik  maupun  mancanegara masih  menjadikan  Pulau  Bali  sebagai  tempat  favorit  untuk  berlibur.  Tidak  terkecuali  wisatawan  muslim. Wisatawan muslim dari luar daerah atau luar negeri yang melintas atau sedang berlibur di Bali terkadang masih sulit untuk menemukan lokasi Rumah Makan Halal. Selama ini wisatawan muslim tersebut masih mencari secara manual  yaitu  dengan  cara  melihat  petunjuk  arah  atau  plang  nama  dipinggir  jalan  maupun  bertanya  kepada beberapa  orang  sekitar.  Dimana  ini  merupakan  suatu  permasalahan  yang  seharusnya  segera  diselesaikan  oleh Pemerintah Propinsi Bali demi pelayanan masyarakat yang baik. Untuk  mengatasi permasalahan tersebut  maka akan dibuatkan sebuah sistem informasi  geografis untuk mencari rute terpendek menuju rumah makan halal terdekat dari posisi keberadaan saat itu. Untuk penentuan rute terpendek, aplikasi ini menggunakan metode  Dijkstra. Hasil yang di harapkan dari aplikasi ini berupa informasi yang menunjukkan letak rumah makan halal beserta rute menuju rumah makan tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 10