cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2016)" : 10 Documents clear
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA RESORT PENGELOLAAN TAMANNASIONAL BROMO TENGGER SEMERU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Fadlullah, Faqih; Rosiani, Ulla Delfana; Astuti, Ely Setyo
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.492 KB)

Abstract

TNBTS telah menerapkan Resort Base Managememnt, yaitu sebuah sistem pengelolaan taman nasional yang berdasarkan pada pengelolaan resort PTN. Untuk meningkatkan kinerja dari setiap resort PTN perlu adanya suatu penilaian yang dilakukan secara berkala oleh jajaran pengelola TNBTS, namun penilaian yang dilakukan saat  ini  masih  dilakukan  secara  manual  dan  menggunakan  pandangan  individu,  sehingga  penilaian  yang dilakukan tidak dapat terukur dengan baik. Oleh karena itu dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Resort Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Menggunakan Metode Simple  Additive Weighting (SAW) yang diharapkan mampu  melakukan  penilaian  secara  terukur  dan  tepat.  Metode  SAW  meupakan  sebuah  metode  penjumlahan terbobot. Konsep metode SAW memberikan bobot kepada semua kriteria secara langsung kemudian melakukan perangkingan  sehingga  sangat  cocok  digunakan  di  kantor  TNBTS.  Hasil  dari  perhitungan  SAW  berupa perangkingan kinerja resort PTN, dimana rangking terendah akan dilihat oleh jajaran manajemen TNBTS untuk diambil  tindakan  lebih  lanjut  sebagai  pengembangan  resort  kedepannya  dan  untuk  rangking  tertinggi  akan diberikan reward oleh jajaran TNBTS. Berdasarkan uji fungsional, aplikasi ini mampu digunakan untuk menilai kinerja resort PTN, hasil dari sistem  ini  telah  diuji  kecocokannya  dengan  perhitungan  petugas  TNBTS  dengan  tingkat  kecocokan  75%. Sehingga bisa dikatakan sistem ini telah dirancang dan dapat diimplementasikan.
RANCANG BANGUN GAMEPUZZLE 2D “TANGRAM PUZZLE” DENGAN METODE FISHER-YATES SHUFFLE Chamdika, Vandi; Kusbianto P, Deddy; Irawati, Dyah Ayu
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2027.111 KB)

Abstract

Perkembangan  teknologi  membuat  banyak  game  yang  dapat  dimainkan  oleh  masyarakat  sebagai penghilang rasa penat. Namun banyak  game  yang dibuat hanya mengedepankan sisi hiburan semata,  diperlukan sebuah game yang dapat djadikan media pembelajaran agar masyarakat memperoleh rangsangan hiburan yang edukatif Gamepuzzle  yang  dapat  dijadikan  sebagai  media  pembelajaran  adalah  puzzle  tangram.  Tangram merupakan permainan puzzle yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengidentifikasi bentuk, klasifikasi bentuk, dan menambah pembendaharan bentuk geometri dasar.  Gamepuzzle  tangram sangat menarik  untuk  dimainkan  karena  memiliki  banyak  bentuk  dan  jenis  figure    yang  dapat  selesaikan.  Metode Fisher-Yates  Shuffle  merupakan  algoritma  yang  digunakan  untuk  mengambil  angka  permutasi  secara acak. Dengan  menggunakan  metode  Fisher-Yates  Shuffle  sebagai  algoritma  pengacak  rotasi  kepingan  puzzle dan pegacak puzzle  yang dikeluarkan setiap kali bermain. Maka dibuatlah  gamepuzzle  2d “Tangram Puzzle” sebagai media pembelajaran mengenai bentuk geometri dasar. Pengujian  yang  telah  dilakukan  menunjukkan  bahwa  gamepuzzle  2d  “Tangram  Puzzle”  sebagai  media pembelajaran mengenai bangun geometri dasar mendapat prosentase rata-rata tercapainya tujuan pembelajaran sebesar 77.78%. Penggunaan metode Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak urutan  scene dan sumbu z kepingan puzzle berjalan dengan baik.
ENKRIPSI CITRA MENGGUNAKAN ALGORITMA KUBUS RUBIK DENGAN PEMBANGKIT KUNCI MD5 Primadhana, Yoga Andri; Asmara, Rosa Andrie; Hayati Ririd, Ariadi Retno Tri
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.836 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan pilihan untuk pegiriman dan penyimpanan informasi.  Informasi tak hanya disimpan  di  komputer,  namun  dapat  dikirimkan  dan  disimpan  di  internet.  Informasi  juga  tak  hanya  disimpan pada  tulisan,  namun  bisa  dilakukan  dalam  bentuk  citra  digital,  meskipun  keamanan  yang  diberikan  masih kurang. Hal ini berakibat rentannya pencurian citra oleh pihak ketiga untuk kepentingan pribadi sehingga bisa merugikan  pemilik  citra.  Penelitian  ini  menawarkan  untuk  memberikan  pengembangan  keamanan pada citra digital. Keamanan tersebut berasal dari enkripsi citra dengan menggunakan  algoritma kubus rubik. Keamanan diawali dengan pembangkitan deret kunci baris dan kunci kolom dengan fungsi MD5 berdasarkan kata kunci, kemudian dilakukan pengacakan pada tiap piksel secara horizontal dan vertikal sesuai dengan kunci kolom. Citra yang  telah  teracak  akan  mengimplementasikan  gerbang  XOR  pada  tiap  pikselnya.  Sehingga algoritma kubus rubik akan menghasilkan citra terenkripsi.  Analisa yang dilakukan adalah tingkat keberhasilan proses enkripsi dan  proses  dekripsi,  senstifitas  kunci,  serangan  citra,  kecepatan  proses,  tipe  file  penyimpanan, dan media pengiriman  yang  digunakan.  Algoritma  kubus  rubik  disimpulkan  aman  terhadap  serangan  kunci  dengan parameter perbedaan 1 bit pada kunci baris dan kunci kolom yang digunakan. Penyimpanan tipe PNG memiliki keuntungan yang terbanyak, karena file PNG memiliki ukuran paling kecil dan dapat memberikan hasil dekripsi dengan kecocokan 100% dengan citra asli.
KLASIFIKASI KEHAMILAN BERESIKO DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR (STUDI KASUS DINAS KESEHATAN KABUPATEN MALANG) Annisa, Diina Itsna; Ariyanto, Rudy; Hayati Ririd, Ariadi Tri Retno
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.49 KB)

Abstract

Masing-masing kehamilan pasti  memiliki resiko  yang berbeda-beda. Di Kabupaten Malang tingkat  kehamilan berisiko ditargetkan hanya 20% dari total ibu hamil yang ada pada masing-masing wilayah, akan tetapi angka yang  ditargetkan  tidak  selalu  sesuai  dengan  hasil  yang  ada  di  lapangan.  Di  wilayah  kerja  Dinas  Kesehatan Kabupaten Malang tepatnya di bagian selatan, keberadaan dokter spesialis kandungan sangatlah minim sehingga pemeriksaan kehamilan hanya sebatas di puskesmas maupun bidan praktek mandiri saja. Dengan kondisi seperti itu, jika terjadi permasalahan terhadap kondisi kehamilan seseorang akan memerlukan waktu untuk berkonsultasi terhadap dokter yang ada di pusat kota. Dalam penelitian  ini akan  membahas  mengenai klasifikasi  kehamilan beresiko dengan  menggunakan  metode K-Nearest Neighbor, dengan adanya klasifikasi ini diharapkan  mampu mendeteksi sejak dini dan mengurangi angka kematian ibu, janin dan bayi akibat kehamilan beresiko. Hasil uji dalam mengukur akurasi metode ini menggunakan metode validasi dengan membandingkan data yang diperoleh dari dinas kesehatan (puskesmas)  dengan sistem dan  menghasilkan  tingkat akurasi nilai sebesar 93 % dengan menggunakan nilai K = 5, maka metode ini dapat dikategorikan baik dalam mengklasifikasi kehamilan beresiko ini.
PENERAPAN TEKNOLOGI SEMANTIC WEB PADA ARTIKEL WIKIPEDIA INDONESIA Nurdian, Irvan Wahyu; Rahutomo, Faisal; Rozi, Imam Fahrur
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.095 KB)

Abstract

Wikipedia adalah sebuah situs yang berisi tentang artikel ensiklopedia dan referensi online tingkat dunia. Artikel yang  terdapat  pada  Wikipedia  saat  ini  total  telah  mencapai  lebih  dari  37  juta  artikel  dari  250  lebih  bahasa berbeda.Untuk  Wikipedia  Indonesia  telah  mencapai  371.281  artikel.Dengan  sekian  banyaknya  artikel-artikel tersebut,  tentunya  bukan  perkara  mudah  melakukan  pencarian  dengan  cepat  dan  tepat  sesuai  dengan  yang diharapkan.  Maka  dari  itu  dibutuhkan  suatu  metode  yang  dapat  memecahkan  masalah  tersebut,  yaitu  metode semantic  web.  Penelitian  ini  dimulai  dengan  merancang  ontologi  berdasarkan  class-class  dari  hasil  clusteringartikel Wikipedia Indonesia serta dilengkapi dengan pendefinisian  property-property  dari masing-masing class. Dilanjutkan dengan perancangan query  dengan bahasa SPARQL.  Pencarian artikel pada aplikasi ini diuji dengan menggunakan  3  perhitungan  untuk  mengukur  akurasi  sistem,  yakni  Precision,  Recall  dan  F-Score.  Pada perhitungan  Precision  mendapatkan  nilai  rata-rata  1,  Recall  mendapatkan  nilai  rata-rata  0.53.  Lalu  pada perhitungan akhir akurasi sistem didapat nilai pada F-Score 0.6935 atau dengan persentase akurasi 69,35%.
APLIKASI PEMESANAN OJEK ONLINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA Rahmadhian, Bagus; Ariyanto, Yuri; Irawati, Dyah Ayu
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1752.599 KB)

Abstract

Permasalahan  yang  terjadi  pada  tukang  ojek  sekarang  adalah,  sulitnya  bersaing  dengan  tukang  ojek berbasis  online  yang  sedang  marak  pada  saat  ini,  sehingga  tukang  ojek  yang  biasanya  sering  di  pesan  oleh masyarakat menjadi jarang ada pemesan dikarenakan masyarakat pengguna tukang ojek sekarang lebih memilih menggunakan jasa ojek online karena lebih efisien dan tidak ribet. Pada  penelitian  ini  dibuat  system  pemesanan  ojek  online  berbasis  android  menggunakan  metode Dijkstra untuk membantu para tukang ojek agar dapat bersaing dengan “Go-Jek” dan sejenisnya sehingga para tukang ojek ini tidak kehilangan pelangganya dan dapat meningkatkan penghasilan. Kelebihan metode Dijkstra ini adalah dapat mencari rute terdekat dari titik awal menuju titik akhir dengan membandingkan nilai terkecil antar  titik  yang  akan  dijadikan  jalur  yang  nantinya  akan  dilewati  oleh  tukang  ojek  agar  sampai lebih cepat menuju tujuan. Hasil  pengujian  yang  dilakukan  yaitu  dengan  menggunakan  sampel  data  jalan  dan  pangkalan  tukang ojek di sekitar Kota Malang daerah Jalan Soekarno-Hatta dan sekitarnya, lalu  memberi titik atau marker pada peta google maps  pada jalan dan pangkalan ojek yang akan di tandai. Lalu marker tersebut akan dihubungkan dan  tersimpan  sehingga  jarak  antar  marker  dapat  diketahui  yang  nantinya  akan  dihitung  jarak  terdekat  antar marker  lalu  diambilah  nilai  terkecil  dari  jarak  antar  marker  tersebut  dan  diperoleh  rute  mana  saja  yang  akan dilewati agar sampai ke tempat tujuan lebih cepat.
OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU JALUR ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) MALANG DENGAN METODE ANT COLONY BERBASIS PERANGKAT ANDROID Fitri, Dian Aulia; Rohadi, Erfan; Ekojono, Ekojono
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.17 KB)

Abstract

Kota Malang memiliki beberapa sebutan seperti Kota Pendidikan dan Kota Wisata. Disebut sebagai Kota wisata karena  terdapat  peninggalan-peninggalan  bersejarah  yang  masih  terjaga  sehingga  banyak  wisatawan dalam maupun Luar Negeri dan disebut sebagai Kota Pendidikan karena terdapat banyak perguruan tinggi aktif di Kota Malang  dan  beberapa  diantaranya  menduduki  peringkat  terbaik  di  Indonesia.  Tidak  sedikit  wisatawan  dan mahasiswa  baru  ingin  berkeliling  Kota  Malang,  bagi  mereka  yang  baru  pertama  kali  berkunjung  ke  Malang membutuhkan  informasi  tentang  angkutan-angkutan  apa  saja  yang  harus  dinaiki  serta  jalur mana yang akan dilewati. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi dengan menggunakan metode ant colony atau koloni semut,  yaitu  sebuah  metode  yang  meniru  perilaku  semut  dalam  mencari  sumber  makanan dan kembali ke sarangnya dengan secara alami mampu menemukan rute terpendek. Semut yang melewati rute terpendek akan meninggalkan aroma pheromone yang lebih tajam dan aroma tersebut akan diikuti oleh semut-semut yang lain menuju  makanan.Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  metode  ant  colony  dapat  diterapkan  dalam  aplikasi  ini  yaitu untuk  mencari  rute  angkutan  kota  Malang  dengan  perhitungan  pada  waktu  tempuh  dan  biaya  yang  harus dikeluarkan  oleh  penumpang.  Hasil  pendapat  responden  menunjukkan  80%  menyatakan  bermanfaat  dan  80% menyatakan mudah digunakan.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI STRATEGIS CABANG USAHA WARUNG MAKANAN Zulkarnain, Dodo; Syaifudin, Yan Watequlis; Rahmad, Cahya
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.109 KB)

Abstract

Perkembangan semakin cepat  di bidang teknologi semakin banyak cara manusia untuk menggunakan teknologi tersebut.  Salah  satu  adalah  sistem  pendukung  keputusan.  Sistem  pendukung  keputusan  adalah  sistem  yang mampu  memberikan  kemampuan  pemecahan  masalah  maupun  kemampuan  pengkomunikasian  untuk  masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem pendukung keputusan yang baik adalah yang dapat membantu memecahkan pilihan yang tidak terstruktur menjadi terstruktur. Dengan adanya itu pemilihan lokasi strategis dapat membantu usaha warung makanan yang akan membuka cabang baru. Kelayakan lokasi terkadang hanya  dikira-kira  atau  hanya  memikirkan  saja  tanpa  adanya  perhitungan.  Maka  dari  itu  dibutuhkan  sistem pendukung  keputusan  pemilhan  lokasi  strategis  untuk  membuka  cabang  usaha  warung  makanan  dengan menggunakan  metode  AHP  (analytical  hierarchy  process).Metode  AHP  (analytical  hierarchy  process)  adalah metode  untuk  memecahkan  suatu  situasi  yang  komplek  tidak  terstruktur  ke  dalam  beberapa  komponen  dalam susunan  yang  hirarki  dengan  memberi  nilai  subjektif  tentang  pentingnya  setiap  variabel  secara  relatif  dan menetapkan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Hasil  akhir  tersebut  berbentuk  rekomendasi-rekomendasi  lokasi-lokasi  strategis  untuk  membuka cabang baru yang  diharapkan  membantu  para  pengusaha  menentukan  lokasi  cabang  baru.  Selain  itu  seleksi  lokasi  yang dilakukan dengan aplikasi ini dapat memberikan hasil cukup akurat, hal ini terbukti dengan pengujian yang telah dilakukan dari perbandingan seleksi manual dan seleksi sistem dengan keakuratan 99,8%.
SPK PEMILIHAN SISWA PERTUKARAN PELAJAR DI SMAN 3 MALANG DENGAN METODE AHP TOPSIS Fitria, Lailatul; Puspitasari, Dwi; Ariyanto, Yuri
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1020.515 KB)

Abstract

Pertukaran pelajar di SMAN 3 Malang sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Namun permasalahan yang terjadi yaitu cara penilaian yang dilakukan masih menggunakan cara manual. Selain itu banyaknya siswa yang  mendaftar  setiap  tahun,  sehingga  para  guru  penilai  membutuhkan  waktu  lebih  lama  dalam  melakukan pemilihan siswa yang lulus dalam pertukaran pelajar.  Oleh karena permasalahan tersebut, maka perlu dirancang suatu  sistem  pendukung  keputusan  yang  hasilnya  dapat  dijadikan  referensi  dalam  pengambilan keputusan penentuan  siswa  yang  lolos  dalam  pertukaran  pelajar.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode AHP-TOPSIS. AHP digunakan untuk menentukan bobot kriteria dan uji konsistensi, sedangkan TOPSIS digunakan  untuk  penentuan  lulus  tidaknya  siswa  pemilihan  pertukaran  pelajar  sesuai  dengan  kuota yang ditentukan oleh pengambil keputusan.  Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata nilai raport, kepribadian, pengetahuan budaya, kemampuan seni, wawancara dan tes tulis.Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan 3 pembobotan yang berbeda untuk setiap kriteria dengan membandingkan hasil untuk kriteria tes tulis  dan  nilai  raport  menggunakan  nilai  angka  dan  juga  menggunakan  range  (0 -49,  50-74,  75-80).  Hasil  dari perhitungan  didapatkan  tingkat  akurasi  terbaik  yaitu  menunjukkan  kecocokan  akurasi  100%.  Sehingga bisa dikatakan bahwa hasil dari sistem ini dapat dijadikan referensi bagi pihak SMAN 3 Malang dalam melakukan pemilihan siswa pertukaran pelajar.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGENALAN WAJAH UNTUK IDENTIFIKASI MAHASISWA YANG MELAKUKAN PELANGGARAN MELALUI BUKTI FOTO MENGGUNAKAN METODE EIGENFACE Fachrudik, Mohammad Chilman; Rahmad, Cahya; Harijanto, Budi
Jurnal Informatika Polinema Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1726.555 KB)

Abstract

 Proses Indentifikasi pelanggaran dan pencatatan pelanggaran di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang masih dilakukan secara manual. Proses identifikasi pelanggaran yang masih manual memiliki kelemahan seperti memakan waktu yang lama untuk proses identifikasi dan pencatatan pelanggarannya, rekap data agak sulit, dan dapat dimanipulasi oleh orang – orang yang kurang bertanggung jawab. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan teknologi image processing yaitu face recognation dengan membangun Sistem Pengenalan Wajah untuk Identifikasi Mahasiswa yang Melakukan Pelanggaran melalui Bukti Foto. Aplikasi ini diharapkan dapat mengetahui informasi mahasiswa yang melakukan pelanggaran secara akurat, efektif, dan efisien. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Eigenface dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan framework CI. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat mendeteksi dan mengenali citra wajah mahasiswa yang melakukan pelanggaran dari foto yang telah dimasukkan pada aplikasi untuk diidentifikasi. Pada proses identifikasi wajah juga dipengaruhi oleh jarak wajah serta posisi wajah yang mempengaruhi keakuratan dalam proses pengenalan wajah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10