cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 4 (2016)" : 9 Documents clear
SPK UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN PINJAM MODAL KERJA DENGAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS DI BANK SAHABAT SAMPOERNA) Yudistira, Dimas Bagos; Ekojono, Ekojono
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.14 KB)

Abstract

Bank Sahabat Sampoerna merupakan lembaga keuangan bank yang menerima simpanan dalam bentuk tabungan,  giro  dan  deposito  serta  melayani  pinjaman  berupa  kredit.  Bank  Sahabat  Sampoerna  memiliki permasalahan terkait dengan pengelolaan pinjaman modal kerja, seperti penentuan pengajuan apakah seseorang tersebut  layak,  tidak  layak  atau  ditangguhkan  mendapatkan  pinjaman  modal  kerja.  Untuk  mengatasi  masalah tersebut  dapat  dibangun  Aplikasi  Sistem  Pendukung  Keputusan  Untuk  Menentukan  Pemberian  Pinjam  Modal Kerja Dengan Metode TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution). Aplikasi ini memiliki  fitur  pengelolaan  data  pribadi  nasabah,  sistem  pengambilan keputusan.  Hasil  dari  sistem  ini  adalah laporan rekap peminjaman modal kerja usaha mikro. Aplikasi ini dapat membantu pihak bank sahabat sampoerna dalam memutuskan sebuah pengajuan pinjaman modal kerja layak, tidak layak, atau ditangguhkan. Dengan adanya aplikasi ini pengambilan keputusan untuk pengajuan modal kerja dapat dilakukan dengan mudah.
SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP Pradini, Risqy Siwi; Wijaya, Indra Dharma
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.149 KB)

Abstract

Usaha  Mikro,  Kecil,  dan  Menengah  atau  UMKM  adalah  perusahaan  kecil  yang  dimiliki  dan  dikelola  oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Contoh UMKM adalah Cornnies dan Indri Collection. Produksi Cornnies dan Indri  Collection ini masih dengan skala kecil, karena kurang dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan suatu promosi. Salah satu media promosi adalah memanfaatkan media online sebagai sarana promosi. Akan tetapi media internet memiliki banyak jenis, oleh karena itu dibutuhkan pengkajian dan pengukuran untuk masing-masing jenisnya. Untuk mengukur masing-masing jenis media online, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Sistem ini dapat menjadi  pendamping  pengambilan  keputusan  mengenai  pemilihan  media  online  sebagai  sarana  periklanan. Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan  yang terbaik bagi pihak Cornnies dan Indri Collection. Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan hasil keputusan manual.
PENGEMBANGAN SI STOK BARANG DENGAN PERAMALAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : PT. TOMAH JAYA ELEKTRIKAL) Utama, Cahyarizki Adi; Watequlis S, Yan Watequlis S
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.179 KB)

Abstract

PT. Tomah Jaya Elektrikal adalah perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor listrik dalam mengelola bisnisnya terdapat 2 bidang pekerjaan yaitu bidang administrasi dan bidang pekerjaan lapangan. Bidang administrasi  bertugas  mengelola  kebutuhan  bidang  lapangan.  Petugas  bidang  administrasi  sering  salah dalam  stok  barang  terkadang  kebutuhan  barang  yang  dipesan  kurang  yang  mengakibatkan  terhentinya pekerjaan dibidang pekerjaan lapangan. Dan apabila ketersediaan  barang terlalu banyak mengakibatkan kerugian dalam biaya perawatan bahkan barang mengalami penurunan kualitas dikarenakan terlalu lama tersimpan.  Untuk  meminimalkan  dan  mengatasi  permasalahan  tersebut  perlu  adanya  suatu  system terkomputerisasi  yang  dapat  meramalkan kebutuhan stok barang secara  optimal. Dan  dapat  memenuhi kebutuhan  barang pada saat  pelayanan.  Metode  yang digunakan adalah Double Exponential Smoothing karena Metode ini tergolong dalam metode time series (runtut waktu) yang mempergunakan data masa lalu untuk  memprediksi  sesuatu  di  masa  yang akan  datang.  Data  yang  akan  digunakan  juga  menunjukkan adanya trend. Sistem ini dapat meramalkan kebutuhan stok barang untuk 1 periode / 1 bulan kedepan agar stok  barang  optimal.  Dalam  peramalan  menggunakan  metode  ini  nilai alpha  (α) sangat  berpengaruh terhadap kesalahan / error dari peramalan.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING DENGAN METODE TEOREMA BAYES BERBASIS ANDROID Harijanto, Budi; Latif, Reza Aliful
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.37 KB)

Abstract

Kucing  sebagai  hewan  periharaan  yang  digemarin  oleh  masyarakat  indonesia  namun  tidak  diimbangi  dengan tersedianya dokter hewan yang mencukupin. Banyak para pencinta kucing yang kesulitan untuk merawat ketika sakit dan tidak sedikit pula kucing kesayangan mati tanpa diketahuin dengan jelas sebabnya. Maka solusi dengan sistem  Pakar  yang  mengadaptasi  kecerdasan  buatan  di  bidang  kedokteran  hewan  yaitu  untuk  mendiagnosa penyakit  pada  kucing.  Diharapkan  dapat  menjadi  salah  satu  alternatif  bantuan  bagi  pemilik  kucing  dalam memperoleh informasi penyakit pada kucing. Dan sekaligus dapat pula mengetahui pemecahan masalah atau solusi yang  tepat  untuk  menangani  penyakit  tersebut.  Dengan  menggunakan  metode Teorema  Bayes dengan menggunakan  probabilitas  bersyarat  sebagai  dasarnya.  Metode  Bayes  juga  merupakan  suatu  metode  untuk menghasilkan estimasi parameter dengan menggabungkan informasi dari sampel dan informasi lain yang telah tersedia sebelumnya. Dengan menggunakan berbasis android sebagai platform. Karena keunggulannya dibanding platform yang lain serta kemudahan akses aplikasi di Android Market, Berdasarkan Pada pengujian 15 sampel data gejala penyakit menunjukkan bahwa program aplikasi menghasilkan nilai akurasi sebesar 90 %.
PEMETAAN DAERAH RAWAN LONGSOR BERBASIS GIS DI KOTA BATU Wafa, Addi; Astuti, Ely Setyo
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.985 KB)

Abstract

Kota Batu terletak didaerah pegunungan dan ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jawa Timur sebagai daerah perbukitan yang rawan longsor. Tanah Longsor tidak dapat dicegah secara pasti  namun  kita  dapat  melakuakan  upaya  untuk  meminimalisir  terjadinya  tanah  longsor  pada  daerah  rawan longsor. Tanah longsor di Kota batu dapat menggangu kelancaran mobilitas dan merugikan masyarakat karena akses mobilitas atau jalan disana terdiri dari lereng dan bukit yang terjal. Adanya pemetaan pada daerah rawan longsor akan  membantu untuk  meminimalisir terjadinya tanah longsor. Dari permasalahan diatas  saya sebagai penulis ingin mengambil judul Pemetaan Daerah Rawan Longsor Berbasis GIS Di Kota Batu untuk membantu masyarakat  secara  update  mengetahui  dan  mengawasi  daerah  yang  dijadikan  titik  rawan  longsor  agar  dapat meminimalisir  jatuhnya  korban  dan  kerugian  yang  banyak  ketika  terjadi  tanah  longsor  dengan  menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) untuk menentukan tingkat status daerah rawan
SISTEM TEMU KEMBALI CITRA DENGAN HISTOGRAM FUZZY DAN CHI-SQUARE DISTANCE Hendrawan, Raditya; Puspitasari, Dwi
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.688 KB)

Abstract

Temu kembali citra berbasis query teks telah jamak digunakan di dalam suatu sistem temu kembali citra. Namun temu kembali dengan query teks tidak efektif apabila deskripsi citra tidak mengambarkan konten yang terkandung dalam citra. Dari latar belakang tersebut diajukan sebuah solusi berupa suatu sistem temu kembali citra berwarna menggunakan metode histogram warna fuzzy dan chi-square distance. Sistem ini menggunakan konten  berupa  citra  sebagai query  sebagai   acuan  temu  kembali  citra  yang  mirip  dari  segi  komposisi  warna. Histogram  warna  fuzzy  didapatkan  dengan  mengelompokkan  warna  dengan  pendekatan  fuzzy.  Kemudian histogram warna fuzzy dari citra query dan citra koleksi melalui uji kemiripan dengan formula chi-square distance. Sistem yang diuji mampu menemukan kembali citra yang sama serta mampu menemukan citra yang mirip dalam koleksi citra homogen dan heterogen dengan kesesuaian terhadap pengamatan manusia masing-masing sebesar 89,5% dan 78%.
DETEKSI JENIS KELAMIN BERDASARKAN CITRA WAJAH JARAK JAUH DENGAN METODE HAAR CASCADE CLASSIFIER Choirina, Priska; Asmara, Rosa Andrie
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.192 KB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi  yang berkaitan dengan pengenalan wajah banyak dimanfaatkan pada aplikasi pengenalan  data  biologis  (biometrics) seperti  pengenalan  jenis  kelamin.  Penerapan  aplikasi  yang  memerlukan pengenalan jenis kelamin adalah proses segmentasi pasar untuk mengetahui trend demografis dari produk yang dipasarkan berdasarkan jenis kelamin, selain itu juga dapat digunakan untuk pembatasan akses suatu ruangan dan lain-lain. Deteksi jenis kelamin berdasarkan citra wajah jarak jauh dengan metode Haar Cascade Classifier dapat digunakan untuk membedakan wajah wanita dan wajah pria dengan jarak kurang dari 200 cm. Data yang dilakukan untuk proses training adalah 150 wajah laki-laki dan 150 wajah perempuan, dari jumlah wajah tersebut diambil 100 citra wajah untuk setiap jarak berukuran 100, 150, dan 200 cm. Penggunaan fitur-fitur geometris yang diperoleh dari deteksi mata, hidung dan mulut diproses dengan pengukuran jarak antar fitur-fitur dari wajah yang akan dilakukan proses klasifikasi jenis kelamin. Untuk klasifikasi jenis kelamin dilakukan perbandingan 2 metode klasifikasi yaitu
RANCANG BANGUN APLIKASI DATA MINING ANALISIS TINGKAT KELULUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (Studi Kasus Di Politeknik Negeri Malang) Hilmy, Naufal Farras; Andoko, Banni Satria
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.33 KB)

Abstract

Kondisi  kompetisi  dan  tuntutan  oleh  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  (Dikti)  membuat  perguruan  tinggi harus memiliki keunggualan kompetitif dan kualitas agar dapat tetap bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya. Teknologi informasi merupakan salah satu sumber daya yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing dan dapat digunakan untuk mengolah informasi, menyebarkan informasi, serta pengambilan keputusan strategis. Tersedianya suatu informasi tidak terlepas dari melimpahnya data, dari pengolahan dan penggalian data tersebut informasi dapat diperoleh. Teknologi yang berkaitan dengan mengolah dan penggalian data menjadi informasi yang berguna adalah data mining. Teknologi data mining memiliki berbagai macam algoritma dan teknik untuk penyelesaian  masalah yang  berhubungan  dengan  data  salah  satunya  adalah  algoritma fp-growth dan  teknik association rules. Dari uraian diatas dapat dibuat sebuah aplikasi untuk menganalisis tingkat kelulusan melalui teknik  data  mining  menggunakan  algoritma fp-growth.  Informasi  yang  ditampilkan  menggunakan  teknik association rules yaitu menampilkan nilai support dan confidence dari masing-masing proses mining. Terbukti dari hasil pengujian yang dilakukan, algoritma fp-growth dan teknik association rules berjalan sesuai harapan dan dapat diimplemantasikan pada aplikasi data mining ini.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SECURITY CLEARANCE IDENTIFICATION BERBASIS RFID DI PT. ANGKASA PURA I JUANDA SURABAYA Pambudi, Sandy Priyo; Astiningrum, Mungki
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 4 (2016)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.408 KB)

Abstract

Banyaknya aktifitas dari luar maupun dari dalam lingkungan bandara memicu berbagai tindakan kriminal yang dapat terjadi sehingga dapat menghambat keamanan dan memberikan dampak yang buruk bagi lalu lintas bandara. Disini PT. Angkasa Pura I berperan penuh dalam mengatasi permasalahan di atas. Salah satunya yaitu masalah  pemberian  izin  yang  diberikan  oleh  perusahaan  kepada  pegawai  eksternal  yang  akan  memasuki  area tertentu  untuk  bekerja.  Mengingat  area  bandara  tersebut  bersifat restricted  area yakni  terbatas  sehingga  tidak semua  orang  dapat  mengaksesnya.  Maka  dibuatlah  Sistem  Informasi Security  Clearance untuk  menyelesaikan masalah diatas. Sistem Informasi Security Clearance berguna menjadi sebuah alat bantu untuk pencatatan data-data customer  atau  pegawai  eksternal  yang  akan  melakukan  aktifitas  kerja  di  kawasan  bandara.  Sistem  tersebut diintegrasikan  dengan  memanfaatkan  RFID Card  sebagai  alat  identifikasi  atau  pemberian  pas  bandara  yang digunakan pegawai eksternal sebagai izin memasuki area tertentu. Dalam sistem ini juga dilakukan pengamanan pada data customer tertentu yang dirahasiakan. Pengamanan data dalam Sistem Informasi Security Clearance didukung dengan model algoritma RSA yang merupakan algoritma enkripsi maupun deskripsi dalam kriptografi. Teknik ini digunakan untuk mengkonversi data kedalam bentuk kode-kode tertentu, untuk tujuan agar informasi yang tersimpan tidak dapat terbaca oleh siapa pun kecuali orang-orang yang berhak. Terbukti dari hasil pengujian yang dilakukan, metode RSA ini berjalan dengan baik untuk mengamankan data customer. Sistem ini juga mampu meningkatkan performa kinerja petugas security, mudah dioperasikan, dapat dijadikan laporan pendataan customer yang masuk atau keluar di area bandara secara jelas dan terperinci serta memudahkan petugas dalam pencatatan dan manajemen datadata customer.  Hasil  dari  perancangan  sistem  informasi  berbasi  RFID  ini  terbukti  dapat  mempermudah  proses keamanan gate dan dapat di aplikasikan di kehidupan nyata.

Page 1 of 1 | Total Record : 9