cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2015)" : 9 Documents clear
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU DENGAN METODE FORWARD CHAINING Aziz Amrullah, Anugerah Jaya; Ekojono, Ekojono
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.798 KB)

Abstract

Paru–paru  adalah  organ  yang  berfungsi  untuk  menukar  oksigen  dengan  karbondioksida  di  dalam  darah  yang prosesnya ini disebut respirasi atau pernafasan. Menurut kemenkes dr. Supriyantoro, Sp.P, MAR pada tahun 2013 ditemukan jumlah kasus penyakit paru-paru sebanyak 196.310 kasus, menurun bila dibandingkan kasus penyakit paru-paru yang ditemukan tahun 2012 yang sebesar 202.301 kasus. Penyakit paru-paru merupakan penyakit yang tidak mudah untuk di sembuhkan, dapat menjadi buruk apabila tidak segera ditangani dengan serius. Keterbatasan jumlah pakar atau ahli paru-paru tidak dapat mengatasi permasalahan para penderita penyakit paru-paru, maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang mana sistem tersebut dapat membantu kerja seorang pakar. Pada sistem pakar diagnosa  penyakit  paru-paru  ini  menggunakan  metode forward  chaining untuk  pencarian  fakta  dan  metode certainty  factor untuk perhitungan tingkat  kepercayaannya. Sistem  pakar  ini  diimplementasikan  dalam  bentuk website, yang bertujuan untuk memudahkan para pengguna mencari informasi atau mendiagnosa penyakit paruparunya. Proses pengujian sistem pakar diagnosa penyakit paru-paru adalah dengan membandingkan perhitungan manual,  perhitungan  sistem,  dan  dari  seorang  pakar  yang  nantinya  akan  menghasilkan  keakuratan  sistem. Penelitian ini menghasilkan keakuratan diagnosa penyakit sebesar 86,66 % dan error sebesar 13,34 % dari 15x pengujian.
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN TARIAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN KINECT Zanupratama, Ari; Astiningrum, Mungki
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.125 KB)

Abstract

Kurangnya akan informasi dan pengetahuan akan budaya Indonesia mengakibatkan kurangnya apresiasi terhadap  budaya  Indonesia  khusunya  pada  tari  tradisional.  Padahal dengan  kemajuan  teknologi  pada  saat  ini pembelajaran terhadap budaya Indonesia dapat diterapkan melalui cara yang lebih interaktif. Salah satunya adalah memanfaatkan  teknologi  depth  sensor  yang  ada  di  dalam  Microsoft  Kinect.  Dengan  adanya  teknologi  ini, memungkinkan seseorang untuk dapat berinteraksi dengan perangkat komputer melalui gerakan, wajah, dan suara. Kemampuan interaksi tersebut khususnya dalam mendeteksi gerakan dapat dijadikan sebagai alat pembelajaran budaya  Indonesia  khususnya  budaya  tarian  tradisional.  Oleh  karena  itu  dibuat  aplikasi  pembelajaran tarian tradisional  dengan  harapan  dapat  membuat  aplikasi  pembelajaran  tarian  tradisional  yang  interaktif  serta  dapat meningkatkan apresiasi seseorang akan budaya Indonesia khususnya tarian tradisional.
ANALISA PERBANDINGAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN DEMPSTER SHAFER PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELITUS Putra, Amanda Patria; Rahmad, Cahya
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.196 KB)

Abstract

Penelitian  sistem  pakar  diagnosa  penyakit diabetes melitus  telah beberapa  kali  dilakukan dengan  dua metode  berbeda  yaitu certainty  factor dan dempster  shafer.  Meski  masing-masing  peneliti  menyatakan  telah berhasil dalam jurnalnya, namun metode manakah sebenarnya yang lebih tepat digunakan pada diagnosa jenis penyakit diabetes melitus, yang mana gejala-gejalanya hampir sama. Certainty factor merupakan metode sistem pakar  yang  tujuannya  untuk  mengakomodasi  ketidakpastian  pemikiran  seorang  pakar  dengan  nilai  kepastian, sedangkan dempster shafer merupakan teori pembuktian  matematika berdasarkan  nilai  belief dan  plausability. Untuk membandingkan keduanya, dibuatlah suatu prototipe sistem pakar dengan basis pengetahuan dan sampel 100 data pasien yang sama. Dari hasil analisa statistik, kesimpulannya, ada perbedaan hasil diagnosa antara kedua metode dan metode dempster shafer lebih tepat digunakan pada sistem pakar diagnosa penyakit diabetes melitus.
IMPLEMENTASI STEGANOGRAPHY MENGGUNAKAN ALGORITMA DISCRETE COSINE TRANSFORM Faruqi, Ahmad Adil; Rozi, Imam Fahrur
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.113 KB)

Abstract

Steganography  merupakan  metode  yang  berbeda  dengan  metode  kriptografi  yang  mengubah  sebuah informasi kedalam sebuah sandi sehingga tidak dapat dibaca tanpa mengetahui kunci atau sandi yang digunakan, namun keberadaannya tetap diketahui dan tidak disembunyikan. Sedangkan pada steganography informasi akan disembunyikan didalam suatu media pembawa sehingga tak seorangpun yang menyadari bahwa terdapat suatu informasi. Algoritma  yang  digunakan  dalam steganography  ini  adalah  algoritma  discrete  cosine  transform. Steganography menggunakan algoritma discrete cosine transform menghasilkan gambar steganography dengan memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dari gambar aslinya hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai rata-rata hasil peak signal to noise ratio (PSNR) dari tiga gambar yang berbeda yaitu sebesar 37.44 db. Hasil pengujian kompresi gambar steganography, menyimpulkan bahwa pesan dalam gambar hasil steganography menggunakan algoritma discrete cosine transform tahan terhadap kompresi gambar.
PEMBUATAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG PUYUH DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Syah, Alfian Karunyan; Ananta, Ahmadi Yuli
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.886 KB)

Abstract

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas penghasil telur berprotein tinggi serta rendah lemak. Hal  ini  menjadi  alasan  kuat  banyak  peternak  memilih  burung  puyuh sebagai  hewan  ternak.  Namun  sebagai hewan  ternak,  burung  puyuh  juga  rawan  terkena  penyakit.  Ditambah  lagi  banyak  peternak  khususnya  pemula yang minim pengetahuan. Forward chaining merupakan metode penalaran yang dimulai dari fakta yang diketahui menggunakan mesin inferensi. Pencarian dilakukan dengan menggunakan aturan, jika kondisi terpenuhi maka akan dilakukan aksi. Fakta yang diketahui digunakan untuk memperoleh fakta baru dan melanjutkan proses hingga kesimpulan dicapai. Untuk membuat sistem pakar digunakan data basis pengetahuan dari dokter. Sistem pakar telah dibuat menggunakan bahasa PHP dan MySQL. Untuk mengujinya, diambil 20 sampel data uji dari sebuah peternakan. Hasil pembahasan menunjukkan akurasi sistem terhadap diagnosa dokter sebesar 85%, dan presisi sebesar 100%. Kesimpulannya, pembuatan sistem pakar diagnosa penyakit pada burung puyuh menggunakan metode forward chaining berhasil menyimpulkan jenis penyakit beserta solusi penanganannya.
PENYISIPAN WATERMARK MENGGUNAKAN METODE DISCRETE COSINE TRANSFORM PADA CITRA DIGITAL Agustina, Reza; Asmara, Rosa Andrie
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.601 KB)

Abstract

Citra  digital  merupakan  format  data  yang  paling  banyak  tersebar  luas  di  internet.  Hal  ini  memberikan kemudahan  bagi  beberapa  orang  yang  ingin  mengunduh  dan  menyebarluaskan  citra  tanpa  seijin  pemiliknya. Masalah penyalahgunaan citra ini semakin rumit ketika masyarakat kurang peduli terhadap hak cipta orang lain. Dengan adanya permasalahan tersebut,  maka diperlukan sebuah  metode untuk  melindungi hak cipta dari  citra digital. Penyisipan watermark dengan metode Discrete Cosine Transform dapat diterapkan untuk meningkatkan keamanan  pada  citra  digital.  Dipilihnya  metode  ini  karena  metode  ini  lebih  kokoh  terhadap  manipulasi  citra terutama  kompresi.  Penyisipan watermark dilakukan  pada  frekuensi  tinggi  dari  koefisien  DCT.  Berdasarkan pengujian, citra terwatermark tahan terhadap manipulasi citra berupa kompresi hingga 50%. Penambahan teks dan  perubahan  warna  menghasilkan  kualitas  citra watermark  yang  baik,  sedangkan  pada  penggantian background, penambahan filter, dan rotate dapat merusak watermark setelah proses ekstraksi.
IMPLEMENTASI TOKENIZING PLUS PADA SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN JURNAL SKRIPSI Kharismadita, Paratisa; Rahutomo, Faisal
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.154 KB)

Abstract

Syarat lulus bagi mahasiswa program sarjana, magister dan doktor salah satunya adalah mempublikasikan karya ilmiah. Untuk lulus Sarjana harus menghasilkan jurnal yang terbit pada jurnal ilmiah. Namun banyak sekali kasus plagiarisme atau penjiplakan jurnal yang marak terjadi di Indonesia. Tidak hanya dikalangan mahasiswa program sarjana namun juga terjadi pada beberapa kasus di program magister dan doktoral di beberapa instansi pendidikan. Penerapan sistem pendeteksi kemiripan jurnal tentunya sangat diperlukan untuk mengurangi kasus plagiarisme di kalangan  pendidikan.  Tahapan  yang  harus  dilalui  pada  sistem  yaitu  Tokenizing  Plus  (membuat  library  kata berdasarkan KBBI). Tokenizing Plus merupakan proses untuk mendapatkan kata dasar dan kata majemuk yang ada pada KBBI. Metode yang digunakan adalah Term Frequency dan Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Cosine Similarity untuk mendapatkan nilai kemiripan. Sistem ini membandingkan keseluruhan dari isi jurnal mulai dari abstrak, judul dan konten.
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN PENERIMA BANTUAN RASKIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS Dewi, Ayunda Prima; Ariyanto, Rudy
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.234 KB)

Abstract

Salah  satu  program  pemerintah  yang  diberikan  kepada  keluarga  miskin  adalah dengan  memberikan raskin. Dalam penentuan calon penerima raskin pemerintah memiliki beragam kriteria supaya pembagian beras tepat sasaran. Namun pada kenyataanya penentuan penerima raskin tidak tertuju pada semua kriteria-kriteria yang ada sehingga hasil penentuan tersebut terkesan bersifat subyektif. Banyaknya warga miskin yang ada di seluruh Indonesia,  khususnya  Kota  Malang  dengan  beragam  kondisi  mengakibatkan  penentuan  calon  penerima  raskin semakin sulit. Pada  penelitian  ini  dibuat  sebuah  Sistem  Pendukung  Keputusan  untuk  membantu  pihak  pengambil keputusan dalam penentuan calon penerima raskin secara cepat dan akurat. Dimana sistem ini nantinya dapat digunakan  oleh  pemerintah  pada  Dinas  Sosial  Kota  Malang.  Sistem  ini menggunakan  metode  TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution). Kelebihan dari TOPSIS antara lain TOPSIS cocok digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan beragam kriteria dengan menerapkan bobot nilai pada  setiap  kriterianya.  Perhitungan  TOPSIS  akan  menghasilkan  suatu  peringkat  yang  dapat  membantu pemerintah dalam membandingkan hasil nilai tiap warga sesuai tingkat kemiskinannya. Sistem  Pendukung  Keputusan  ini  telah  diuji  dengan  membandingkan  hasil output  sistem  dengan perhitungan  manual.  Berdasarkan  hasil  tersebut,  sistem  dapat  menentukan  kelayakan  setiap  keluarga  dalam menerima raskin dan tingkat keakuratan SPK dalam penelitian ini mencapai 99,99%.
SISTEM INFORMASI PERAMALAN STOK BARANG DI CV. ANNORA ASIA MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING Mansyur, Mansyur; Rohadi, Erfan
Jurnal Informatika Polinema Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.091 KB)

Abstract

Dalam dunia bisnis, dibutuhkan sebuah prediksi atau perkiraan dari suatu tindakan yang akan diproses untuk menindak lanjuti hasil yang akan diharapkan pada beberapa periode selanjutnya. Keberlangsungan proses produksi   dalam  suatu   bisnis   ditunjang   oleh   pengendalian   persediaan    stok  barang yang baik. Peramalan   merupakan   satu   komponen   pendukung   dalam   aktivitas   perencanaan   dalam membuat  suatu prediksi  bisnis  untuk  mendapatkan  keuntungan  yang  maksimal.  Metode   peramalan  merupakan bentuk pengendalian persediaan kuantitatif berdasarkan data historis (runtut waktu).Tujuan dari penelitian ini adalah meramalkan  jumlah  Stok  barang  di  CV.Annora  Asia  dengan   menggunakan   metode   double   exponential smoothing. Dengan metode ini, perhitungan dapat dilakukan untuk mencari nilai optimal yang paling baik dengan   tingkat  kesalahan  yang  paling  terkecil. Dan  hasil  pengujian  perhitungan  MAPE  (Mean  Absolute Percentage Error) menunjukan hasil hasil yang sangat bagus karna di temukan nilai sebesar 4,82866%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9