cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 4 (2015)" : 11 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN NOTIFIKASI SMS PADA SMK MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN Huda Utama, Erwin Tidar; Wijaya, Indra Dharma; Hayati Ririd, Ariadi Retno Tri
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.108 KB)

Abstract

Selama  ini  orangtua  siswa  sangat  terbatas  dalam  memantau  kegiatan  akademik  putra-putrinya  disekolah. Apalagi  untuk  orang  tua  siswa  yang  sedang  bekerja  di  luar  kota  sangat  sulit  untuk  mendapatkan  informasi akademik  secara  langsung  dari  pihak  sekolah  mulai  dari  prestasi,  nilai  ujian,  hingga  absensi  putra-putrinya. Dengan demikian dibuatlah rancang bangun sistem informasi akademik siswa dengan menggunakan notifikasi SMS pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang diharapakan mampu membantu orangtua siswa dalam memantau kegiatan belajar putra-putrinya  disekolah,  selain  itu  sistem  ini  dapat  membantu para siswa agar terhindar dari teguran keras pihak sekolah karena absensi dan nilai akademik mereka yang menurun. Dengan adanya sistem informasi akademik siswa menggunakan notifikasi SMS ini akan lebih memudahkan para siswa mendapatkan  informasi  tentang  nilai  maupun  absensinya  di  sekolah  dan  memudahkan  orangtua  siswa mendapatkan informasi nilai maupun absensi yang dikirim melalui SMS.
SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA Ikrawan, Zeini; Ariyanto, Yuri; Harijanto, Budi
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.222 KB)

Abstract

Pendidikan  merupakan  jasa  yang  berupa  proses  pembudayaan,  pengertian  ini  berimplikasi  adanya  input  dan  output. Inputnya   adalah  peserta  didik  atau  mahasiswa,  sarana,  prasarana  dan  lingkungan,  sedangkan  outputnya  adalah  jasa pelayanan pendidikan, lulusan dan alumni. Perkembangan dunia pendidikan tinggi sekarang ini semakin luar biasa, hal ini  ditandai  dengan  banyaknya  perguruan  tinggi  baru  yang  secara  otomatis  semakin  meningkatkan  persaingan  antar perguruan tinggi yang ada.Program Studi Manajemen Informatika merupakan salah satu program studi yang ada pada Politeknik  Negeri  Malang  yang  juga  ikut  berperan  dalam  perkembangan  dunia  pendidikan  di  kota  Malang.  Sebagai Program  Studi  yang   telah  menghasilkan  banyak  lulusan,  maka  perlu  diadakan   penelitian  untuk  melakukan  evaluasi tehadap berbagai aspek yang mempengaruhi kepuasan alumninya, hal ini dimaksudkan agar Program Studi mengetahui sampai sejauh mana kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para mahasiswa dan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan pembelajaran,maka digunakan Importance-Performance Analysis (John A. Martila and Jhon C. James,1977:  77-79)  atau  Analisa  Tingkat  Kepentingan  dan  Kinerja/Kepuasan  Pelanggan.  Namun  dalam  pengumpulan data penilaian tingkat kepentingan dan tingkat kinerja/kepuasan yang kurang efisien, dari hambatan tersebut perlu dibuat suatu  sistem secara  online  sehingga  memberi  kecepatan,  keakuratan  dan  efisiensi  waktu  dalam  proses  pengolahan data  dan  informasi.  Dalam  skripsi  ini  membahas  tentang  bagaimana  membuat  aplikasi  yang  bisa  mengukur  sampai sejauh  mana  kepuasan  alumni  terhadap  pelayanan  tersebut  dengan  menggunakan  metode Importance  Performance Analysis.  Setelah  aplikasi  diuji  coba  kepada  alumni  program  studi  manajemen  informatika  untuk  mengisi  atribut kuesioner tingkat kepentingan dan tingkat kinerja / kepuasan, sistem menghasilkan informasi persentase kepuasan alumni terhadap  atribut  kuesioner  yang  mempengaruhi  kepuasan  alumni,  informasi  rangking  atribut  kuesioner  dan  tingkat prioritas  perbaikan  atribut  kuesioner,  yang  nantinya  informasi  yang  dihasilkan  menjadi  bahan  pertimbangan  Program Studi  Manajemen  Informatika  dalam  memprioritaskan  perbaikan  pelayanan  yang  dirasa  kurang  memuaskan  oleh pelanggan dalam hal ini alumni.
PENGEMBANGAN SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN KARYA PADA INAICTA 2013 Pasma, Cadea Mikha; Rosiani, Ulla Delfana; Ariyanto, Rudy
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.55 KB)

Abstract

Indonesia  ICT  Award  (INAICTA)  2013  merupakan  ajang  lomba  karya  cipta  kreativitas  dan  inovasi  di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) terbesar di Indonesia yang bertujuan untuk terus mendorong berkembangnya  produk-produk  TIK  (Teknologi  Informasi  dan  Komputer)  lokal  dengan  peningkatan  kualitas maupun inovasi produk. Semakin tahun, jumlah kontestan yang mengikuti INAICTA semakin bertambah. Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat kesulitan bagi para juri atau tim penilai untuk mengetahui kemiripan dari inovasi-inovasi para kontestan. Dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu dalam pendeteksian kemiripan tiap  hasil  karya  yang  diikutsertakan  oleh  para  kontestan.  Oleh  karena  itu  dilakukan  pengembangan  sistem pendeteksi  kemiripan  karya  pada  INAICTA  2013  dengan  membandingkan  penjelasan  ringkas karya para kontestan.  Dalam  pengembangan  sistem  pendeteksi  ini  menggunakan  Algoritma Term  Frequency– Inversed Document  Frequency (TF-IDF)  untuk  proses  pembobotan  karya.  Dengan TF-IDF sistem  akan  menghitung berdasarkan term pada  setiap  karya.  Sedangkan  untuk  melihat  tingkat  kedekatan  atau  kesamaan (similarity) karya,  sistem  ini  menggunakan  Algortitma Vector  Space  Model (VSM).  Dengan VSM data  karya  dipandang sebagai  sebuah  vektor  yang  memiliki magnitude (jarak)  dan direction  (arah).  Sehingga  sistem  pendeteksi kemiripan karya pada INAICTA 2013 ini akan menghasilkan urutan tingkat kemiripan karya INAICTA 2013.
SISTEM INFORMASI DATA KEUANGAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) POLITEKNIK NEGERI MALANG Nugraha W, Raphael; Romlah, Siti; Rosiani, Ulla Delfana
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.041 KB)

Abstract

Dalam  penelitian  ini  akan  dibuat  Sistem  Informasi  Data  Keuangan  Laporan  Akuntabilitas  Kinerja  (LAKIP) Politeknik Negeri Malang berbasis web untuk mempermudah dalam penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja pada  Politeknik  Negeri  Malang di  buat  menjadi  sebuah  Sistem  Informasi  secara  LAN(Local  Area  Network). Sistem Informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP yang diguankan untuk mengembangkan perangkat dan  menggunakan  mysql  sebagai  database.Hasil  pembuatan  sistem  informasi  ini  bertujuan  untuk  membuat Sistem  Akuntabilitas  Kinerja  Instansi  Pemerintah  yang  berada  di  Politenik  Negeri  Malang  pentingnya  sistem informasi dalam Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah untuk mempermudah melihat data keuangan LAKIP yang sebelumnya data LAKIP masih berbentuk manual. Hasil Sistem Informasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah mempermudah dalam memasukan data, melihat data dan melihat diagaram untuk mengetahui data tiap tahunnya dengan Sistem Informasi ini di harapkan dapat membantu dalam pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).
PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KELAYAKAN KREDIT DI KBPR AMANAH, KEPANJEN Afrah, A. Shabrina; Rahmad, Cahya; Tri, Ariadi Retno
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1233.269 KB)

Abstract

KBPR  Amanah  adalah  sebuah  BPR  (Bank  Perkreditan  Rakyat)  yang  terletak  di  Kecamatan  Kepanjen, Kabupaten Malang yang menyediakan layanan kredit, tabungan, dan deposito. Selama ini penilaian kelayakan pengajuan  kredit  masih  dilakukan  dengan  cara  manual.KBPR  Amanah  Kepanjen  merekrut  Account  Officer sebagai surveyor lapangan untuk melihat kondisi riil dari calon debitur. Kemudian data hasil survei diberikan kepada bagian kredit untuk diperiksa.Kepala Bagian Kredit memiliki kewenangan untuk memutuskan diterima atau tidaknya pengajuan kredit.Banyaknya calon debitur yang mengajukan permohonan kredit dengan kondisi yang  berbeda-beda  menyebabkan  pengambilan keputusan  penilaian  kelayakan  pengajuan  kredit  menjadi  lebih sulit  dan  membutuhkan  kejelian  yang  tinggi  dari  pengambil  keputusan.Kekurangan pada metode penilaian kelayakan kredit konvensional ini adalah adanya human error yang membuat pengambilan keputusan menjadi kurang akurat.Hal inidapat meningkatkan resiko kredit macet akibat pengambilan keputusan yang kurang tepat mengenai  penilaian  kelayakan  kredit.Maka,  dibuat  sebuah  Aplikasi  Sistem  Pendukung  Keputusan untuk menyelesaikan  permasalahan  tersebut.  Aplikasi  ini  menggunakan  metode  TOPSIS  (Technique  for  Order Performance  by  Similarity  to  Ideal  Solution)  karena  konsepnya  mudah  dimengerti,  komputasinya  efisien,  dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Sistem ini tidak menggantikan peran Bagian Kredit sebagai pengambil keputusan, melainkan dapat  menjadi  pendamping  pengambilan  keputusan  mengenai  kelayakan  pengajuan  kredit  di  KBPR Amanah.Dengan  adanya  aplikasi  ini,  pengambilan  keputusan  menjadi  lebih  efektif,  serta  menghasilkan keputusan yang terbaik bagi pihak debitur maupun pihak KBPR Amanah.Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan ini  telah  diuji  dengan  membandingkan  hasil  keputusan  manual  dengan  kaputusan  yang  dihasilkan  sistem. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, tingkat keakuratan SPK dalam penelitian ini mencapai 97,78%
APLIKASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI-ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE) Auliya B, Muhammad; Watequlis S, Yan; Fahrur R, Imam
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3477.64 KB)

Abstract

Untuk  meningkatkan  kualitas  kinerja  karyawan  pada  BRI  Syariah  KC  Malang,  pihak  manajemen melakukan  suatu  proses  penilaian  (evaluasi)  kinerja  setiap  karyawan.  Untuk  membantu  dan  mempermudah pihak  manajemen  dalam  melakukan  proses  penilaian  dan  menentukan kategori karyawan berprestasi  untuk setiap  bulannya,  maka  dibangun  suatu  aplikasi pendukung  keputusan  dengan  kriteria  penilaian  yang  telah ditentukan oleh pihak manajemen yaitu integritas, kerjasama, kreatif, pelayanan pelanggan, profesionalisme dan orientasi  tujuan.  Masalah  penentuan  karyawan  berprestasi  tergolong  ke  dalam  masalah  yang  bersifat multiobjective (banyak  tujuan  yang  ingin  dicapai)  dan multicriterias (ada  banyak  kriteria  yang  menentukan dalam  mencapai  keputusan  tersebut). SMART (Simple  Multi –  Attribute  Rating  Technique)  adalah  metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai–nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan  dengan  kriteria  lain.  Proses  penilaian  kinerja  karyawan  tersebut  dipermudah dengan mengimplementasikan metode SMART yang diaplikasikan ke dalam tampilan web sehingga proses perhitungan menjadi  terkomputerisasi  dan  tidak  lagi  dilakukan  secara manual.  Aplikasi  ini  dirancang  dan  dikembangkan untuk  melakukan  perhitungan  kinerja  karyawan  di  BRI  Syariah  KC  Malang  dan  sudah  diujicobakan  pada beberapa manajer bank tersebut. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sesuai dengan  kebutuhan  dan  pedoman  dari  instansi  tersebut  dalam  melakukan  penilaian  kinerja  karyawan  dengan menggunakan metode SMART.
RANCANG BANGUN OPTIMASI PENJADWALAN PERAWATAN MOBIL PADA @MayTrans Susanto, Hersandi Anjar; Andoko, Banni Satria; Santoso, Nurudin
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.467 KB)

Abstract

Pada saat ini pembuatan jadwal perawatan mobil di rental mobil @maytrans masih berupa pencatatan pada buku pengelola. Pembuatan jadwal tersebut membutuhkan waktu yang banyak dalam pemilihan mobil  dalam  satu  pemilik  agar  tidak  berbenturan.  Dengan memiliki  suatu  aplikasi  berupa  optimasi perawatan  mobil  tentu  saja  sangat  bermanfaat  dan  memberikan  keuntungan-keuntungan  pada pengelola.  Maka  dari  itu  perlu  dibuat  sebuah  aplikasi  untuk  membantu  pengelola  dalam  pembuatan jadwal tersebut. Pembuatan optimasi penjadwalan perawatan mobil ini mengadopsi aturan yang telah dibuat  oleh  pengelola  rental  kemudian  dimasukkan  ke  dalam  dalam  bahasa  php.  Pada  proses penjadwalan tersebut pembagian,waktu,mobil dan jadwal dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi tidak akan ada lagi penumpukan jadwal perawatan mobil yang melebihi 3 mobil dalam sehari. Serta dilengkapi juga dengan estimasi biaya penggantian komponen mobil.  penjadwalan  perawatan secara otomatis dan hasil penjadwalan perawatan mobil tersebut telah memenuhi peraturan yang telah dibuat oleh  pengelola  rental.  Sehingga  optimasi  penjadwalan  perawatan  mobil  yang  telah  dibuat  sudah optimal.
IDENTIFIKASI KEMIRIPAN JUDUL TUGAS AKHIR PSTI DAN PSMI DI POLITEKNIK NEGERI MALANG Nur Aini, Bariroh Isriya; Puspitasari, Dwi; Syaifudin, Yan Watequlis
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1087.078 KB)

Abstract

Membuat tugas akhir atau skripsi merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk kelulusan. Tak jarang  karya  yang  dihasilkan  memiliki  kemiripan  baik  dari  judul  ataupun  isi. Hal  ini  menjadi permasalahan tersendiri karena sebaiknya tugas akhir atau skripsi memiliki judul yang berbeda supaya karya yang dihasilkan semakin beragam. Untuk mengatasi permasalahan diatas perlunya dilakukan seleksi saat akan mengajukan tugas akhir  atau  skripsi.  Seleksi  awal  dapat  dilakukan  melalui  judul  yang  akan  diajukan. Seleksi  dilakukan  dengan cara  melihat  serta  membandingkan  antara  judul  yang  diusulkan  dengan  judul  yang  sudah  pernah  diajukan sebelumnya.  Dalam  penelitian  ini  teknik  yang  digunakan  untuk  menyelesaikan  masalah  adalah  dengan menggunakan  teknik text  mining. Teknik  text  mining merupakan  penerapan  konsep  dan  teknik  data  mining untuk mencari pola dalam teks. Proses penganalisisan teks guna mendapat  informasi yang bermanfaat untuk tujuan tertentu. Proses data mining untuk data dokumen atau teks memerlukan lebih banyak tahapan, mengingat data teks memiliki karakteristik yang lebih kompleks daripada data biasa.
PENGEMBANGAN APLIKASI KEUANGAN DI SPBU SERA KM 25 SIDOARJO Pramasha, Galang Audi; Asmara, Rosa Andrie; Asri, Atiqah Nurul
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.878 KB)

Abstract

SPBU (Stasiun  Pengisian  Bahan  Bakar  Umum)Sera  KM  25 Sidoarjo  membutuhkan  suatu  sistem  yang  dapat melakukan pengolahan seluruh data yang berhubungan dengan proses penjualan dan pembelian BBM. Data-data yang saat ini diolah adalah data transaksi penjualan, data transaksi pembelian, data penggajian, data stok barang, data jabatan, data distributor, dan data user. Pengolahan data-data tersebut dalam sistem yang saat ini berjalan dilakukan secara manual yaitu diimplementasikan dalam buku atau arsip. Pengolahan data dengan menggunakan sistem yang saat ini berjalan dirasa kurang efisien dalam hal waktu dan kurang akurat dalam hal informasi yang dihasilkan.  Masalah  yang  terdapat  dalam  sistem  yang  saat  ini  sedang  berjalan  dapat  diselesaikan  dengan membangun suatu sistem baru yang lebih efisien dan akurat.Pengembangan Aplikasi Keuangan pada SPBU Sera KM  25  Sidoarjo  dibangun dengan  menggunakan Visual  Studio  2010 danSQL  server  2008. Berdasarkan pengujian  yang  dilakukan,  sistem  yang  dibangun  dapat  menyelesaikan  masalah  yang  ada  dalam  sistem  yang lama.
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KUSTA MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING (Studi Kasus : UPT Puskesmas Talango-Sumenep) Nuraisyah, Siti; Wijaya, Indra Dharma; Astiningrum, Mungki
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.939 KB)

Abstract

Puskesmas Talango merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kabupaten atau kota (UPTD) yang berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas teknis operasional dinas kesehatan kabupaten atau kota dan merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di Kabupaten Sumenep tepatnya di Kecamatan Talango. Puskesmas tersebut menjadi tumpuan kesehatan bagi masyarakat Talango    dan    sekitar    karena    Puskesmas   Talango  satu-satunya    tempat    berobat    bagi    masyarakat setempat. Penyakit  kusta  adalah  penyakit  menular,  menahun  dan  disebabkan  oleh  kuman  kusta  (Mycobacterium leprae) yang menyerang saraf tepi, kulit dan jaringan tubuh lainnya kecuali susunan saraf pusat. Sistem  pakar  berasal  dari  istilah  knowledge-based  expert  system.  Istilah  ini  muncul  karena  untuk memecahkan  masalah,  sistem  pakar  menggunakan  pengetahuan  seorang  pakar  yang  dimasukkan  ke  dalam komputer. Seorang yang bukan pakar menggunakan sistem pakar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan seorang pakar menggunakan sistem pakar untuk knowledge assistant. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah untuk membuat aplikasi sistem pakar yang berguna sebagai alat bantu untuk mendapatkan informasi dan dugaan awal dalam mendiagnosa penyakit kusta. Hasil dalam penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kusta dengan menggunakan metode backward chaining ini dapat menyelesaikan  masalah  diagnosa penyakit kusta  beserta  memberikan  solusi  sementara  kepada  pasien. Backward  chaining  merupakan  strategi  pencarian  yang  arahnya  kebalikan  dari  runut  maju.  Proses pencarian dimulai  dari  tujuan,  yaitu  kesimpulan  yang  menjadi  solusi  permasalahan  yang  dihadapi.  Representasi pengetahuan yang digunakan adalah tabel keputusan, pohon pelacakan, kaidah produksi berbentuk IF-THEN.

Page 1 of 2 | Total Record : 11