cover
Contact Name
Dr.Eng. Faisal Rahutomo
Contact Email
faisal@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : -
Cakupan dan Tujuan dari artikel yang diterbitkan dalam JIP meliputi, tetapi tidak membatasi: Smart Machines, Information Security, Information System, Teori Informatika, Artificial Intelligence, E-Bussiness, Digital Forensic, Computer Security, Entrepreneurship, Open Source System, Decision Support System, Environment Computing, Cloud & Grid Computing, Knowledge Management, Mobile Computing, Semantic Web, Distributed & enterprise System, Data Mining, Image Processing and Computer Vision, Information Retrieval, Pattern Recognition, Internet of Thing (IoT), Data mining, Text Mining, Business Intelligent.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2015)" : 11 Documents clear
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG KENARI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR Rahmawati, Ari; Puspitasari, Dwi; Pradibta, Hendra
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.405 KB)

Abstract

Burung kenari banyak diminati, maka dalam pemeliharaannya diperlukan informasi yang tepat. Salah satu informasi yang diperlukan adalah solusi penanganan terhadap penyakit burung kenari. Saat ini solusi penanganan penyakit hanya didapatkan dari dokter hewan sehingga untuk mempermudah pemilik burung kenari mendapatkan informasi diagnosa penyakit dan solusi penyakit pada burung kenari.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah sistem pakar diagnosa penyakit pada burung kenari dengan metode Certainty Factor(CF) agar didapatkan keakuratan atau ketepatan perhitungan dalam mendiagnosis gejala penyakit pada burung kenari. Sistem ini dikembangkan dengan menganalisis gejala-gejala penyakit yang diinputkan kemudian diolah dan diperhitungkan dengan CF. Hasil diagnosa sistem menampilkan penyakit yang diderita burung kenari dan memberikan solusi pada penyakit dengan nilai prosentase certainty factor terbesar.
APLIKASI PENDETEKSI KEMIRIPANPADA DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN KARP Widiastuti, Inta; Rahmad, Cahya; Ariyanto, Yuri
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.783 KB)

Abstract

Kemiripan dokumen merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui penjiplakan  dalam  dokumen.  penjiplakan  adalah   mencuri  hasil  karya  orang  lain  dan  mengakuinya sebagai karya sendiri, tanpa menyertakan referensi ke sumber aslinya. Praktik penjiplakan ini sering terjadi mengingat menyalin dokumen orang lain dapat dilakukan dengan mudah dengan proses yang bernama copy-paste. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu hal yang dapat digunakan untuk membantu  mendeteksi  kemiripan  dokumen  dengan  membandingkan  pattern  (pola)  yang  ada  pada dokumen  teks.  Salah  satu  metode  yang  dapat  digunakan  adalah  Algoritma  Rabin  Karp.  Algoritma Rabin Karp dapat mendeteksi similarity (kemiripan) di dalam dokumen. Algoritma ini menggunakan hashing  untuk  menemukan  substring(suatu  bagian  dari  string)  dalam  sebuah  teks  dengan menggunakan  K-gram.  Fungsi  hashing  adalah  untuk  mengubah  suatu  jenis  data  menjadi  beberapa bilangan bulat  sederhana.  Jumlah  Karakter  yang  digunakan  sebagai  pattern  dalam  hashing disebut sebagai K-gram. Bilangan bulat hasil dari tersebut akan menjadi tolok ukur untuk mengetahui berapa similarity  yang  ada  pada  dokumen  tersebut.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  penggunaan  aplikasi pendeteksi  kemiripan  dengan  membandingkan  2  dokumen.  Penelitian  ini  memperlihatkan  bahwa algoritma  ini  dapat  berkerja  dengan  baik  dalam  mendeteksi  kemiripan  dokumen  dengan memperlihatkan prosentase similarity yang ada pada dokumen tersebut.
OPTIMASI PENJADWALAN SIDANG SKRIPSI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI MALANG Cahyo, Alfian Dwi; Fahrur R, Imam; Ariyanto, Rudy
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.324 KB)

Abstract

Pada  saat  ini  pembuatan  jadwal  sidang  skripsi  di  Jurusan  Elektro  Program  Studi  Teknik  Informatika masih  dibuat  secara  manual oleh  koordinator  skripsi.  Pembuatan  jadwal  tersebut  membutuhkan  waktu  yang banyak dalam pemilihan dosen penguji  agar  tidak  bentrok.  Dengan  memiliki  suatu  aplikasi berupa optimasi penjadwalan sidang tentu saja sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan-keuntungan pada koordinator sidang..  Maka  dari  itu  perlu  dibuat  sebuah  aplikasi  untuk  membantu  koordinator  skripsi  dalam  pembuatan jadwal tersebut. Pembuatan optimasi penjadwalan sidang skripsi ini mengadopsi aturan yang telah dibuat oleh koordinator sidang skripsi kemudian dimasukkan ke dalam dalam bahasa php. Pada proses penjadwalan tersebut pembagian ruang, waktu, mahasiswa dan dosen dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi dosen pembimbing tidak boleh menguji mahsiswa  yang  dibimbingnya,  salah  satu  dosen  pembimbing  harus  hadir pada saat mahasiswa yang dibimbingnya tersebut melakukan sidang. Dosen penguji sidang tersebut tidak boleh menguji di ruang yang lain pada sesi yang sama. Pemilihan ruang, waktu, mahasiswa serta dosen penguji diacak oleh sistem  denga. Hasil  pengujian  menunjukkan  bahwa  sistem  ini  berhasil  membuat  penjadwalan sidang skripsi secara  otomatis  dan  hasil  penjadwalan  sidang  tersebut  telah  memenuhi  peraturan  yang  telah  dibuat  oleh koordinator sidang skripsi. Sehingga optimasi penjadwalan sidang skripsi yang telah dibuat sudah optimal
ANALISIS DAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERAMALAN TINGKAT PENJUALAN PRODUK TELKOM Excellina, Excellina; Syaifudin, Yan Watequlis; Astiningrum, Mungki
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.557 KB)

Abstract

PT.  Telkom  sebagai  salah  satu  perusahaan  telekomunikasi  terbesar  di  Indonesia  yang  selalu  berusaha meningkatkan dan menjaga kualitas layanannya mencoba memasuki potensi pasar dari pengguna internet dengan menyediakan layanan akses internet lewat produknya TDSL (Tube Data Sheet Locator) dan Telepon. Agar dapat bersaing dengan perusahaan lain, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mendapatkan sumber informasi yang akurat untuk membuat rencana di masa depan atau peramalan. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah mengadopsi  analisa forecasting  secara  manual  ke  dalam  sebuah  sistem  informasi  agar  lebih  praktis,  dengan pemrograman php dan MySql sebagai databasenya. Selain itu, digunakan Double exponential smoothing, Moving average  dan  Least  Squares sebagai  metodenya sebagai  dasar  untuk  pengambilan  keputusan  dalam  jangka  waktu tertentu.  Setelah  dilakukan  observasi  pada  PT.  Telkom,  Tbk  Blitar,  didapat  hasil  yaitu  data  historis  penjualan produk TDSL dan Telepon pada tahun 2008-2012 untuk dianalisa. Dari ketiga metode yang dipakai pada sistem ini kemudian dihitung forecast error-nya dengan menggunakan metode Mean Error. Dari analisa yang telah dilakukan, dapat  disimpulkan  bahwa  sistem  peramalan ini  dapat  digunakan  untuk  mengetahui  prediksi/peramalan  penjualan produk  Telkom  pada  masa  mendatang,  sehingga  dapat  membantu  PT.  Telkom,  Tbk  Blitar  untuk  menentukan pengambilan kebijakan dalam penjualan kedepannya.
RANCANG BANGUN LAYANAN E-COMMERCE BERBASIS SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE Ardiyanta R, Alfian; Fahrur R, Imam; Ariyanto, Rudy
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.136 KB)

Abstract

Layanan e-Commerce merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu merchant dalam pembuatan online shop. Dalam pembangunan Layanan e-Commerce metode untuk arsitektur aplikasi yang dapat digunakan adalah Service Oriented Architecture (SOA). SOA adalah suatu teknologi arsitektur pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Service, memungkinkan hubungan dan pertukaran data atau informasi antar bagian menjadi mudah dan merupakan solusi dalam menghadapi permasalahan dalam bidang pengolahan data atau informasi suatu organisasi yang terus berkembang. Berdasarkan analisis SOA pada layanan e-Commerce dihasilkan 10 service utama yaitu merchant service, login service, kategori service, produk service, order service, confirmation payment service, customer service, setting service, akun bank service, dan blog service. Dalam penelitian ini service utama dirancang dan implementasikan pada aplikasi Layanan e-Commerce menggunakan web services. Simpulan dari penelitian ini, perancangan dan penerapan suatu e-Commerce bagi organisasi yang bisnis prosesnya terus berubah dan berkembang mengikuti kebutuhan sangat tepat menggunakan analisa dan perancangan berbasis Service Oriented Architecture dengan menggunakan Web Service.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERHOTELAN BERBASIS KOMPUTASI AWAN Achmad, Ence; Satria, Banni; Watequlis, Yan
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (819.668 KB)

Abstract

Sistem  Informasi Perhotelan Konvensional  seringkali  diimplementasikan  secaraon-premise  dimana pengguna  dihadapkan permasalahan seperti tingginya  biaya  pengadaan  infrastruktur  hingga  pemborosan  sumber daya  yang  diperlukan  untuk  melakukan  instalasi, maintenance dan versioning sistem.  Kehadiran  dari  Cloud Computing telah  menjadi  segmen  yang  bertumbuh  sangat  cepat  dalam  industri  informasi  dan  teknologi. Cloud Computing menawarkan  karakteristik-karakteristik  yang  unik  untuk  bisa  mengatasi  masalah-masalah  yang  biasa dihadapi pada penerapan sistem informasi konvensional. Pada penelitian ini, penulis menerapkan Cloud Computing dengan model Software as a Service pada Sistem Informasi Perhotelan untuk mengetahui apakah Cloud Computing dengan model Software as a Servicedapat mengatasi permasalahan yang muncul apda penerapan Sistem Informasi Perhotelan Konvensional.
SISTEM MANAJEMEN PENGELOLAHAN HOTEL UMM INN BERBASIS WEBSITE Asshokin, Muhammad Ghulam; Purwoko Aji, Deddy Kusbianto; Trihayati Ririd, Ariadi Retno
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.2 KB)

Abstract

Perkembangan  teknologi informasi  membuat  banyak  perusahaan  di  bidang  administrasi  perhotelan mulai  mengembangkan  sistem  yang  menggunakan  teknologi  informasi.  Salah  satu  cara  adalah  dengan menggunakan aplikasi berbasis web. Pemesanan sistem informasi berbasis web dikembangkan di Hotel UMM INN.  Sistem  ini  mengelola  data  pemesanan  check-in  dan  check-out  proses.  Sistem  informasi  reservasi dikembangkan  oleh  model  air  terjun,  dan  dibangun  dengan  PHP  dan  PhpMyAdmin  sebagai  alat  untuk membantu  mengelola  database  MySQL  dan  editor  teks  Dreamweaver  Sistem  informasi  reservasi  dapat memberikan  kemudahan  kepada  resepsionis  hotel  dan  pelanggan  dalam  membuat  reservasi.  Selain  itu, pengunjung juga dapat memperoleh semua informasi dan berita tentang fasilitas yang ada di Hotel UMM INN. Hotel  ini  menawarkan  berbagai  fasilitas  untuk  memastikan  konsumen  menghabiskan  waktu dengan  spesial.  Manfaatkan  wi-fi  di  tempat-tempat  umum,  lift,  transfer  bandara/hotel,  restoran  yang disediakan hotel. Televisi, pembuat kopi/teh, ruangan bebas rokok, fasilitas menyetrika, ruang duduk dapat ditemukan  di  setiap  kamar.  Untuk  meningkatkan  jumlah  bermalam  para  tamu,  hotel  ini  menawarkan fasilitas  rekreasi  seperti  taman.  Suasana  yang  ramah  dan  pelayanan  yang  terbaik  adalah  apa  yang  dapat konsumen harapkan selama tinggal di UMM Inn.
RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN PROYEK DAN KOLABORASI TIM DEVELOPER Al Hazmi, Moch. Fariz; Rosiani, Ulla Delfana; Santoso, Nurudin
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.002 KB)

Abstract

Mobilitas  yang  tinggi  dan  kurangnya  kolaborasi  antar  anggota  tim  pengembang  perangkat lunak  mempengaruhi  tingginya  persentase  kegagalan  pengerjaan  proyek.  Komunikasi  yang  intensif merupakan  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi  keberhasilan  pada  kolaborasi  tim  pengembangan perangkat lunak karena tanpa komunikasi yang intensif sering timbul kesalahan pada pengerjaan tugas yang  telah  ditetapkan  oleh  manajer  proyek  dan  pengerjaan  tidak  sesuai  rencana.  Untuk  mengatasi permasalahan-permasalahan  tersebut  dibuatlah  sistem  manajemen  proyek  dan  kolaborasi  tim developer yang  diintegrasikan  dengan chat.  Sistem  tersebut  memudahkah  manajer  proyek  untuk mengelola  proyek, mengatur  penjadwalan  proyek,  mengatur  tim  yang  terkait  pengerjaan  proyek, mengatur pembagian tugas pengerjaan proyek, mendokumentasikan aktifitas anggota tim, menganalisa aktifitas yang dicapai tiap anggota tim sepanjang hari selama pengerjaan proyek berlangsung. Sistem dibuat berbasis web, menggunakan teknologi WebSocket, bahasa pemrograman NodeJS dan basisdata MongoDB. Hasil akhir sistem berupa aplikasi web sistem manajemen proyek yang telah diintegrasikan dengan sistem chat. Berdasarkan hasil ujicoba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem ini  membantu  pengelolaan  proyek  dan  memudahkan  komunikasi  yang  intensif  dalam  berkolaborasi antar tim, sehingga proyek yang dikerjakan maupun tugas yang diberikan kepada anggota tim dapat diselesaikan  tepat waktu,  hasil  produk  yang  dikerjakan  sesuai  dengan  yang  diharapkan  dan  waktu pengerjaan proyek lebih efisien tanpa mengganggu kolaborasi tim saat pengerjaan proyek.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET KAPAL EXPRESS BAHARI 1C GRESIK – BAWEAN BERBASIS WEB Mubarok, M. Farid Husni; Hayati Ririd, Ariadi Retno Tri; Santoso, Nurudin
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.4 KB)

Abstract

Dengan  kemudahan  adanya  internet  penyedia  jasa  khususnya  pada  PT  Pelayaran  akan  dimudahkan dalam  menjalankan  bisnisnya,  karena  dalam  penyampaian  informasi  dan  pengolahan  data  penjualan  dapat dicapai  dengan  membangun  sebuah  web.  Web  saat  ini  adalah  sarana  terbaik  sebagai  sarana  informasi  dan promosi.  Dengan  adanya  web  ini  diharapkan  dapat  mengurangi  antrian  saat  calon  penumpang  membeli  tiket kapal diloket. Karena proses penjualan tiket yang masih dilakukan secara manual, sehingga penyedia tiket akan kualahan  dalam  melayani  calon  penumpang  dalam  waktu  bersamaan saat  ramai-ramainya  khususnya  pada musim  mudik.  Maka  dibangunlah  sebuah  sistem  informasi  penjualan  tiket  untuk  meningkatkan  perbaikan pelayanan  penjualan  tiket  dan  untuk  memudahkan  calon  penumpang  membeli  tiket.  Sistem  Informasi  ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML serta menggunakan basis data Mysql. Dengan fitur  pengaturan  jadwal  keberangkatan,  mengelola  booking,  memperbaharui  informasi  dan  menyediakan laporan.
PENGEMBANGAN SISTEM PENCARIAN LOKASI KULINER DI KOTA MALANG DENGAN LOCATION BASED SERVICE Maharany, Fitri; osiani, Ulla Delfana; Irawati, Dyah Ayu
Jurnal Informatika Polinema Vol 1 No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Informatika Polinema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.276 KB)

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata. Wisata yang disajikan tidak hanya berupa wisata alam, tetapi juga wisata kuliner. Perkembangan kuliner di Malang menjadi semakin pesat sehingga semakin banyak pula wisatawan yang ingin mengunjunginya. Namun, karena keterbatasan informasi membuat permasalahan bagi wisatawan  yang  ingin  berkunjung  ke  lokasi  kuliner  tersebut.Oleh  karena  itu,  dikembangkan  sebuah  Sistem Pencarian Lokasi Kuliner di Kota Malang dengan Location Based Service(LBS) yang menggunakan sistem operasi Android. LBS adalah implementasi dari mobile GIS (Geographic Information System), yang menampilkan posisi secara  geografis  keberadaan  posisi  pengguna  dari  perangkat  mobile  melalui GPS  (Global  Positioning  System) sehingga  dapat  mengidentifikasi  lokasi  seperti  lokasi  kuliner  dari  pengguna. Sistem Pencarian Lokasi Kuliner di Kota  Malang  ini dapat  menampilkan  informasi  mengenai  lokasi  kuliner  di  kota  Malang. Sistem ini mempunyaibeberapa fitur yaitu, menemukan  lokasi  kuliner  terdekat,  pencarian  berdasarkan kategori  dan rating, menampilkan rute menuju lokasi kuliner, menambahkan review lokasi kuliner, memberikan rating lokasi kuliner, serta  menambahkan  lokasi  kuliner  baru.  Dengan  fitur  tersebut  maka  Sistem  Pencarian  Lokasi Kuliner di Kota Malang  ini  dapat  menyajikan  informasi  dan  pencarian  lokasi  kuliner  di  Kota  Malang  ke  dalam sebuah sistem dengan  pendekatan  teknologi  informasi  serta  referensi  tambahan  bagi  pihak-pihak  yang  memerlukan  informasi berkaitan dengan kuliner yang dapat membantu mengembangkan obyek kuliner tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11