Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Articles
20
Articles
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Amal, Amri, Basam, Fajri

JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.539 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang berkualitas di Sekolah Dasar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap penyebaran. Instrumen penelitian ini meliputi: 1) penilaian ahli dan guru terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan; 2) soal tes, kemudian dianalisis dengan analisis data uji validasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah; (1) Perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing yang meliputi: a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), b) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes hasil belajar, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest.

PENGARUH MOTIVASI BERAFILIASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES PERUMNAS ANTANG KOTA MAKASSAR

Jusmawati, Jusmawati, Satriawati, Satriawati, R, Imran

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Motivasi Berafiliasi merupakan hal yang paling efektif dalam keaktifan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ex post facto sering disebut dengan after the fact artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab-penyebab terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar yang terdiri 92 siswa, dengan teknik Simple Random Sampling sampel yakni 32 siswa. Hasil penelitian menggunakkan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata motivasi berafiliasi adalah 43,25 berada pada kategori baik dan nilai ratarata keaktifan pembelajaran matematika 40,88 berada pada kategori baik dan analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas motivasi berafiliasi 0,221 dan keaktifan 0,237 lebih dari 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah 0,351 lebih dari 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,213 lebih dari 0,05 dengan demikian terdapat hubungan yang linear motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,001, dengan kriteria Sig (0,001) < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan pembelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar

PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOOR TIME DI SEKOLAH DASAR KEC.SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO

Puspitaningtyas, Amalia Risqi, Pratiwi, Vidya

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam penelitian ini ingin mengetahui dan menjelaskan pendekatan pembelajaran bagi anak autis, karenadalam menghadapi anak autis di kelas terutama ketidaklancaran terdapat keterbatasan kemampuanberkomunikasi antara anak autis dan guru serta teman- teman sekelasnya. Autis memiliki gangguanperkembangan dengan ciri- ciri yang tampak mencakup bahasa, komunikasi dan perilakuritualistik/stereotip. Dalam mengatasai keterbatasan kemampuan komunikasi pada anak autis, beberapaahli mengembangan pendekatan pembelajaran, salah satunya adalah metode floor time. Dalam metode inilebih mengedepankan bermaian yang berlandaskan pada ikatan relasi dan lebih difokuskan pada minatanak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualititatif dengan pendekatan metode floor time,subyek penelitian ini anak autis yang ada di Sekolah dasar yaitu 2 siswa autis di SDN 6 Dawuhan dan 1siswa autis di SD Muhammadiyah Kabupaten Situbondo.Hasil penelitian pendekatan pembelajaran denganmetode floor time yang mencakup 5 strategi yang diterapkan oleh guru banyak membuahkan hasilperkembangan-perkembangan yang di miliki oleh siswa autis.Berdasarkan pada hasil observasi danwawancara dengan guru kelas di SDN 6 Dawuhan dan SD Muhammdiyah ditemukan bahwa dalampenerapan metode floor time kemampuan verbal anak autis meningkat yaitu subjek dalam komunikasiyang ditandai dengan beberapa perkembangan yaitu yang menitik beratkan dalam interaksi antara subjekdengan guru dan lingkungann sekitarnya sehingga dalam proses pembelajaran subjek sudah lumayan jelasdan kemampuan dalam menulis sudah baik hanya saja butuh berualang kali dalam memberikanpemahaman dan arahan dalam menyelesaikan tugas sekolah, walaupun dalam memahami bahasa tulismasih memerlukan bimbingan. Tidak hanya guru kelas yeng menerapkan metode tersebut tetapi orang tuaSubjek sudah menerapkan metode floor time yang didalam penerapannya lebih kepada komunikasi daninteraksi. Hasil dari penerapan metode floor time yang diterapkan oleh orang tua Subjek membuahkan hasildalam perkembangan-perkembangan emosi, komunikasi dan interaksi saat berada dirumah.

STRATEGI THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Lidia, Lidia, Mansur, Mansur, Muskania, Ricka Tesi

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan strategi Think Pair Share. Penelitian ini bagian dari penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpul yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan instrumen panduan observasi dan checklist dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Think Pair Share peningkatan aktivitas belajar peserta didik diperoleh data sebagai berikut: Prasiklus sebesar 58,30%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,24% menjadi 66,54% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,19% menjadi 75,73%.

Efektifitas Model Creative Problem Solving Dengan Media Teka-Teki Silang Daun Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar

Permana, Erwin Putera

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Berdasarkan hasil temuan observasi bahwa siswa kesulitan dalam menerima materi pelajaran, khususnya pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya media maupun model pembelajaran, permasalahan ini mengakibatkan kebosanan dan membuat siswa malas untuk belajar. Dengan adanya penggunaan Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrumen RPP, postest, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas  guru.  Kesimpulan  hasil  penelitian  ini  adalah  penerapan  Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis daun memperoleh rerata 82,3% sehingga masuk kategori aktif. Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis daun memperoleh rerata 87,32% sehingga masuk kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan Model Creative Problem  Solving  dan  Media Teka-Teki Silang Daun lebih  baik  daripada  hasil  belajar  siswa yang  diajar menggunakan  Model  Creative  Problem  Solving  tanpa  menggunakan  Media Teka-Teki Silang Daun. Hasil belajar siswa menggunakan Model Creative Problem  Solving  dan  Media  Teka-Teki Silang Daun  lebih  baik  daripada  hasil  belajar  menggunakan  Model  Creative  Problem  Solving  tanpa  menggunakan  Media Teka-Teki Silang Daun.

PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES ILIGETANG

Hero, Hermus, Sni, Maria Ermalinda

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Sekolah Dasar Inpres Iligetang tahun ajaran 2016/2017. Selain itu tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan para orang tua wali siswa kelas V Sekolah Dasar inpres Iligetang Tahun Ajaran 2016/2017 agar menerapkan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Iligetang Maumere yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Sumber data berasal dari guru dan orang tua siswa atau wali. Teknik pengambilan sampel sebagai sumber data dalam penelitian adalah snowball sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik keabsahan konstruk, keabsahan internal, keabsahan eksternal dan reliabilitas. Prosedur penelitian melalui 3 tahap yaitu tahap penjajagan, eksplorasi dan tahap member chek . Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui peran orang tua dalam belajar siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa menunjukan suatu hasil yang positif dari sebelumnya. Terbukti dari nilai-nilai yang diperoleh di kelas dan juga melalui tugas yang diberikan oleh guru. Simpulan penelitian ini adalah penerpan peran orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BERBASIS OUTDOOR LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Wahyuningsih, Atik Nur, Kustiarini, Kustiarini

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran faktual yang ada dan karakteristik perangkat pembelajaran menggambar berbasis outdoor learning yang dikembangkan serta menguji kevalidan dan keefektifannya. Penelitian R and D dengan model 3D Thiagarajan yang dimodifikasi yang terdiri atas tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan dengan subjek uji adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Singosari yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran faktual yang ada masih terdapat ketidaksesuaian isi dan antar komponen perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran menggambar berbasis outdoor learning memiliki lima sintaks pembelajaran yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap eksplorasi, (3) tahap outdoor learning berbasis lingkungan sekolah, (4) tahap elaborasi, dan (5) tahap presentasi. Hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 3,46 dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa (1) pengukuran aspek kreativitas diperoleh rata-rata 7,01, (2) aktivitas siswa diperoleh persentase 66,87% dalam kategori aktif, (3) persentase respons siswa terhadap pelaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 83,05% dalam kategori sangat positif, dan (4) persentase respons guru terhadap perangkat pembelajaran sebesar 85% dalam kategori sangat positif. Produk akhir penelitian berupa buku pedoman guru perangkat pembelajaran menggambar berbasis outdoor learning.Kata Kunci: Kreativitas, Outdoor Learning, Perangkat PembelajaranTHE DEVELOPMENT OF  DRAWING LEARNING  INSTRUMENTS BASED OUTDOOR LEARNING FOR ELEMENTARY STUDENTSAbstractThis research purpose to describe factually learning instrument dan characteristics of learning instrument was developed and acquiring products of drawing learning instrument that are valid and effective.The R and D research design used modifications Thiagarajan 3D model consisting of definition phase, design phase and development phase with research subjects are students of fourth grade at Singosari 2 Elementary School were selected by purposive sampling. The results showed are learning instruments in fact still found mismatch content and components. Drawing learning instruments based on outdoor learning that has five syntax, such as: (1) preliminary, (2) exploration, (3) outdoor learning based school environment, (4) elaboration, and (5) presentation. The validation result of learning instruments obtained an average of 3.46, it is include of very valid category. The result of learning instrument trials shows that: (1) measurement creativity is 7.01 an average, (2) percentage student’s activity get 66.87% in active category, (3) percentage students response of learning implementation get 83,05% in very positive category, and (4) percentage teachers respons of lesson plan get 85% in very positive category. The final product of the research was in the form of a teacher manual on drawing learning devices based on outdoor learning.Keywords: Creativity, Outdoor Learning, Learning Instruments

PERAN PENDIDIK SEBAGAI DESAINER STRATEGI INSTRUKSIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD

Sayangan, Yohanes Vianey

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk menemukan dua masalah besar yaitu persoalan ketiakmampuan para guru untuk menjadi disainer strategi instuksional, dan bagaimana mencari cara untuk meningkatkan kompetensi para guru agar dapat menjadi perancang strategi pembelajaran secara handal sehingga mampu meningkatakan kualitas pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian inia adalah untuk menganalisis persoalan ketiakmampuan para guru untuk menjadi disainer strategi instuksional dan menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan kompetensi para guru agar dapat menjadi perancang strategi pembelajaran secara handal sehingga mampu meningkatakan kualitas pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaitaf dengan menggulirkan triangulasi data.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari kondisi social dan budaya masyarakat yanag statis terhadap perubahan turut mempengarauhi kinerja guru.Factor motivais yang rendah, dan keterbatasan sumber pengetahuan juga mempengaruhi kemampuan guru untuk menjaadi desainer strategi insntruksional.Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan kualifikasi guru berkaitan dengan menjadi seorang desainer strategi instruksional maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pendidikan dan pelatihan tentang mendesain strategi instruksional, serta mempraktekan merancang strategi instruksional di sekolah oleh para guru.

PENGARUH MODEL PEMBALAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERINTEGRASI KARAKTER RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Firmansyah, Firmansyah

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengintegrasian karakter dalam pembelajaran dilakukan untuk mencegah terjadinya degradasi nilai-nilai etika dan moral dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Petompon 01 Kota semarang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian validator, tes hasil belajar dan lembar pengamatan karakter. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, analisis data instrument tes hasil belajar dan uji pengaruh. Hasil analisis data : 1) Perangkat pembajaran matematika yang telah diimpementasikan valid berdasarkan penilaian ahli, 2) terdapat 14 butirsoal yang akan digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, 3) uji pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar posttest dengan menggunakan uji regresi sederhana diperoleh nilai sig. = 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh karakter rasa ingin tahu (X) terhadap prestasi belajar posttest (Y). Selain itu diperoleh persamaan regresi Y = -26,291 + 1,311x. Persamaan regresi dijadikan sebagai dasar prediksi prestasi belajar posttest (Y) jika diketahui karakter rasa ingin tahu (X).

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL STAD

Jannah, Mustaqinul, Sulianto, Joko

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievemen Division) pada materi operasi hitung campuran di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas III A dan 25 siswa kelas III B SD Negeri Dongos 04 Jepara. Penggunaan model pembelajaran STAD meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran