cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
PENGARUH PENERAPAN MEDIA SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MURID KELAS V SD INPRES BATU KARAENG KABUPATEN BANTAENG Dewi, Sartika; Nasrah, Nasrah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media SEQIP (Science Education Quality ImprovementProject) terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD Inpres Batu Karaeng Kecamatan PajukukangKabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini Pre-Eksperimen dengan The One Grup Pretest-Posttest Design.Penelitian ini menggunakan kelas pretes dan kelas postes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas V SD Inpres Batu Karaeng yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil belajar IPA padapenerapan media SEQIP data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisisstatistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas pretest yang tuntas secara individual dari20 siswa yaitu 10 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan pada kelas postestyang tuntas secara individual dari 20 siswa yaitu 19 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Hasil uji-t data postest diperoleh t tabel sebesar 2,09 dan t hitung sebesar 8,97. Hal tersebut jugaditunjukkan dari rata-rata hasil posttest yaitu kelas pretest sebesar 68,80 dan kelas posttest sebesar 82,80.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan penerapanmedia SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dibanding dengan mediagambar dari buku cetak. His study aims to determine the application of the SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) media tothe science learning outcomes of the fifth grade students of BatuKaraengInpres Elementary School, Pajukukang District,Bantaeng District. This type of research was Pre-Experimented with The One Group Pretest-Posttest Design. This studyused the pretest and posttest classes. The subjects in this study were all 20th grade students of SD InpresBatuKaraeng.Data collection techniques in this study used test, observation, and documentation instruments. To find out the sciencelearning outcomes on the application of SEQIP media the data were analyzed using descriptive statistical analysistechniques and inferential statistical analysis techniques. The results of this study indicate that the pretest class that iscompleted individually from 20 students is 10 students who meet the Minimum Completion Criteria (KKM), while theposttest class is completed individually from 20 students namely 19 students who meet the Minimum CompletionCriteria (KKM). The results of the t-test of the posttest data obtained by t table amounted to 2.09 and t count of 8.97. Itis also shown from the average posttest results, namely the pretest class of 68.80 and the posttest class of 82.80. Based onthe results of the study, it can be concluded that the results of data analysis show that the application of SEQIP mediacan improve student learning outcomes in science learning compared to media images from printed books.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA TUDANG SIPULUNG TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS IV SD INPRES BONTOMANAI MAKASSAR Ristiana, Evi; Herminar, Herminar; Nasrul, Muhammad
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaranberbasis budaya tudang sipulung terhadap penguasaan konsep IPA pada materi struktur dan fungsi bagiantumbuhan siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitianeksperimen menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Prosedur penelitian tahappersiapan, tahap pelaksanaan, dan menganalisis data penguasaan konsep. Subjek dalam penelitian iniadalah murid kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa padapenguasaan konsep Pretest terdiri dari 33,33% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atauberada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar65,41. Sedangkan pada hasil Posttest terdiri dari 83,33% telah memenuhi KKM dan secara klasikal telahterpenuhi yaitu dengan nilai rata-rata 77,08 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan hasil belajar murid kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar melalui penggunaanmodel pembelajaran berbasis budaya tudang sipulung mengalami peningkatan. This study aims to determine the effect of the implementation of the culture-based learning model of scavengers onmastery of the science concept in the material structure and function of plant parts of fourth grade students of SD InpresBontomanai Makassar. This type of research is a type of experimental research using the research design Pretest-Posttest Control Group Design. Procedure for research preparation phase, implementation phase, and analyzing datamastery concept. The subjects in this study were fourth graders of SD Inpres Bontomanai Makassar. The resultsshowed that the mastery of the Pretest concept consisted of 33.33% who met the minimum completeness criteria(KKM) or were in a very low category. Classically it has not been fulfilled because the average value obtained is 65.41.While the results of the Posttest consisted of 83.33% had met the KKM and classically had been fulfilled with anaverage value of 77.08 in the high category. Based on the results of these studies, it can be concluded that the learningoutcomes of fourth grade students of SD Inpres Bontomanai Makassar through the use of the scavenging culture-basedlearning model have increased.
Evaluasi Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick Materi Geometri Suryaningsih, Tri
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.1703

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah adalah kemampuan untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan matematika yang dimiliki. Evaluasi ini bertujan untuk mengevaluasi proses kerja siswa SD dalam melaksanakan pemecahan masalah matematika berdasar modifikasi Heuristik model Krulik-Rudnick. Evaluasi ini menggali dan mengelompokkan kesulitan-kesulitan siswa yang dapat dipakai sebagai pijakan dalam mengambil tindak lanjut secara khusus untuk mencapai tujuan kognitifnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melihat hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengambilan data meggunakan teknik wawancara dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Subyek penelitian 32 siswa kelas VB SD N Ngaliyan 03 Semarang. Evaluasi didasarkan pada indikator-indikator langkah pemecahan masalah berdasar heuristik model Krulik-Rudnick yang dilakukan siswa meliputi: read and think, explore and plan, select a strategy, find an answer, reflect and extend. Data diambil melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 6 siswa (18,75%) berada pada kategori baik, 8 siwa (25%) berada pada kategori cukup, dan 18 siswa (56,2%) berada pada kategori kurang. Siswa pada kategori baik selalu berusaha melaksanakan semua langkah pemecahan masalah, kecuali pada reflect and extend. Siswa dengan kategori cukup menunjukkan hanya sebagian langkah pemecahan masalah yang dilakukan, langkah explore and plan, reflect and extend menjadi kegiatan yang jarang mereka lakukan. Sedangkan siswa dengan kategori kurang menunjukkan bahwa pada semua indikator implementasi pemecahan masalah menunjukkan kualitas yang rendah.
PENGARUHMULTIMEDIATERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 34 LIBURENG KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP Fajrin, Syarifah Nur
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPSsiswa kelas V SD Negeri 34 Libureng Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Penelitian inimenggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini ialah penelitian pra-eksperimen (praeksprimendesign).Desain penelitian ini menggunakan The One Group Pretest Posttest. Adapunpopulasipenelitian ini adalah semua siswaI - VI SD Negeri 34 Libureng kecamatan tondong tallasa kapupatenpangkep. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling Non Probabily Samplingyang meliputi Sampling Purposve. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas Vdengan jumlahpopulasi sebanyak 14 siswa SD Negeri 34 Libureng kecamatan tondong tallasa kapupaten pangkep,sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwamultimedia pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS setelah diperoleh tHitung= 5,36 dan tTabel =2,16 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 5,36 > 2,16.Makadapat disimpuulkan bahwa hasil penelitian inimenunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajarIPS siswa kelas V SD Negeri 34 Libureng Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. This study aims to study multimedia learning on social studies learning in the fifth grade students of 34 PublicElementary School 34 Libureng, Tondong Tallasa, Pangkep Regency. This study uses quantitative research with thistype of research is pre-experimental research (pre-experimental design). The design of this study uses The One GroupPretest Posttest. Everyone learns this is all students I - VI SD Negeri 34 Libureng, tondong tallasa sub-district, pangkepregency. Samples in the study were taken using the Non Probable Sampling sampling technique provided by PurposveSampling. The sample used in this study was class V with the number of participants as many as 14 students from 34Public Elementary School Libureng, Tondong Tallasa Pangkep, as the experimental class. Based on the hypothesis testthat has been done, it can conclude the multimedia learning obtained from social studies learning after obtaining t count= 5.36 and t table = 2.16, then t count> t table or 5.36> 2.16. Then it can be concluded that the results of this study areintended to use multimedia learning on the learning outcomes of the fifth grade students of 34 Public ElementarySchools in Tondong Tallasa, Pangkep Regency.
PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI HITUNG KOMPAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR Syamsuddin, Agustan; Lukman, Asrul
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2052

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan media edukasi “HitungKompak” terhadap kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitianpra-eksperimen yang melibatkan 36 siswa sebagai subjek penelitianyang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan18 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design denganmelibatkan satu kelompok subjek. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan (pretest, treatment dan post test), analisis dan temuan penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tes hasil belajar siswa yang menggambarkan kemampuan berhitung siswa dan lembar observasi.Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik deskriptif dananalisis inferensial.Data yang diperoleh berupa data kuantitatif hasil tes kemampuan berhitung pada materivolume kubus dan balok selanjutnya analisisdengan menggunakan analisis deskriptif dan uji t-tes. Darihasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pre testsebesar58.61 yang termasuk pada kategori sedang.Sementara nilai rata-rata post test yang diperoleh sebesar 80 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkanhasil analisis uji t-tes diperolehnilai tHitung= 15.39 dan tTabel= 3.591, sehingga dapat dituliskan tHitung ≥ tTabelatau 15.39 ≥ 3.591. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yangmenggambarkan bahwa penggunaan media edukasi “Hitung Kompak” dapat memberi pengaruh dalammeningkatkan kemampuan berhitung siswapada materi volume kubus dan balok.Kata Kunci:media edukasi, hitung kompak, kemampuan berhitung This study aims to describe the impact of the use of "Compact Counting" educational media on numeracy skills inelementary school students. This study included pre-experimental research involving 36 students as research subjectsconsisting of 18 male students and 18 female students. The research design used was One Group Pretest-Posttest Designinvolving one group of subjects. This research was carried out through the planning, implementation stage (pre test,treatment and post test), analysis and findings. The research instrument used in this study is a test of students oflearning outcomes that describes students' numeracy skills and observation sheets. The results of the research dataobtained are then analyzed using technical descriptive statistical analysis and inferential analysis. The data obtainedin the form of quantitative data from the results of tests of numeracy skills in topic of the volume of cube and rectangleare then analyzed using descriptive analysis and t-test. From the results of the study obtained the average value of thepre test of 58.61 which is included in the medium category. While the average value of the post test obtained is 80which is in the high category. Based on the results of the t-test analysis, it is obtained that the t count = 15.39 and ttable = 3.591, so that it can be written t count ≥ t table or 15.39 ≥ 3.591. Thus, it can be concluded that Ho is rejectedand H1 is accepted which illustrates that the use of educational media "Compact Counting" can have an effect inimproving students' numeracy skills in volume and cube volume topic.Keywords: educational media, compact counting, numeracy skill
HUBUNGAN ANTARA LEARNING STYLE DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 2 PALEMBANG Astuti, Mardiah; Sofyan, Fuaddilah Ali; Marisa, Mira
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1: April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v2i1.2062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara learning style dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. Pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan kuantitafif desain korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di MIN 2 Palembang berjumlah 261 siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 148 siswa. Data tentang learning style dikumpulkan dari pengisian angket learning style oleh responden, sedangkan hasil belajar didapat dari hasil post-test siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa untuk learning style visual rhitung (0.172) > rtabel (0.1698), auditorial rhitung (0.251) < rtabel (0.3172), kinestetik rhitung (0.127) > rtabel (0.3009). Berdasarkan kriteria pengujian maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak (auditorial dan kinestetik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara learning style (auditorial dan visual) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 2 Palembang. This study aims to determine the correlation between learning style and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang. This types of research are quantitative, correlation design. The population of this study was 261 students and 148 were taken as the sample by purposive sampling. The data collected are the results of filling the learning style and mathematics test by the respondents. The results of data analysis obtained for visual tcount (0.172) > ttable (0.1698), while auditorial tcount (0.251) < ttable (0.3172), cinestethic tcount (0.127) < ttable (0.3009). Based on the criteria of test, the null hypothesis (Ho) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected for auditorial and cinestethic. So it can be concluded that there is no significant correlation between learning style (auditorial and cinestethic) and student’s academic achievement of mathematics the fifth grade students at MIN 2 Palembang.
STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARTOON CARD DENGAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III Puspitasari, Dina
Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa, 2) strategi mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar Matematika antara strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III.1 dan III.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan analisis prasyarat menggunakan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: 1) tidak terdapatperbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta yang dibuktikan dengan thitung < ttabel, yaitu 0,78 < 2,301 dan nilai probabilitas 0,938 > 0,05, 2) strategi pembelajaran Cartoon Cardsetarapengaruhnya dengan Course Review Horay terhadap motivasi belajar Matematikapada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta dan dibuktikan dengan skor rata-rata motivasi belajar Matematika kelas 3.1yang tidak berbeda secara signifikan dengan kelas 3.2, yaitu adalah 91,80 – 91,60 = 0,20. This study aims to determine: 1) the difference of learning motivation Mathematics between the implementation of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students, 2) Which strategy is greater influence on learning motivation Mathematics between learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students. This research is a quantitative experimental research. The population in this study were all students of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. The sampling technique used is purposive sampling. Samples taken are students of class III.1 and III.2. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data analysis technique used is t test which previously conducted prerequisite analysis using normality test. Result of data analysis with 5% significance level obtained: 1) there is no difference of learning motivation Mathematics between applying of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay at grade 3 student of SD Kleco 1 No.7 Surakarta which proved by t count <ttabel, that is 0,78 < 2,301 and probability value 0,938> 0,05,2) Cartoon Cards teaching strategy shears with Course Review Horay to motivation learn Mathematics in grade 3 of SD Kleco 1 No.7 Surakarta and proved by average score of motivation learn Mathematics class 3.1 which is not different significantly with class 3.2, ie is 91.80 - 91.60 = 0.20.
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR Rusni, Rusni; Agustan, Agustan
Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1233

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan hal yang penting dalam  belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Menggunakan metode ex post facto  karena eksistensi dari variabel yang diteliti telah terjadi. Hasil penelitian menggunakan analisis statatistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil kedisplinan siswa adalah 72,22 dan tergolong cukup tinggi, rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 77,97 tergolong tinggi. Hasil penelitian mengunakan korelasi Pearson Product Moment  menunjukkan nilai rhitung  0,799 lebih besar dari nilai rtabel untuk n = 36 yaitu 0,329berarti terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar yang menjadi populasi. Hasil uji signifikan dengan α 5 % diperoleh thitung7,746 lebih besar dari ttabel 1,691, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Pada hakekatnya kedisiplinan adalah hal yang dapat dilatih. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melatih kedisiplinan siswa. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membiasakan anak untuk mengaktifkan diri dengan nilai-nilai moral untuk  memiliki dan mengembangkan disiplin diri. Hal ini sesuai dengan teori Shochib. Discipline learning is an important thing in learning. This study aims to find out the hubugan discipline of learning on student learning outcomes mathematics. Using the ex post facto method because the existence of the variables studied has occurred. The result of the research using descriptive statistical analysis showed that the average of disciplinary result of students was 72.22 and quite high, the average of students mathematics learning result was 77,97 was high. The result of the research using Pearson Product Moment correlation shows the value of rs 0,799 bigger than rtabel value for n = 36 that is 0,329 mean there is influence of learning discipline to student learning result at SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar become population. Significant test results with α 5% obtained tcount 7.746 greater than t table 1.691, this means there is a significant effect of learning discipline on student learning outcomes in Elementary School Nusa Harapan Permai Makassar City. In essence, discipline is something that can be trained. This research can be a reference in training student discipline. One of the things that can be done is to familiarize children to activate themselves with moral values to own and develop self-discipline. This is in accordance with Shochibs theory.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Amal, Amri; Basam, Fajri
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 1, No 2: Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.539 KB) | DOI: 10.26618/jrpd.v1i2.1566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang berkualitas di Sekolah Dasar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap penyebaran. Instrumen penelitian ini meliputi: 1) penilaian ahli dan guru terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan; 2) soal tes, kemudian dianalisis dengan analisis data uji validasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah; (1) Perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing yang meliputi: a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), b) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes hasil belajar, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Akbar, Ahmad Ali; Tarman, Tarman
Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1, No 1: April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v1i1.1238

Abstract

Penggunaan media gambar sangat membantu untuk meningkat­kan hasil belajar siswa, Karena melibatkan  seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh penggunaan Media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, Karna hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sungguminasa III Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tergolong rendah dengan nilai 6,83. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan jenis one group pre test-post test design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang dikumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif jenis uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada proses pembelajaran pada hasil belajar berpengaruh. Hal ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran yaitu hanya mencapai 6,83, selanjutnya setelah menggunakan media gambar pada proses pembelajaran mencapai nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 16,35. Hal ini berarti bahwa tingkat kemampuan siswa meningkat. Pengaruh media gambar dalam proses pembelajaran diketahui pula berdasarkan hasil perhitungaan uji t. Hasil penelitian diperoleh, tHitung= 16,41 dan tTabel= 3,792 maka t Hitung ≥ tTabel atau 16,41≥ 3,792. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa penggunaan media gambar dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. The use of image media is very helpful to improve student learning outcomes, because it involves all the potential possessed by students. The purpose of this study to mengatahui effect of the use of media images of learning outcomes Indonesian, Karna student learning outcomes fourth grade SD Negeri Sungguminasa III Somba Opu District Gowa is low with a value of 6.83. The type of research used is pre experimental with type one group pre test-post test design. The technique used to collect data is a test technique. The collected data will be analyzed using descriptive statistical technique of test t-test type. The results of this study indicate that the use of image media on the learning process on learning results have an effect. This is seen in the level of students ability before using the learning method that is only reached 6.83, then after using the media images on the learning process to reach the average value obtained for 16.35. This means that the level of student ability increases. The influence of image media in the learning process is also known based on the results of t test calculation. The results obtained, t = 16.41 and tTable = 3.792 then t Count ≥ tTable or 16.41 ≥ 3.792. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted. This means that the use of image media can have an effect on improving students skills in Indonesian language.

Page 1 of 4 | Total Record : 34