cover
Filter by Year
JSiI (Jurnal Sistem Informasi)
JSiI (Jurnal Sistem Informasi) is a scientific journal published by the Department of Information System Universitas Serang Raya (UNSERA). This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information systems. JSiI (Jurnal Sistem Informasi) is published twice a year in March and September. The paper is an original script and applied research in information systems.
Articles
56
Articles
Uji Sensitivitas Metode Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Penyebaran Media Promosi

Fernando, Donny, Handayani, Nurfitri

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak— SMK Informatika Kota Serang adalah salah satu SMK di Kota Serang yang setiap tahun selalu melakukan promosi untuk mendapatkan peserta didik. Saat ini penyebaran media promosi dilakukan tanpa menggunakan sebuah metode yang terukur. Sehingga banyak media promosi yang terbuang sia-sia tanpa mendapatkan hasil yang tepat. Pada penelitian ini, peneliti mencoba melakukan penelitian metode pendukung keputusan apa yang paling tepat untuk menyelesaikan kasus ini. Peneliti mengusulkan 3 metode yaitu Weight Product (WP), Simple Additive Weight (SAW) dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) yang dilakukan uji sensitivitas. Kata Kunci— Uji Sensitivitas, Weight Product (WP), Simple Additive Weight (SAW) dan Technique For Order Preference By Similarity To    Ideal Solution (TOPSIS), Sistem Pendukung Keputusan.

Rancangan Implementasi Protokol S/Mime Pada Layanan E-mail Sebagai Upaya Peningkatan Jaminan Keamanan Dalam Transaksi Informasi Secara Online (Studi Kasus : PT. XYZ )

Haerani, Reni, Muttaqin, Zaenal

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak dalam segala aspek kehidupan manusia, yaitu cara berkomunikasi manusia yang awalnya bersifat konvensional menjadi digital. E-mail merupakan layanan yang disediakan sistem teknologi informasi sebagai sarana untuk bertransaksi informasi di dunia digital. Berkomunikasi menggunakan e-mail memiliki banyak kelebihan namun di sisi lain rentan terhadap kegiatan digital attacker, seperti penyadapan. Security adalah kunci untuk pengamanan informasi yang dibawa oleh e-mail. PT. XYZ merupakan organisasi yang bergerak di bidang bisnis yang menangani infrastruktur TI di kalangan instansi pemerintah maupun swasta, yang mana kesehariannya informasi rahasia ditransaksikan menggunakan e-mail online. S/MIME merupakan salah satu alternatif pengamanan yang dapat diimplementasikan pada e-mail. Hasil akhir dari penelitan ini berupa rancangan implementasi protokol S/MIME pada layanan e-mail bagi PT. XYZ yang menerapkan teknik kriptografi berupa tanda tangan digital dan/atau enkripsi yang terbukti dapat memenuhi aspek keamanan informasi. Dengan mengimplementasikan S/MIME, aspek information security seperti confidentiality, integrity, authentication dan non-repudiation yang diharapkan oleh PT. XYZ dapat terpenuhi. Kata Kunci: e-mail, digital attacker, security, S/MIME, information security

Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weight(SAW) (Studi Kasus : SMP Negeri 2 Mekar Baru Kab. Tangerang)

Widianto, Fajar, Hidayat, Taufik

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Pemberian beasiswa harus sesuai kriteria dan memiliki rasa keadilan bagi semua siswa. Pemberian beasiswa di SMPN 2 Mekar Baru Kab.Tangerang masih bersifat manual. Bagian tata usaha masih mengurutkan siswa per kriteria untuk menetukan penerima beasiswa, kriteria yang digunakan seperti pekerjaan orang tua,  penghasilan orang tua, kepemilikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Program Keluarga Harapan (PKH), jumlah tanggungan, nilai raport semester. Dalam melakukan penyeleksian lembaga membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk itu perlu diterapkan sistem yang mampu bekerja secara cepat, tepat dan obyektif dalam pengambilan keputusan sehingga hasil yang dikeluarkan tersebut valid dan benar bisa dikatakan bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang dapat diberikan beasiswa. Metode yang digunakan penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, SAW.

Aplikasi Education Mapping (AEM) Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Pendidikan Di Kota Serang

Saefudin, Saefudin, Mada, Ratu Dea, Suandi, Muhamad

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Aplikasi education mapping (AEM) adalah sebuah sistem yang diharapkan bisa membantu masyarakat dari dan luar Kota Serang mendapatkan informasi seputar pendidikan di Kota Serang khususnya mengenai lokasi sekolah yang ada di Kota Serang. Informasi mengenai lokasi sekolah adalah salah satu informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan adanya Aplikasi education mapping ini masyarakat Kota Serang akan lebih mudah lagi mengetahui lokasi Sekolah yang ada di Kota Serang dengan mudah dan cepat. Aplikasi education mapping dibangun menggunakan bahasa pemrograman  PHP, JavaScript dan HTML dengan database MySQL. Aplikasi education mapping diimplementasikan dengan Google Maps API. Berdasarkan hasil dari pengujian dan penilaian sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi education mapping (AEM) dengan pendeketan sistem informasi geografis untuk pemetaan pendidikan di Kota Serang dapat digunakan sebagai salah satu media informasi yang bisa membantu masyarakat Kota Serang mengetahui lokasi sekolah yang ada di Kota Serang. Kata Kunci : Kota Serang, Pendidikan, Sistem Informasi Geografis, Web

Sistem Informasi Skorsing Siswa Berbasis SMS Gateway Di SMP Informatika Kota Serang

Sugiyarta, Ahmad, Jubaedi, Ahmad Dedi, Pambudi, Surya Angger

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Setiap pelanggaran yang siswa lakukan di Sekolah pada umumnya pihak sekolah akan mencatat dan menyimpannya dibuku. Dalam pelaksanaannya proses pencatatan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa ini diimplementasikan menggunakan sistem point pelanggaran dan skorsing. Namun permasalahan yang ada di bagian Kesiswaan adalah jika siswa ingin mengetahui pelanggaran apa saja yang telah siswa lakukan selama di sekolah, maka siswa atau orang tua siswa harus menghadap ke bagian Kesiswaan untuk mendapakan data pelanggaran siswa tersebut. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Skorsing Siswa yang memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibidang komputer dan Telekomunikasi yang dapat memberikan informasi dengan cepat dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah komunikasi antara bagian Kesiswaan dengan siswa atau orang tua wali, sehingga informasi mengenai data pelanggaran siswa dengan cepat dapat diketahui serta mempermudah proses pemanggilan orang tua/wali siswa melalui sebuah Short Message Service (SMS) yang akan dikirimkan secara otomatis setelah data pelanggaran siswa diinputkan kedalam sistem. Penelitian ini menggunakan metode Skorsing berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. Dengan adanya Sistem Informasi Skorsing Siswa ini diharapkan dapat membantu pihak Sekolah khususnya bagian Kesiswaan untuk dapat berhubungan dengan Siswa dan Orang Tua/Wali dan juga menginformasikan pelanggaran apa saja yang telah dilakukan oleh Siswa. Kata Kunci : Sistem Informasi, Skorsing, SMS Gateway, Point Pelanggaran.

Implementasi Metode Ishihara pada Tes Buta Warna (Colour Deficiency) di Klinik Amanda-Anyer

Efrianty, Fenny Nur, Harsiti, Harsiti, Nurhadiyan, M. Thoha

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Buta Warna adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu yang bisa dibedakan oleh orang dengan mata normal. Seseorang yang menderita buta warna dapat disebabkan oleh kelainan sejak lahir atau akibat penggunaan obat-obatan yang berlebihan. Buta warna umumnya diderita oleh laki-laki, sedangkan wanita hanyalah sebagai gen pembawa atau resesif. Metode Ishihara adalah metode yang digunakan untuk mendeteksi gangguan persepsi warna, berupa tabel warna khusus berupa lembaran pseudoisokromatik (plate) yang disusun oleh titik-titik dengan kepadatan warna berbeda yang dapat dilihat dengan mata normal, tapi tidak bisa dilihat oleh mata yang mengalami defisiensi sebagian warna. Implementasi Metode Ishihara Pada Tes Buta Warna (Colour Deficiency). Penelitian ini dilakukan d Klinik Amanda-Anyer,  salah satu klinik yang mengimplementasikan aplikasi tes buta warna sehingga klinik tidak memperlukan lagi buku-buku ishihara untuk proses pengetesan tes buta warna dan dapat melakukan tes buta warna dengan efektif tanpa rekayasa dan hasil yang sesuai, tepat dan cepat. Aplikasi ini dibangun dan dirancang dengan menggunakan metode watterfall dan diagram UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Vb.Net10, dengan database SQLServer2008. Berdasarkan hasil dari pengujian dan penilaian sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Ishihara pada Tes Buta Warna (Colour Deficiency)  dapat membantu Pihak Klinik Amanda-Anyer dalam melakukan proses pengetesan buta warna bagi masyarakat yang membutuhkan keterangan hasil buta warna dengan hasil yang cepat dan akurat. Kata Kunci : Metode Ishihara, Tes Buta Warna (Colour Deficiency),  klinik Amanda-Anyer.

Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Mahasiswa

Susanti, Deffy, Nurdiana, Nunu

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Simak mengatur administrasi yang berhubungan dengan akademik dan keuangan di lingkungan Universitas Majalengka. Seluruh proses bisnis yang ada pada kegiatan admin akademik, yaitu mulai dari proses mendaftar menjad imahasiswa baru, registrasi, perwalian, pengecekan nilai, pembuatan absen sampai mahasiswa melalukan proses administrasi wisuda. Sehingga sampai saat ini SIMAK senantiasa memiliki fitur yang terus dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan user dan sistem di organisasi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Majalengka yang memiliki 4 Program Studi diantaranya Prodi TeknikMesin, Prodi Teknik Sipil, Prodi Manajemen Industri dan Prodi Teknik Informatika dengan jumlah mahasiswa 487 orang. Mahasiswa Teknik yang menjadi populasi, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster proporsonal random sampling menggunakan tabel Nomogram Harry King dengan tingkat kepercayaan sampel sebesar 96% atau tingkat kesalahan 4% sehingga hasil sampelnya sebanyak 229 orang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif.Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara terhadap pihak yang terkaitdandokumentasi.MetodeAnalisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Persentase kemudian dikategorikan berdasarkan prodi. Pemanfaatan teknologi informasi, dalam hal ini SIMAK yang saat ini dijadikan sebagai pusat pelayanan akademik dan keuangan terhadap mahasiswa dapat memberikan manfaat yang cukup baik dimana pengarsipan data akademik dan keuangan mahasiswa disimpan disebuah database sehingga lebih terorganisir dan kemananan (back up) data pun terjaga. Hal ini dikarenakan  data yang  disimpan dalam bentuk database tidak hanya berpusat pada hard copy melainkan juga pada soft copy yang secara otomatis bisa disajikan. Dengan kata lain, pelayanan akademik sebelum dan sesudah memanfaatkan teknologi informasi, yaitu SIMAK memiliki perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : SIMAK, Kualitas Pelayanan, Mahasiswa

Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang)

Winaldi, Iman, Setyawan, Agus

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Anak tunarungu adalah salah satu klasifikasi dari anak yang mempunyai kelainan dalam pendengarannya sehingga memberikan dampak negatif bagi perkembangannya, terutama dalam kemampuan berbicara dan berbahasa.Dalam berkomunikasi, mereka menggunakan sebuah bahasa yang bernama bahasa isyarat, bentuknya berupa tatanan sistematis tentang seperangkat isyarat jari, tangan, dan berbagai gerak untuk melambangkan kosa kata bahasa.Namun pada kenyataanya, sumber daya pengajar yang mengerti bahasa ini jumlahnya masih sangat terbatas dan sangat minim prasarana.Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media belajar khusus tentang bahasa isyarat berbasis android untuk mengembangkan kemampuan berbahasa sehingga dapat mengurangi masalah kesulitan berkomunikasi yang dialami oleh anak-anak tunarungu.Software yang digunakan untuk membangun aplikasi pada penelitian ini adalah Eclipse Mars 2 dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.Aplikasi ini berisi tentang kata-kata dalam bahasa isyarat yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari dan dibuat dengan menggunakan elemen multimedia seperti video dan gambar sehingga anak tunarungu dapat dengan mudah menirukan gerakan bahasa isyarat yang diajarkan. Kata Kunci : Bahasa, Isyarat, Tunarungu, Android

Sistem Informasi Inventaris Berbasis Web di Akademi Kebidanan Bina Husada Serang

Susandi, Diki, Sukisno, Sukisno

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Inventaris merupakan suatu aset dari suatu organisasi yang perlu dikelola dengan baik agar kegiatan operasional suatu organisasi dapat berjalan dengan baik pula. Kegiatan pada pengolahan data inventaris banyak dilakukan dengan cara pencatatan data barang serta pemberian identitas dari barang yang ada. Untuk mempermudah melakukan pencatatan ini diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses pengolahan data inventaris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi literatur. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Terapan (Applied Research). Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi inventaris berbasis web yang langsung diterapkan pada Akademi Kebidanan Bina Husada Serang untuk membantu mengelola data inventaris barang. Kata Kunci – Sistem, Informasi, Sistem Informasi, Inventaris, Web.

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerima Beasiswa Untuk Siswa Tidak Mampu Dengan Metode AHP Menggunakan Visual Basic 2010

Putra, Jalasena Dwi, Zaliluddin, Dadan, Abdurahman, Dede

Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Sistem Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – UPTD Pendidikan Kecamatan Sukahaji merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Pendidikan yang terletak di Desa Sukahaji Kecamatan Sukahaji. Beasiswa harus diberikan kepada penerima yang layak dan pantas untuk mendapatkannya. Proses seleksi yang berhak menerima beasiswa masih mengalami kendala pada proses hasil pengambilan keputusan. Karena banyaknya siswa dan kriteria yang ditentukan untuk memberikan keputusan penerima beasiswa yang sesuai dengan yang diharapkan. Sistem pendukung keputusan dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) memberikan kemudahan dengan penilaian kriteria majemuk dengan suatu kerangka berfikir yang komprehensif pertimbangan proses hirarki yang kemudian dilakukan perhitungan bobot untuk masing-masing kriteria dalam menentukan kelayakan pemberian beasiswa yang akan menghasilkan laporan prioritas calon penerima beasiswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk merancang dan membuat suatu sistem pendukung keputusan (SPK) untuk pemilihan beasiswa serta agar beasiswa dapat diberikan tepat kepada siswa yang layak menerimanya. Kata Kunci :      Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Penerima Beasiswa, Siswa Tidak Mampu, AHP, Visual Basic 2010