Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
ISSN : 26213060     EISSN : -
Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu pendidikan mencakup media pembelajaran kimia, strategi pembelajaran kimia dan evaluasi pembelajaran kimia. Sedangkan pada Ilmu kimia meliputi bidang kimia analitik, kimia anorganik, kimia fisik, kimia organik, biokimia dan kimia komputasi.
Articles
12
Articles
PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOTAK KATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK

Karina, Karina, Rahmawanti, Novi, Mashuri, Mohan Taufiq

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.337 KB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Alalak dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 87 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi menyangkut foto-foto kegiatan saat pembelajaran berlangsung, sedangkan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data post-test yang diperoleh diuji menggunakan Independent sample t-test. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks.

PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) KIMIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Ginayah, Lulu Ul, Mashuri, Mohan Taufiq, Wardhani, Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.931 KB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D merupakan pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan berpikir kreatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D mampu mengembangkan kemampuan kreatif siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang (TTS) kimia 3D terhadap kemampuan kreatif siswa. Penelitian yang digunakan adalah kuasieksperimen. Instrumen penelitian berupa pretest, posttest dan angket berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin dan diambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dan kelas kontrol menggunakan lembar kerja soal. Analisis data yang digunakan meliputi analisis instrumen dan analisis akhir berupa uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kreatif kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil uji gain menunjukkan terjadinya perkembangan pada kelas eksperimen yaitu meningkat dengan kategori tinggi. Hasil angket menunjukkan kemampuan kreatif siswa pada akhir yaitu meningkat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 ALALAK

Munawarah, Munawarah, Solehah, Gusti Hadiatus, Akhyar, Okviyoandra

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.845 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pada penelitian ini, kelas sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik porpusive sample. Jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IA2 (eksperimen) dan XI IA3 (kontrol). Peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Pretest adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan awal siswa sebelum penerapan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Posttest adalah tes hasil belajar sesudah menggunakan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,179 dan ttabel = 2,013 yang berarti thitung > ttabel. H0 ditolak menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 13,10%.

PENGARUH MEDIA DART BOARD TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Novianti, Novianti, Akhyar, Okviyoandra, Mashuri, Mohan Taufiq

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.901 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data uji mann whitney u dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai sig sebesar 0,039 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid.

PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Wulandari, Ika Agustina, Mashuri, Mohan Taufiq, Dony, Novrian

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.813 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu: Pretest, Perlakuan, dan Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 2 dan X Mia 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dan foto. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan Zhitung bernilai -1,05 dan Ztabel bernilai 1,96 pada taraf signifikan 5%. Jika Zhitung< -Ztabel maka H0 ditolak, ternyata -1,05 < -1,96 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media kotak kartu misterius (kokami) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESMENT MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALZATION (TAI) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 BANJARMASIN

Aryani, Siti, Apriani, Herlina, Akhyar, Okviyoandra

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.297 KB)

Abstract

Hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan masih rendah disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga siswa hanya pasif mendengarkan. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung kurang aktif dan antusias dalam pembelajaran, serta kurang memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer assessment terhadap hasil belajar siswa melalui model Teams Assited Individuzation. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda 10 soal dengan 5 pilihan jawaban yang diujikan pada saat posttets. Pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney u. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui model team assisted individualzation terhadap hasil belajar.

PENGARUH MEDIA KARTU ISOMER BERGAMBAR PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK

Karolina, Hernita, Mashuri, Mohan Taufiq, Yuridka, Fitrah

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan 2 cara berbeda. kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media kartu isomer, sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen berupa pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar yang terdiri atas 19 soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media kartu isomer lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer.

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN

Marlinasari, Marlinasari, Mashuri, Mohan Taufiq, Solehah, Gusti Hadiatus

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Dari hasil analisis data dengan uji Independent Sample Test dapat diketahui Zhitung = 2.807 terletak diluar daerah penerimaan H0(-1.96 < Z < 1.96). Karena Zhitung> 1.96 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid, dengan 21.43% siswa kelas eksperimen tergolong memiliki minat belajar kimia yang tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 10.71%. Untuk meningkatkan minat belajar kimia siswa, pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru-guru kimia sebagai variasi dalam melaksanakan pembelajaran kimia.

ANALISIS KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK

Sari, Siti Aisyah Nur, Akhyar, Okviyoandra, Wardani, Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran true or false dan take and give terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam-basa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan “Non-equivalen Control Design” yang terdiri dari 2 kelas: kelas ekperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran aktif strategi true or false, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran aktif strategi take and give. Tes dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (postest). Teknik analasis yang digunakan adalahOne sample t-test.Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Berdasarkan analisis nilai posttest denganOne sample t-test untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05 hal ini berarti H0 ditolak artinya strategi true or false efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035<0,05 berarti H0 ditolak artinya strategi take and give efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa,(2) efektivitas kelas ditinjau dari selisih hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan pembelajaran menggunakan strategi true or false dengan presentase 30,59% lebih efektif daripada menggunakan take and give dengan presentase 21,33%.

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BUKU KIMIA BERBASIS POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN

Rosalina, Siska Dwi, Wardhani, Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma, Akhyar, Okviyoandra

Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam kalimantan MAB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar buku Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Brog and Gall. Produk hasil pengembangan dinilai oleh tiga orang ahli untuk validasi buku dan satu orang guru kimia untuk menentukan kualitas kelayakan buku Pop up yang mencakup lima aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek kesesuaian dengan komponen Pop Up. Analisis data yang digunakan adalah data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan buku kimia berbasis Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin adalah sebesar 24,00% aspekKelayakan Isi, 24,00% aspek Bahasa dan Gambar, 85,00% aspek penyajian, 35,00% aspek Kegrafisan, dan 52,00% aspek Kesesuain Dengan Pop Up. Dari kelima aspek penilaian, buku pop up ini termasuk dalam kualitas baik (B).Oleh karena itu, bahan ajar buku kimia berbasis pop up pada materi kimia minyak bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin.