cover
Contact Name
wulandari harjanti
Contact Email
wulanadari@stiemahardhika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stiemahardhika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Media Mahardhika
ISSN : 0854086     EISSN : 24074950     DOI : -
MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide significant contribution to the development of accounting practices and accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, MEDIA MAHARDHIKA provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
PENGARUH ALOKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN LAMONGAN Chodariyanti, Laily
Media Mahardhika Vol 17 No 1 (2018): September 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/mahardika.v17i1.60

Abstract

This paper aims to find out the influence the allocation of Budget revenues and Shopping Regency (APBD) against the absorption of labor in Lamongan Regency. The methodology used is based secondary data from various official sources whereas the sample used was for the period 2007-2014. Data analysis tools applied in this study is a method of \the trend analysis and bivariate Correlation. The results of the analysis of the obtained answers that the absorption of labor in lamongan Regency will increase while the correlation between lamongan Regency Government spending with the absorption of labor in Lamongan Regency is very strong and direct.
DAMPAK KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PO. TIARA MAS Musyaffa, A.; Emmywati, Emmywati
Media Mahardhika Vol 17 No 1 (2018): September 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/mahardika.v17i1.62

Abstract

Dewasa ini semakin banyak berbagai alternatif pilihan jasa transportasi, hal ini disebabkan karena mobilitas masyarakat yang kian hari kian tinggi. Bus masih menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan bus mampu menjangkau tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sarana transportasi yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada pengguna jasa bus PO. Tiara Mas. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah pelanggan bus PO. Tiara Mas. Sedangkan sampelnya sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisa jalur dengan menggunakan bantuan program SPSS 18.0, dimana sebelumnya dilakukan measurement model yang meliputi uji validitas, reliabilitas, juga analisis regresi berganda yang meliputi uji signifikansi (uji t dan uji F) dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel kualitas layanan memberikan pengaruh lebih besar terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dari pada variabel harga. Saran yang dapat disampaikan adalah agar PO. Tiara Mas dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, khususnya perihal ketepatan waktu berangkat maupun waktu sampai ditempat tujuan. Sedangkan dalam penetapan harga, selain memperhatikan unsur biaya, perusahaan juga harus memperhatikan harga yang ditetapkan para pesaing yang ada saat ini sebagai bahan pembandingnya.
PENGARUH PROGRAM DANA BERGULIR OLEH UPK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KUWA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI LAMONGAN Najiah, Evi Fitrotun; DJ, Yunni Rusmawati
Media Mahardhika Vol 17 No 1 (2018): September 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/mahardika.v17i1.57

Abstract

There are three PNPM-MPd programs in Turi Subdistrict namely the first in physical form where this assistance focuses on the development of both infrastructure and facilities that can have an impact to facilitate the community in carrying out activities that support economic activities in the area and in activities this community will be accompanied by technical facilitators. Whereas the second activity is in the form of training in which the proposed community or group will be trained to form a productive group which can later form an independent business group and is expected to have a positive impact on improving the economy for this activity. the third is in the form of savings and loans which in this activity people will become partners with UPK (Activity Management Unit) this activity is a special savings and loan group of women formed from a group of women who have businesses both livestock business, design and craft they form the group and applying for a loan at UPK aim to improve and develop the business that is run. the objectives in this study include: to determine the effect of partially the UPK revolving fund program and the workforce on increasing the income of KUWA in Bambang Village, Turi Lamongan Subdistrict, to determine the simultaneous effect of UPK revolving fund program and workforce on increasing KUWA income in Bambang Village Turi Lamongan Subdistrict and to find out which variable has the most dominant influence on the increase of KUWA income in Bambang Village, Turi Lamongan District. From the results of the study there are the results of the regression coefficients of each independent variable, namely the revolving fund program (X1) = 0.449 and Labor (X2) = 0.004, so it can be concluded that the most dominant factors affecting income increase (Y) are factors of the Revolving Fund Program by UPK (X1).
PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI INDONESIA TAHUN 2017 Prasetyo, Hendra Dwi
Media Mahardhika Vol 16 No 3 (2018): May 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.014 KB) | DOI: 10.29062/mahardika.v16i3.50

Abstract

Sistem Self assessment ditetapkan undang undang dalam penghitungan, penyetoran dan pelaporan kewajiban perpajakan untuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh), Sedangkan Official assessment digunakan untuk menetapkan besaran pajak terutang jenis PPN dan PPh adalah pajak yang dikelola oleh pemerintah pusat yakni dibawah Kementerian Keuangan tepatnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Sistem Self assessment mengandung makna bahwa sepanjang tidak ada pemeriksaan maka apa yang disampaikan Wajib Pajak (WP) dalam SPT dianggap benar oleh DJP. Jenis penelitian didalam penelitian ini adalah Eksplanasi Penelitian, yaitu penelitian komparatif (comparative research) untuk membandingkan penerapan atau implementasi e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak di Indonsia Tahun 2017. Kepatuhan yang dimaksud adalah pemenuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Wajib Pajak (WP) Badan dan WP Orang Pribadi (OP). Kepatuhan yang diukur adalah rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan dengan membandingkan antara jumlah penyampaian SPT Tahunan PPh Badan Dan OP (tidak termasuk pembetulan SPT Tahunan PPh).  
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Kompentensi Terhadap Motivasi Dan Kinerja Guru Hitu Iphank, Faripa La; Rraka Ardiana, I Dewa Ketut
Media Mahardhika Vol 16 No 1 (2017): September 2017
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.008 KB) | DOI: 10.29062/mahardika.v16i1.6

Abstract

This study aimsto determine the effect of transformational leadership style, organizational culture and motivation competence and their impact onthe performance ofa high school teacherin Taliabu Island. This study aimsto determine the effect of transformational leadership style, organizational culture and motivation competence and their impact onthe performance ofa high school teacher indirect Taliabu. The population inthis studyall teachers of high schools in taliabu using saturated sample, in which all members of the sampled population numbering 103 people. The data analysis used in this study is to test the validity of using Product Moment Correlation and reliability testing using Alpha Crobach and analyzed by using Partial Least Square (PLS). The results showed that: 1) there is no significant relationship between transformational leadership and teacher at the high school performance Taliabu. 2) there is no significant relationship between organizational culture and performance of State in Taliabu. 3) there isa positiveand significant relationship between competence and emotional intelligence on the performance ofhigh school in Taliabu. 4) there isa significant and positive effect between transformational leadership style, employee motivation of teachers to high schools in Taliabu. 5) there isa positive and significant influence between organizational culture and motivation of high school teachers in Taliabu. 6) there is no significant relationship between competence and motivation of high school teacher in Taliabu.7) there isa significantand positive influence between work motivation of teachers and high school teachers in Taliabu performance. Based on these resultsit can be concluded, transformational leadership, organizational culture does not significantly influence the performance of teachers in Taliabu high school. Transformational leadership style and organizational culture have positive effect on the motivation of teachers work in the high school district of the Taliabu island.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EXPERIENTIAL MARKETING Erdiana, Atty; Julindrastuti, Dijah; Surenggono, Surenggono
Media Mahardhika Vol 16 No 3 (2018): May 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.76 KB)

Abstract

Persaingan global yang semakin ketat mengharuskan  perusahaan  selalu peka terhadap perubahan yang terjadi di pasar. Konsep baru dalam praktek pemasaran yang dikenal dengan experiential marketing lebih berorientasi pada pendekatan psikologis konsumen sehingga dapat membangkitkan emosi positif dari pelanggan.     Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor controlable  dan uncontrolablebagi toko terhadap experiential marketing. Sampel penelitian ini adalah konsumen potensial produk baju fashion, sudah bekerja, usia lebih dari 25 tahun di wilayah Kota Surabaya dan  Malang. Jumlah sampel sebanyak 311 orang. Variabel bebas meliputifaktor uncontrolable yang berupa variabel demografi (usia, gender, pendidikan, status pernikahan dan suku) dan faktor controlable berupa variabel atmosfer toko dan lokasi toko, dan variabel terikatnya adalah experiential marketing. Teknik analisis data yang digunakan adalah: regresi linier berganda, independent sample t tes dan one way anova.             Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer toko dan lokasi toko berpengaruh signifikan terhadap experiential marketing. Gender dan suku juga berpengaruh signifikan terhadap experiential marketing. Implikasi penelitian ini adalah toko sebaiknya memperbaiki atmosfer tokonya dengan cara: menyediakan tempat yang luas, penataan produk yang rapi dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Produk  disesuaikan dengan  keinginan wanita karena experiental marketing wanita lebih tinggi daripada pria, sehingga perlu disediakan produk yang memperhatikan: kerapian jahitan, asesoris unik dan disain baju yang sedang trend. Selain itu suku Jawa lebih mempunyai experiental marketingdibandingkan dengan suku Madura, sehingga toko perlu  memperhatikan beragam budaya dari berbagai suku dengan cara penampilan karyawan menggunakan berbagai baju adat pada event tertentu, memperdengarkan musik tradisional misalnya Gamelan Jawa, Angklung Sunda, serta instrumental lain dari berbagai suku
Competitive Dynamics Pada Usaha Mikro : Analisis Persepsi Kompetitif Pada Usaha Mikro Bidang Kuliner Di Unitomo Street Food Surabaya Purnomo, Bambang Raditya
Media Mahardhika Vol 16 No 1 (2017): September 2017
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.372 KB) | DOI: 10.29062/mahardika.v16i1.2

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggali proses pelaku usaha kecil mikro dalam berhubungan dengan kompetitornya dan kekuatan kompetitif di pasar. Studi ini menggunakan pendekatan pengolahan informasi yang memeriksa tiga aktivitas, yaitu scanning lingkungan kompetitif, interpretasi terhadap tindakan kompetitif, dan reaksi berdasarkan penilaian tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya saing dari pelaku usaha mikro khususnya yang bergerak di bidang kuliner. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana peneliti mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan, merangkum serta menginterpretasikan data-data yang diperoleh, yang selanjutnya diolah kembali sehingga diperoleh gambaran yang jelas, terarah dan menyeluruh dari masalah yang menjadi objek penelitian. Pendekatan fenomenologis digunakan untuk menganalisis data asli yang dikumpulkan dari pertanyaan wawancara dan dialog dengan informan. Struktur pengalaman digambarkan berdasarkan interpretasi peneliti pada deskripsi peserta. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional serta meningkatkan daya saing dari pelaku usaha mikro khususnya yang bergerak di bidang kuliner.
Pengaruh Motivasi, Pengawasan, Sanksi Dan Penerapan Absensi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada PT. TIKI Cabang Surabaya Kusmayati, Nindya Kartika
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.871 KB)

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia banyak melaksanakan usaha pembangunan di segala bidang diantaranya dalam pelayanan jasa terhadap masyarakat. Dalam hal ini diperlukan adanya standarisasi yang bertujuan menciptakan keamanan, kenyamanan dalam menggunakan sumber daya alam dan juga dalam hal perlindungan terhadap pengguna sumber alam dan juga dalam hal perlindungan terhadap pengguna sumber daya tersebut.Setiap perusahaan berusaha meningkatkan serta mengembangkan perusahaan dengan mengadakan berbagai cara yang tersusun dalam program untuk meningkat kinerja para karyawan. Banyak faktor yang terkait dalam perbaikan kinerja perusahaan. Salah satunya adalah pihak perusahaan kurang menerapkan sistem promosi jabatan dengan benar. Disiplin kerja yang baik akan dapat meningkatkan kelancaran operasi organisasi. Disiplin terhadap tugas dan tanggung jawab merupakan kewajiban bagi setiap karyawan sesuai dengan hal yang diterimanya, karena hal itu perlu adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban sehingga disiplin kerja tercapai.Masih banyaknya karyawan yang melakukan pelanggaran jam kerja terutama datang terlambat hal ini dikarenakan sudah menjadi kebiasaan karyawan dan belum adanya sanksi tegas hanya berupa teguran secara lisan. Oleh sebab itu penulis mengadakan penelitian mengenai masalah pengaruh motivasi, pengawasan, sanksi dan penerapan absensi terhadap disiplin kerja pegawai pada PT. TIKI cabang Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode “cross sectional” untuk melakukan penjelasan keadaan saat itu, sehingga dari data yang diperoleh dapat menjelaskan ada tidaknya kausal antar variabel. Penelitian ini juga disebut penelitian penjelasan (explanatory research) karena tujuannya adalah untuk menjelaskan hubungan kausal antara variable. Teknik analisis dengan linier multipleregression(regresi linier berganda).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel Motivasi sebesar 0,608, Pengawasan sebesar 0,851, Sangsi sebesar 0,427, dan variabel Absensi sidik jari sebesar 0,397. Sedangkan dalam hal ini variabel yang paling dominan mempengaruhi disiplin kerja adalah Pengawasan.
Pengaruh Food Experience Terhadap Satisfaction Wisatawan: Studi Kasus Kuliner Khas Jawa Timur Rahayu, Siti
Media Mahardhika Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.411 KB)

Abstract

Pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat. Salah satu bentuk trend wisata baru adalah wisata kuliner. Trend wisata kuliner meningkatkan pertumbuhan industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Masing-masing daerah mencoba mengenalkan alternatif kuliner yang menjadi ciri khasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh food experience terhadap satisfaction wisatawan dari luar Jawa Timur yang menikmati kuliner khas Jawa Timur. Data didapatkan melalui kuesioner. Kuesioner disebarkan terhadap wisatawan dari luar Jawa Timur yang pernah menikmati kuliner di Jawa Timur. Wisatawan didapatkan di berbagai objek wisata di wilayah Jawa Timur. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap kuliner khas Jawa Timur adalah heritage, variety, dan sensory.  
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL BUMI SURABAYA CITY RESORT Supartini, Supartini; Asita, Novelia; Pratiwi, Yeni Ika
Media Mahardhika Vol 16 No 1 (2017): September 2017
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.605 KB) | DOI: 10.29062/mahardika.v16i1.45

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kualitas pelayanan melalui dimensi-dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) terhadap kepuasan konsumen dengan mengajukan lima hipotesis. Objek dalam penelitian ini menggunakan Hotel Bumi Surabaya dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang diperoleh menggunakan rumus 15 atau 20 kali variabel bebas (Joseph F. Hair:1998), sedangkan pengambilan sampel mengunakan metode random sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Dari hasil studi menunjukkan bahwa tidak seluruh dimensi kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dari seluruh hipotesis yang diajukan hanya 4 yang dapat dikonfirmasikan dan 1 lainnya gagal dikonfirmasikan. Kehandalan,Jaminan,Daya tanggap,Empati yang berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan Bukti langsung merupakan aspek yang harus adatetapi bukan merupakan aspek yang menentukan dalam kepuasan konsumen sehingga variabel tersebut tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh nilai koefisien determinasi terhadap variabel kepuasan konsumen adalah 51,7%, sisanya sebesar 48,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain, sehingga ada kemungkinan variabel-variabel lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen.