cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
ISSN : 2541657X     EISSN : 25500813     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial" : 11 Documents clear
METODE BELAJAR DISKUSI DAN MIND MAPPING DIPILIH KARENA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN MINAT PELAJAR PADA BIDANG STUDI SOSIOLOGI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN romadona, sahru
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.97 KB)

Abstract

Permasalahan dan kendala yang dialami para pelajar SMA Negeri 8 Padangsidimpuan pada saat belajar sosiologi terletak pada kebiasaan atau tingkah laku dan dalam cara berpikir. Sebagai pemecahan masalah pengajar mempersilahkan pelajar untuk bebas memilih metode belajar apa saja yang mereka inginkan dan mereka kuasai agar dapat memenuhi standar nilai di sekolah. Apabila para pelajar telah menguasai metode belajar yang mereka pilih maka otomatis para pelajar akan mendapatkan manfaat dari metode belajar yang telah digunakan tersebut. Manfaat akan dirasakan pada saat belajar, saat ulangan harian, dan saat ujian, yaitu mampu menguasai materi sosiologi yang di bahas dan dapat menjelaskan kembali materi tersebut. Daam penelitian ini, pengajar menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan metode deskriptif pengajar sekaligus peneliti akan memaparkan proses dan hasil belajar para pelajar dengan masing-masing metode belajar yang digunakan. Kata Kunci: Metode Belajar, Minat, Bakat
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATH (MENCARI PASANGAN KARTU) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI DI KELAS X MAN SIABU TAHUNPELAJARAN 2015-2016 Sahyuni, Sahyuni; Fadlan, Ahmad
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.989 KB)

Abstract

penerapan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan dan Investasi di Kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016? Sedangkan tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) dengan metode ceramah dikelas X MAN Siabu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara eksperimen. penelitian eksperimen yang dimaksud adalah mengadakan perlakuan terhadap sampel objek penelitian. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. Kemudian untuk melihat gambaran penerapan penggunaan model pembelajaran indeks card math(mencari pasangan kartu) dalam pembelajaran terhadap kreativitas belajar peserta didik dalam memahami materi pelajaran ekonomi di kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016. diperoleh harga r xyhitung = 0,493. Jika angka indeks korelasi tersebut dikorelasikan dengan tabel “r” tabel Product Moment maka di dapat bahwa taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan n=64 diperoleh 0,254. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai r xy hitung lebih besar daripada r tabel yakni: 0,493 > 0,254. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Product Moment , MAN Siabu
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TCREATIVE CASE STUDY (SCCS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI DENGAN MATERI POKOK PERBANKAN PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Gulo, Nur Indah Sari; Samosir, Benny Sofyan; anto, uli
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.63 KB)

Abstract

Model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) apakah dapat dipergunakan untuk memotivasi belajar bidang studi ekonomi dengan materi pokok perbankan peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017.”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) dalam belajar bidang studi ekonomi dengan melalui materi pokok perbankan. Dan untuk melihat sejauh mana motivasi belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) pada bidang studi ekonomi. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) adalah dilakukan dengan melalui penelitian dilapangan secara langsung dengan melalui penyebaran angket dan wawancara bila diperlukan dan observasi, dan Penelitian Lapangan (Field Research) yaitu dilakukan melalui penelitian perpustakaan dan buku-buku leteratur, brosur, yang berkenaan dengan judul penulis. Sedangkan jenis penelitiannya adalah asosiatif: “Suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Sedangkan populasi penelitian adalah 68 orang peserta didik, sebagai sampel adalah kelas X.1 dengan jumlah 35 peserta didik dengan mempergunakan perhitungan secara product moment oleh Person Kata Kunci: Product Moment, Student Creative Case Study, Model Pembelajaran
PERANAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE TERHADAP PERESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DEGAN MATERI POKOK UANG PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG NATAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Nurdin, Ali
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.033 KB)

Abstract

Peranan Model Pembelajaran Debate Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Materi Pokok Uang Pada Peserta Didik. Metode penelitian, melalui kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (Field Research). jenis penelitian yang dipergunakan adalah asosiatif. Populasi kelas X adalah 68 orang sedangkan yang diambil sampel adalah kelas X. sebanyak 68 orang dengan mempergunakan rumus product moment. Berdasarkan analisa data diatas, maka diperoleh nilai hitung = 0,00, Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan melihat peranan nilai rxy hitung dengan rxy tabel, dimana apabila nilai rxy hitung lebih besar atau sama dengan rxy tabel maka hipotesis alternatif (Ha) tidak diterima kebenarannya dan H0 diterima, dan sebaliknya apabila nilai rxy hitung lebih kecil dari rxy tabel, maka Ho diterima dan Ha tidak diterima kebenarannya. Berdasarkan ketentuan tersebut maka dapat dilihat bahwa nilai rxy hitung (0,004) lebih kecil dengan rxy tabel dengan taraf kesalahan 5 % atau 1 % (0,244 - 0,317 < 0,004), Kata Kunci: Model Pembelajaran Debate, Product Moment, Prestasi Belajar
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBENTUK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Situmeang, Suaibatul Asiyah; Abidan, Abdul Aziz
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.857 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada penerapan media pembelajaran visual berbentuk gambar dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok sistem hukum dan peradilan internasional peserta didik di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih, dengan pendekatan penelitian kepustakaan (library research)dan penelitian lapangan (Field research). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4Padangsidimpuan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 226 peserta didikdan penulis menetapkan jumlah sampel sebanyak 15% dari 226yaitu 32 peserta didik. Adapun rumus yang dipergunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Product moment Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0,358. Jika angka indeks korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengann = 32 diperoleh 0,349 Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai r lebih besar daripada r tabel yakni 0,358 > 0,349.s
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI POKOK PERANAN UANG PESERTA DIDIK DIKELAS X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Tanjung, Nurhalimah; Ansari, Rajab
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.01 KB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri terhadap minat belajar peserta didik, dan untuk mengetahui bagaimana peranan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik. Metode penelitian kepustakaan (library Research) dan penelitian (field Research) dan jenis penelitiannya asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih. Dengan menggunakan perhitungan secara product moment oleh person. Berdasarkan perhitungan koefisien korelaasi diperoleh nilai rhitung yaitu 0.989 dapat dikatakan bahwa ada penerapan model pembelajaran inquiri dengan menggunakan media audio visual terhadap minat belajar mata pelajaran ekonomi materi pokok peranan uang peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun Tahun pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Inquiri, Penelitian Asosiatif
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HAM PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS X IIS 3 SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PINANGSORI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 aritonang, hasmira
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.345 KB)

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah ( problem based learning ) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah ham pada mata pelajaran pkn kelas x iis 3 semester ganjil sma negeri 1 pinangsori tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 materi Pokok HAM sebelum digunakan metode Problem Based Learning. Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 tentang materi HAM sesudah menggunakan metode Problem Based Learning .Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 tentang materi HAM sesudah menggunakan metode Problem Based Learning. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya peningkatan hasil belajar materi HAM melalui pengajaran metode Problem Based Learning. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Pinangsori sebanyak 37 orang. Kata Kunci: Kemampuan Memecahkan Masalah, PKn, Problem Based Learning
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS XII IPA 1 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 1 PINANGSORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH Tarihoran, Hotma Saritua
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.811 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran metode pemecahan masalah ( Problem Solving ). Kegiatan penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pinangsori dan Memilih kelas XII IPA 1 dengan jumlah 38 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 52,37 (berada pada kategori rendah) dan hasil dibawah nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 68,70 (masih pada kategori rendah). Kemudian pada siklus II yaitu setelah dilaksanakannya tindakan sebagai refleksi dari siklus I nilai rata-rata siswa naik menjadi 78,00 mendekati kategori sedang, tingkat ketuntasan siswa pun meningkat dari 55,26 % menjadi 68,42 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,74 %. Demikian pula perubahan aktivitas siswa, telah meningkat minat dan kemauan siswa belajar fisika. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Problem Solving, XII IPA-1
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DALAM MATERI POKOK DEMOKRASI PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Tanjung, Asna Suryani; dongoran, putoro
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.819 KB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun pelajaran 2016-2017 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016-2017.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. diperoleh nilai rxy hitung = 0,951. Selanjutnya penulis menetapkan nilai rxy tabel dengan n = 30 dengan taraf 5% adalah 0,361 Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan membandingkan nilai rxy hitung dengan rxy tabel. Dapat dilihat bahwa r hitung lebih besar dari nilai r tabel dengan taraf kesalahan 5% yaitu 0,951 > 0,361. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap peningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division, Product Moment
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK Ali, Muhammad
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.109 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah dan supervisi yang dilakukan terhadap guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, ditemukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun RPP melalui Supervisi akademik di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaa Pembelajaran di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal ini dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata RPP yang dibuat oleh guru juga mengalamin peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata nilai 70,10 dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,5. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Supervisi Akademik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11