cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
ISSN : 2541657X     EISSN : 25500813     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Arjuna Subject : -
Articles 79 Documents
PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH MILENIAL DALAM MEMAHAMI BAHAYA VOTE BROKER OLEH KPU Harnom, Fauziah
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 1 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilih milenial merupakan pemilih yang besar di Indonesia. Peran mereka sangat penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih, agar terciptanya pemilu yang berkualitas. Untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka tentang pemilu serta bahaya dari politik uang terutama yang dilakukan oleh broker politik. Kurangnya pemahaman pemilih milenial tentang Pemilu salah satu yang membuat politik uang berkembang di negara ini. Untuk itu perlu bagi KPU sebagai penyelenggara memberikan sosialisasi berupa pendidikan politik kepada pemilih milenial.
PENGARUH SOSIAL EKONOMI TERHADAP POLA PENURUNAN PENGANGGURAN TERBUKA DI PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2003-2017 Sari, Fransisca WAW; Bangun, Rita Herawaty
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 1 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.874 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasipengaruh sosial ekonomi terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan data runtut waktu selama tahun 2002-2017 yang terdiri dari data inflasi, persentase penduduk miskin, upah minimum regional dan rata-rata lama sekolah,Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inflasi, persentase penduduk miskin, upah minimum regional dan rata-rata lama sekolah secara simultan berpengaruh secara nyata terhadap tingkat pengangguran terbuka namun secara partial hanya variabel rata-rata lama sekolah yang berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sumatera Utara.Kata kunci: Tingkat pengangguran terbuka, indikator sosial ekonomi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VI-B MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO ( TAPE – RECORDER ) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL SD NEGERI 157015 KEBUN PISANG KECAMATAN BADIRI KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Helga, Helga
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 1 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.665 KB)

Abstract

Melihat tingkat Kemampuan Menyimak belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperlukan adanya perhatian guru yang lebih terhadap siswa, 1). apakah penerapan metode Belajar dengan mengunakan media audio pada siswa Kelas VI-B SD Negeri 157015 Kebun Pisang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa ? 2). Bagaimanakah penerapan metode Belajar dengan mengunakan media audio untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas VI-B SD Negeri 157015 Kebun Pisang ? 1).Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menyimak siswa dapat ditingkatkan melalui Penggunaan media audio ( Tape–Recorder) di kelas VI-B SD Negeri 157015 Kebun Pisang Kabupaten Tapanuli Tengah. Prosedur Penelitian ini meliputi 2 Siklus dimana setiap siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 157015 Kebun Pisang, dengan obyek penelitian siswa kelas VI-B yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran metode Belajar media audio dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan nilai Pada Siklus I Siswa sebesar 63,39 % dengan nilai rata – rata 6,34. Sedangkan Pada siklus II siswa yang mengungkapkan isi cerita meningkat menjadi 91,96 % dengan nilai rata – rata sebesar 9,19.
ANALISIS PERTUMBUHAN TOTAL ASSET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Lubis, ahmad Fadlan
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.784 KB)

Abstract

enelitian ini berjudul Analisis Pertumbuhan Total Asset Perbankan Syariah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah pembiayaan yang disalurkan dan pertumbuhan ekonomi nasional terhadap pertumbuhan total asset PerbankanSyariah di Indonesia. Dalam penelitian ini, permasalahan yang diteliti yaitu: Apakah jumlah pembiayaan yang diberikan Bank Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah di Indonesia dan Apakah pertumbuhan ekonomiberpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah di Indonesia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripif dan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik menggunakan data sekunder selama periode 2003-2013. kemudian diolah sesuai dengan uji asumsi klasik menggunakan program eviews 0.6 sehingga dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa jumlah pembiayaan yang disalurkan Bank Syariah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah di Indonesia dan pertumbuhan ekonomi nasional berpengaruh positif terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah di Indonesia
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERINGATAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN DAN INVESTASI PESERTA DIDIK KELAS X PON-PES MUHAMMADIYAH KHA.DAHLAN SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Rambe, Zainab; Samosir, Benny Sofyan
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.879 KB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk metode pembelajaran peringatan dan pemberian motivasi. Tes untuk peningkatan minat. Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment ganda : r_(yx1 x2) = √((r_(yx1 + )^2 r_(yx2 -〖2r〗_(yx1 ) r_(yx2 r_(x1x2 ) ))^2)/(1 -r_(x1 x2)^2 )) Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui korelasi product moment ganda maka diperoleh nilai r hitung 0,963dan nilai rtabel 0,361 taraf kesalahan 5% dengan N= 30. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa rhitung lebih besar dari yaitu0,963>0,361 dapat dikatakan bahwa Ada Penerapan Metode Pembelajaran Peringatan Dan Pemberian Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan Dan Investasi Peserta Didik Kelas X Pon-Pes Muhammadiyah KHA. Dahlan Sipirok Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Konsumsi
PERANAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ATLET Effendi, Hastria
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 1 (2016): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.837 KB)

Abstract

Psikologi Olahraga pada hakikatnya adalah psikologi yang diterapkan dalam bidang olahraga, meliputi faktor-faktor yang berpengatuh secara langsung terhadap atlet dan faktor-faktor di luar atlet yang dapat mempengaruhi penampilan (performance) atlet tersebut.Di dalam pembinaan olahraga, aspek psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan tercapainya suatu prestasi.Faktor psikologi dan tingkahlaku meliputi; motif-motif berprestasi, intelegensi, aktualisasi diri, kemandirian, agresivitas, emosi, percaya diri, motivasi, semangat, rasa tanggungjawab, rasa sosial, hasrat ingin menang dan sebagainya.Psikologi olahraga sangat penting di dalam pembinaan olahraga prestasi. Beberapa manfaat psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet yaitu dapat menjelaskan dan memahami tingkahlaku atlet dan gejala-gejala psikologik yang terjadi dalam olahraga pada umumnya, dapat meramalkan atau membuat prediksi dengan tepat kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi pada atlet, berkaitan dengan permasalahan psikologik, dan dapat mengontrol dan mengendalikan gejala tingkah laku dalam olahraga; dengan perlakuan-perlakuan untuk menanggulangi hal-hal yang kurang menguntungkan, juga dapat memberi perlakuan-perlakuan untuk mengembangkankemampuan dan segi-segi positif yang dimiliki atlet.
METODE BELAJAR DISKUSI DAN MIND MAPPING DIPILIH KARENA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN MINAT PELAJAR PADA BIDANG STUDI SOSIOLOGI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN romadona, sahru
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 3, No 1 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.97 KB)

Abstract

Permasalahan dan kendala yang dialami para pelajar SMA Negeri 8 Padangsidimpuan pada saat belajar sosiologi terletak pada kebiasaan atau tingkah laku dan dalam cara berpikir. Sebagai pemecahan masalah pengajar mempersilahkan pelajar untuk bebas memilih metode belajar apa saja yang mereka inginkan dan mereka kuasai agar dapat memenuhi standar nilai di sekolah. Apabila para pelajar telah menguasai metode belajar yang mereka pilih maka otomatis para pelajar akan mendapatkan manfaat dari metode belajar yang telah digunakan tersebut. Manfaat akan dirasakan pada saat belajar, saat ulangan harian, dan saat ujian, yaitu mampu menguasai materi sosiologi yang di bahas dan dapat menjelaskan kembali materi tersebut. Daam penelitian ini, pengajar menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan metode deskriptif pengajar sekaligus peneliti akan memaparkan proses dan hasil belajar para pelajar dengan masing-masing metode belajar yang digunakan. Kata Kunci: Metode Belajar, Minat, Bakat
PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEBERSIHAN, PERTAMANAN DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN KOTA PADANGSIDIMPUAN Pasaribu, Safran Efendi
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.482 KB)

Abstract

Pengawasan merupakan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen tercapai. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat antara perencanaan dan pengawasan.            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan kepala dinas terhadap efektivitas kerja pegawai dan bagaimana efektivitas kerja pegawai serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran Kota Padangsidimpuan khususnya pada bidang pertamanan.            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 orang yaitu pegawai Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran Kota Padangsidimpuan pada bidang pertamanan. Kemudian teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh.            Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: 1. Data primer terdiri dari Observasi,yaitu pengumpulan data dengan pengamatan langsung kepada objek penelitian serta melakukan pencatatan yang di anggap relevan dengan penelitian dan Angket, yaitu membuat daftar pertanyaan dan sudah disiapkan jawabannya, hanya memilih sesuai pilihannya. 2. Data Sekunder terdiri dari penelitian kepustakaan dan studi dokumentasi.            Hasil analisis dan pembahasan yang diperoleh melalui observasi dan penyebaran angket dapat disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan atasan belum efektif karena pengawasan tidak tepat waktu sehingga menghasilkan kinerja pegawai tidak optimal. Kemudian efektivitas kerja pegawai masih jauh dari yang diharapkan disebabkan pegawai sering mengulur-ulur waktu apabila menyelesaikan tugas yang diberikan atasan. Sedangkan pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawaiterdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai yaitu rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel atau 0,989 > 0,288. Koefisien determinasi r2  yaitu 97,8% artinya efektivitas kerja pegawai dipengaruhi oleh pengawasan dan 2,2% dipengaruhi faktor lain dan tidak diteliti.Tetapi diharapkan kepada Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pencegahan Kebakaran lebih meningkatkan pengawasan kepada pegawai sehingga tingkat efektivitas pegawai lebih optimal dan kepada pegawai supaya meningkatkan efektivitas kerja sehingga tujuan dari organisasi tercapai dengan baik.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 0713 PIR TRANS SOSA I A Bejo, Bejo
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 1, No 2 (2017): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.529 KB)

Abstract

Tujuan Penelititan Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah HAM dalam mata pelajaran PKn khususnya kelas VI SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a, sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreativitas. Skor rerata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat meningkat dari 73 % menjadi 89 %. Skor rerata aktivitas siswa yang kurang relevan dengan pembelajaran mengalami penurunan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama rerata skor aktivitas siswa yang tidak relevan sebesar 21,26 %, sedangkan pada siklus kedua sebesar 9,25 % mengalami penurunan sebesar 12,01 %. Skor rerata pemahaman siswa tentang masalah Hak Asasi Manusia, pada siklus pertama sebesar 7,01 % dan pada siklus kedua pada siklus kedua 7,80 %, tergolong baik demikian juga tentang penuntasan belajar pada siklus pertama 74,82 % dan pada siklus kedua menjadi 89,96 %. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah Hak Asasi Manusia dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a.
PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Riyana, Nurhalimah; Abidan, Abdul Aziz
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 4, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.373 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok hak asasi manusia peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Dan penelitian lapangan (field research)merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506