cover
Filter by Year
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Articles
64
Articles
​
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS II SDN NO. 155688 MUARA SIBUNTUON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pardede, Resmi Br

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian didasari permasalahan masih rendahnya perolehan hasil belajar IPS siswa SDN No. 155688 Muara Sibuntuon yang secra umum masih dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN No. 155688 Muara Sibuntuon Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yaitu siklus I ketuntasan 60,00% dengan rata-rata nilai 71,00, siklus II ketuntasan 77,78% dengan rata-rata nilai 73,33, dan pada siklus III ketuntasan 86,67% dengan rata-rata nilai 78,50. Simpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPS Pada Siswa Kelas II SDN No. 155688 Muara Sibuntuon Tahun Pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran bermain peran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPS Kata Kunci: Hasil belajar, Bermain Peran, Penelitian Tindakan Kelas

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA MATERI HAKEKAT DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Yusmiati, Ysmiati

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Materi Hakekat Demokrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah:“Apakah Media Pembelajaran Microsoft Power point berpengaruh terhadap Minat Belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 426 peserta didik yang terdiri dari 15 kelas, sedangkan sampel ditetaapkan secara acak 10 % dari jumlah populasi dengan jumlah 42 peserta didik. Rumus menguji hipotesis yang dipergunakan adalah rumus product momennt. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0,992. Jika angka indek korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengan n = 42 diperoleh 0,304. Dengan demikian dapat diketahui bahw nilai r hitung lebih besar dari pada r table yakni :0,992>0,304. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat di terima kebenarannya, yaitu Media Pembelajaran Microsoft Power Point berpengaruh terhadap minat belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi. Besarnya pengaruh sebesar 99 % Kata Kunci: Model pembelajaran, Microsoft Power point, Minat Belajar

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN NO. 157617 PINANGSORI 13 DALAM MELAKSANAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL MELALUI SUPERVISI KELAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sihotang, Heldina

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran CTL melalui kegiatan supervisi kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN 157617 Pinangsori 13 dengan obyek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang pada tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan desain penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus melalui empat tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan melalui supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) di SDN 157617 Pinangsori 13, Pelaksanaan Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan kreatifitas guru untuk melaksanakan inovasi pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Guru, CTL, Supervisi Kelas

PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Dongorang, Putoro, Ritonga, Muhammad Sahor Bangun, Halomoan, Ibnu

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada penerapan implikasi model pembelajaran The Classical dalam meningkatkan prestasi belajar materi pokok ketentuan UUD NKRI Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2017-2018?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk memperdalam atau memperluas pengetahuan penulis sendiri mengenai penggunaan penerapan implikasi model pembelajaran The Classical dalam meningkatkan prestasi belajar materi pokok ketentuan UUD NKRI Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Berdasarkan hasil dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan rumus “Product Moment” maka dapat dilihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,964 > 0,349. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Undang Undang NKRI, Prestasi Belajar

PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGEVALUASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK IPS EKONOMI PADA MATERI POKOK PELAKU-PELAKU EKONOMI DI KELAS VIII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Nurdin, Ali

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh keterampilan guru dalam mengevaluasi terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik pada materi pokok pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian di kelas VIII mts. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang objektif tentang pengaruh keterampilan guru dalam mengevaluasi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada materi pokok pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian di mts.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode Asosiatif. Menurut Sugiyono penelitian asosiatif adalah Penelitian yang mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala, dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII mts.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2015-2016 Kata Kunci: Keterampilan Guru, Prestasi Belajar, Pelaku Pelaku Ekonomi

KONTRIBUSI KEPEDULIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PKN MATERI HUBUNGAN INTERNASIONAL KELAS XI SMA NEGERI ANGKOLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018

Nasution, Ahmad Husein, Sitompul, Rapamaita

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada kontribusi kepedulian guru dalam mengembangkan kreativitas terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik bidang studi PKn materi Hubungan Internasional kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2017-2018?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kontribusi kepedulian guru dalam mengembangkan kreativitas terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik bidang studi PKn materi Hubungan Internasional kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2017-2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research), dan pendekatan penelitian lapangan (Field Research) yaitu pendekatan yang dilakukan oleh peneliti secara langsung baik menggunakan angket, atau pun tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat sebanyak 193 dan Sampel penelitian berjumlah 39 orang peserta didik, yang di ambil secara acak dari kelas XI A1 sampai XI S2. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa (Ha) dapat diterima kebenarannya, artinya ada kontribusi kepedulian guru dalam mengembangkan kreativitas terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik bidang studi PKn materi hubungan internasional kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat Tahun Pelajaran 2017-2018. Kata Kunci: Peserta Didik, Hubungan Internasional, Kontribusi Kepedulian

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK

Rajman, Rajman

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan Pembelajaran kontekstual melalui supervisi akademik teknik office conference. Penelitian dilaksanakan di SDN No. 152985 Haramonting pada tanggal 20 Mei 2017 sampai dengan 6 Juni 2017. Subyek penelitian adalah guru Kelas yang berjumlah 6 (enam) orang. Subjek penelitian dipilih sesuai dengan tingkatan guru mengajar. Penelitian dilakukan dalam setting penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melaksanakan supervisi individual dengan teknik percakapan individu (office conference) dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam membuat RPP mencapai 18,75 %, dengan rata-rata kemampuan pada siklus kedua 81,25% atau dengan kategori baik sekali. Rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual mencapai 11,81% dengan rata-rata kemampuan guru pada siklus kedua 80.55% kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik teknik office conference dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia dalam menerapkan Pembelajaran Kontekstual. Kata Kunci: Kemampuan guru, Pembelajaran kontekstual, Office Conference

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PENILAIAN AFEKTIF MELALUI SUPERVISI TEKNIK OFFICE-CONFERENCE DI SMA NEGERI 1 PINANGSORI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ali, Muhammad

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat penilaian afektif melalui superfisi teknik Office-Conference. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan ini dilaksanakan pada subyek penelitian yaitu sebanyak 13 orang guru pada semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Metode analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun perangkat penilaian afektif mengalami peningkatan dari rata-rata 68,33 % pada siklus pertama menjadi rata-rata 85,38% pada siklus kedua atau mengalami peningkatan sebesar 17,05%. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan teknik Office-Conference dapat meningkatkan kemampuan guru dalam Menyusun Perangkat Penilaian Afektif guru SMA Negeri 1 Pinangsori. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Penilaian Afektif, Supervisi Teknik Office-Conference

PERANAN BADAN NARKOTIKA NASINOAL (BNN) DALAM MENEGAKKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN TAPANULI SELATAN)

Busyro, Marwan, Siregar, Sutan

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah, dimana diketahui bahwa terjadinya tindak pidana narkotika sudah sering kita dengar apalagi dikalangan anak-anak, dewasa dan juga di Negara kita Republik Indonesia dimana kejahatan terhadap narkotika ini sudah merajalela dan juga dapat dikatakan bahwa Negara kita darurat narkotika berdasarkan itulah kiranya penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap tindak pidana narkotika yang dilihat dari peranan badan Narkotika Nasional (BNN) dalam menegakkan hukum terhadap pelaku tindak pidana narkotika. Lokasi penelitian ini dilakukan di Badan Narkotika Nasional Tapanuli Selatan, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan badan narkotika Nasional menjalankan tugas dan fungsinya dalam membantu Penegakan Hukum terhadap penyalahgunaan Narkotika Kabupaten Tapanuli Selatan dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Badan Narkotika Nasional (BNN) menjalankan tugas dan fungsinya dalam membantu Penegakan hukum terhadap Penyalahgunaan Narkotika di Kabupaten Tapanuli Selatan metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang maksudnya adalah penelitian yang dilakukan dengan hasil wawancara penulis dengan responden dan juga melakukan penelitian terhadap data-data maupun berkas-berkas yang berkaitan dengan penelitian ini dengan cara melakukan Penelitian Lapangan (Library Research) dan Penelitian Kepustakaan (Field Research) Kata Kunci: Badan Narkotika Nasional, Narkotika, Hukum Pidana

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI SMK NEGERI 1 SIRANDORUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Siregar, Syafaruddin

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 5, No 1: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual melalui Focus Group Discussion (FGD). Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan ini dilaksanakan pada 6 orang guru SMK Negeri 1 Sirandorung pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian dipersentase. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual, hal dapat dilihat dari hasil penelitian terdapat peningkatan pada siklus I yang berkemampuan baik 14,26 %, cukup 52,38 %, kurang 33,26 %, dan pada siklus II yang berkemampuan sangat baik 52,38 %, baik 45,23 %, cukup 2,39 %. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Pembelajaran Kontekstual, Focus Group Discussion