Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
ISSN : 25035282     EISSN : 25030971
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka di bidang pembelajaran PAI.
Articles 61 Documents
Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pengamalan Nilai-nilai Islami Siswa Santika, Agus
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i2.2583

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah adanya anggapan bahwa sekolah umum kurang memperhatikan pengamalan keagamaan siswanya, maka menjadi penting bagi guru PAI untuk memakai strategi khusus agar pengamalan nilai-nilai Islami siswa di sekolah dapat tercapai secara optimal. Persoalannya, strategi khusus macam apa yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Islami siswa yang mendorong penulis untuk meneliti lebih jauh mengenai hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; (1) Strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan pengamalan nilai-nilai Islami siswa, (2) Faktor-faktor penunjang dan penghambat penerapan strategi tersebut dan (3) Hasil yang dicapai guru PAI setelah menerapkan strateginya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan pengamalan nilai Islami siswa yaitu (a) Menunjukkan keteladanan dengan ikut terlibat bersama siswa mengamalkan zikir lisan, melaksanakan shalat dan puasa, kebersamaan dalam kerja kelompok dan kerja bakti. (b) Melatih kebiasaan melalui sebuah program. (2) Salah satu faktor penunjang penghambatnya adalah kondisi psikis siswa tergolong baik seperti dalam fokus belajar. (3) Hasil yang dicapainya adalah terwujudnya pengamalan nilai Islami siswa. Saat akan masuk kelas siswa menyapa guru dan teman, saat di dalam kelas, siswa berdoa dan membaca al-Quran, saat istirahat siswa shalat dhuha, menjelang shalat siswa saling mengajak teman untuk shalat, dan menjelang pulang siswa berdoa.Kata kunci: Strategi, Guru PAI, Pengamalan Nilai Islami SiswaABSTRACTThis research is based on the problem of the assumption that public schools pay less attention to the religious practice of their students, so it becomes important for PAI teachers to use special strategies so that the implementation of Islamic values of students in school can be achieved optimally. The problem is, what specific strategies do PAI teachers undertake to improve the practice of Islamic values of students that encourage authors to examine more about them. The purpose of this study is to describe; (1) Strategies by PAI teachers in improving the practice of students' Islamic values, (2) Factors supporting and inhibiting the implementation of such strategies and (3) Results achieved by PAI teachers after implementing their strategy. The method of this research is qualitative descriptive. The results of the research are (1) PAI teacher strategy in improving the implementation of Islamic student's values that is (a) Exemplifies the model by getting involved with the students doing oral meditation, performing prayers and fasting, togetherness in group work and consecration work. (b) Training habits through a program. (2) One of the supporting factors inhibiting the students' psychological condition is quite good as in the focus of learning. (3) The achievements is the realization practice of students' Islamic values. When going to class student greet teachers and firends and in class, students pray and recite the Quran, during the rest of dhuha prayer students, before praying students invite friends to pray, and before the students come home praying.Keywords: Strategy, PAI Teachers, Student's Islamic Value Application
Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah Dedih, Ujang; Zakiyah, Qiqi Yuliati; Melina, Jeri Oki
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v4i1.2585

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di SMP Muhammadiyah 10 Bandung yaitu adanya perhatian yang dilakukan oleh orang tua sebagai bentuk keaktifan jiwa yang diarahkan kepada suatu objek yakni kepada anak untuk memberikan contoh yang baik, pembiasaan yang baik, membuat suasana keagamaan di rumah, membimbing dengan bacaan-bacaan keagamaan, melibatkan anak dalam kegiatan keagamaan. Dengan demikian, berarti usaha orang tua untuk memberikan perhatian yang lebih mesra baik lahir maupun batin. Perhatian lahir berupa sarana-sarana keperluan yang memberikan dukungan kepada tercapainya kecakapan hidup, sedangkan perhatian batin merupakan bimbingan secara intensif yang mengarahkan kepada pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlakul karimah dengan segala upaya orang tua. Perbuatan-perbuatan atau tindakan yang dilakukan orang tua dengan maksud agar anak dapat meningkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan juga seluruh pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tanggapan siswa terhadap perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah perilaku anak di lingkungan sekolah dan (3) hubungan tanggapan siswa terhadap perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan alat dan teknik dalam pengumpulan data adalah: angket, wawancara, observasi (pengamatan), studi pustaka. Untuk menganalisa data yang diperoleh dari wawancara dan observasi dilakukan analisa logika, sedangkan data yang diperoleh dari hasil angket dianalisa dengan pendekatan statistik. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah termasuk kategori tinggi berdasarkan skor rata-rata 4 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Perilaku mereka di lingkungan sekolah berkategori tinggi berdasarkan skor rata-rata 4 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Hubungan keterkaitan keduanya dalam analisis korelasi derajat hubungan variabel X dan variabel Y ditentukan menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka koefisien korelasi 0,55. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus di peroleh hipotesis hitung (6,16) > (7,35) maka hipotesis diterima. Hubungan variabel X terhadap variable Y sebesar 60% sedangkan 40% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE JIGSAW LEARNING DI KELAS III SD NEGERI MUHARA KECAMATAN PACET KABUPATEN CIANJUR Taqwa, Santana
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i2.3515

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas III A SD Negeri Muhara Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Dengan menerapkan metode jigsaw learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subjek siswa kelas III A SD Negeri Muhara Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Pengumpulan  data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap- tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning, dengan hasil sebagai berikut: pada siklus I rata-rata nilai kelas 63,75 (ketuntasan belajar 36,4%) meningkat menjadi 70 (51,5%)pada siklus II dan lebih meningkat lagi pada siklus III menjadi 84 (87,9%).
PROGRAM PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAI DI LUAR KELAS (Studi Kasus di SMAN 5 Bandung) Sanusi, Iwan
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v4i1.2938

Abstract

Pendidikan mempunyai tujuan untuk menjadikan manusia bagus dalam bersikap, pengetahunnya semakin banyak dan keterampilannya berkembang serta bermanfaat. Begitu pula tujuan pendidikan agama Islam, supaya bisa menjadikan manusia insan kamil, dan menjadi manusia sejati yang menghambakan diri pada Allah secara total dan dapat hidup dengan masyarakat selaras dan mengelolanya sebagai pemimpin. Cita-citu itu akan terwujud dengan proses pembelajaran, guru mengajar dan siswa belajar, sehingga ada hasil belajar. Secara praktik untuk mencapai itu, pembelajaran dilakukan dengan serangkaan sistem, baik kurikuler intruksional normatif ataupun ko-kurikuler/ekstrakurikuler pembelajaran tidak normatif langsung. Pendidkan agama Islam memiliki peran penting untuk mewujudkan itu, baik sebagai mata pelajaran atau sebagai sebuah proses dan cara untuk menjadikan manuisa muslim, mukmin dan muhsin sejati yang akan tampak pada sikap dan perilaku keseharian pada lingkup pola keberagamaan. Oleh karena itu perlu program pengembangan keberagamaan peserta didik yang terencana, terukur, terevaluasi dan memiliki tingkat ketercapaian tinggi, terlebih dengan ruang lingkup sekolah umum atau SMA.
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kisah Nabi Ayub As. (Tafsir Q.S. Shad Ayat 41-44) Ruslandi, Ruslandi
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.3244

Abstract

Ketabahan dan kesabaran Nabiyullah Ayub dalam menghadapi berbagai ujian Allah abadikan dalam Q.S. Shad ayat 41-44, yang bisa dijadikan sebagai suri tauladan bagi umat islam pada umumnya agar senantiasa memegang teguh dalam keimanannya kepada Allah Ta’ala. Meskipun seluruh kekayaan, harta benda, anak dan keturunannya Allah uji dengan begitu banayak tetapi Nabiyullah senantiasa berserah diri kepada Allah SWT., karena ia yakin bahwa segala apa yang ia miliki hanyalah titipan dari pada-Nya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Konsep nilai-nilai pendidikan secara umum 2) Pendapat para mufassir tentang Q.S. Shad ayat 41-44 3) Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Nabi Ayub As. berdasarkan Q.S. Shad aat 41-44.Secara umum penelitian ini menggunakan metode penelitian dan teknik pengumpulan data Library Research serta metode deskriptif yakni dengan mengutif pendapat dari beberapa buku-buku tafsir yang kemudian dijelaskan dengan mengambil kesimpulan dari buku-buku tersebut. Serta teknik pengumpulan data dokumetasi, yaitu proses melihat kembali sumber-sumber data dari dokumen yang ada dan dapat digunakan untuk memperluas data-data yang telah ditemukan. Adapun sumber data dokumen yang dapat diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip, majalah, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Nilai merupakan suatu konsep keyakinan seseorang terhadap sesuatu yang dipandang berharga olehnya yang mengarahkan kepada tingkah laku seseorang dalam kehidupannya sehari-hari sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat, dan menjadikannya dasar keyakinan dalam bertindak untuk menentukan apakah tindakan itu benar atau salah. 2) Tafsiran Q.S. Shad ayat 41-44 merupakan suatu ikhtilaf para ulama tafsir yang memiliki perbedaan penafsiran terhadap Q.S. Shad ayat 41-44 yang menjabarkan tentang kisah Nabi Ayub As. 3) Nilai Pendidikan yang dapat diambil dari Q.S. Shad ayat 41-44 yakni: penghambaan diri  kepada Allah, sikap ketergantungan kepada Allah, Larangan mengingkari janji, serta kesabaran dalam menghadapi ujian. Kata Kunci:          Nilai, Pendidikan, Nabi Ayub As, Al-Qur’an
DAMPAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PADA PERUBAHAN AKHLAK REMAJA Zain, Irfan Ahmad; Husen, Mismit
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v4i1.2910

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengungkapkan seberapa jauh dampak pendidikan masyarakat pada perubahan akhlak remaja baik pada sisi sikap maupun mental.Persoalan ini diungkapkan dengan studi kasus.Kasus yang dipilih adalah kasusu yang ada di masyarakat Kampung Cisanggarung Kabupaten Bandung.Data dikumpulkan mealui wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi serta dianalisis dengan metode Miles dan Huberman yang dilandasi oleh teori akhlak Rasulullah SAW.Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan masyarakat sangat berperan penting terhadap perubahan akhlak dan juga pembentuka kepribadian seseorang.Suatu masyarakat akan selalu mengalami transformasi, namun yang diharapkan adalah tentu perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih berguna bagi kehidupan manusia.Hal ini terlihat dari stimulus positif yang diberikan masyarakat, berdampak positif pula pada perubahan sikap seseorang.Dan berlaku kebalikannya, jika stimulusnya negatif, maka negatif pula pengaruh yang dihasilkannya.Kata kunci:Negatif, Positif, Stimulus.
PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KOMPETENSI SIKAP TERHADAP AKHLAK Dedih, Ujang; Asri, Farida Fuzi
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v3i2.4203

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penilaian dalam dunia pendidikan, terutama pada penilaian autentik kompetensi sikap. Fenomena yang muncul di MTS Pameuntasan kurang baiknya akhlak siswa sehari-hari. Hal ini disebabkan siswa kurang mengaplikasikan kualifikasi penilaian sikap dalam kurikulum diantaranya penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang seharusnya diterapkan dan berdampak pada akhlak mereka. Sehingga akhlak siswa menjadi kurang baik. Pernyataan tersebut dilihat dari nilai kompetensi sikap spiritual maupun sosial kategori rendah dan itu berdampak pada akhlak merekasehari-hari. Kenyataan tersebut akhlak siswa masih kategori kurang baik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang terhadap siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 2,72.berkategori cukup yang berada pada interval 2,5 - 3,5. Akhlak siswa sehari-hari diperoleh hasil 3,19 berkategori sedang yang berada pada interval 2,5 – 3,5.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM BACAAN NUN SUKUN DAN TANWIN Salamah, Syifa
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v3i2.4206

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada perumusan masalah, yaitu (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran aktif tipe card sort, (2) proses penerapan metode card sort, (3) dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaranaktif tipe card sort pada pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin pada kelas VII semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Dan daripenelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan pretest, proses penerapan dan posstest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dari kegiatan pretest yang dilakukan sebelum penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 58,8%. Pada proses penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort dapat diterapkan dengan baik dandiperoleh hasil rata-rata belajar siswa pada siklus I 80%. Kemudian berlanjut pada siklus II dan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 94%. Hal ini menunjukan bahwa proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 14%. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin di kelas VII semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan.
PENGARUH PERILAKU TERPUJI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SHOFIYATUL HUDA SUKARESMI Rosadi, Adi
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i2.2933

Abstract

ABSTRACTTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas perilaku terpuji siswa, realitas prestasi belaajar siswa, pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 dan merupakan sampel seutuhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angkat dan tes. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri dari konstruksi teori dengan variabel perilaku terpuji siswa terdiri dari 15 pernyataan dan data prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 15 tes pertanyaan.  Hasil penelitian yaitu realitas perlaku terpuji siswa positif, hal ini didaapatkan nilai perhitungan rata-rata= 3, 94, angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang nilai 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas prestasi belajar siswa adalah 84,02, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi baik sekali karena berada pada interval 80-100. Adapun untuk keterkaitan keduanya yakni pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  mempunyai kategori sedang dengan nilai 0,46 berada pada rentang  0,40-0,70. Adapun untuk nilai  thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan  ttabel =1,67 menyatakan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditolak. Angka koefisien korelasi mempunyai kadar pengaruh 11%.
PERAN GURU PAI, WALI KELAS DAN KONSELOR BK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung) rahayu, rizqi rahayu
Jurnal al-Thullab Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019
Publisher : Laboratorium Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v4i1.2962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi peran guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di SMP Darul Hikam Bandung. (2) Mengidentifikasi dampak peran guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan terhadap akhlak siswa tersebut. (3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat  guru PAI, wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan atau menganalisis data-data yang diperoleh dari SMP Darul Hikam Bandung. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa guru PAI memiliki peran penting sebagai pendidik dan evaluator, wali kelas memiliki peran penting sebagai orang tua dan evaluator, dan konselor BK memiliki peran penting sebagai konselor dan evaluator. (2) Dampak peran guru PAI, wali kelas, dan konselor BK sebagai pendidik, orang tua, konselor, dan evaluator memberikan dampak yang baik (positif) terhadap akhlak siswa di SMP Darul Hikam Bandung. (3) a. Faktor pendukung: tekad dan semangat guru, adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, penciptaan lingkungan yang Islami. b. Faktor penghambat: psikologis siswa dan orang tua yang kurang kooperatif.