cover
Filter by Year
Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : -
Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using quantitative and qualitative approaches, and can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012 twice a year every May and November, and published by the Indonesia University of Education Cibiru Campus, Early Childhood Education Teacher Education study program and APG PAUD Indonesia.
Articles
111
Articles
PEMEROLEHAN BAHASA PADA BAYI DAN ANAK

Chairunnisa, Chairunnisa

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.79 KB)

Abstract

This paper explained about the language acquisition of the infant and child. The language acquisition involved the research method and language development. Some researcher conducted the research by using some methods and designs such as diary and parental report, interview, observation, and experiment. The researcher also identified the process of childrens’ language acquisition and also identified the process of acquisition. In this paper also describe the speech perception development, process of language acquisition from phonology, sintaxis, and lexical. Not only explained about the process and kinds of childreens’ language acquisition but also it is explained the way child give the sense of the words or related to pragmatic.Keywords: Language Acquisition

PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK

Seftyana, Mega, Syafdaningsih, Syafdaningsih, Rukiyah, Rukiyah

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1376.626 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang berjudul Peningkatan Karakter Tanggung Jawab melalui Metode Proyek pada Anak Kelompok B TK Marfu’ah Palembang, bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab melalui metode proyek. Subjek penelitian ini adalah anak berusia (5-6) tahun yang berjumlah 16 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan pada tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan karakter tanggung jawab  dari Siklus I, Siklus II, Siklus III dan Siklus IV secara berturut-turut sebagai berikut: pada Siklus I terdapat 5 anak (31%) yang mendapatkan nilai minimal dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II  terdapat 9 anak (56%) yang mendapatkan nilai minimal dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada Siklus III terdapat 11 anak (69%) yang mendapatkan nilai minimal dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Dan pada siklus IV terdapat 13 anak (82%) yang mendapatkan nilai minimal dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu minimal 75% anak dalam kelas mendapatkan nilai minimal berkembang sesuai harapan.  Untuk itu pada  siklus IV penelitian di hentikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan indikator yang dominan muncul  dari siklus I sampai siklus IV yang sering muncul adalah anak mengerjakan tugas dan menyelesaikan tugas, sedangkan indikator yang belum banyak muncul adalah menerima konsekuensi, dan indikator yang kurang muncul pada setiap siklus adalah mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu perlu di sarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan karakter tanggung jawab dalam indikator  mendapatkan hasil yang maksimal

HUBUNGAN PERSEPSI ORANG TUA TENTANG KELOMPOK BERMAIN TERHADAP MOTIVASI UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAK

Addarsy, Rahmatika, Hartati, Sri, Wirman, Asdi

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.324 KB)

Abstract

Abstract:. The purpose of this research is to look at relationship of parent’s perception about play group to motivation to take their children into the school in Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh. This type of research with correlational methods. Based on data analysis, a correlation coefficient was obtained between parent’s perceptions about play group with motivation to take their children into the school of 0,879 and a determination coefficient of 0,773. The result obtained by the parent’s perception about play group were 87,9% of the significance of motivation to take their children into the school at the 5 % level. It can be concluded that the parent’s perception about play group has a significant relationship to the motivation to take their children into the school in Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh at 87,9%. Keyword: persepsi orang tua, kelompok bermain, motivasi Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan persepsi orang tua tentang kelompok bermain terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif . Berdasarkan analisis data, diperoleh koefisien korelasi antara persepsi orang tua tentang kelompok bermain terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak sebesar 0,879 dan koefisien determinasinya sebesar 0,773. Hasilnya diperoleh persepsi orang tua tentang kelompok bermain sebesar 87,9% terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak signifikan pada taraf 5%. Dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua tentang kelompok bermain mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi untuk menyekolahkan anak di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh sebesar 87,9%Kata Kunci: persepsi orang tua, kelompok bermain, motivasi 

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN FLANNEL BOARDS

Setiawati, Eka, Ulfah, Auliyah

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1476.128 KB)

Abstract

Abstract:. The research purpose are to know the progress of childrens speech and know the implementation of learning with storytelling method using flannel board media, and find out whether the learning using flannel board media can improve the development of speaking 4-5 years old children in Asy-Syifa kindergarten. The method of the research is classroom action research. The model of action in use is according to the Kemmis and Mc Taggart model in which each cycle consists of four steps and three meetings: planning, execution, observation, and reflection, consisting of the first day, the second day and the third day. Data collection techniques used were observation sheets, field notes and documentation. The results showed of learning by using flannel board media with storytelling can improve the development of talking children aged 4-5 years. Pre-cycle action received 10 (36%), showed the development of speech of underdeveloped children, after being given action in cycle I get 14 (49%), cycle II get 23 (72%) and in cycle III get 26 (87%), result in the third cycle is considered to have succeeded, exceeding the critegmailrion assessment criteria that is 75%.Keyword: Child Speaking Development, Flannel Board Media, Storytelling Method. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbicara anak dan mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode bercerita menggunakan media papan flanel, dan mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Asy-Syifa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model tindakan yang digunakan adalah sesuai dengan model Kemmis dan Mc Taggart di mana setiap siklus terdiri dari empat langkah dan tiga pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang terdiri dari hari pertama, hari kedua dan hari ketiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel dengan storytelling dapat meningkatkan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun. Tindakan pra-siklus menerima 10 (36%), menunjukkan perkembangan bicara anak-anak yang kurang berkembang, setelah diberikan tindakan dalam siklus saya mendapatkan 14 (49%), siklus II mendapatkan 23 (72%) dan pada siklus III mendapatkan 26 (87) %), hasil pada siklus ketiga dianggap telah berhasil, melebihi kriteria penilaian critegmailrion yaitu 75%.Kata Kunci: Perkembangan Berbicara Anak, Media Papan Flanel, Metode Mendongeng.

KEPERCAYAAN DIRI DAN KECERDASAN MENGASIHI (LOVING INTELLIGENCE): KOMPETENSI GURU PAUD INKLUSI MASA KINI

Lestari, Triana, Herawati, Nenden Ineu

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.778 KB)

Abstract

Abstract:. This research stems from the latest phenomenon about the low results of the Teacher Competency Test as an impact of the teachers lack of confidence in making teaching patterns according to student needs. The teachers view of the quality of themselves and the ability to build relationships with students is the basis of this research, especially the belief that it is difficult to teach students with special needs. This study aims to look at the personal and social competencies of prospective teacher students as seen from their relationship / teacher-student relations with children with special needs in the inclusive school setting. The research method used was action research with a subject of 73 students of PAUD teacher candidates. Measurement uses a STRS (Student-Teacher Relationship Scale) instrument, to identify the level of relationship between prospective teacher and student students, especially students with Special Education Need (SEN). The results of the study indicate the low quality of student teacher relations with students, especially students with special needs in inclusive classes, this is reflected in the high conflict, high dependence beliefs and low aspects of closeness.Keywords: Self-confidence, Loving Love, Inclusive Teacher Abstrak: Penelitian ini bermula dari fenomena terkini tentang rendahnya hasil Uji Kompetensi Guru sebagai dampak dari minimnya kepercayaan diri guru untuk membuat pola pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Pandangan guru terhadap kualitas diri dan kemampuan membangun hubungan dengan siswa, menjadi landasan penelitian ini dilakukan, terutama keyakinan sulitnya mengajar siswa dengan berkebutuhan khusus. Penelitian ini  bertujuan untuk melihat kompetensi pribadi dan sosial mahasiswa calon guru yang terlihat dari hubungannya/ teacher-student relation dengan anak-anak berkebutuhan khusus di setting sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan subjek sebanyak 73 mahasiswa calon guru PAUD. Pengukuran menggunakan instrumen STRS (Student-Teacher Relationship Scale), untuk mengidentifikasi tingkat hubungan mahasiswa calon guru dan siswa terutama siswa dengan Special Education Need (SEN). Hasil penelitian menunjukkan rendahnya kualitas hubungan mahasiswa calon guru dengan siswa terutama siswa berkebutuhan khusus dalam kelas inklusif, hal ini tercermin pada tingginya konflik, keyakinan ketergantungan yang tinggi dan aspek kedekatan yang rendah.Kata Kunci: Kepercayaan diri, Kecerdasan mengasihi, Guru Inklusif

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TEMA ALAM SEMESTA UNTUK ANAK

Apriyani, Rizki, Sumarni, Sri, Rukiyah, Rukiyah

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1399.962 KB)

Abstract

Judul Penelitian ini adalah “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina 1 Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik tema alam semesta yang valid dan praktis, tetapi tidak menguji efek potensial dari media tersebut . Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B12 dan objeknya adalah buku komik tema alam semesta. Pengembangan media komik ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer terdiri dari lima tahap, yaitu tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Namun karena penelitian ini hanya menguji kevalidan dan kepraktisan saja, maka penelitian ini hanya sampai pada tahap small grup. Teknik observasi digunakan pada saat pengumpulan data. Hasil nilai rata-rata validasi expert review yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat valid yaitu sebesar 3,72. Pada tahap one to one evaluation didapatkan rata-rata hasil observasi pada subtema benda-benda alam sebesar 81,3% (kategori berkembang sangat baik), Subtema benda-benda langit sebesar 79,2% (kategori berkembang sesuai harapan), Subtema bencana alam sebesar 79,2% (kategori berkembang sesuai harapan). Tahap small group evaluation didapatkan hasil rata-rata observasi pada subtema benda-benda alam sebesar 86,8% (kategori berkembang sangat baik), subtema benda-benda langit sebesar 83,3% (kategori berkembang sangat baik), subtema gejala alam sebesar 89,3% (kategori berkembang sangat baik). Jadi Dari semua tahap yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media komik tema alam semesta dinyatakan valid dan praktis bagi anak.

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PENGENALAN KATA BERMAKNA PADA ANAK

Cahyati, Nuri, Syafdaningsih, Syafdaningsih, Rukiyah, Rukiyah

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1433.353 KB)

Abstract

Abstract:. The purpose of this study is to produce a interactive media in meaningful word recognition. The development of interactive media in meaningful word recognition using a combination of ADDIE development model and Tessmer evaluation. The ADDIE development model consists of five stages, namely the analysis, design, development, implementation and evaluation phase. At the evaluation stage, the formative evaluation proposed by Tessmer consists of stages, namely self evaluation stage, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation. grade collection techniques used interviews, vadidation sheets, and observations. Experimental results obtained the average score of the results of the assessment of interactive media in meaningful word recognition experts obtained 3.56% results and material experts of  3.81% to obtain an average of 3.68% (very valid category). The one to one evaluation stage was conducted by three students who used picture book of animals with a favorite theme obtained average 75% (practical) children observation result. The small group evaluaion stage was carried out by nine students who used the favorite animal-themed picture books obtained by an average 79.16% (practical) childrens observation result, the field test stage was not performed because it only tested the validity and practicability level, not the potential effects of the use illustrated Interactive media products. Of all the stages that have been done then it can be concluded that the interactive media in meaningful word recognition declared valid and practical for the child. Keyword: Development Interactive media, meaningful word recognition, 5-6  years old . Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif dalam pengenalan kata bermakna. Pengembangan media interaktif dalam pengenalan kata bermaknaini menggunakan kombinasi model pengembangan ADDIE dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer terdiri dari  tahap, yaitu tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi, dan observasi. Hasil expert review diperoleh nilai rata-rata hasil penilaian dari media interaktif dalam pengenalan kata bermakna oleh ahli media didapatkan hasil 3,56 % dan ahli materi sebesar 3.81% sehingga diperoleh  rata-rata sebesar 3,68 % (kategori sangat valid). Tahap one to one evaluation dilakukan oleh tiga orang siswa yang menggunakan media interaktif dalam pengenalan kata bermakna didapatkan rata-rata hasil observasi anak 75% (praktis). Tahap small group evaluaion dilakukan oleh sembilan orang siswa yang menggunakan media interaktif dalam pengenalan kata bermakna didapatkan rata-rata hasil observasi anak 79.16% (praktis), tahap field test tidak dilaksanakan dikarenakan hanya menguji tingkat kevalidan dan kepraktisan, tidak sampai pada efek potensial dari penggunaan produk media interaktif. Dari semua tahap yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif dalam pengenalan kata bermakna dinyatakan valid dan praktis bagi anakKata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, pengenalan kata bermakna, usia 5-6 tahun

ANALISIS SUBJECTIF WELL-BEING ANAK USIA DINI YANG BERASAL DARI KELUARGA BERSTATUS EKONOMI SOSIAL RENDAH DI KOTA PEKANBARU

Wahyuni, Sri, Reswita, Reswita, Filtri, Heleni

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1290.182 KB)

Abstract

Abstract: Factors that can affect the child is the level of happiness of children with the condition of his family. Like the attention of parents, facilities, and so on which children have. The tendency that happens is that children from poor families have a low assessment of the happiness of his life. The level or level of happiness that an individual perceives will be different from other individuals. This is influenced by the things that make the individual happy like a harmonious family, friends or a warm environment, socioeconomic status, and so on. But often a persons happiness is measured only on the basis of basic needs such as clothing, food, and shelter. The purpose of this study is to know and analyze the level of Subjective Well Being of Early Childhood Originating from the Family of Low Social Economy in Pekanbaru City. The research method used is quantitative descriptive by using statistical analysis. Based on the findings of the research, it is found that high well-being subjectif well-being wellbeing rate even from low-income families. Keyword: Subjective well-being, early childhood, poor family  Abstrak: Faktor yang dapat mempengaruhi anak adalah tingkat kebahagiaan anak dengan kondisi keluarganya. Seperti perhatian orangtua, fasilitas, dan sebagainya yang anak miliki. Kecenderungan yang terjadi adalah anak yang berasal dari keluarga miskin memiliki penilaian yang rendah terhadap kebahagiaan hidupnya. Tingkatan atau kadar kebahagiaan yang dirasakan individu satu akan berbeda dengan individu lain. Hal ini dipengaruhi oleh hal-hal yang menjadikan individu tersebut bahagia seperti keluarga yang harmonis, teman-teman atau lingkungan yang hangat, status sosial ekonomi, dan sebagainya. Namun seringkali kebahagiaan seseorang hanya diukur berdasarkan keterpenuhan kebutuhan dasar saja seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang tingkat Subjective well Being Anak Usia dini yang Berasal dari Keluarga Berstatus ekonomi Sosial yang Rendah di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis statistik. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh hasil bahwa tingkat kesejahteraan subjectif well-being anak usia dini tinggi meskipun berasal dari keluarga berstatus ekonomi rendah.  Kata Kunci: Subjective well-being, anak usia dini, keluarga miskin

PENGEMBANGAN ALAT BERMAIN PAPAN MAGNETIK MAZE UNTUK ANAK

Pratiwi, Indah, Syafdaningsih, Syafdaningsih, Rukiyah, Rukiyah

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.028 KB)

Abstract

Abstract:. This research entitled the development of a magnetic maze board playground for the children group B in Tk Bhakti Asuhahan 1 Palembang whichThis study aims to produce a maze magnetic board play equipment by meeting the valid and practical criteria. This research type is Research Development and developed using a combination of Rowntree development model and Tessmer evaluation. The Rowntree development model consists of three stages, namely the planning, development and evaluation phase. In the evaluation phase, formative evaluation proposed by Tessmer consists of four stages, namely selfevaluation stage, expert review, one-to-one evaluation, and small group evaluation. At the moment the expert review uses material experts and media experts. One-to-one evaluation stage and Small group is done to the children of kindergarten Bhakti Asuhan 1 Palembang. Technique of collecting data using Walk through with instrument of validation test of material expert and media expert and observation with instrument of observation sheet. Research subjects were 12 children 3 children at One-to-one evaluation stage and 9 children at Small group stage TK Bhakti Asuhan 1 Palembang in the even semester of academic year 2017/2018. Expert review results obtained the average value of the assessment of experts from 3.84 (very valid category). Phase one to one evaluation obtained average child observation result of 86% (very good category). The small group evaluaion stage obtained the average observation of 92% (excellent category), From all stages that have been done it can be concluded that the maze magnetic board play equipment declared valid and practical. Keyword: Playground, Magnetic board Maze, 4-5 Years Ages. Abstrak: Penelitian ini berjudul pengembangan alat bermain papan magnetik maze untuk anak kelompok B TK Bhakti Asuhan 1 Palembang yang bertujuan untuk menghasilkan alat bermain papan magnetik maze dengan memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini Research Development dan dikembangkan menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer terdiri dari empat tahap, yaitu tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Pada saat expert review menggunakan ahli materi dan ahli media. Tahap One-to-one evaluation dan Small group dilakukan pada anak TK Bhakti Asuhan 1 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan Walkthrough dengan instrumen lembar uji validasi ahli materi dan media serta observasi dengan instrumen lembar observasi . Subjek penelitian adalah 12 anak, 3 anak pada tahap  One-to-one evaluation dan 9 anak pada tahap Small group TK Bhakti Asuhan 1 Palembang semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil expert review diperoleh nilai rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 3,84 (kategori sangat valid). Tahap one to one evaluation didapatkan rata-rata hasil observasi anak sebesar 86% (kategori baik sekali). Tahap small group evaluaion didapatkan hasil rata-rata observasi sebesar 92% (kategori baik sekali), Dari semua tahap yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat bermain papan magnetik maze dinyatakan valid dan praktisKata Kunci: Alat bermain, Papan magnetik Maze, Anak usia 4-5 Tahun

TABLE OF CONTENTS VOL. 9 NO. 2 NOVEMBER 2018

Editor, Cakrawala Dini

CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Vol 9, No 2 (2018): November 2018
Publisher : UPI Kampus Cibiru

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.923 KB)

Abstract