Voice Of Informatics
Published by STMIK Tasikmalaya
ISSN : 25793489     EISSN : -
Jurnal VOI (Voice Of Informatics) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya, diterbitkan Bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Berisi hasil penelitian ilmiah di bidang informatika. Jurnal VOI ini bertujuan untuk menjembatani adanya kesenjangan antara kemajuan teknologi informasi secara faktual dengan hasil penelitian yang ada.
Articles 60 Documents
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PENGRAJIN KERAJINAN TANGAN DI KABUPATEN TASIKMALAYA BERBASIS WEB

Agustin, Yoga Handoko ( STMIK Tasikmalaya ) , Nugraha, Wildan ( STMIK Tasikmalaya )

Voice Of Informatics Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.543 KB)

Abstract

Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pemetaan Pengrajin Kerajinan Tangan di Kabupaten  Tasikmalaya merupakan alat bantu untuk menyampaikan informasi sekaligus media promosi mengenai persebaran pengrajin kerajinan tangan di Kabupaten Tasikmalaya. Kehadiran sistem informasi geografis ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi orang-orang yang membutuhkan informasi mengenai pengrajin kerajinan tangan. Sistem Informasi Geografis ini dikembangkan dengan menggunakan Google Maps API. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem. Aplikasi ini memanfaatkan database MySQL sebagai database Server, PHP digunakan sebagai bahasa pemrograman dan Google Maps API untuk fasilitas pelayanan petanya. Sistem ini dapat memberikan gambaran mengenai pemetaan pengrajin kerajinan tangan dengan mengutamakan tata letak lokasi pengrajin kerajinan tangan, serta menampilkan grafik perkembangan perbulan meliputi, jumlah produksi kerajinan tangan dan jumlah tenaga kerja . Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Pengrajin kerajinan tangan

PERANCANGAN PAPAN BULETIN ELEKTRONIK DI UNIVERSITAS KLABAT

Rotinsulu, Amellia ( Universitas Klabat ) , Oktoverano Lengkong, Blesy Tangka, ( Universitas Klabat )

Voice Of Informatics Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.114 KB)

Abstract

Kebutuhan akan informasi membuat orang menggunakan  beragam cara  untuk mendapatkannya.  Dengan berkembangnya teknologi,berupa peralatan elektronik, teknologi layar sentuh, serta perangkat komputer,hal ini membuat informasi lebih mudah untuk didapatkan. Melihat kebutuhan informasi bagi setiap mahasiswa khususnya di Universitas Klabat, penulis membuat suatu aplikasi yang dapat menampung seluruh informasi yang diperlukan.Dengan menggunakan metode rekayasa perangkat lunak, Penulis merancang aplikasi, menggunakan bahasa pemograman Visual Basic .Net, perancangan antarmuka menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan perangkat keras menggunakan panel touchscreen sebagai alat input dan layarnya sebagai output. Hasil perancangan ini adalah sebuah papan bulletin elektornik berupa aplikasi dimana dapat menampilkan informasi yang dibutuhkan di Universitas Klabat menggunakan media elektronik yaitu LCD yang di lengkapi dengan layarsentuh. Hasil dari penelitian ini mampu menjadi sarana komunikasi antara mahasiswa dengan universitas, dengan adanya papan bulletin elektronik melalui perangkat LCD yang mendukung layar sentuh. 

Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Mahasiswa-KU di DPU-DT Priangan Timur Menggunakan Metode Weighted Product(WP)

Saputra, Rahadi Deli ( STMIK Tasikmalaya ) , Erwandi, Deny ( STMIK Tasikmalaya ) , Khoir, Kamaludin ( STMIK Tasikmalaya )

Voice Of Informatics Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (910.689 KB)

Abstract

Beasiswa Mahasiswa-KU merupakan sebuah program yang diadakan setiap tahun oleh DPU-DT Priangan Timur untuk menyalurkan dana donatur bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki kekurangan finansial. Dalam alurnya, terdapat sebuah tahap di mana setiap mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa harus melalui seleksi. Ada beberapa kendala yang terjadi dalam proses seleksi ini karena proses penilaian yang dilakukan tanpa menggunakan sistem terkomputerisasi secara khusus sehingga rentan terhadap subjekitifitas sementara penyerahan beasiswa ini harus dilakukan dengan terbebas dari subjektifitas, selain itu, banyaknya pendaftar bisa berakibat pada terjadinya redudansi data.Sistem Pendukung Keputusan ini dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menawarkan sistem penilaian dengan menggunakan metode Weighted Product(WP). Sistem ini mampu menampung data pendaftar dan melakukan penilaian terhadap data tersebut hingga menghasilkan rekomendasi pendaftar yang layak lulus melalui pelaporan secara grafik maupun tabel.Sistem ini diimplementasikan berupa program aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan DBMS MySql.Dengan dibuatnya Sistem Pendukung Keputusan ini, selain pengolahan data akan lebih akurat, proses penilaian terhadap calon penerima Beasiswa Mahasiswa-KU akan lebih objektif dan hasil penilaian akan lebih bisa dipertanggungjawabkan.Kata kunci—Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, Weighted Product , php, MySql

Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Jerman Untuk Siswa Kelas X Di SMAN 4 Tasikmalaya

Sambani, Egi Badar ( STMIK Tasikmalaya ) , Surgawi, Nensi Mardhiani ( STMIK Tasikmalaya ) , Octaviani, Widya ( STMIK Tasikmalaya )

Voice Of Informatics Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.854 KB)

Abstract

Penguasaan bahasa terutama bahasa asing sangat diperlukan, karena selain digunakan untuk berkomunikasibahasa juga dapat digunakan sebagai alat untuk menunjukkan ekspresi diri.Bahasa jerman merupakan bahasa asing kedua yang banyak dipelajari di SMA.Namun sekarang ini pembelajaran bahasa jerman masih kurang mendapatperhatian karena peserta didik kurang tertarik dan pembelajaran bahasa jerman dirasa menyulitkan. Peserta didik merasa takut serta kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa jerman.Tujuan utama dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat memberikan kemudahan serta menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik.Pembuatan media pembelajaran pengenalan bahasa jerman untuk siswa kelas x di SMA Negeri 4Tasikmalaya ini menggunakan adobe flash CS5. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah produkmedia pembelajaran interaktif pengenalan bahasa jerman untuk siswa kelas x di SMA Negeri 4Tasikmalaya,dan dengan adanya media ini proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif.

PERANCANGAN SISTEM KONTROL ARDUINO PADA TEMPAT SAMPAH MENGGUNAKAN SENSOR PIR DAN SENSOR ULTRASONIK

Hidayat, Cepi Rahmat ( STMIK Tasikmalaya ) , Syahrani, Faizal Dwi ( STMIK Tasikmalaya )

Voice Of Informatics Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.029 KB)

Abstract

Pada saat ini banyak masyarakat sering membuang sampah di sembarang tempat dikarenakan berbagai faktor, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat masyarakat dalam membuang sampah sangat rendah, alasannya karena tempat sampah yang ada saat ini keadaanya tidak terawat. Tujuan pembuatan tempat sampah otomatis berbasis arduino ini untuk menarik minat masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya sehingga membuat lingkungan menjadi bersih, asri dan nyaman. Banyak cara atau rupa tempat sampah otomatis yang menggunakan arduino sebagai pengontrolnya, tetapi penulis disini hanya akan membahas satu cara yaitu merancang tempat sampah otomatis berbasis Arduino, dengan menggunakan sensor ultrasonik dan sensor inframerah PIR. Sensor ultrasonik berguna untuk mendeteksi objek di depannya yang akan memberikan logika HIGH pada motor DC dan akan membuka tutup tempat sampah, dan sensor PIR akan mendeteksi gerakan di depan tempat sampah yang nantinya akan memerintahkan modul MP3 mengeluarkan suara pada speaker guna menarik minat orang-orang membuang sampah pada tempatnya, dan akan ada notifikasi berupa buzzer apabila keadaan sampah penuh. Dari semua komponen yang dirancang menjadikan sebuah tempat sampah pintar yang interaktif dan unik, yang bisa menarik minat orang-orang disekitar untuk membuang sampah pada tempatnya dan membantu menjaga lingkungan. Kata kunci : Arduino Nano, Sensor Ultrasonik, Sensor PIR, motor DC

Prototipe Deteksi Curah Hujan Dan Sistem Informasi Berbasis Pada ESP8266 Di BMKG Klimatologi Geofisika Klas I Tangerang

Handayani, Indri ( STMIK Raharja ) , Kusumah, Hendra ( STMIK Raharja ) , ., Nursohit ( STMIK Raharja )

Voice Of Informatics Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.796 KB)

Abstract

Di Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang beriklim tropis basah (humid tropic) yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Memiliki  hubungan yang kuat antara mobilitas manusia dengan kondisi cuaca yang terjadi, Namun Musim penghujan sering kali membuat kegiatan manusia menjadi terhambat, maka penulis melakukan upaya untuk mengembangkan peralatan yang murah dan untuk memberikan informasi secara langsung mengenai keadaan cuaca didaerah tertentu dengan menggunakan Sensor Ketinggian Air dan Sensor Suhu akan menginput data air hujan yang masuk kedalam wadah penampung dan suhu lalu diproses oleh Wemos D1 mini setelah diproses, Wemos D1 mini mengirimkan data supaya Relay mengaktifkan Micro Water Pump untuk membuang air yang berada di wadah penampung dan data disajikan kepada masyarakat melalui Web Ubidots. Informasi keadaan cuaca apakah terjadinya hujan atau tidak, ini sangat berguna untuk masyarakat yang ingin berpergian kesuatu tempat atau wilayah tertentu.. Berdasarkan gambaran yang telah dipaparkan diatas maka di implementasikan ide yg dituangkan pada jurnal yang berjudul “Prototype Rainfall Detection And Information System Base On ESP8266 In BMKG Klimatologi Geofisika Klas I Tangerang”.Kata Kunci: Internet Of Things , Ubidots, Wemos D1 mini, Sensor Ketinggian Air, Sensor DHT11, Modul relay, Pompa Air Kecil

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU BERBASIS ANDROID DAN WEB SERVICE (STUDI KASUS :VOLTVET EATERY & COFFEE)

Asmara, SE..M.Kom, A.A. GdeA. Putra Ratu ( STIKOM Bali ) , Sri Julyantari,S.Kom, Ni Komang ( STIKOM Bali )

Voice Of Informatics Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.331 KB)

Abstract

Teknologi komputer yang saat ini berkembang salah satu nya adalah Android. Android merupakan salah satu system operasi smartphone yang jumlah penggunanya sangat pesat saat ini. Android telah berkembang menjadi system operasi smartphone yang memiliki kemampuan menyaingi sebuah komputer PC secara utuh. Android diciptakan berdasarkan kernel system operasi Linux, yang disesuaikan untuk digunakan pada lingkungan perangkat mobile. Hal ini memungkinkan aplikasi yang telah ada pada system operasi Linux untuk, diterapkan pada Android, dengan berbagai penyesuaian-penyesuaian. Aplikasi yang dikembangkan pada sistem Android dapat beraneka ragam jenis. Aplikasi pemesanan menu ini dibatasi pada kegiatan pemesanan menu (taking order) yang akan digunakan oleh pihak service department (waiter/waitress) dan food produk department (kitchen) yang dikontrol oleh pihak admin. Perancangan ini akan berfungsi untuk menggantikan fungsi dari nota order manual yang biasa digunakan dalam pemesanan menu (taking order) oleh waiter/waitress Voltvet Eatery & Coffee

Perancangan Enterprise Arsitektur Sistem Indeks Kinerja Dosen Dengan Metode Togaf Adm

Pertiwi, Intan Galuh ( Universitas Dian Nuswantoro Semarang ) , Sari, Wellia Shinta ( Universitas Dian Nuswantoro Semarang )

Voice Of Informatics Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.817 KB)

Abstract

Indeks Kinerja Dosen merupakan indeks atau skor yang diperoleh oleh dosen setelah menjalankan sejumlah tugas yang wajib dilaksanakan sebagai tugas institusional dalam penyelenggaraan kegiatan pokok dan fungsinya dalam pendidikan berdasarkan kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Indeks Kinerja  Dosen berfungsi untuk memberikan bahan masukan kepada dosen untuk membuat perencanaan strategis dan keputusan dalam rangka meningkatkan prestasi kerja. Prosedur sistem Indeks Kinerja Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro saat ini pelaksanaannya masih belum terkoordinasi dengan baik, dan Dosen mengalami kesulitan dalam memantau hasil nilai Indeks Kinerja Dosen. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan enterprise architecture yang dapat meminimalisir permasalahan yang ada. Pada penelitian ini, perancangan enterprise architecture dibuat dengan menggunakan metode TOGAF ADM (The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method) yang terdiri dari Preliminary Phase, Requirement Management, Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities and Solution, Migration Planning, Implementation Governance dan Architecture Change Management. Perancangan arsitektur sistem Indeks Kinerja Dosen Fakultas Ilmu Komputer ini dilakukan berdasarkan aktivitas utama dan aktivitas pendukung yang ada dalam alur proses penilaian Indeks Kinerja Dosen yang saat ini berjalan. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint perancangan sistem Indeks Kinerja Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro.Kata kunci—Enterprise Architecture, TOGAF, Architecture Development Method.

Pemilihan Maskapai Sebagai Tempat On The Job Training (OJT) Bagi Siswa Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan (LPP) Penerbangan Dengan Metode Promethee

_, Safrizal ( Universitas Potensi Utama )

Voice Of Informatics Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.435 KB)

Abstract

Setiap akhir dari pendidikan dan pelatihan OJT (on the job training) selalu diberikan kepada siswa yang terdaftar pada LPP Penerbangan tersebut, dimana tempat OJT (on the job training) adalah maskapai penerbangan. Sebuah maskapai penerbangan adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Mereka menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut dan dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama. Oleh karena itu maka perlu diadakan proses pemilihan maskapai sebagai tempat OJT bagi siswa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Penerbangan sesuai dengan minat siswa tersebut dengan penerapan metode promethee. Sehingga didapatkan hasil keputusan maskapai yang diminati oleh siswa LPP Penerbangan tersebut, yang mana hasil maskapai yang menjadi pilihan siswa tersebut bisa memberikan masukkan bagi pihak lembaga untuk menyesuaikan atau melakukan tinjauan program LPP Penerbangan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh maskapai tersebut. Sehingga setelah siswa LPP Penerbangan selesai melakukan pendidikan dan pelatihan tersebut bias langsung diterima sesuai dengan tempat OJT yang diminatinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa maskapai Garuda Air memiliki prioritas pertama dengan nilai 0,75, Air Asia menjadi prioritas kedua dengan nilai 0,33, Sriwijaya Air memiliki perioritas ketiga dengan nilai 0,08, Lion Air memiliki prioritas keempat dengan nilai -0,16 dan City Link memiliki perioritas kelima dengan nilai -1,00 dari hasil penyebaran kuesioner.

Aplikasi Forum Online dengan Web-Services tentang Pengenalan Bahasa Pemrograman

Parera, Stephanie Bj ( Universitas Klabat ) , Liem, Andrew ( Universitas Klabat )

Voice Of Informatics Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STMIK Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1387.299 KB)

Abstract

Forum online merupakan salah satu sarana yang banyak digunakan orang, dimana pengguna bisa saling berbagi informasi dengan melakukan tanya jawab tentang topic yang berbeda-beda. Ada juga forum tertentu yang berfokus pada satu bidang saja seperti programming. Meskipun telah tersedia banyak media, namun masih banyak pengguna internet yang kesulitan belajar karena kendala perbedaan perangkat dan sistem operasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam mengenal bahasa pemrograman. Penelitian ini berbentuk aplikasi forum online dimana pengguna dapat berbagi informasi dengan membuat sebuah thread baru atau memberi respon terhadap thread yang sudah ada. Aplikasi ini menggunakan teknologi web services sehingga memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dari perangkat atau sistem operasi yang berbeda. Pada penelitian ini digunakan proses model prototyping untuk mengembangkan aplikasi forum online. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi langsung dan studi pustaka. Peneliti juga menggunakan framework Angular JS dan Code Igniter dalam pengkodean aplikasi dan memungkinkan aplikasi diakses dari perangkat mobile dan desktop.Kata kunci—Pemrograman, forum online, pengenalan bahasa pemrograman, web services.