cover
Contact Name
ebin
Contact Email
laboski@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@journal.unhena.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. halmahera utara,
Maluku utara
INDONESIA
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan
ISSN : 25497030     EISSN : 26210363     DOI : -
Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh LPPM Universitas Hein Namotemo yang mempublikasikan artikel dalam bidang: 1. Filsafat 2. Sosial Humaniora 3. Budaya 4. Agama 5. Kependidikan
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
EPISTEMOLOGI KONFLIK: MEMAHAMI KONFLIK BERDASARKAN TEORI MIMESIS RENÈ GIRARD Danius, Ebin Eyzer
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Hibualamo Seri Ilmu Sosial dan Kependidikan
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.557 KB)

Abstract

Konflik merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari dari kehidupan manusia. Kenyataan kemajemukan yang ada dalam bangsa Indonesia merupakan potensi tersendiri terhadap lahirnya perbedaan yang dapat berujung pada konflik. Pengalaman hidup bangsa Indonesia telah menunjukan bagaimana perbedaan menghasilkan konflik. Pengalaman dalam konflik seharusnya dapat menjadi sebuah pelajaran penting bagi upaya membangun kehidupan bersama. Usaha untuk memahami konflik yang diangkat dari pengalaman nyata menjadi sumber pengetahuan terhadap upaya untuk memahami konflik itu sendiri. Pengalaman untuk pengetahuan memberikan perspektif baru untuk mencari solusi terhadap konflik yang bukan berasal dari luar melainkan dari dalam konflik itu sendiri. Studi dalam tulisan ini diarahkan pada upaya membangun pengetahuan tentang konflik dari pengalaman. Bahwa sumber pengetahuan bukan saja dari seperangkat teori melainkan dari upaya memahami pengalaman. Menggunakan teori Mimesis yang dibangun oleh Rene Girard dalam melihat pengalaman konflik menghasilkan perspektif baru terhadap kenyataan konflik yang pernah terjadi di Indonesia. Dari hasil analisis pengalaman konflik berdasarkan teori Mimesis Girard menunjukan bahwa perbedaan dan perebutan pengaruh bukanlah sumber utama dari terjadinya konflik. Konflik menurut teori Mimesis justru berasal dari keinginan manusia untuk menjadi sama dengan manusia lain. Dalam usaha menjadi sama tersebut persainga   n berubah menjadi usaha penaklukan sehingga proses konflik sebenarnya perubahan keinginan manusia dari usaha untuk mendapatkan yang diinginkan menjadi usaha penakulukan manusia lain yang memiliki keinginan yang sama.
Halaman Judul ok, admin
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Hibualamo Seri Ilmu Sosial dan Kependidikan
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1176.651 KB)

Abstract

Cover, Editorial, dan Daftar Isi
EVALUASI EFEKTIVITAS MODEL STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DALAM MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN SEMESTER 1 JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA DI AKADEMI MANAJEMEN BELITUNG TAHUN AKADEMIK 2018/2019 Wahyuni, Eka Indah
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Hibualamo Seri Ilmu Sosial dan Kependidikan
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.648 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Student Centered  Learning (SCL) dalam pembelajaran pengantar manajemen yang diukur dari (1) Reaksi sikap mahasiswa dalam pembelajaran, (2) Hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran, (3) Perilaku belajar mahasiswa dalam pembelajaran dan (4) Dampak sikap dan perilaku mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran. Evaluasi dilakukan di akademi manajamen belitung jurusan manajemen informatika semester 1 tahun akademik 2018/2019. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan manajemen informatika semester 1 tahun akademik 2018/2019 berjumlah 23 mahasiswa. Evaluasi ini menggunakan model Evaluasi Kirkpatrick yang terdiri atas 4 komponen, yaitu: 1)Evaluasi Reaksi (Evaluasi Reaction), 2) Evaluation Belajar (Learning Evaluation), 3) Evaluasi Perilaku(Behavior Evaluation) dan, 4) Evaluasi Hasil (Result Evaluation). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Student Centered  Learning (SCL) sangat efektif diimplementasikan dalam pembelajaran pengantar manajemen pada jurusan manajemen informatika semester 1 tahun akademik 2018/2019. Pembelajaran dengan menggunakan Model Student Centered  Learning (SCL) dapat memberikan reaksi positif, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan menngkatkan keaktifan mahasiswa serta meningkatkan proses pembelajaran dengan bukti hasil belajar mahasiswa yang mengalami peningkatan.
WORK-FAMILY CONFLICTS AND COPING MECHANISMS Dilly, Anita
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.874 KB)

Abstract

The purpose of this research is to find out how females cope and continue to work in the middle of their high-pressured jobs and how they face family-job conflicts in an organization that does not apply flexible working. This research uses a qualitative approach with in-depth interview method on 3 respondents in a banking organization. The research results reveal that when flexible working is not a viable solution in the middle of a job condition with high work pressures and loads, coping with household responsibilities is an individual mechanism to deal with job pressures. Being a social culture in an Asian society that is family-oriented makes it possible to cope with household obligations. There is the nuclear family, extended family, and job social environment which help employees neutralize their job stress. Flexible working is a solution at places which do not facilitate coping mechanisms. Applying a flexible working intervention can be implemented to assist employees to fulfill a work-life balance, reduce job stress, and improve employee commitment to continue working in an organization. 
PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI MENTORING (LIQĀ’) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA Pujiyanti, Arifah
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.017 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara empiris hubungan intensitas mengikuti mentoring (liqā’) di Pesantren Mahasiswa Qolbun Salim dengan prokrastinasi akademik mahasiswa IAIN Walisongo-Semarang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kolerasional. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode statistik. Analisis data yang dipakai untuk uji hipotesis adalah kolerasi product moment seri Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas mengikuti mentoring (liqā’) termasuk dalam kriteria tinggi yaitu berada pada interval 134 – 156 dengan frekuensi 26 dan persentase 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta mentoring (liqā’) Qolbun Salim memiliki intensitas mengikuti mentoring (liqā’) yang tergolong “tinggi”. Sedangkan prokrastinasi akademik mahasiswa IAIN Walisongo-Semarang termasuk dalam kriteria cukup yaitu berada pada interval 76 – 86 dengan frekuensi 10 dan persentase 16,7%. Hal ini menunjukkan prokrastinasi akademik mahasiswa IAIN Walisongo Semarang yang mengikuti mentoring (liqā’) di Qolbun Salim tergolong “cukup”. Adapun kolerasi negatif dan signifikan hubungan intensitas mengikuti mentoring (liqā’) dengan prokrastinasi akademik mahasiswa IAIN Walisongo-Semarang, ditunjukkan oleh  = 0,591 dengan nilai  = 0,591 >  = 0,254 dan  = 0,591 < = 0,325 yang menunjukkan signifikan, tabel , baik pada taraf 5% (0,254) maupun 1% (0,325). Dengan demikian, bahwa hipotesis “ada hubungan negatif intensitas mengikuti mentoring (liqā’) di Pesantren Mahasiswa Qolbun Salim dengan prokrastinasi akademik mahasiswa IAIN Walisongo-Semarang” dinyatakan diterima.
HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN REWARD DARI GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMA KRISTEN HALMAHERA UTARA Salamor, Jenny M
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.424 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian reward dari guru dengan motivasi berprestasi siswa di SMA Kristen Halmahera Utara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan subjek penelitian yang berjumlah 92 siswa-siswi SMA Kristen Halmahera Utara. Variabel pemberian reward diukur dengan menggunakan Skala Pemberian Reward dari guru yang berjumlah 33 item dan variabel motivasi berprestasi diukur dengan menggunakan skala motivasi berprestasi yang terdiri dari 38 item. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment dan diperoleh r=0,361 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara pemberian reward dari guru dengan motivasi berprestasi siswa SMA Kristen Halmahera Utara.
TANTANGAN GMIH DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI DAN DAN PEMBANGUNAN DI MALUKU UTARA PASCA KONFLIK Duan, Junsal Efendy
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.928 KB)

Abstract

Gereja Masehi Injili di Halmahera atau GMIH sebagai sebuah organisasi menghadapi kenyataan yang paradoks. Sebagai sebuah prnata ilahi, sekaligus merefleksikan pranata sosial. Oleh karena itu, di satu sisi GMIH dituntut mewujudkan ajaran-ajaran Yesus Kristus bagi umatnya, di sisi lain GMIH harus berperan aktif untuk masyarakat di Maluku Utara. Dalam keberadaanya tersebut GMIH pun menghadapi tantangan yang cukup besar.  Perubahan sosial, ekonomi dan politik sepanjang sejarah dan menguatnya kapitalisme yang bermuara pada konflik horizontal menuntun GMIH pada keinginan sebuah perubahan yang lebih baik. Perubahan tersebut melalui penataan organisasi, iman dan ajaran dan sejumlah perbaikan dibidang lainnya adalah wujud dari tujuan tersebut.
PERAN KONSELOR DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH Kartianti, Sahrestia
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.353 KB)

Abstract

Perilaku bullying marak terjadi saat ini di sekolah. Perilaku bullying  tersebut merupakan perilaku bermasalah. Perilaku bullying  terjadi karena kurangnya penyesuaian terhadap lingkungan sosial. Hal tersebut karena salah satu tugas perkembangan masa remaja yang tersulit adalah yang berhubungan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosial. Upaya membantu siswa dalam mengurangi perilaku bullying di sekolah, salah satunya dapat dilakukan melalui pemberian layanan bimbingan  dan  konseling. Pemberian layanan bimbingan dan konseling dilakukan oleh konselor sekolah atau guru bimbingan dan konseling. Untuk itu, peran penting seorang konselor sekolah dalam mengurangi perilaku bullying yang muncul adalah dengan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling yang lebih bersifat responsif terhadap penanganan masalah bullying siswa.
MODEL ARIAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI Nakrowi, Zain Syaifudin
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.009 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model ARIAS dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis paragraf deskripsi di SMP Negeri 1 Kunduran. Indikator peningkatan kualitas ini diukur dari meningkatnya mutu proses pembelajaran dan nilai hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Kunduran. Model pembelajaran yang digunakan sebagai tindakan dalam penelitian ini adalah ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction). Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik  observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumen tugas siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) pada siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kunduran . Siswa tampak antusias dan termotivasi dengan metode yang diterapkan oleh guru dikelas. Siswa secara tertib mengerjakan tugas menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran ARIAS secara individu. Selain adanya peningkatan minat dan motivasi siswa, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Pada saat dilaksanakan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 74.7 . Terlihat adanya peningkatan prestasi belajar yang cukup signifikan setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEADS TOGTHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ., Firmansyah
Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Hibualamo Seri Ilmu-ilmu sosial dan kependidikan
Publisher : LPPM Universitas Hein Namotemo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.534 KB)

Abstract

Penelitian ini menelaah perbedaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Adapun permasalahan pokok yang dikaji yaitu apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan mengunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match danTipe Numbered Heads Together. Tujuan penelitian adalah Untuk memperoleh informasi tentang ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Matematika kelas V SD YPS Singkole Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Numbered Heads Together. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grop Design yang merupakan jenis desain eksperimen semu (Quasi Experimental Desaign). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD YPS Singkole. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VC yang diambil menggunakan tehnik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil belajar kelas eksperimen II lebih tinggi daripada kelas eksperimen I dan setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed) yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Numbered Heads Together. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkankan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa.